cover
Contact Name
Firman Aulia Ramadhan
Contact Email
firmandhan99@gmail.com
Phone
+6285739937864
Journal Mail Official
akselerasi.iainjember@gmail.com
Editorial Address
HMPS PGMI FTIK IAIN Jember Jl. Mataram No.1, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68136
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
ISSN : 27230643     EISSN : 27230740     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI (ISSN Online:2723-0740, ISSN Cetak: 2723-0643) adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian PGMI/PGSD baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali setahun, Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang PGMI/PGSD.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI" : 5 Documents clear
Implementasi Pendidikan Profetik dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Sinta Yulis Pratiwi; Lailatul Usriyah
AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. 1 No. 2 (2020): AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
Publisher : HMPS PGMI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/akselerasi.v1i2.55

Abstract

This research was conducted at Al-Baitul Amien Elementary School Jember which aims to answer the problem 1) How is the concept of prophetic education implementation in shaping the character of students at Al-Baitul Amien Elementary School Jember? 2) How is the implementation of prophetic education in shaping the character of students at Al-Baitul Amien Elementary School Jember? 3) How to evaluate the implementation of prophetic education in shaping the character of students at Al-Baitul Amien Elementary School Jember ? The method used in this study is a qualitative research method. The approach used is descriptive qualitative approach. The data collection techniques use interviews, observation, and documentation. And the validity of the data use triangulation of sources and techniques. The results obtained from this study indicate 1) The concept of prophetic education in shaping the character of students at Al-Baitul Amien Elementary School Jember in 2019/2020 school year in the form of the formation of a unique curriculum made based on the mosque's historical values, religious habituation programs and commemoration of Islamic holidays. 2) Implementation of prophetic education in shaping the character of students at Al-Baitul Amien Elementary School Jember 2019/2020 academic year in the form of some activities: Dhuha Prayers, Dhuhur and Ashar prayer Congregational, Habituation of reciting Asmaul Husna, Tahfidz Qur’an. 3) Evaluation obtained from the implementation of prophetic education, is the formation of students' character is influenced by internal factors, from within the students selves and external factors which include the environment and school activities.Keywords : implementation, prophetic education, character Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember yang bertujuan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana konsep implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember? 2) Bagaimana implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember? 3) Bagaimana evaluasi implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember?. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan 1) Konsep pendidikan profetik dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Al – Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2019/2020 berupa pembentukan kurikulum khas yang dibuat berdasarkan nilai historis masjid, program pembiasaan keagamaan serta peringatan hari besar Islam. 2) Implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter peserta didik di Sekolah Dasar Al – Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2019/2020 berupa kegiatan: Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur dan Ashar Berjamaah, Pembiasaan Asmaul Husna, Tahfidz Qur’an. 3) Evaluasi yang diperoleh dari pelaksanaan pendidikan profetik yakni, pembentukan karakter peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal yakni dari dalam diri peserta didik dan faktor eksternal yakni meliputi lingkungan dan kegiatan sekolah. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Profetik, Karakter    
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak-Anak Langit untuk Membina Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Fika Fauliyah
AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. 1 No. 2 (2020): AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
Publisher : HMPS PGMI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/akselerasi.v1i2.66

Abstract

The purpose of this study is to describe the character values ​​in the novel Anak-Langit by Mohd Amin MS and to foster and apply character to students of MI, because it is seen from the phenomena that occur in Indonesia today such as the occurrence of bad habits , fighting, cheating, dishonesty, and disrespect for parents. This study uses a qualitative approach, with content analysis methods. The type of research used is literature study. The technique of collecting data is documentation study, which means that the data used can be done by examining children's novels from heaven and looking for relevant documents or books and literature. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion / verification. Based on the results of this study, it shows that there are 18 characters in the novel Anak-Langit, namely religious, honest, responsibility, discipline, hard-working, creative, independent, curiosity, fond of reading, respect for achievement, democratic, social care, friendly. communicative, tolerant, spirit of nationality, love the country, love peace, and care for the environment. As for implementing these 18 characters, it is in activities or programs provided in the school environment such as extracurricular, intraculricular and other routine activities that can be used as a habit for MI. Keyword: Value of Character Education, Novel Anak-anak Langit, Madrasah Ibtidaiyah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ada dalam novel Anak-anak Langit Karya Mohd Amin MS serta untuk membina dan menerapkan karakter kepada siswa MI, karena dilihat dari fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini seperti terjadinya kebiasaan-kebiasaan buruk, perkelahian, menyontek, tidak jujur, dna tidak menghormati orangtua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis isi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi yang artinya data-data yang digunakan dapat dilakukan dengan menelaah novel anak-anak langit dan mencari dokumen atau buku yang relevan dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan ada 18 karakter yang ada didalam novel Anak-anak Langit yaitu religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, menghargai prestasi, demokratis, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, dan peduli lingkungan. Adapun dalam menerapkan ke-18 karakter ini adalah dalam kegiatan-kegiatan atau program-program yang disediakan di lingkungan sekolah seperti ekstrakulikuler, intrakulikuler serta kegiatan-kegiatan rutin lainnya yang dapat dijadikan kebiasaan untuk siswa MI. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Anak-anak Langit, Madrasah Ibtidaiyah
Pelaksanaan Nilai Karakter Religius Pada Masa COVID-19 di Madrasah Ibtidaiyah Assalafush Sholihun Kabupaten Garut Fanny Fajriati Ats-Tsani; H. Yayan Carliyan; Alvin Yanuar Rahman
AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. 1 No. 2 (2020): AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
Publisher : HMPS PGMI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/akselerasi.v1i2.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan nilai karakter religius di MI Assalafush Sholihun juga apa saja yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan nilai karakter religius ini pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah deskriftif adapun teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Milles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari Pelaksanaan nilai karakter religius di MI Assalafush Sholihun adalah melalui program pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah yang menjadi kegiatan rutin, keteladanan guru, serta pengkondisian sekolah atau madrasah yang diciptakan sedemikian rupa. Pelaksanaan melalui budaya sekolah yang ada di kelas, sekolah dan luar sekolah. Selain itu hambatan yang didapat dari penelitian mengenai pelaksanaan nilai karakter terdapat pada personalia yakni guru yang masih merasa kesulitan dalam menanamkan nilai karakter religius pada siswa kemudian hambatan pada diri siswa sendiri (internal) berupa kurangnya motivasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan nilai karakter religius serta lingkungan siswa atau faktor eksternal dan pengajaran dari orang tua yang berbeda dengan sekolah. Kata Kunci : Karakter, Religius, Pengintegrasian pengembangan diri, Budaya sekolah. This study aims to describe the implementation of religious character values ​​in MI Assalafush Sholihun as well as what are the obstacles in the implementation of these religious character values ​​during the Covid-19 pandemic. This research method is descriptive. The data collection technique is by interview, documentation and observation. The data analysis used was qualitative data analysis by Millesmodel and,  Huberman'snamely data reduction, data presentation and conclusion. The results of the implementation of religious character values ​​at MI Assalafush Sholihun are through self-development programs consisting of activities in schools that become routine activities, exemplary teachers, and school or madrasah conditioning that are created in such a way. Implementation through school culture in the classroom, school and outside of school. In addition, the obstacles obtained from research regarding the implementation of character values ​​are found in personnel, namely teachers who still find it difficult to instill religious character values ​​in students then obstacles to themselves (internal) in the form of a lack of motivation in carrying out activities that reflect the values ​​of religious character and student environment or external factors and teaching from parents that are different from the school.  Keywords: Character, Religious, Integration of self-development, School Culture.  
Pengaruh Sikap Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online di MI Bustanul Ulum Jember Robi'ah Al Adawiyah; Shanggita Dewi
AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. 1 No. 2 (2020): AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
Publisher : HMPS PGMI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/akselerasi.v1i2.72

