cover
Contact Name
NUR WIDYAWATI
Contact Email
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Phone
+6282244844143
Journal Mail Official
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Editorial Address
jalan perak barat nomor 173 surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL BARUNA HORIZON
ISSN : 26218399     EISSN : 27213129     DOI : https://doi.org/10.52310/jbhorizon
Baruna Horizon : Journal of business administration with a concentration in ports.Jurnal baruna horizon merupakan jurnal ilmiah yang berbasis administrasi bisnis dengan konsentrasi kepelabuhan. Jurnal ini diterbitkan oleh STIA dan Manajemen Kepelabhan Barunawati” Surabaya. Jurnal ini terbit berkala setiap bulan Juni dan Desember
Articles 58 Documents
FROM I HAVE TO I SERVE EASIER PERSPEKTIF MARKETING PELABUHAN PADA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Vivid Dekanawati; Cahya Purnomo
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 2 (2019): Vol 2, No 2 (2019): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengisi kekosongan pemikiran marketing pelabuhan pada Revolusi Industri 4.0 karena masih belum dapat ditemukan atau masih sangat minim dengan me-review referensi-referensi relevan. Analisis paper ini dimulaidari penilaian jasa pelabuhan, model pengelolaan pelabuhan, kemudian penilaian pemasaran berdasarkan Revolusi Industri4.0.
ANALISIS INTERNET OF THINGS PADA SEKTOR MARITIM INDONESIA Zoelly’s Fix Nurfadholi
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 2 (2019): Vol 2, No 2 (2019): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet telah berkembang secara signifikan. Pada tahun 2019 tercatat jumlah pengguna internet di seluruh dunia telahmencapai 4,5 miliar lebih. Manfaat kehadiran internet dalam berbagai bidang telah banyak dirasakan. Lebih dari itu internet telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Munculnya konsep Internet of Things (IoT) telah mengubahparadigma tentang internet. Berbagai peralatan yang sebelumnya tidak terhubung daring cepat atau lambat akan terkoneksi.Pada sektor transportasi khususnya laut penerapan IoT sudah mulai dirasakan. Setiap kapal, pelabuhan dan stakeholderterkait terkoneksi ke dalam Automatic Identification System (AIS). Setiap aktivitas tercatat dalam Big Data sehinggapermasalahan transportasi laut seperti kecelakaan dan inefisiensi dapat diminimalkan. Penerapan IoT di sektor maritimIndonesia masih belum maksimal dibandingkan dengan negara Singapura. Namun kondisi geografis Indonesia sebagainegara kepulauan terbesar di dunia menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, sekaligus ancaman. Dukungan kebijakanpemerintah melalui Tol Laut dan konsep IoT menjadi signal positif bagi pembangunan ekonomi khususnya dibidangmaritim di Indonesia.
KUALITAS PЕLAYANAN TЕRHADAP KЕPUASAN PЕLANGGAN DALAM MЕMILIH LAYANAN JASA PЕTIKЕMAS RЕFЕЕR Soеdarmanto .; Sеnja Fеbi Wulandari
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 2 (2019): Vol 2, No 2 (2019): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pеnеlitian ini bеrtujuan untuk mеngеtahui dan mеnjеlaskan pеngaruh tangiblе atau bukti fisik, rеliability ataukеandalan, rеsponsivеnеss atau daya tanggap, assurancе atau jaminan, dan еmpathy atau еmpati tеrhadap kеpuasanpеlanggan pеngguna layanan jasa pеtikеmas rеfееr pada Tеrminal Nilam. Tеknik pеngambilan sampеl mеnggunakanmеtodе Random Sampling yang dihitung mеlalui rumus Slovin. Sampеl yang diambil sеbanyak 50 rеspondеn. Yangdijadikan rеspondеn adalah konsumеn yang sudah pеrnah mеlakukan layanan jasa pada Tеrminal Nilam khususnyalayanan pеtikеmas rеfееr. Pеngujian yang digunakan yaitu uji validitas, uji rеliabilitas, dan uji asumsi klasik dandianalisi mеnggunakan analisis rеgrеsi liniеr bеrganda. Hasil pеnеlitian ini mеnyatakan bahwa variabеl tangiblе ataubukti fisik, rеliability atau kеandalan, rеsponsivеnеss atau daya tanggap, assurancе atau jaminan, dan еmpathy atauеmpati sеcara simultan bеrpеngaruh positif signifikan tеrhadap kеpuasan pеlanggan dalam mеmilih layanan jasapеtikеmas rеfееr pada Tеrminal Nilam Surabaya. Sеcara parsial variabеl rеliability atau kеandalan dan еmpathy atauеmpati bеrpеngaruh signifikan tеrhadap kеpuasan pеlanggan dalam layanan jasa pеtikеmas rеfееr, sеdangkan variabеltangiblе atau bukti fisik, rеsponsivеnеss atau daya tanggap, dan assurancе atau jaminan tidak bеrpеngaruh signifikantеrhadap kеpuasan pеlanggan dalam layanan jasa pеtikеmas rеfееr. Hasil pеngujian ini mеnghasilkan koеfisiеndеtеrminasi sеbеsar 0,761.
