cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnal.P4I@gmail.com
Phone
+6289681071805
Journal Mail Official
jurnal.P4I@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran
ISSN : 27985725     EISSN : 27985466     DOI : https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.580
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Learning Strategies and Models.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 127 Documents
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SUNGAI LILIN MUHAMMAD EZRA KURNIAWAN; YASIR ARAFAT; SYAIFUL EDDY
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 3 Sungai Lilin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepala sekolah bertanggung jawab serta berperan penting dalam manajemen pemebelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi melalui perencanaan program jangka pendek dan jangka panjang. Melakukan pengorganisasian dan koordinasi kepada pendidik, tenaga pendidik dan peserta didik untuk dapat memanfaatkan pembelajaran berbasis TIK. Serta melakukan evaluasi untuk melihat manfaat dan kendala apa saja dari pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SMP Negeri 3 Sungai Lilin. Hasil evaluasi menunjukkan manfaat yang dirasakan dari pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dari bermacam produk TIK yang sudah ada memberikan inovasi serta kemudahan dalam aktifitas sekolah terutama dalam aktifitas proses pembelajaran seperti, mempermudah pendidik/guru dalam mengelola manajemen kelas berupa pembuatan perangkat pembelajaran, silabus , RPP dan mengelola hasil nilai peserta didik. Serta dapat dijadikan sebagai salah satu inovasi sumber belajar bagi pendidik dan peserta didik. Kendala yang dirasakan dari pemanfaatan pembelajaran berbasis TIK mahalnya sarana prasarana TIK sehingga memerlukan perencanaan program jangka panjang untuk melengkapi sesuai standar sekolah berbasis TIK serta masih belom meratanya jaringan internet.
PEMANFAATAN SLIDE MASTER POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI PENERAPAN LAJU REAKSI SONNY ROHIMAT
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.286

Abstract

ABSTRAK Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh banyak peserta didik karena dirasa membosankan, sulit, dan menakutkan. Salah satu cara yang dapat menjadikan pembelajaran lebih jelas, menarik, interaktif, dan efisien adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat. Salah satu pembelajaran berbasis komputer yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kecerdasan verbal, audio, maupun visual peserta didik adalah aplikasi power point dengan memanfaatkan fitur slide master. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif di SMA Negeri 6 Kota Serang pada kelas XI MIPA 4 tahun pelajaran 2019/2020 semester ganjil. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan master slide pada aplikasi Microsoft Power Point dan pembelajaran kimia memanfaatkan media pembelajaran tersebut dengan menggunakan model discovery learning. Media pembelajaran dengan memanfaatkan fitur slide master pada aplikasi Microsoft Power Point bisa dibuat untuk materi Penerapan Laju Reaksi. Hal ini didukung dengan model discovery learning yang mendorong peserta didik melakukan penemuan secara kolaboratif.
UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI JITU PEMBELAJARAN DARING BERMUTU DI MASA PANDEMI I KETUT SUARDINATA
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.287

Abstract

Sistem Kredit Semester (SKS) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknyamenyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan/atau strategi belajar setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya. Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester di SMA merupakan upaya pemerintah untuk menjawab amanat Undang-Undang bahwa setiap peserta didik adalah individu yang unik, sehingga harus dilayani proses belajarnya dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan potensi dan kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Keberagaman adalah sebuah keniscayaan dalam suatu komunitas belajar di dalam kelas, dan setiap pribadi peserta didik memiliki hak untuk mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan keunikannya. Dengan demikian, pendampingan dan pembimbingan oleh guru terhadap setiap peserta didik menjadi bersifat heterogen sesuai dengan heterogenitas mereka sebagai pribadi-pribadi yang unik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam pola layanan seperti itu dibutuhkan alat bantu berupa bahan belajar yang disebut Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dan Buku Teks Pelajaran (BTP). UKBM merupakan satuan pelajaran kecil yang dijabarkan lebih operasional dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah disusun terlebih dahulu. UKBM memuat Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta strategi pembelajaran individual untuk mencapai ketuntasan beban belajar yang telah ditentukan terkait penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan dan keterampilan serta memberikan dampak pengiring terbangunnya karakter yang dibutuhkan dalam kehidupan abad 21. Dari hasil UKBM dalam kegiatan belajar mengajar meningkatkan efektivitas siswa dalam belajar karena meningkatnya nilai siswa di bidang Biologi.
IMPLEMENTASI E-MENTORING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PEMULA DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MILAINI MILAINI
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.288

