cover
Contact Name
NUR WIDYAWATI
Contact Email
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Phone
+6282244844143
Journal Mail Official
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Editorial Address
jalan perak barat nomor 173 surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL BARUNA HORIZON
ISSN : 26218399     EISSN : 27213129     DOI : https://doi.org/10.52310/jbhorizon
Baruna Horizon : Journal of business administration with a concentration in ports.Jurnal baruna horizon merupakan jurnal ilmiah yang berbasis administrasi bisnis dengan konsentrasi kepelabuhan. Jurnal ini diterbitkan oleh STIA dan Manajemen Kepelabhan Barunawati” Surabaya. Jurnal ini terbit berkala setiap bulan Juni dan Desember
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): JURNAL BARUNA HORIZON" : 6 Documents clear
PERAN TIMELIMENES DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER LOYALTY PT. JNE Achmad Daengs; Enny Istanti; Indriana Kristiawati
Jurnal Baruna Horizon Vol 5 No 1 (2022): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v5i1.71

Abstract

Persaingan dalam industri jasa pengiriman menjadi semakin ketat. Dengan adanya kondisi tersebut, membuat setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh timeliness terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Sampel dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah melakukan menggunakan jasa pengiriman PT. JNE sebanyak 100 sampel dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian ini dibuktikan bahwa timeliness berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Hasil dalam penelitian ini juga dibuktikan bahwa Customer Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty.
PENCAPAIAN EFEKTIVITAS KERJA MELALUI OPTIMALISASI KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMBERIAN BEBAN KERJA SECARA TEPAT KEPADA KARYAWAN Didit Darmawan; Arif Darmawan
Jurnal Baruna Horizon Vol 5 No 1 (2022): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v5i1.72

Abstract

Pada pelaksanaan operasionalnya perusahaan akan selalu meningkatkan kemampuan karyawannya. Perencanaan ataupun strategi yang diterapkan tidak lepas dari peningkatan kemampuan kerja karyawan. Perusahaan perlu meningkatkan efektivitas kerja karyawan dengan meningkatkan berbagai faktor yang ada. Studi bermaksud menelusuri peran kecerdasan emosional dan beban kerja sebagai tanggung jawab karyawan terhadap efektivitas kerja di tempat kerja. Studi berbentuk kuantitatif ini ditujukan pada satu perusahaan manufaktur yang ada di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan 80 responden sebagai sampel. Data penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan kuesioner yang kemudian di proses dengan SPSS dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Studi ini menghasilkan bukti ada peran nyata kecerdasan emosional untuk membentuk efektivitas kerja karyawan. Penelitian juga membuktikan adanya pengaruh signfikan terhadap pembentukan efektivitas karyawan secara negatif. Selanjutnya secara bersama-sama kecerdasan emosional dan beban kerja telah terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN BENGKEL RESMI HONDA SURABAYA Ella Anastasya Sinambela; Eli Retnowati; Ernawati Ernawati; Utami Puji Lestari; Misbachul Munir
Jurnal Baruna Horizon Vol 5 No 1 (2022): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v5i1.73

Abstract

Era globalisasi memberikan dampak pada persaingan bisnis. Persaingan bisnis tidak hanya dipengaruhi oleh modal besar melainkan bagaimana cara perusahaan dapat mempertahankan pelanggannya pada waktu yang panjang. Perusahaan saat ini melakukan peningkatan retensi pelanggan. Retensi pelanggan dapat memberikan keuntungan pada perusahaan. Manajemen pemasaran mempelajari segala aspek yang dapat meningkatkan retensi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap retensi pelanggan. Populasi penelitian ini merupakan warga Surabaya yang menggunakan layanan Bengkel Resmi Honda. Penelitian ini menggunakan 50 responden sebagai sampel. Data penelitian yang layak akan diuji menggunakan teknik regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui kualitas layanan memberikan pengaruh yang signifikan pada retensi pelanggan. Selain itu retensi pelanggan juga dipengaruhi signfikan dari citra perusahaan. Secara bersama-sama kedua variabel memiliki pengaruh yang signifikan untuk retensi pelanggan.
MENAKAR AKAR PENENTU KINERJA KARYAWAN (Sudi Pada Perusahaan Freight Forwarder-PT.Ridho Trans Jaya Semarang) aprih santoso; Niko Putra Helambang
Jurnal Baruna Horizon Vol 5 No 1 (2022): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v5i1.74

