cover
Contact Name
Muhajir Sulthonul Aziz
Contact Email
journal.wasilatuna@gmail.com
Phone
+628113333567
Journal Mail Official
journal.wasilatuna@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.iaidalwa.ac.id/index.php/wasilatuna/about/editorialTeam
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : 26542609     EISSN : 26542595     DOI : https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v3i2
Wasilatuna Journal of Islamic Broadcasting Communication is a journal published by the Islamic Broadcasting and Communication Studies Program Darullughah Waddawah Islamic Institute of Pasuruan This journal provides writings for practitioners and academics to develop theories empirical research and introduce new concepts in the field of Islamic broadcasting communication and dakwah in a broad perspective Contains actual issues related to Islamic Communication Islamic Broadcasting Islamic Dakwah through the media produced by academics through various literature reviews both in the form of conceptual based articles and research based articles that will be published in the form of Scientific Journals
Articles 40 Documents
Analisis Dampak Motivasi Pengguna Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Novianto Puji Raharjo
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v1i1.94

Abstract

Pengaruh motivasi pengguna media sosial terhadap perubahan perilaku Kehadiran media sosial yang ada saat ini memiliki hal tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan media sosial membuat dunia menjadi sangat sempit, itu karena kita membiarkan media sosial berkomunikasi dengan siapapun, dimanapun terhubung ke jaringan global Internet. Tidak hanya memudahkan proses komunikasi, namun keberadaan media sosial pada kondisi sekarang memberikan kemudahan selain sekedar berkomunikasi, hal yang terlihat saat ini adalah penggunaan media sosial sebagai alat penyederhanaan proses bisnis lintas batas lebih mudah. Atau juga bisa digunakan untuk melakukan propaganda tertentu media sosial. Jadi jika media sosial yang digunakan akan menjadi pisau bermata dua, sementara motivasinya untuk hal positif itu akan bagus, tapi kalau itu negatif maka hasilnya akan merugikan kehidupan di masyarakat.
Analisis Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Toserba Pesantren.blogspot.com Mohammad Rofiuddin
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v1i1.95

Abstract

Toserbapesantren.blogspot.com merupakan salah satu blog/ website yang menjual alat musik tradisional Islami. Meskipun usia blog/website tersebut baru setahun lebih beberapa bulan, berdasarkan hasil wawancara kepada pemilik usaha omset yang dihasilkan mampu tembus di angka rata-rata 40 sampai dengan 70 Jt/bulan. Namun menurut data penjualan 5 bulan terakhir omset menurun cukup tinggi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1). Untuk analisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online, 2). Untuk analisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian secara online, 3). Untuk analisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen toko online Toserba Pesantren yang berjumlah 41 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software Smart PLS 2.0 M3. Hasil penelitian Menyimpulkan bahwa (1) Kepercayaan memberi kontribusi untuk meningkatkan Keputusan Pembelian. (2) Kemudahan memberi kontribusi untuk meningkatkan Keputusan Pembelian. (3) Kualitas Informasi tidak memberi kontribusi terhadap Keputusan Pembelian
Komunikasi Manajerial Dalam Pendidikan Moch. Khafidz Fuad Raya
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v1i1.96

Abstract

Komunikasi dalam sebuah lembaga pendidikan sangat menentukan terhadap kehidupan lembaga tersebut secara keseleruhan. Komunikasi adalah unsur vital yang tidak dapat terpisahkan dengan organisasi yang prosesnya berkesinambungan, efektivitas komunikasi menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan efisiensi dengan mana organisasi melakukan secara keseluruhan. Kunci berjalan baiknya pengelolaan organisasi adalah adanya komunikasi. Begitu juga dengan pengembangan pengelolaan pendidikan juga dipengaruhi oleh komunikasi manajerial yang terjadi antara pimpinan lembaga pendidikan (kepala madrasah/ kepala sekolah) dengan guru sebagai key success factors-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana komunikasi manajerial pimpinan lembaga pendidikan dan guru dalam pengeloaan pendidikan. Kemudian diperinci lagi untutk mengungkap bagaimana komunikasi manajerial interpersonal dan komunikasi organisasi pimpinan lembaga pendidikan dan guru, serta implikasinya dari komunikasi tersebut dalam pengeloaan pendidikan
Komunikasi Pejabat Publik Dalam Memanfaatkan Media Sosial Reiza Praselanova
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v1i1.98

