cover
Contact Name
Nika Saputra
Contact Email
ekonomi@unespadang.ac.id
Phone
+6281380329732
Journal Mail Official
ekonomi@unespadang.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran No.26B, Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25115
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Matua Jurnal
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : 23550376     EISSN : 25568322     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, analitis, maupun hasil penelitian di bidang ilmu manajemen dan bisnis.
Articles 215 Documents
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIK HONDA BEAT (Studi Kasus Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang) Selvia Rahmi; Jhon Rinaldo; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini banyak sekali bermunculan sepeda motor dengan berbagai model, desain dan memberikan kualitas yang bagus di sertai promosi yang menarik dan bersaing dalam menarik perhatian konsumen, untuk menghadapi persaingan tersebut. Banyak sekali jenis sepeda motor yang beredar saat ini seperti motor sport, cruiser, motor bebek dan skuter matik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor matik honda beat (Studi Kasus Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang). Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode penelitian sebagai berikut Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. populasi dalam penelitian ini dimana jumlah keseluruhan mahasiswanya adalah 4519 orang dan sampel 98 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan ada pengaruh variabel kaulitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda Beat pada mahasiswa Universitas Ekasakti baik secara parsial maupun smultan.
PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN PT. BPR GANTO NAGARI 1954 LUBUK ALUNG Martini; Jhon Rinaldo; Hosra Afrizoni
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan. Penelitian dilakukan pada PT.BPR Ganto Nagari 1954 Lubuk Alung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari laporan jumlah nasabah tabungan pada PT. BPR Ganto Nagari 1954 Lubuk Alung. Loyalitas konsumen sangat penting artinya bagi perusahaan yang menjaga kelangsungan usahanya maupun kelangsungan kegiatan usahanya. Loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa yang ditawarkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan kepada pihak perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dan tingkat kepercayaan yang ditawarkan. Pelanggan yang puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan tingkat kepercayaan yang ditawarkan sehingga pelanggan akan melanjutkan transaksinya terhadap perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS yang didasarkan atas data primer dari hasil survei dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 orang responden atau nasabah yang menggunakan jasa tabungan pada PT. BPR Ganto Nagari 1954 Lubuk Alung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan, dengan tingkat kepercayaan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap loyalitas nasabah sebesar 4,231. Dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar 4,064 terhadap loyalitas nasabah.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN AGAM Nopri Nanto; Salfadri; Delvianti
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam; (2) Untuk mengetahui motivasi pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam; (3) Untuk mengetahui lingkungan kerja pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam; (4) Untuk mengetahui kinerja karyawan pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam; (5) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam baik secara parsial maupun simultan. Pengelolaan data dengan menggunakan Analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f yang didasarkan atas data primer dari hasil survei dengan menggunakan kuesioner langsung kepada 27 sampel karyawan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Agam. Hasil analisis dari data penelitian menunjukan bahwa (1) Gaya Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan ; (2) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan; (3) Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan; (4) Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja sama-sama mempengaruhi Kinerja Karyawan
SISTEM DAN PROSEDUR PENATAUSAHAAN KEUANGAN DAERAH PADA KANTOR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN AGAM Edial E; Agussalim M; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Agam, pelaksanaan sistem dan prosedur penatausahaan pengelolaan keuangan daerah membutuhkan pemahaman menyeluruh dari pelaksanaan Manajemen keuangan daerah, dan adanya penyempurnaan secara kontinyu dari instansi yang berwenang agar tercapainya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah sebagai bagian dari good government dapat menjadi kenyataan. Kelancaran administrasi keuangan pada pemerintah daerah membutuhkan SDM yang berkualitas, dengan tujuan dapat melaksanakan sistem dan prosedur penatausahaan pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Metode penganalisaan data yang digunakan adalah deskriptif yaitu suatu metode dengan mengumpulkan data, disusun, diinterprestasikan dan dianalisis sehingga dapat memberikan keterangan yang lengkap dalam mengahadapi pemecahan permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa didalam pelaksanaan sistem dan prosedur penatausahaan pengelolaan keuangan daerah terutama didalam pelaksanaan sistem dan prosedur pada Bendahara Pengeluaran, yang terjadi di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Agam sudah menerapkan permendagri Nomor 13 Tahun 2006.