Abstract

Tujuan Penelitian adalah melalui implementasi E-Mentoring dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat video pembelajaran di SMP Negeri Binaan Kecamatan Sekupang Kota Batam Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). penelitian ini telah dilaksanakan di 4 Sekolah binaan kota batam. Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara daring mengunakan bantuan jejaring sosial menggunkan WA, dan aplikasi Microsoft Foms, Teams dengan pelaksanaan dilakukan tanggal 13 Mei 2020 sampai tanggal 20 Juni 2020. Sabjek sasaran adalah guru pemula yang berjumlah 18 Guru Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah teknik observasi dengan instrument lembar observasi penilaian kompetensi guru pemula dalam membuat video pembelajaran. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil pelaksanaan dinyatakan bahwa E-Mentoring Video Pembelajarann dapat meningkatkan kemampuan guru pemula dalam menyusun video pembelajaran di SMP Binaan Kota Batam sebesar 84% dengan kategori baik.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X.IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMAN 9 YOGYAKARTA ATI LASMANAWATI
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.291

Abstract

Karya tulis ini merupakan hasil penelitian dari pengalaman nyata penulis sebagai seorang guru, dalam proses pembelajaran menggunaan metode mind mapping dengan pendekatan saintifik. Metode ini merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran terbaik yang pernah dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik yang ada di kelas X.IPS, pada materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak, materi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional, materi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional Tahun Ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Hasil belajar yang akan ditingkatkan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga instrumen yang digunakan selama proses belajar mengajar terdiri dari tes tertulis (tes evaluasi akhir), penugasan, tes praktik/ unjuk kerja, dan proyek, dengan instrumen non tes berupa lembar angket sikap, wawancara tertulis, dan observasi yang dilakukan langsung oleh guru. Keberhasilan proses pembelajaran terlihat sekali dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar baik pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang telah mencapai nilai melampaui KKM (> 73). Besarnya presentase capaian nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas X.IPS untuk materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 79,80%, dan keterampilan 81,01%. Pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional diperoleh capaian untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 80,75%, dan keterampilan 82,0%. Sedangkan pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional diperoleh capaian untuk kompetensi sikap rata-rata baik, pengetahuan 82,05%, dan keterampilan 82,75%. Hasil ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan pendekatan saintifik.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN SPEAKING SKILLS SISWA DI SMA NEGERI 02 KOTA JAMBI SITI AISYAH
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi dan keterampilan berbicara (speaking skills) siswa kelas XI pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi Provinsi Jambi. Sampel penelitian yang diambil yakni 125 siswa dari kelas XI IPA dan IPS. Data penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa, dan (2) pengaruhnya terhadap pembelajaran keterampilan berbicara (speaking skills) siswa kelas XI semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara bahasa inggris (speaking skills). (1) Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa (f hitung 5,050 dan p<0,050). (2) Berdasarkan perhitungan statistik uji hipotesis dengan nilai t = 54,077 dengan Sig. 0,000< 0,05 Hi diterima artinya terdapat pengaruh media pembelajaran video terhadap keterampilan bicara (speaking skills) siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran video terhadap motivasi belajar dan keterampilan bicara (speaking skills) siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi.
IMPLEMENTASI COACHING INDIVIDUAL UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MARDIYATUN MARDIYATUN
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat efektifitas supervisi akademik melalui Teknik Coaching individual guna meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama 16 Guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Kulon Progo. Aksi yang dilakukan melalui 4 tahapan, yakni perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan perenungan (reflection). Tahapan action dan observation dilaksanakan secara bersamaan. Penelitian ini berlangsung dalam dua (2) siklus sampai terjadi peningkatan atau tercapainya solusi permasalahan yang diangkat. Metode yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis dilakukan melalui tes pemahaman dan hasil produk unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coaching individual mampu meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan PTK. Hal ini dibuktikan (1) hasil observasi dan angket menunjukkan tingkat partisipasi meningkat dan peserta merasakan senang mengikuti coaching sebesar 100% (2) pemahaman konsep tentang PTK meningkat dari sangat rendah menjadi 81.25% Sangat baik. Hasil penilaian produk PTK di siklus I masih rendah setelah tindakan di siklus II naik secara signifikan menjadi sangat baik (93,75%), artinya 16 subjek GPAI mampu melaksanakan PTK dengan hasil yang maksimal (4) teknik coaching individual dapat dilaksanakan dengan mudah dan efektif. Kelemahan-kelemahan yang masih terjadi mampu diatasi pada coaching berikutnya.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA KONSEP CAHAYA MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS VIII A SMPN 2 SAWANGAN MAGELANG JAWA TENGAH GANGGIWATI GANGGIWATI
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.355

