cover
Contact Name
Fitria Meilina
Contact Email
jurnalminda@gmail.com
Phone
+6285264886756
Journal Mail Official
jurnalminda@gmail.com
Editorial Address
Jln. Canggai Putri, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau
Location
Kab. karimun,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Minda
Published by Universitas Karimun
ISSN : -     EISSN : 2715193X     DOI : 10.51742
Core Subject : Education,
skop Jurnal MINDA yaitu Dunia Pendidikan Umum dan Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal MINDA diterbitkan 2 kali dalam setahun (Oktober dan April).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 53 Documents
PENGARUH LATIHAN PUSH-UP TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA DADA 50 METER PADA ATLET RENANG PUTRA USIA 15-17 Hilda Oktri Yeni; Fadli Surahman; Rahmat Sanusi; Zulfikri Zulfikri
JURNAL MINDA Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini kurangnya kondisi fisik yang baik oleh atlet serta daya ledak otot lengan yang masih lemah sehingga atlet cepat mengalami kelelahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan push-up terhadap kecepatan renang gaya dada 50 meter pada atlet renang putra usia 15-17 Kabupaten. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang atlet renang putra. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kecepatan renang gaya dada 50 meter. Teknik analsis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa : Terdapat pengaruh yang signifikan dalam latihan push-up terhadap kecepatan renang gaya dada 50 meter pada atlet renang putra usia 15-17 dari uji t diperoleh thitung 5,26 > ttabel = 0,337 pada taraf signifikan α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
PENGARUH PLIOMETRIK TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN NOMOR LOMPAT JAUH PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMPN 2 MERAL KARIMUN Fadli Surahman; Rahmat Sanusi
JURNAL MINDA Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan daya ledak siswa untuk melakukan lompatan sehingga lompatannya kurang maksimal dalam melakukan lompat jauh serta koordinasi gerakan masih belum sempurna sehingga selalu salah ketika waktu ingin melompat dipapan start blok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pliometrik training terhadap kemampuan nomor lompat jauh pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Meral Kabupaten Karimun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini 69 siswa putra. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa putra. Teknik pengambilan sampel menggunakan porposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lompat jauh. Teknik analsis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan latihan pliometrik training terhadap kemampuan nomor lompat jauh pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Meral Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2017 dari uji t diperoleh thitung 31,42 > ttabel = 0,161 pada taraf signifikan a = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI BERAKREDITASI A DI KARIMUN edi kurniawan; Wahyu Rizky Dinasyahri; Tisrin Maulina Dewi; Muhiri Muhiri
JURNAL MINDA Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada sekolah dasar negeri berakreditasi A di Kecamatan Karimun Tahun Ajaran 2017/2018, 2) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada sekolah dasar negeri berakreditasi A di Kecamatan Karimun Tahun Ajaran 2017/2018, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada sekolah dasar negeri berakreditasi A di Kecamatan Karimun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat non-eksperimen dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI pada sekolah dasar negeri berakreditasi A di Kecamatan Karimun Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 331 siswa dari 6 sekolah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, maka sampel penelitian sebanyak 190 siswa dari 3 sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus cronbach’s alpha. Data penelitian dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada sekolah dasar negeri berakreditasi A di Kecamatan Karimun Tahun Ajaran 2017/2018, dari hasil perhitungan thitung 4,250 > ttabel 1,960 dan nilai signifikansi SPSS sebesar 0,000 < 0,05, dengan koefisien determinasi 0,296 atau sebesar 29,6%, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada sekolah dasar negeri berakreditasi A di Kecamatan Karimun Tahun Ajaran 2017/2018, dari hasil perhitungan thitung 3,503 > ttabel 1,960 dan nilai signifikansi SPSS sebesar 0,001 < 0,05, dengan koefisien determinasi 0,248 atau sebesar 24,8%, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada Sekolah Dasar Negeri berakreditasi A di Kecamatan Karimun Tahun Ajaran 2017/2018, dari hasil perhitungan Fhitung 11,776 > Ftabel 3,00 dan nilai signifikansi SPSS sebesar 0,000 < 0,05, dengan koefisien determinasi 0,112 atau sebesar 11,2%.
PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK CITA-CITAKU BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2018-2019 Fitria Meilina; Rezita Fauziah Putri Siregar; Fadli Surahman; Tisrin Maulina Dewi
JURNAL MINDA Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa dalam proses pembelajaran masih bergantung pada guru sehingga dalam proses pembelajaran kurang optimal dan proses pembelajaran cenderung hanya menggunakan buku paket pegangan utama saja yaitu buku paket tematik adapun media buku lainnya tidak relevan dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian pengembangan modul tematik cita-citaku ini mengacu pada Research and Develoment (R&D). Terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian pengembangan akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan terbatas tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan peneliti. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi, dinyatakan ‟sangat baik/sangat layak” pesentase rata-rata 91%. Hasil validasi oleh ahli desain kriteria ‟sangat baik/sangat layak” pesentase rata-rata 82%, Hasil respon guru dengan kriteria ‟sangat membantu” pesentase rata-rata 3,7%. Hasil respon siswa uji coba lapangan awal kriteria ‟baik” pesentase rata-rata 78%, Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok kecil dengan kriteria ‟baik” pesentase rata-rata 80% dan Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok terbatas dengan kriteria ‟sangat baik” pesentase rata-rata 83% .
HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN PINGGANG DENGAN KEMAMPUAN SMASH BULUTANGKIS PADA EKSTRAKURIKULER SISWA SMA N 2 KARIMUN Fadli Surahman; Hilda Oktri Yeni; Rahmat Sanusi
JURNAL MINDA Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti bahwasanya smash yang dilakukan siswa belum sesuai dengan yang diharapkan dapat dikatakan kemampuan smash siswa masih rendah. Hal ini diduga akibat daya ledak otot lengan serta kelentukan pinggang yang dimiliki siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar hubungan daya ledak otot lengan dan kelentukan pinggang secara bersama-sama dengan kemampuan smash pada ekstrakurikuler siswa SMA N 2 Karimun. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler sekolah SMA Negeri 2 Karimun yang berjumlah 63. Sampel yang digunakan disini adalah siswa putra ekstra kulikuler SMA Negeri 2 Karimun yang berjumlah 20 orang, teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah porposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes medicine ball put untuk mengukur daya ledak otot lengan siswa dan tes sit and reach untuk mengukur kelentukan pinggang, sedangkan untuk mengukur kemampuan smash yaitu dengan pukulan smash bulutangkis. Analisa data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan ganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari analisis data dapat diperoleh hasil 1) Terdapat Hubungan Yang Signifikan Antara daya ledak otot lengan dengan kemampuan Smash Bulutangkis Pada Ekstrakurikuler Siswa SMA N 2 Karimun dengan perolehan rhitung = 0.604> rtabel= 0,444. 2) Terdapat Hubungan Yang Signifikan Antara kelentukan pinggang dengan kemampuan Smash Bulutangkis Pada Ekstrakurikuler Siswa SMA N 2 Karimun dengan perolehan rhitung = 0.613 > rtabel= 0,444. 3) Terdapat Hubungan Yang Signifikan Antara hubungan daya ledak otot lengan dan kelentukan pinggang secara bersama-sama dengan kemampuan Smash Bulutangkis Pada Ekstrakurikuler Siswa SMA N 2 Karimun dengan perolehan Rhitung = 0.689 > Rtabel= 0,444
THE SPECIAL EDUCATION NEEDS STUDENTS AND THE TEACHING OF ENGLISH VOCABULARY Alpino Susanto; Eka Lenggang Dianasari; Zulfiana Dessyka Putri; Edi Kurniawan
JURNAL MINDA Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana siswa berkebutuhan khusus belajar kosa kata bahasa Inggris. Para siswa dalam penelitian ini dikategorikan menjadi siswa yang mengalami keterbelakangan mental. Mereka belajar bahasa Inggris untuk memiliki pengetahuan dasar bahasa Inggris. Studi ini dilakukan di sekolah kebutuhan khusus di Tanjung Balai, Karimun, Indonesia pada tahun akademik 2019/2020. Ini adalah penelitian penyelidikan naratif yang diketik. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas sembilan sekolah kebutuhan khusus. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini seharusnya memperkuat pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris sehingga pembelajaran bahasa Inggris menjadi menarik, menyenangkan dan lebih mudah bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini seharusnya menjawab (1) Masalah yang dimiliki oleh siswa kelas sembilan sekolah kebutuhan khusus dalam belajar kosa kata bahasa Inggris; (2) Bagaimana guru bahasa Inggris mengatasi masalah yang dimiliki oleh siswa kelas delapan sekolah kebutuhan khusus dalam belajar kosa kata bahasa Inggris.
PELATIHAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH INKLUSIF DALAM PEMAHAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KABUPATEN KARIMUN Karunia Yulinda Khairiyah; Tri Lestari; Eka Lenggang Dianasari; Nur Wisma
JURNAL MINDA Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterbatasan pemahaman dan penerimaan akan keberadaan anak berkebutuhan khusus guru membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Pengetahuan dan pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus ini seharusnya dimiliki guru jika guru berlatar belakang dari pendidikan luar biasa, namun pada kenyataanya guru bukan berlatar belakang pendidikan khusus dan belum mendapatkan pelatihan khusus tentang anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan kompetensi guru dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif yang ada di Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan nilai mean 5,71, median 7, modus 3, maka nilai Z yang didapat sebesar -5.71 dengan p value sebesar signifikan adalah = .000 dimana kurang dari batas kritis penelitian taraf signifikan 5% (0,05), artinya (sig < 0,05) sehingga keputusan hipotesis O1= 14,71 O2 = 20.42 adalah O2 lebih besar dari O1 maka kendali mutu berpengaruh positif atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan kompetensi guru dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusif yang ada di Tanjung Balai Karimun sangat efektif.
Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema “Cuaca” Subtema “Perubahan Cuaca” Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Fadli Surahman; Ranti Utami; Tisrin Maulina Dewi
JURNAL MINDA Vol 1 No 2 (2020): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa dalam proses pembelajaran masih bergantung pada guru sehingga dalam proses pembelajaran kurang optimal dan proses pembelajaran kurang optimal dan proses pembelajaran cenderung hanya menggunakan buku paket serta buku yang terdapat di perpustakaan. Jenis penelitian modul tematik cuaca subtema perubahan cuaca ini mengacu pada Research and development (R&D). Menurut Brog and Gall terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian pengembangan akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan peneliti.Subyek uji coba adalah siswa kelas IV SD Negeri 003 Tebing, yang terdiri dari uji coba lapangan awal 3 siswa, uji coba lapangan terbatas 9 orang dan uji coba pelaksanaan lapangan 24 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Data analisi menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi, dinyatakan “sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,4. Hasil Validasi oleh ahli desain dinyatakan “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,67. Hasil Respon guru dinyataka “Layak” dengan skor rata-rata 0,86. Hasil respon siswa uji coba lapangan awal dinyatakan “layak” dengan skor rata-rata 0,92 . Hasil respon siswa uji coba kelompok kecil dinyatakan “layak” dengan skor rata-rata 0,95. Hasil respon siswa uji coba pelaksanaan lapangan dinyatakan “layak” dengan skor rata-rata 0,99. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Tematik, Cuaca, Sekolah Dasar
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Tebing Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2017/2018 Hilda Oktri Yeni; Cilvia Anggraini; Fitria Meilina
JURNAL MINDA Vol 1 No 2 (2020): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran yang baik. Metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan dalam menjelaskan pelajaran guru hanya menyampaikan secara lisan tanpa menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran, akan memepengaruhi hasil belajar siswa. Proses pembelajaran ini terjadi pada siswa IV SDN 002 Tebing. Dari hasil observasi pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 002 Tebing masih rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 002 Tebing yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Dalam pelaksanaannya, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penggunaan media visual dapat meninggkatkan hasil belajar siswa dengan perbaikan siklus ke II. Peningkatan hasil belajar pada siklus pertama dengan total nilai 1610 dengan nilai rata-rata 67,08 dan persentase ketuntasan klasikal 66,67%. Sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan dengan total nilai 2000 dan nilai rata-rata 83,33 dengan persentase ketuntasan klasikal 91,67%. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Media visual, pembelajaran IPA
Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dan Metode Konvesional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa Pada Kelas II Di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020 Tisrin Maulina Dewi; Mirnawati; Dirneti
JURNAL MINDA Vol 1 No 2 (2020): Minda Karimun
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu hasil belajar kemampuan membaca yang masih rendah pada siswa kelas II SDS 016 Muhammadiyah Kabupaten Karimun. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar dan metode konvensional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Muhammadiyah Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2019-2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas II SDS 016 Muhammadiyah. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang kelas IIA sebagai kelas Kontrol (x1) dengan metode konvensional dan 25 orang siswa kelas IIB sebagai kelas Eksperimen (x2) dengan media kartu kata bergambar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif 20 soal. Uji persyaratan sebelum menganalisis data yaitu uji normalitas dan uji homegenitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistic menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data, terlihat bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan media kartu kata bergambar terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Muhammadiyah Tahun Ajaran 2019/2020 dengan thitung13,15>ttabel2,064. 2) Terdapat pengaruh signifikan Metode konvensional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Muhammdiyah Tahun Ajaran 2019/2020 dengan thitung10,99>ttabel2,025. 3) Terdapat perbedaan pengaruh signifikan Media kartu kata bergambar dan Metode konvensional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Tahun Ajaran 2019/2020 dengan thitung 2,379 >ttabel2,045. Kata Kunci : Media Kartu Kata Bergambar, Metode Konvensional, Hasil Belajar