ANALISIS KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WISATA SELAM DI PT. LAUTAN DAMAI PADANG Yudi Ramadani Setia; Agussalim M; Sunreni
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Lautan Damai salah satu perusahaan wisata selam yang cukup diminati oleh pelanggan yang menggunakan jasa wisata yang diantaranya wisata selam kepualauan Mentawai. Pertumbuhan pengguna PT. Lautan Damai dari tahun 2013-2016 yaitu dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2014 terlihat peningkatan jumlah pelanggan yaitu 839 orang pada tahun 2013, 1.533 orang mengalami peningkatan sebesara 82,71%, pada tahun 2014 dan 1.346 orang pada tahun 2015 terjadi penurunan sebesar 12,20%, namun pada tahun 2016 terjadi penurunan kembali menjadi 1.018 atau sebesara 24,36%.Dari data diatas dapat dikatakan bahwa jumlah wisata selam tahun 2015 dan 2016 memperlihatkan tren penurunan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan Pada Wisata Selam di PT. Lautan Damai Padang.Penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Ppulasi dari penelitian ini adalah pelanggan pada PT. Lautan Damai sebanyak 1.018 orang dan sampel sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisis regresi linear sederhana.Hasil penelitian ditemukan variabel kualitas jasa berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Wisata Selam di PT. Lautan Damai Padang. Skor rata-rata variabel kualitas pelayanan pada PT. Lautan Damai Padang dalam kategori Cukup Baik. Skor rata-rata variabel kepuasan pelanggan pada PT. Lautan Damai Padang dalam kategori Cukup Baik
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN THE AXANA HOTEL PADANG Dedi Eka Putra; Bakkareng; Rice Haryati
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan untuk mengetahui indikator-indikator apakah yang dominan pada kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen serta apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada The Axana Hotel Padang. Metode penelitian riset perpustakaan dan Penelitian lapangan. Populasi adalah jumlah konsumen yang menginap 3 bulan terakhir Oktober, November, Desember pada tahun 2016 sebanyak 17,090. Untuk menentukan sampel dengan memakai rumus Slovin dalam Umar sehingga terdapat 99 responden. Metode Analisa data : deskriptif kualitatif yaitu membandingkan antara teori dengan kenyataan-kenyataan yang ditemukan pada objek penelitian dan metode kuantitatif yaitu suatu metode yang melakukan pengolahan data dengan menggunakan peralatan statistic sebagai alat menganalisa. Indikator yang dominan dalam kualitas pelayanan pada The Axana Hotel Padang adalah jaminan sedangkan indikator yang dominan dari kepuasan konsumen The Axana Hotel Padang adalah Profesionalisme. Terdapat pengaruh signifikan antara variabel X (kualitas pelayanan) terhadap variabel Y (kepuasan konsumen) pada The Axana Hotel padang yaitu t-hitung = 2,192 > nilai t-tabel = 2,000 pada taraf kesalahan (α) = 5%.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. BFI FINANCE CAB. PADANG Dones Wahyudi; Jhon Rinaldo; Bakkareng
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT.BFI Finance Cab Padang secara simultan dan serempak dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT.BFI Finance Cabang Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapanga dan riset pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen BFI Finance Cab. Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa Berdasarkan hasil uji t variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen PT. BFI Cab. Padang. Berdasarkan distribusi jawaban responden diketahui indikator responsive merupakan indikator yang paling dominan dalam kualitas pelayanan
ANALISIS STRATEGI PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DAN EFEKTIFITAS PENERIMAAN PBB DI TIMBULUN TAHUN 2012 – 2016 Hesta Linda; Agussalim M; Yulistia