KINERJA FOREMAN LAPANGAN TERHADAP PRODUKTIVITAS LOADING CONTAINER Kajanto .; Sunarto .
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 2 (2019): Vol 2, No 2 (2019): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelabuhan merupakan salah satu faktor terpenting bagi pemerintah dalam menjalankan roda perekonomian negara.Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh pelabuhan yaitu terminal peti kemas yang digunakan sebagai tempat keluarmasuknya barang khususnya container. Terminal petikemas dikatakan baik jika tingkat produktivitas tinggi. Analisapelayanan loading container yang erat kaitannya dengan sumber daya manusia (SDM) perlu dilakukan seiring denganmeningkat arus container yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja ( kualitas (X1), kuantitas (X) dan ketepatan waktu(X32) ) terhadap produktivitas loading container (Y) di PT. Nilam Port Terminal Indonesia. Metode penelitian yangdigunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik danpengujian hipotesis. Data yang digunakan menggunakan primer dan skunder. Data primer dikumpulkan dengan carawawancara, kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Sedangkan data skunder diperoleh dari buku, data yangdiperoleh dari PT. Nilam Port Terminal Indonesia maupun sumber lain yang berkaitan dengan kinerja dan produktivitasloading container. Berdasarkan pada hasil analisis regresi linier berganda, didapat semua variabel dalam penelitian ini berpengaruhpositif. semakin baik kinerja (kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu) foreman lapangan maka produktivitas LoadingContainer akan meningkat dan begitu pula sebaliknya, semakin buruk Kualitas kerja foreman maka produktivitasLoading Container akan menurun. Variabel kuantitas (X) merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhiproduktivitas loading container dibandingkan dengan variabel lainnya.
KEBIJAKAN PEMANFAATAN ENERGI DAN SUMBERDAYA ENERGI MINERAL KELAUTAN INDONESIA Benny Hartanto; Sri Sartini
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 2 (2019): Vol 2, No 2 (2019): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kontribusi energi kelautan merupakan hasil konversi gaya mekanik, gaya potensial, dan perbedaantemperatur air laut. Potensi energi kelautan yang cukup tinggi diantaranya energi panas laut (ocean thermal), energipasang surut (tidal energy), energi gelombang (wind wave energy), dan energi arus laut (current energy). Menyikapikondisi tersebut, perlu diwujudkan suatu perumusan kebijakan tentang energi dan sumberdaya mineral kelautan, dalamupaya memanfaatkan energi baru, energi terbarukan, dan energi alternatif yang dapat menjadi prioritas dan dapattermanfaatkan secara optimal bagi sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Kebijakan Energi Nasional pemerintah memfokuskan pada pencapaian sasaran kebijakan energi nasional.Kebijakan ini mensyaratkan pemanfaatan minyak bumi menjadi kurang dari 20%, gas bumi lebih dari 30%,batubara lebih dari 33%, bahan bakar nabati (biofuel) menjadi lebih dari 5%, panas bumi menjadi lebih dari 5%.Sementara, energi baru dan energi terbarukan lainnya, khususnya biomassa, nuklir, tenaga air, tenaga surya, dantenaga angin menjadi lebih dari 5%, serta batubara yang dicairkan (liquefied coal) menjadi lebih dari 2%. Kebijakan strategis merupakan kebijakan portofolio yang bersifat baru maupun lebih me mf o k u s k a n p a d a meningkatkan pemakaian sumber energi baru dan terbarukan, terutama energi geothermal dan sumber energi darikelautan. Dan kebijakan yang akti f mengintensifkan pencarian, inventarisasi dan penelitian potensi gas biogenikyang banyak terdapat di perairan dangkal di wilayah pesisir dan muara sungai, agar prospek pemanfaatan danpengelolaan gas tersebut dapat dijadikan tumpuan dalam pembangunan ekonomi masyarakat pesisir kawasan pantaiterpencil di masa yang akan datang sejalan dengan konsepsi strategi pemerataan energi nasional.