Abstract

Media digital menjadi sarana yang efektif dalam membangun komunikasi sosial.Pejabat publik memiliki pola komunikasi dalam berinteraksi dengan masyarakat di sosial media. Ada budaya komunikasi yang berbeda dibandingkan komunikasi birokrasi pada umumnya. Komunikasi di sosial media menghasilkan pendekatan personal. Masyarakat dapat berkomunikasi langsung dengan pemimpinnya.Interaksi pejabat publik di sosial media ini mampu menciptakan citra diri sesuai yang diinginkan.
Lingkungan Industri Media Islam Samsuriyanto Samsuriyanto
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v1i1.99

Abstract

Lingkungan mempunyai relasi kuat, bahkan memberikan kontribusi besar dalam dinamika industri media Islam. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap lingkungan industri media Islam yang dapat dijelaskan sebagai segala situasi dan upaya yang eksis, baik di dalam maupun di luar semua proses, yang akan memberikan pengaruh pada kebijakan dari suatu industri media Islam dalam mengatur aktivitas bisnis di masa yang akan datang. Lingkungan industri media Islam dibagi dua, yaitu; lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal industri media Islam antara lain, pemilik, manajer, karyawan dan lingkungan fisik. Sementara lingkungan eksternal industri media Islam dibagi dua, yaitu; lingkungan mikro dan lingkungan makro. Berikut ini lingkungan mikro industri media Islam, khalayak media dan pesaing. Selain lingkungan mikro, juga ada lingkungan makro. Faktor makro umumnya lebih terkendali daripada faktor lingkungan mikro, yaitu; faktor ekonomi, faktor sosial-budaya, faktor politik, faktor hukum dan faktor teknologi.
POLA KOMUNIKASI DAKWAH MENGELOLA KELAS KAJIAN ONLINE Reiza Praselanova
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v2i1.372

Abstract

Penulisan ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi seorang penyiar radio, fokusnya pada Radio Perkasa FM Tulungagung dalam program Warna Warni Perkasa. Dan juga untuk mengetahui hambatan apa yang dialami oleh penyiar radio dalam membawakan program tersebut. Pendekatan pada penulisan kali ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Penganalisisan data pada penulisan ini menggunakan teknik analisa data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa penyiar radio Perkasa dalam program Warna-warni Perkasa dalam siarannya menyajikan informasi dan berita terupdate dengan penggunaan bahasa sederhana yang mudah dipahami, interaktif dengan pendengar dan selalu mengembangkan skill broadcastingnya. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh penyiar radio Perkasa dalam program Warna-warni Perkasa dapat dikatakan berhasil dan efektif karena hambatan-hambatan yang terjadi dapat diatasi dengan baik sehingga sampai saat ini Radio Perkasa Tulungagung masih mendapatkan tempat khusus didalam hati pendengarnya. Untuk mengoptimalkan strategi komunikasi, diharapkan untuk penulisan selanjutnya dapat meneliti strategi komunikasi pada media elektronik lain, seperti televisi atau media sosial.
Psikologi Komunikasi dalam Perspektif Kata-Kata Mengubah Nasib Berdasarkan Al-Qur'an Ayat 11 dan Neuro Linguistic Programming Novianto Puji Raharjo
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v2i1.374

Abstract

Manusia berpedoman pada ajaran Allah dan Rasulnya, khususnya muslim berpegang teguh terhadap ajaran pada Al Qur’an. Pedoman Allah menunjukkan bahwa nasib manuisa itu ditentukan dengan usaha manusia itu sendiri. Dalam sebuah disiplin ilmu terdapat ilmu Neuro Linguistic Programming yang berarti ilmu yang mempelajar cara kerja otak, hal ini berhubungan dengan ayat Al Qur’an surat Ar Rad ayat 11. NLP merupakan disiplin keilmuan yang mengarahkan seseorang untuk modelling peniruan dalam menentukan nasib. Dalam komunikasi pada diri sendiri diperlukan alur dalam menemukan nasib manusia itu sendiri. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menggambarkan bagaimana alur pedoman dari ayat Al Qur’an untuk menentukan nasib manusia, serta bagaiamana ilmu NLP memandang jalan hidup manusia ditentukan dari alur berpikirnya berkomunikasi dengan diri sendiri. Penulisan ini bertujuan untuk menggambarkan bahwa manusia dapat menentukan nasibnya sendiri sesuai dengan ajaran Al Qur’an dan menurut pandangan NLP dapat melalui alur pemikiran kata – kata pribadi. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa manusia dapat menentukan nasib melalui cara mengetahu diri sendiri, manusia menjadi tuan bagi dirinya sendiri, serta manusia dapat memilih bagaimana dapat menyeleksi dan memilih kata kata yang merubah nasibnya sendiri.
Pola Komunikasi Interpersonal Guru Madrasah Diniyah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam di Era Generasi Milenial Mukhamad Ainul Yaqin
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v2i1.375