Abstract

The purpose of the study was to investigate the effect of competence, work environment, communication and person organization fit on employee performance at the Freight Forwarder Company-PT. Ridho Trans Jaya Semarang. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The population as well as the sample of this research are all employees of PT. Ridho Trans Semarang, totaling 43 employees. Questionnaires were used to obtain research data. The results of testing the coefficient of total determination showed that 50.4% of the changes in the dependent variable could be explained by independent variables, while the remaining 49.6% was explained by other variables outside the study. The results showed that each variable, namely competence, work environment, communication and person organization fit partially had a significant influence on employee performance. The value of the coefficient of determination adjusted R square is obtained at 76.8% which indicates that 76.8 percent of employee performance variables can be explained by the variables of competence, work environment, communication and person organization fit.
PENGARUH KETERLIBATAN KARYAWAN DAN KESEIMBANGAN KEHIDUPAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION Rahayu Mardikaningsih; Samsul Arifin
Jurnal Baruna Horizon Vol 5 No 1 (2022): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v5i1.76

Abstract

Business competition in the global market poses problems for companies. The problem faced by the company is not only how to set a marketing strategy for profit. Companies are faced with problems regarding the level of turnover intention of their employees. The company will spend more to train the new employee's ability if there is a turnover of its employees. So that the problem of turnover intention becomes the focus of management in order to suppress the desire of employees to quit or change jobs. This study was conducted to determine the level of turnover intention seen from employee involvement and work-life balance. This research was conducted at a company in Kediri, East Java. The research sample obtained as many as 100 respondents. The research data will be processed with SPSS using multiple linear regression analysis techniques. Based on the results of the tests that have been carried out, it is proven that employee involvement has a significant influence on the formation of turnover intention. In addition, turnover intention is also significantly influenced by work-life balance. Work involvement and work-life balance together have a significant influence on changes in turnover intention.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG BERDAMPAK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN FINANSIAL TEKNOLOGI Ferdy Muslifiansyah; Pompong B Setiadi
Jurnal Baruna Horizon Vol 5 No 1 (2022): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v5i1.77

Abstract

Pada era globalisasi yang berkembang pesat ditandai dengan teknologi dan informasi yang terus meningkat menuntut perusahaan untuk dapat bertahan dalam kondisi ekonomi yang tidak dapat dipastikan tetapi banyaknya perusahaan rintisan (star-up) yang mampu menunjukkan eksitensinya dalam situasi saat ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu mengelola segala sumber daya yang dimiliki dengan baik dan tepat sasaran, salah satunya Perusahaan Finansial Teknologi yang merupakan perusahaan layanan jasa keuangan melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan yang berdampak terhadap peningkatan penjualan pada Perusahaan Finansial Teknologi. Populasi sebanyak 70 dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data melalui kuesioner Google Form dan teknik analisis data dengan regresi liniear berganda serta path analysis. Hasil pengolahan data diperoleh : (1) gaya kepemimpinan (sig.0,000) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai sig. yang diperoleh < tingkat tingkat sig.α = 0,05. (2) gaya kepemimpinan (sig.0,011) dan kinerja karyawan (0,024) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian secara tidak langsung yaitu gaya kepemimpinan melalui kinerja karyawan terhadap peningkatan penjualan tidak memiliki pengaruh secara signifikan didapatkan hasil (thitung 1,9053) lebih kecil dibandingkan dengan nilai (ttabel 1,9960).

Page 1 of 1 | Total Record : 6