cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
snip@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Jl. Kepodang No. 67 A Panjer Kebumen
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23389400     EISSN : 28082621     DOI : https://doi.org/10.20961
Core Subject : Education,
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, evaluasi pendidikan, dan pendidikan guru.
Arjuna Subject : -
Articles 467 Documents
Improvement of Beginning Writing Skills Using Image Media Resti Ita Indriani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.491 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53834

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan menggunakan media gambar. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Tahapan   penelitian  ini terdiri dari 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) tindakan; dan 4) refleksi. Subyek dari penelitian ini berjumlah 17 siswa. Pada pra tindakan ada 6 peserta didik atau 35,29% yang memenuhi KKM. Pada siklus I sudah ada 11 peserta didik atau 64,70% peserta didik yang memenuhi KKM. Pada siklus II sudah ada 12 peserta didik atau 70,58% peserta didik yang memenuhi KKM. Pada siklus III sudah ada 88,23%. Hasil ini menunjukan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik.
METODE PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MI TERPADU LOGARITMA Arni Ambarwati; Suhartono Suhartono; Ratna Hidayah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 1 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.241 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i1.41248

Abstract

Abstrak: Metode Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Program Full Day School di MI Terpadu Logaritma. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembentukan karakter religius peserta didik program full day school di MI Terpadu Logaritma. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan model analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan semua aspek metode pembentukan karakter religius yang meliputi: teladan, kisah, nasihat, pembiasaan, hukuman dan ganjaran, ceramah, dan diskusi sudah dilakukan sekolah. Metode yang ditekankan dan sering dilakukan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI Terpadu Logaritma yaitu metode nasihat dan metode kisah. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut yaitu metode pembentukan karakter religius peserta didik program full day school di MI Terpadu Logaritma yang sudah berjalan baik dengan metode nasihat dan kisah.Kata kunci : metode, pembentukkan, karakter religius, full day school. 
Penerapan Model Pembelajaran CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Undangan di Sekolah Dasar Susilailiy Rahmawati
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.805 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53864

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses dan hasil belajar muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V yang masih rendah di SD Negeri 1 Lundong. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis surat undangan pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Lundong melalui model pembelajaran CIRC. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest tentang keterampilan menulis surat undangan adalah 67,70 dengan persentase ketuntasan peserta didik kelas sebesar 55%.  Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,10 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 60%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,28 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 82,50%. Pada siklus III, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,60 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 90%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis surat undangan pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Lundong.
Implementation of Concept Mapping As Learning Strategy to Improve Social Science Learning Outcomes in The Theme of Wonderful Diversity In My Country to The Fourth Grade Students of SDN 2 Prembun In Academic Year of 2019/2020 Retno Novianti Rahayu; Wahyudi Wahyudi; Joharman Joharman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 2 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.79 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i2.41508

Abstract

The objectives of the research were: (1) to describe the steps in the implementation of concept mapping as learning strategy, (2) to improve social science learning outcomes in the theme of wonderful diversity in my country, and (3) to describe the obstacles and solutions in the implementation of concept mapping as learning strategy.The research was a collaborative classroom action research. The types of data were qualitative data and quantitative data. Data collection techniques included observation, interviews, and tests.The results of the research indicated that: (1) the steps in the implementation of concept mapping as learning strategy were: a) the teacher explained concept mapping as learning strategies to the students, b) the students worked in small groups, c) the students expressed the ideas, d) the students determined the main concepts, e) the teacher guided the students to create concept maps, f) the students presented the results of the discussion, g) the teacher provided feedback, h) the students summarized the lesson, i) the students made evaluation; (2) the implementation of the concept mapping as learning strategy improved students’ learning outcomes, (3) the obstacle was some students disturbed other groups during group discussions. The solution to overcome the obstacle was the teacher walked over to the students and gave a reprimand.
APPLICATION OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) WITH MODEL MATERIALS TO IMPROVE MATHEMATICS ABOUT SOLID FIGURES TO FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN 1 DANASRI IN ACADEMIC YEAR OF 2019/2020 TYA DWI AGUSTIN; WAHYUDI WAHYUDI; NGATMAN NGATMAN
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 2 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.558 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i2.42471