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal guru Madrasah Tarbiatus Shibyan dalam menanamkan nilai-nilai Islam di era generasi milenial. Pola komunikasi interpersonal terdidi dari pendukung, penghambat dan upaya penyelesaian dalam berkomunikasi antara guru dan murid. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif bersifat khusus untuk memaparkan dan menceritakan keadaan yang ada. Lokasi penelitian berada di Madrasah Diniyah Tarbiatus Shibyan Pandanrejo Pasuruan. Sebagai subjek penelitian yaitu pola komunikasi dan objek yaitu guru kelas 5 di Madrasah Tarbiatus Shibyan. Analisis data menggunakan analisis trianggulasi dari data yang dihasilkan baik data primer atau data sekunder. Hasil analisis menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang diterapkan yaitu membuat suasana belajar mengajar yang nyaman dan komunikasi sebagai pengendali proses belajar mengajar. Faktor pendukung dalam proses komunikasi yaitu motivasi guru yang membangun dalam penanaman nilai-nilai Islam dan perkembangan teknolgi sebagai media komunikasi. Faktor penghambat dalam proses komunikasi interpersonal yaitu kesulitan murid dalam menerima pembelajaran, Perkembangan teklologi yang kurang terkontrol, dan kejenuhan murid. Solusi yang dapat mengatasi hambatan tersebut yaitu melakukan pendekatan dengan murid dan orangtua dan memberikan hadiah pada murid yang berprestasi.
Model Pembelajaran Komunikasi pada Penggunaan Sosial Media untuk Menanggulagi Penyebaran Berita Hoax Bagi Generasi Muslim Milenial M. Nashoihul Ibad
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v2i1.377

Abstract

Perubahan era sekarang aruh informasi yang serba cepat berpengaruh tentang bagaimana kevalitan suatu data, sehingga sebelum melakukan suatu penyebaran pesan perlu diperhatikan aspek kebenaran agar tidak timbul berita hoax atau bohong. Era saat ini hoax sangat mudah ditemukan di media sosial dan penggunaan teerbanyak merupakan kaum generasi milenial. Khususnya bagi generasi muslim lebih berhati – hati agar tidak terjerumus terhadap kepalsuan berita. Penulisan ini bertujuan untuk mengupas bagaimana model komunikasi yang sesuai untuk digunakan oleh generasi milenial muslim dalam menyikapi pemberitaan hoax dan bohong yang saat ini sedang terjadi. Penulisan ini membuahkan hasil dimana dalam melakukan komunikasi anti hoax harus memperhatikan aspek - aspek kesabaran, kewaspadaan, kehati – hatian, perlu kebenaran data sumber yang jelas.
Eksistensi Aktivitas Dakwah Dalwa Multimedia pada Pengembangan Dakwah di Ponpes Dalwa Mohammad Rofiuddin
Wasilatuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darullughah Waddawah Bangil Pasuruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38073/wasilatuna.v2i1.379

Abstract

Dalam proses pengembangannya Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah memiliki aktivitas program dakwah melalui dalwa multimedia. Untuk mengetahui sejauh mana eksistensi aktivitas dakwah dalwa multimedia dan karya dakwah yang eksis dalam lingkup pondok maupun di luar pondok.Hal ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana kinerja aktivitas dakwah yang dijalankan di dalwa multimedia. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diambil dari pengamatan analisis serta wawancara dari pihak terkait di dalwa multimedia. Hasil dari penelitian ini, aktivitas dakwah di dalwa multimedia telah memberikan peran yang bagus dalam pengembangan dakwah pondok pesantren darullughah wadda’wah. Dan juga menunjukkan aktivitas dakwah kepada masyarakat melalui media informasi internet seperti Youtube, sosial media dan TV Satelit.

Page 1 of 4 | Total Record : 40