ANALISIS MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) REGIONAL JAWA TIMUR Bambang Suryantoro; Ahmad Roihkul Ihksan; Mudayat Haqi
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 2 (2019): Vol 2, No 2 (2019): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini Indonesia sudah dihadapkan pada persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai pada tahun 2016. Setiap organisasi atau perusahaan harus cepat berbenah dalam meningkatkan kinerja manajemennya dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia khususnya sumber daya manusia yang ada dalam organisasi ata perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah mengambil sampel dari jumlah karyawan sebanyak 50 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolineritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji linieritas analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari analisis uji F menunjukan bahwa variabel motivasi kerja dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Sedangkan dari analisis uji t variabel motiasi kerja dan kepuasan kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan
APLIKASI MTOS DAN KINERJA KARYAWAN OUT SOURCING TERHADAP PRODUKTIVITAS SISTEM OPERASIONAL GATE ENTRY PADA PT BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA Nugroho Dwi Priyohadi; Abdi Rosyid Wildan
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 2 (2019): Vol 2, No 2 (2019): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi MTOS (X1) dan kinerja karyawan out sourcing (X2) terhadap produktivitas sistem operasional gate entry (Y) serta menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap produktivitas sistem operasional gate entry pada perusahaan PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia.Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian hipotensis yang disertai pengujian stasistik, dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, dan uji statistik (uji t, uji F dan koefisien determinan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh populasi (dikarenakan jumlahnya yang relatif sedikit) yaitu sebanyak 36 responden dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuisioner.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Aplikasi MTOS berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas sistem operasional gate entry perusahaan PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia; (2) kinerja karyawan out sourcing berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas sistem operasional gate entry perusahaan PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia; (3) Aplikasi MTOS dan kinerja karyawan out sourcing berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas sistem operasional gate entry perusahaan PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia; (4) Di antara 2 variabel (aplikasi MTOS dan kinerja karyawan out sourcing) yang paling dominan terhadap produktivitas sistem operasional gate entry perusahaan PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia adalah Aplikasi MTOS.
Beban Sewa Alat dan Foreman Terhadap Profitmargin PT Samudra Raya Indo Lines Meyti Hanna Ester Kalangi; Novita Sari
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel beban biaya sewa alat (X1) memiliki hubungan signifikan terhadap net profit margin (Y) dengan t hitung sebesar 3,005 lebih besar dari t tabel sebesar 2,262, dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0.05. Hal ini menjelaskan bahwa apabila beban biaya sewa alat dikelola secara efektif, maka net profit margin akan meningkat dan Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel beban biaya foreman (X2) memiliki hubungan signifikan terhadap net profit margin (Y) dengan t hitung sebesar 2,324 lebih besar dari t tabel sebesar 2,262 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal ini menjelaskan bahwa apabila beban biaya foreman memiliki hubungan yang signifikan terhadap net profit margin.
Kesiapan Alat Forklift dan Keterampilan Operator Terhadap Kecepatan Bongkar Muat Di Terminal Kalimas Soedarmanto Soedarmanto; Rino Kamhar
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kesiapan Alat Forklift dan Keterampilan Operator Terhadap Kecepatan Bongkar Muat di Terminal Kalimas”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan alatforklift dan keterampilan operator terhadap kecepatan bongkar muat di terminal kalimas.Obyek penelitian ini adalah pegawai PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) divisi Terminal Kalimas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai divisi Terminal Kalimas yang berjumlah 40 sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.. Hasil penelitian menyatakan bahwa kesiapan alat forklift dan keterampilan operatorsecara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh signifikan terhadap kecepatan bongkar muat di Terminal Kalimas. Secara Parsial keterampilan operator memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan bongkar muat, dan kesiapan alat forklift juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan bongkar muat.
Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaanpt Meiko Ekspres Surabaya Kadek Pusparini Putri; Pugoh Renal Refangga
Jurnal Baruna Horizon Vol 2 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Corporate Social Responsibility apakah memiliki hubungan signifikan terhadap Citra Perusahaan PT. MEIKO EKSPRES SURABAYA. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin , sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang warga sekitar di wilayah PT MEIKO EKSPRES yang kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh. Hasil dari Hipotesis menggunakan uji t menyatakan bahwavariabel corporate social responsibility (X) memiliki hubungan yang signifikan terhadap citra perusahaan (Y) dengan t hitung sebesar 5,765 lebih besar dari t tabel sebesar 1,9905, dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0.05 Hal ini menjelaskan bahwa apabila CSR perusahaan baik, maka citra perusahaann akan baik pula dan itu artinya bahwa hipotesis ke-1 dalam penelitian ini terbukti kebenarannya atau dapat di terima.