cover
Contact Name
Ahmad Fauzi
Contact Email
upt.penerbitan.uij@gmail.com
Phone
+6282234175064
Journal Mail Official
ahmadfauzi.12081989@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No. 101 Kaliwates Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Kajian Aswaja
ISSN : 24603325     EISSN : 28082109     DOI : https://doi.org/10.56013/jpka
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan dan Kajian Aswaja merupakan Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas topic Pendidikan dan Kajian Aswaja. Jurnal Kajian ini di kelola oleh Penerbit UIJ Kyai Mojo dan terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Articles 28 Documents
PERAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM LOKAL DI PESANTREN NURUL ISLAM 1 JEMBER Moh Qurtubi; Saman Hudi
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 6 No. 1 (2020): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.916 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v6i1.690

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran dan strategi Kiai dalam pengembangan kurikulum lokal madrasah berbasis pesantren. Secara lebih rinci, masalah penelitian ini difokuskan pada: (1) peran kiai dalam mendorong tim pengembang kurikulum lokal untuk menganalisis kebutuhan dan pertimbangan yang digunakan pesantren; (2) peran kiai dalam mengarahkan tim pengembang untuk memformulasikan kurikulum lokal di madrasah berbasis pesantren;  (3) peran kiai  dalam  menetapkan  kurikulum lokal  pada  tim pengembang untuk diimplementasikan melalui program ekstrakurikuler; (4) peran kiai dalam membiming tim untuk melakukakan evaluasi dan rencana tindaklanjut.Penelitian  ini dirancang  dengan  metode  kualitatif.  Penentuan  informan yang  dipilih dengan  teknik  purposive.   Pengumpulan  data  dilakukan  dengan menggunakan teknik wawancara  mendalam, observasi, dan studi dokumenter. Prosedur  analisis  data  melalui  tahapan  data  condensation,   data  display,  dan conclusion  drawing. Sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.Temuan penelitian ini adalah: Pertama, kiai mendorong tim pengembang kurikulum untuk melakukan  analisis terhadap  kebutuhan  masyarakat  terkait dengan  kurikulum lokal  dengan  tetap  menjaga  sanad  keilmuan;  Kedua, kiai mengarahkan tim pengembang untuk memformulasi kurikulum lokal yang integratif dan adaptif yaitu sesuai dengan situasi, kondisi, dan sarana prasarana pesantren; Ketiga, kiai menetapkan pengembangan kurikulum lokal pada tim pengembang untuk diimplementasikan melalui program ekstrakurikuler. Keempat, kiai membimbing tim pengembang untuk mengevaluasi  pelaksanaan kurikulum lokal  secara  holistik  dan  komprehensif, mulai  dari  perencanaan, pelaksanaan,  dan hasil yang  telah  dicapai  serta  menentukan  rencana  tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebutKata  Kunci: Peran  Kiai, Pengembangan,  Kurikulum  Lokal,  Madrasah  Berbasis Pesantren 
MPLEMENTASI DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN AL-QUR’AN PUTRI IBNU KATSIR JEMBER Nuzzulul Ulum
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 6 No. 1 (2020): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (996.972 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v6i1.691

Abstract

AbstrakBahasa Arab adalah salah satu bahasa mayor yang paling banyak digunakan di dunia. Mempelajari bahasa Arab adalah hal yang penting terutama bagi umat Islam, karena al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, hadits Nabi dituturkan dalam bahasa Arab serta kitab-kitab dalam agama Islam ditulis menggunakan bahasa Arab. Namun, mempelajari bahasa asing tentu memiliki kesulitan dan hambatan tersendiri. Oleh karena itu dibutuhkan cara/metode yang tepat dan efisien dalam mengajarkan bahasa Arab, agar dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi direct method melalui ilqo’ mufrodat dan yaumul lughoh dalam pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember?Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif oleh Miles, Huberman dan Saldana yaitu Data Collection, Data Condensation, Data Display dan Conclusion Drawing/Verfications. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data.Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi Direct Method Melalui Ilqo’ Mufrodat di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember terdiri dari dua tahap yaitu; a) Pengenalan direct method dalam ilqo’ mufrodat dimulai pada tahun 2016, untuk santriwati baru diperkenalkan pada tiga bulan pertama awal tahun ajaran, b) Pelaksanaan, meliputi 1. Materi, diberikan sebanyak tiga kosakata setiap hari, 2. Implementasi metode, mengunakan sistem talaqqi dan imla’, 3. Media, mengunakan whiteboard, spidol, kamus dan buku “ Belajar Bahasa Arab bagi Pemula”, 4. Evaluasi, dengan mengadakan ujian mufrodat dan praktek langsung.2) Implementasi Direct Method Melalui Yaumul Lughoh di Pondok Pesantren Al- Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember terdiri dari dua tahap yaitu; a) Pengenalan direct method dalam yaumul lughoh dimulai pada tahun 2016, untuk santriwati baru diberi waktu adaptasi dan pengajaran intensif pada tiga bulan pertama awal tahun ajaran, b) Pelaksanaan, meliputi 1. Materi, menggunakan kosakata-kosakata dan pengetahuan bahasa Arab yang dimiliki santri, 2. Implementasi metode, mengunakan sistem praktek berbicara langsung/bahasa isyarat, 3. Evaluasi, dengan mengadakan mahkamah bahasa setiap malam.Key word: Direct Method, Pembelajaran Bahasa Arab
STUDENT CENTERED LEARNING (SCL), PENDEKATAN PEMBELAJARAN YANG REPRESENTATIF DI ERA GLOBALISASI Hj Marfu’ah
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 6 No. 1 (2020): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.195 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v6i1.692

