cover
Contact Name
Supriyanto
Contact Email
jurnalesa@stisabuzairi.ac.id
Phone
+6285235575653
Journal Mail Official
jurnalesa@stisabuzairi.ac.id
Editorial Address
Redaksi Jurnal ESA Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Jln. Raya Pakisan RT 06 RW 01 PAkisan – Tlogosari – Bondowoso 68272
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL ESA
ISSN : 27458393     EISSN : 27460843     DOI : -
Core Subject : Economy,
URNAL ESA, Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, diterbitkan oleh Program Studi : Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara dosen, alumni, mahasiswa, pembaca dan pemerhati masalah Ekonomi Syariah. Dan untuk menyalurkan hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2024): FEBRUARI" : 5 Documents clear
USAHA TANI TEMBAKAU UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA ISLAMI PETANI TEMBAKAU DI DESA RANDUMERAK KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO Faiqotul Aminah; Zainur Ridho
ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH Vol 6 No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : SEKOLAH TINGGI ILMU SYARIAH ABU ZAIRI BONDOWOSO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58293/esa.v6i1.87

Abstract

Agriculture is crucial to Indonesia's economy, serving as a cornerstone for food security and sovereignty. Despite this, agricultural livelihoods have not significantly improved living standards in Indonesia's fertile lands. As one of the six major commodities, tobacco holds a strategic position in Indonesia's industry and exports, particularly to European countries. This research focuses on Probolinggo, a East Java regency known for producing high-quality tobacco. Despite the higher prices of tobacco in this region, the economic conditions of tobacco farmers are not always prosperous. Tobacco farming in Probolinggo has faced losses in recent years. The village of Randumerak, with a majority of its population engaged in tobacco farming, is the research subject to explore the household welfare levels of tobacco farmers. Various issues, such as the religious prohibition on smoking, the Tobacco Bill, and product price fluctuations prompt the study. Tobacco farmers in Randumerak face uncertainty and anxiety, especially during the tobacco planting season. This research aims to measure the household welfare levels of tobacco farmers, focusing on income and social conditions. By understanding these conditions, it is hoped that solutions or strategies can be identified to enhance the welfare of tobacco farmers amidst economic dynamics and regulatory changes related to tobacco.
MEMBANGUN KESADARAN PENGURUSAN SERTIFIKASI HALAL PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT PRESPEKTIF EKONOMI SYARIAH Ahmad Hendra Rofiullah; Hasbi Ash Shiddiqi; Awaliya Safithri
ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH Vol 6 No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : SEKOLAH TINGGI ILMU SYARIAH ABU ZAIRI BONDOWOSO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58293/esa.v6i1.91

Abstract

Syariat Islam membawa misi kemaslahatan bagi segenap ummat manusia. Adanya Labeling Halal pada suatu produk makanan dan minuman yang digagas oleh pemerintah dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama lewat BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) telah memberikan kepastian hukum terkait kehalalan produk makanan bagi pembeli atau konsumen. Kementerian Agama melalui  Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sesuai amanat Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, mendapat mandat untuk menerbitkan produk sertifikat halal. Sebagai negara mayoritas penduduk muslim, jaminan halal terhadap suatu produk barang dan jasa menjadi hal penting di Indonesia. Untuk memenuhi jaminan halal tersebut, terdapat proses pemeriksaan sesuai dengan standar halal yang ditandai dengan penerbitan label sertifikasi halal.Penerbitan label halal tersebut saat ini diamanahkan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di bawah Kementerian Agama (Kemenag) sesuai dengan UU No.33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang sebelumnya dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan adanya aturan UU 33/2014 dan aturan turunannya maka konsekuensinya semua produk yang beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal. Kewajiban sertifikasi halal tersebut harus dipatuhi pelaku usaha secara bertahap hingga 2024 untuk produk makanan dan 2029 untuk barang gunaan. Kesimpulan dari tulisan adalah bahwa pendampingan sertifikasi halal bagi pekalu usaha UMKM terutama sektor makanan dan minuman sejalan dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah bahwa barang yang diperjual belikan tidak mengandung unsur yang haram baik secara Zatnya (Haram Lidzatihi), atau karena faktor lain misal barang didapat dengan cara yang haram( Haram li Ghoirihi). Disinilah pentingnya pendampingan bagi para pelaku usaha UMKM yang akan berdampak terhadap meningkatnya daya beli masyarakat.
UTILISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM BATU BATA BAROKAH DI DESA SUMBERPAKEM KEC. SUMBERJAMBE TAHUN 2023 Ahmad Muhyiddin; Suparjo Adi Suwarno
ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH Vol 6 No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : SEKOLAH TINGGI ILMU SYARIAH ABU ZAIRI BONDOWOSO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58293/esa.v6i1.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan utilitas media sosial sebagai media promosi pada konsumen. Peran media sosial yang masif digunakan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan volume penjualan sehingga berdampak pada meingkatnya laba hasil penjualan.Desain penelitian menggunakan kualiatif pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokuemnetasi. Analisis data menggunakan interaktif Miles-Hubermann and Saldana. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa utilitas media sosial sebagai media promosi yang efektif menghasilkan 1) media sosila sebaga Sarana Promosi yang Efektif dan Efisien pada konsumen sangat positif dan berdamapak positif pada volume penjualan. 2)  Interkasi secara langsung dengan pelanggan adalah salah satu utilitas media sosial yang berdampak pada vuleme penjulalan. Data menujukkan daalam 1 semester meningkat sekitar 10-15 % . 3) Utilitas media sosial juga mampu untuk memahami perilaku konsumen karena ini adalah kunci keberhasilan untuk meningkatkan volume penjualan pada produk UMKM
PENGARUH KATALIS BAROKAH BANK JATIM SYARIAH DAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP LITERASI KEUANGAN SANTRI ABU ZAIRI BONDOWOSO ULFANIANATUL HASANAH
ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH Vol 6 No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : SEKOLAH TINGGI ILMU SYARIAH ABU ZAIRI BONDOWOSO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58293/esa.v6i1.94