Abstract

Alat peraga atau alat bantu mengajar adalah alat yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar. Alat peraga merupakan fasilitas penting dalam belajar karena bermanfaat untuk meningkatkan perhatian anak, dengan alat peraga anak diajak secara aktif memperhatikan apa yang diajarkan guru. Terlebih penggunaan alat peraga tersebut diikuti dengan metode anak aktif (anak membuat sendiri) maka efektifitas pembelajaran akan semakin baik, di samping itu anak akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan kreatifitasnya. Belajar fisika dapat diartikan sebagai usaha/ akal yang dibuat/ dilakukan untuk menaikkan atau mempertinggi hasil perubahan tingkah laku/ sikap pada diri individu yang sedang belajar fisika untuk memperoleh pengetahuan fisika berdasar pengalaman, pemahaman dan ketrampilan yang dipelajaninya melalui percobaan dan pengukuran untuk menelusuri kebenaran suatu teori. Dengan adanya alat peraga pada pembelajaran fisika akan mempermudah proses belajar mengajar. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan II. Seluruh data diperoleh melalui observasi, tes dan wawancara. Penerapan alat peraga dalam pembelajaran fisika ini dapat meningkatkan aktifitas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran yaitu jumlah siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru maupun dalam diskusi kelompok mencapai lebih dari 3,49% dari jumlah siswa yang hadir. Tidak hanya partisipasi dan aktifitas siswa yang meningkat akan tetapi persentase hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu sebelum siklus I hanya Sementara hasil belajar siswa juga meningkat yaitu dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal yaitu mengalami peningkatan nilai pembelajaran dari 64 setelah siklus I menjadi 66,36 dan menjadi 70,1 setelah siklus II.
JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI VERBAL DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FUTIHATUN FUTIHATUN
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.358

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta kemampuan berkomunikasi verbal pada peserta melalui penerapan jigsaw learning. Penelitian dilaksanakan di kelas X OTKP 1 SMK N 1 Depok dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi. Pengumpulan data kemampuan berkomunikasi verbal melalui observasi, meliputi menjelaskan materi, bertanya, menjawab pertanyaan, berpendapat, dan berdiskusi. Data hasil belajar berupa nilai pre-test dan pos-test setiap siklus. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik setelah penerapan pembelajaran dengan jigsaw learning . Peningkatan ini nampak pada hasil observasi, pre-test maupun pos test pada tindakan siklus I, dan siklus II. Data perkembangan peningkatan kemampuan berkomunikasi verbal peserta didik dapat dilihat dari rata-rata keaktifan peserta didik pada masing-masing siklus, yakni dari 16,11% menjadi 46,67%. Prestasi hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 rata-rata hasil belajar 74,31 menjadi 85,97 pada siklus 2. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 55,56% pada siklus 1 menjadi 86,11% pada siklus II.
KAJIAN LITERATUR: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MASA PANDEMI RESTY KIANTINI
STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/strategi.v1i1.363

Abstract

Pandemi COVID-19 menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia. Perkembang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merubah perilaku masyarakat dalam penggunaan internet. Gadget menjadi bagian hidup dan sarana dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Perpustakaan sebagai sumber ilmu dan pusat informasi bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka akan informasi.. Pelayanan sebagai front office perpustakaan dituntut harus dapat berkomunikasi dengan pemustaka melalui sarana digital. Media sosial merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai sarana layanan perpustakaan di masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mereview beberapa artikel terhadap pemanfaatan akun media sosial sebagai sarana efektif layanan perpustakaan dimasa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan langkah awal memformulasikan masalah dan dilanjutkan pencarian literaur, evaluasi data dan penganalisisan. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan 6 artikel yang terbit semasa pandemi COVID-19 (tahun 2020 s.d sekarang). Dari hasil kajian literatur diperoleh bahwa media sosial merupakan media yang efektif dimanfaatkan sebagai sarana layanan perpustakaan dimasa pandemi COVID-19. Penyebaranluasan infomasi perpustakaan melalui media sosial dapat diterima pemustaka seluruh Indonesia tanpa mengenal batas dengan cepat dan serentak melalui dunia maya. Pemanfaatan media sosial pada layanan perpustakaan juga memudahkan interaksi antara pemustaka dan antar pustakawan sehingga meningkatkan interaksi, jaringan informasi dan kerjasama antar perpustakaan. Dengan pemanfaatan media sosial sebagai media layanan perpustaan di masa pandemi terjadi peningkatan jumlah pengunjung dan jumlah koleksi bahan perpustakaan. Pemanfaatan layanan perpustakaan dengan menggunakan media sosial harus dikelola dengan baik. Konten media sosial harus selalu diupdate dan informasi dari pemustaka harus segera direspon oleh pustakawan. Tidak kalah penting Perpustakaan merupakan sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Dengan perkembangan TIK maka layanan perpustakaan juga harus bertransformasi sesuai dengan perkembangan jaman. Untuk itu pustakawan perpustakaan diharuskan selalu meningkatkan wawasan dan skill dalam bidang teknologi dan informasi.

Page 1 of 13 | Total Record : 127