Abstract

AbstrakStudent Centered Learning, pembelajaran yang menekankan pada minat, kebutuhan, dan kemampuan individu, menjanjikan model belajar yang menggali motivasi intrinsic untuk membangun masyarakat yang suka dan selalu belajar. Model belajar ini sekaligus dapat mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan masyarakat seperti kreativitas, kepemimpinan, rasa percaya diri, kemandirian, kedisiplinan, kekritisan dalam berfikir, kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim, keahlian tehnis, serta wawasan global untuk dapat selalu beradaptasi terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan.
TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF MAZHAB SYAFI’I H. Lukmsn Yasir
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 6 No. 1 (2020): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.163 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v6i1.693

Abstract

AbstrakEra globalisasi yang penuh dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi menjadikan jual beli online semakin berkembang cepat dan menjadi trend bagi banyak orang di berbagai negara. Ditinjau dari perspektif Islam, transaksi jual beli online banyak menimbulkan pro dan kontra. Menurut madzhab Asy-Syafi?i jual beli diperbolehkan dengan syarat barang telah disaksikan terlebih dahulu. Jual beli diperbolehkan selama barang yang diperjualbelikan sesuai dengan ciri-ciri yang telah ditentukan, atau telah diketahui jenis dan sifat barang yang akan dibelinya. Dalam kasus jual beli online, penyerahan barang tidak diberikan secara langsung dari penjual kepada pembeli, namun diwakilkan kepada orang lain atau melalui kurir. Menurut madzhab ini jual beli bisa diwakilkan, baik untuk menjual atau membeli suatubarang, yang dinamakan jual beli dengan wakalah (diwakilkan). Hasil penelitian dengan menggunakan studi kepustakaan dari berbagai literatur, dapat disimpulkan bahwa transaksi jual beli online secara hukum dilihat dari Madzhab Asy-Syafi?i diperbolehkan dengan dasar jual beli wakalah yang diwakilkan kepada kurir atau delivery service, dengan catatan bahwa kurir atau delivery service tersebut memiliki surat tugas atau surat kuasa dalam melakukan penjualannya. Disyaratkan juga ketika melakukan transaksi elektronik hendaknya para pelaku memperhatikan prinsip kehati-hatian, transparansi, akuntabilitas dan kewajaran.Kata kunci: jual beli online, fiqh muamalah, madzhab asy-syafi?i
Kontribusi Pondok Pesantren dalam Pembinaan Pendidikan di Pesantren Nurul Islam 1 Jember Moh Qurtubi; Saman Hudi
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 7 No. 1 (2021): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.944 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v7i1.1059

Abstract

Pesantren adalah simbol pendidikan Islam di Indonesia yang secara historis telah menunjukkan bahwa pesantren mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangan pendidikan Indonesia khususnya pendidikan non formal dan dapat mengangkat harkat dan martabat lembaga pendidikan dan keagamaan, dengan langkah yang pelan, namun pasti gerak langkah pesantren telah memberikan kontribusi dalam pembinaan pendidikan khususnya dalam bidang spiritual, diharapkan santri dan masyarakat akan memiliki sifat jujur, terbuka dan mampu berkarya sesuai dengan bidangnya masing-masing dengan dilandasi nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini, mengambil obyek penelitian di Nurul Islam 1 Jember. Dengan metode pengumpulan data observasi, interview dan metode dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisa data dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat study kasus serta tekhnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, serta proses akhir data yang telah diperoleh dianalisa dengan tekhnik reflektif thinking guna memperoleh kesimpulan yang akurat dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Kontribusi Pondok Pesantren Nurul Islam 1 Jember dalam pembinaan pendidikan yaitu dengan mengadakan kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial yang di frame dalam bentuk Madrasah Diniyah, Majlis Ta’lim, Kebersihan Lingkungan, Penghijauan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha yang meliputi Perdagangan (Koperasi), serta Mendirikan Lembaga Pendidikan Jalur Sekolah (Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah) dan Lembaga Pendidikan Jalur Luar Sekolah (Madrasah Diniyah, Majlis Ta’lim). Kata Kunci : Kontribusi, Pondok Pesantren, Pembinaan Pendidikan.
Komunikasi dan Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini Hj Marfu’ah
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 7 No. 1 (2021): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.269 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v7i1.1060