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengukuran tingkat efektifitas, efesiensi dan ekonomi reliasasi target penerimaan kas Nagari Timbulun dengan menggunakan pengukuran value for money. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapanga dan riset pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengukuran value for money. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa Berdasarkan analisa deskriptif diketahui tingket efesiensi penerimaan pajak Nagari Timbulun dari tahun 2012-2016 kurang efektif hal ini karena realisasi penerimaan pajak kurang dari 80%. Tingkat ekonomi Nagari Timbulun lebih sering berada pada tidak ekonomis karena realisasi pengeluaran lebih besar daripada anggaran pengeluaran. Tingkat efesiensi Nagari Timbulun selalu tidak efesien, hal ini disebabkan realisasi pengeluaran selalu lebih besar daripada realisasi pendapatan. Strategi pemungutan pajak yang dilakukan oleh nagari timbulun adalah dengan menampilkan spanduk tentang pajak bumi dan bangunan di luar dan dalam ruangan kantor wali nagari Timbulun, mengingatkan masyarakat agar melakukan pembayaran pajak terutama pajak bumi dan bangunan serta menjelaskan manfaat pembayaran pajak bagi nagari Timbulun memberikan himbauan tertulis dan pembayaran di tempat kepada wajib pajak yang menunggak pembayaran lebih dari lima tahun.
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN THE AXANA HOTEL PADANG Chris Tawaqal; Agussalim m; Rice Haryati
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel merupakan salah satu industri dalam bidang pelayanan jasa.The Axana Hotel Padang (sebelumnya bernama The Hotel Ambacang) adalah sebuah hotel bertaraf internasional yang terletak di Jalan Bundo Kanduang No.14 - 16 Kota Padang, Sumatera Barat. Hotel bintang empat ini terletak hanya sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Minangkabau. Pada zaman penjajahan Belanda, hotel ini digunakan sebagai gedung Central Trading Company dan Handel svereeniging Harmsen Verwey & Dunlop N.V. Hotel ini kemudian direnovasi dengan suasana periode kolonial Belanda, menjadi hotel The Axana yang mewah di Kota Padang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan The Axana Hotel Padang. Metode penelitian sebagai berikut Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan The Axana Hotel Padang yang berjumlah 82 orang karyawan dan sampel 82 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ditemukan Nilai t hitung 16.219 dan nilai (sig = 0,000< 0,05). Dengan df = 82-1-= 81 diperoleh ttabel sebesar 1.664, dari hasil di atas dapat dilihat bahwa thitung > ttabel atau 16.219 > 1.664, maka variabel stres kerja berpengaruh terhadap kinerja pada The Axana Hotel Padang, besar pengaruhnya 87,4%.
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. LEMBAH KARET PADANG Carsenda Efendi; Agus Sutarjo; Budi Gunawan
Matua Jurnal Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Lembah Karet Padang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 sampel karyawan PT Lembah Karet Padang. Metode analisis yang digunakan adalah analisa regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan derajat keberartian 95%. Berdasarkan hasil penelitian diatas direkomendasikan bahwa : agar perusahaan memberikan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kerja karyawan, perusahaan diharapkan memberikan kompensasi untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Page 1 of 22 | Total Record : 215


Filter by Year

2019 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 3 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2023) Vol. 5 No. 2 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2023) Vol. 5 No. 1 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2023) Vol. 4 No. 4 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2022) Vol. 4 No. 3 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2022) Vol. 4 No. 2 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2022) Vol. 4 No. 1 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2022) Vol. 3 No. 4 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2021) Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021) Vol. 3 No. 2 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2021) Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021) Vol. 2 No. 2 (2020): Vol. 2 No. 2 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Jun Vol. 2 No. 4 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2020) Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020) Vol. 2 No. 1 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2020) Vol. 1 No. 2 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2019) Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019) More Issue