Abstract

Kemajuan teknologi industri saat ini sudah menggerakkan manusia ke paradigma digital. Industri perbankan yang mendominasi sektor keuangan sedang bertransisi ke model transaksi baru berbasis IT yang dikenal dengan fintech (financial technology) seperti layanan fintech Bank Jatim Syariah berupa aplikasi Katalis Barokah yang diluncurkan di Pondok Pesantren Salafiyah Abu Zairi Bondowoso. Fokus masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh Katalis Barokah terhadap literasi keuangan?. 2) Bagaimana pengaruh persepsi kemudahan terhadap literasi keuangan?. 3) Bagaimana pengaruh persepsi kemanfaatan terhadap literasi keuangan?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Katalis Barokah terhadap literasi keuangan. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap literasi keuangan. 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan terhadap literasi keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data primer dan menggunakan metode survey, penelitian purposive sampling. Peneliti mengumpulkan informasi dengan menggunakan, kuesioner, dan lain-lain dengan jumlah 125 responden. Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Pengujian Hipotesis, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Proses pengelolaan data menggunakan SPSS. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa 1) Katalis barokah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap literasi keuangan. Nilai hasil Uji t menunjukkan (H1) variabel katalis barokah berpengaruh signifikan terhadap lierasi keuangan. Maka Ha diterima karena t hitung (1,370) > t tabel (0.176), dan nilai signifikasi lebih kecil sebesar 0.000 < 0,05 dan Ho ditolak; 2) Persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap literasi keuangan. Nilai hasil Uji t menunjukkan (H2) variabel persepsi kemanfaatan ditolak karna tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan karena nilai signifikasi 0.904 > 0,05, kriteria pengujian bisa diterima jika t hitung > t tabel (0.176), maka Ho tidak dapat ditolak karena sig. > 0,05 atau Ha ditolak; 3) Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap literasi keuangan. Nilai hasil Uji t yang menunjukkan bahwa (H3) variabel persepsi kemudahan ditolak karna tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan karena nilai signifikasi 0.801 > 0,05, kriteria pengujian bisa diterima jika t hitung > t tabel (0.176), maka Ho tidak dapat ditolak karena sig. > 0,05 atau Ha ditolak.
ANALISIS UKURAN DAN PERTUMBUHAN UMKM BERBASIS SYARIAH DI KABUPATEN BONDOWOSO PERIODE 2019 - 2023 Eko Raharto; Supriyanto; Izzah Dienillah
ESA : JURNAL KAJIAN EKONOMI SYARIAH Vol 6 No 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : SEKOLAH TINGGI ILMU SYARIAH ABU ZAIRI BONDOWOSO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58293/esa.v6i1.95

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa peranan sektor usaha kecil menengah tidak berbadan hukum dalam penyerapan tenaga kerja di daerah Bondowoso. Penelitian ini juga menganalisa faktor-faktor lain yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di sektor usaha kecil menengah tidak berbadan hukum. Objek penelitian adalah propinsi-propinsi yang ada di daerah Bondowoso dengan periode tahun 2019-2023. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sektor usaha kecil menengah tidak berbadan hukum mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Sedangkan faktor lain yaitu produk domestik regional bruto per kapita dan upah minimum regional, masing-masing mempunyai pengaruh negatif dan positif yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor usaha kecil menengah tidak berbadan hukum di daerah Bondowoso dengan periode tahun 2019-2023.

Page 1 of 1 | Total Record : 5