Abstract

Pada dasarnya setiap individu memiliki potensi kemampuan yang berbeda satu sama lain. Salah satu kemampuan yang ada pada setiap individu adalah potensi kreatif atau kreatifitas. Kreatifitas merupakan kemampuan yang harus dikembangkan, karena kreatifitas memiliki pengaruh yang sangat besar dan cukup memberi andil dalam kehidupan seseorang misalnya dalam prestasi akademik. Kreatifitas merupakan kemampuan yang tidak dibawa dari lahir, namun dapat diberdayakan, dilatih dan dikembangkan, sehingga seyogyanya kemampuan ini dikembangkan sejak usia dini, karena masa masa usia dini merupakan golden age, yang merupakan pondasi dari tahapan usia selanjutnya. Demikian juga pengembangan potensi ini hendaknya dilakukan dengan komunikasi yang baik, sebab komunikasi merupakan kunci dalam pengembangan kreatifitas. Kata Kunci: Komunikasi, Pengembangan Kreatifitas, Anak Usia Dini
Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Islam Muhammad Nidom Hamami Abicandra
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 7 No. 1 (2021): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.189 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v7i1.1061

Abstract

Memang bukan pekerjaan mudah dalam mewujudkan sebuah ilmu pengetahuan yang dapat diterima secara luas (broadly acceptable). Beberapa konsep dari para tokoh psikologi masih terus menerus dikritik dan dianggap tidak memenuhi kriteria ilmu pengetahuan oleh beberapa pihak. Namun inilah yang menjadi sasaran kritik saat ini. Hegemoni pengetahuan yang dikembangkan Barat memang cenderung kaku dan prosedural. Padahal fitrah ilmu pengetahuan itu adalah dinamis dan dalam kasus-kasus tertentu bisa jadi akan melawan kekakuan dan prosedur-prosedur yang disebut ilmiah. Gagasan psikologi dengan mengambil perspektif kajian Islam menjadi hal yang masih terus dikembangkan dan masih perlu terus menerus diuji, sampai kemudian mana yang dianggap menjadi fondasi yang kuat dalam usaha pengembangannya. Kata Kunci : Psikologi, Kajian, Islam
Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Qori’in Jember Nuzzulul ulum
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 7 No. 1 (2021): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.345 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v7i1.1067

Abstract

Salah satu yang menjadi kendala dalam penguasaan bahasa arab adalah minimnya penguasaan kosakata bahasa arab siswa yang disebabkan kurangnya media dan perhatian serta rasa antusias siswa terhadap materi pelajaran.flash card merupakan media dalam bentuk kartu permainan yang berisi gambar-gambar serta tulisan kata dari gambar tersebut.Gambar serta kata merupakan kata-kata yang paling dikenal dan dekat dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Riyadhul Qori’in Ajung Jember. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti, terlibat secara penuh dalam perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi pada tiap-tiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media flash card meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa arab siswa yang terjadi dalam dua siklus. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dalam pengkajian ini adalah nilai rata-rata kelas ulangan harian pra siklus yaitu 22 %. Sedangkan pada siklus 1 nilai rata-rata kelas 55 %, dan pada siklus ke 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas 89 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab bagi siswa. Kata Kunci: flash card, kosa kata bahasa arab.
Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Menuju Program Adiwiyata di SMP Plus Nurul Wafa Anis Rofi Hidayah
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 7 No. 1 (2021): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.195 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v7i1.1079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : : 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 2. Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat rumusan masalah yang diantaranya : 1. Bagaimana perencanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 2. Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 3. Bagaimana evaluasi pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup menuju program adiwiyata di MTs Nurul Wafa Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode : jenis penelitian field research, pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Adiwiyata yang di Implementasikan di SMP Plus Nurul Wafa dalam perencanaan yang dilakukakan guru PAI harus menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Prota dan Prosem, sebagai langkah awal sekolah menyiapkan 5P, pengelolaan sampah, penghijauan, pengendalian pencemaran, perubahan iklim, partisipasi aktif. Sedangkan dalam pelaksanaan program guru PAI mengikuti program yang sudah direncanakan oleh sekolah dalam pelaksanaan 5P. Untuk evaluasi, sekolah dan dewan guru lebih menitik beratkan terhadap capaian dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Pendidikan, Agama, Program Adiwiyata
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR Muhammad Ilyas; Achmad Faisol
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA Vol. 6 No. 1 (2020): JUNI
Publisher : Penerbit Kyai Mojo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.38 KB) | DOI: 10.56013/jpka.v6i1.1083

Abstract

Abstrak Keberhasilan dalam belajar tidak lepas dari model model pembelajaran Yang efektif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendidikan agama islam melalui penerapan metode Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI. Miftahul Ulum Balung Jember. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa Kepala Madrasah harus selalu memberi dukungan terhadap model pembelajaran yang bisa menyenangkan. semua guru hendaknya semangat untuk memberi pelajaran dengan model pembelajaran yang siswa tidak bosan, siswa khususnya siswa MI Miftahul Ulum antusias ketika pelajaran berlangsung Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Aktivitas Belajar

Page 1 of 3 | Total Record : 28