Abstract

Abstract:The study aimed: (1) to describe the steps of PBL with model materials, (2) to improve mathematics, and (3) to describe the constraints and solutions. It was a collaborative classroom action research (CAR) carried out in three cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were teachers and 20 students. Data collection techniques used observation, interviews, and tests. Data analysis included data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that: (1) the steps to the application of PBL with model materials to improve mathematics about solid figures to fifth grade students of SD Negeri 1 Danasri in academic year of 2019/2020 were: (a) examining problem orientation with the model materials, (b) preparing the students to work in groups, (c) having the students to investigate individually or in groups with the help of model materials, (d) having presentation and discussion by using model materials; (e) analyzing and evaluating  problem solving process with the help of model materials; (2) the application of PBL with model materials improved mathematics about solid figures. The average percentages of mastery learning were 85% in the first cycle, 90% in the second cycle, and 95% in the third cycle: (3) obstacles in each meeting were (a) a few students used the model materials as tools while learning process and having group discussions, (b) a few students asked questions. The solutions were: (a) the teacher introduced the model materials, (b) the teacher stimulated the students to ask questions.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2017/2018 Wardatul Jannah; Muhamad Chamdani; Wahyudi Wahyudi
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.268 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i2.40671

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru, siswa, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan persentase ketuntasan siswa pada siklus I, II, dan III yaitu 86,36%, 90,23%, dan 95,46%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan.
PENERAPAN MODEL MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP TEMA 7 SUBTEMA 2 PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SOBAYAN TAHUN AJARAN 2019/2020 Karenina Shalshal Agsari; Rokhmaniyah Rokhmaniyah; Muhammad Chamdani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2020): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.496 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v8i3.44396

Abstract

Penerapan Model Multiple Intelligences  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Tema 7 Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV  SDN 3 Sobayan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SBdP tema indahnya keberagaman di negeriku dengan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020. Teknik dalam pengumpulan data terdiri nontes dan tes. Validitas data diuji menggunakan strategi triangulasi sumber data dan metode. Analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Multiple Intelligences dapat meningkatakan hasil belajar SBdP tema 7 subtema 2 pada siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu 56% dan 72%, dan untuk siklus II dan III tidak dilaksanakan dikarenakan Covid-19. Jadi, penerapan model Multiple Intelligences dapat meningkatkan pembelajaran SBdP pada tema 7 subtema 2 siswa kelas IV SDN 3 Sobayan tahun ajaran 2019/2020.
Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Grafis untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Peristiwa dan Tokoh Proklamasi Kemerdekaan di Kelas V SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2017/2018 Besar Arthagunantika; Muhamad Chamdani; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.174 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i2.40690

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif melalui tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan. 
Implementation of Guided Inquiries to Increase Science Learning Outcomes about Changes in Objectives Arbangatun Fitriana
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.192 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v9i1.53781

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pada siklus I ketuntasan peserta didik mencapai 68,42%. Sedangkan pada siklus II mencapi 89,47%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud pada peserta didik kelas V SDN 1 Karangsari Tahun Pelajaran 2020/2021.
The Application of The Quantum Teaching Model with Multimedia to Improve The Students’ Learning Outcomes of Social Science about Types of Jobs on Grade III Students of SDN Jatimulyo in Academic Year 2018/2019 Wahyu Khasanah; Muhamad Chamdani; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.78 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i2.40712

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu sosial tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas tiga SDN Jatimulyo pada Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan pengajaran kuantum dan model multimedia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas tiga SDN Jatimulyo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pengajaran kuantum dengan multimedia yang diterapkan sesuai dengan skenario dapat meningkatkan hasil belajar ilmu sosial tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas tiga SDN Jatimulyo pada Tahun Ajaran 2018/2019. 

Page 1 of 47 | Total Record : 467