Abstract

  In online learning is very much needed teacher knowledge about the rules of learning strategy because it is very influential on learning outcomes. Good teacher knowledge allows them to make learning preparations. This research aims to find out students' responses to online learning at home and how to develop the right solutions to create effective online learning. In order for national education goals to be achieved even if learning is limited. The method of data collection used in this study is to use the questionnaire method. Researchers used 30 respondents at Madrasah ibtidaiyah Bustanul ulum Jember as samples. The process of disseminating the questionnaire was done by administering the questionnaire to elementary school children in the researcher's environment through wathsaap private chat using self-Administered Questionnaires technique.The conclusion that can be drawn from this study is that the role of teachers towards the motivation of students' learning is very maintained, where effective learning strategies in this online learning system can produce a good performance energy response for students. Keywords: Teacher Attitude, Motivation to learn, Online learning Dalam pembelajaran online ini sangat di butuhkan pengetahuan guru tentang aturan strategi pembelajaran karena sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Pengetahuan guru yang baik memungkinkan mereka untuk membuat persiapan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap pemebelajaran online dirumah dan bagaimana menenemukan solusi yang tepat  untuk dapat menciptakan pembelajaran online yang efektif. Agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai walau pembelajaran terbatas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner. Peneliti menggunakan 30 responden di madrasah ibtidaiyah bustanul ulum Jember sebagai sampel. Proses penyebarannya kuesioner dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada anak sekolah dasar di lingkungan peneliti tersebut melalui chat pribadi wathsaap dengan menggunakan teknik self-Administered Questionnaires. Kesimpulan yang dapat di tarik dari penelitian ini  adalah di mana peran sikap guru terhadap motivasi belajar siswa sangat berpengarauh , dimana strategi pembelajaran yang efektif dalam sistem pembelajaran online ini dapat menghasilkan respon energi  prestasi  yang baik bagi siswa.   Kata Kunci: Sikap Guru, Motivasi belajar, Pembelajaran online
Analisis Media Pembelajaran Berbasis E-Learning di Masa Pandemi Covid-19 pada Guru SD/MI di Jember Nuril Azrina; Siti Latifah
AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. 1 No. 2 (2020): AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI
Publisher : HMPS PGMI FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/akselerasi.v1i2.76

Abstract

This study aims to analyze e-learning-based learning media during the COVID-19 pandemic used by SD / MI teachers in Jember and the factors that support and hinder the e-learning based learning media. The method used in this research is descriptive qualitative method. Respondents in this study were SD / MI teachers in Jember. The data was collected by distributing questionnaires and online interviews. The results showed that during the COVID-19 pandemic, SD / MI teachers in Jember conducted e-learning based learning. The e-learning-based learning media that is most widely used is Whatsapp as the main media for e-learning based learning. Then as supporting media, SD / MI teachers also use Google Classroom, Edmoodo, Zoom, Quizizz, and other e-learning based learning media. In using e-learning based learning media, the biggest obstacle is the internet quota, then there are other inhibiting factors such as internet network access, facilities / infrastructure, time, skills in using learning media. While the factors that support SD / MI teachers in using e-learning-based learning media are e-learning features, facilities / infrastructure, internet quotas, skills in using learning media. Keywords: e-learning, learning media, COVID-19, teachers.   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran berbasis e-learning di masa pandemi COVID-19 yang digunakan oleh guru SD/MI di Jember dan faktor yang mendukung seta menghambat media pembelajaran berbasis e-learning tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru SD/MI di Jember.Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pandemi COVID-19 membuat guru SD/MI di Jember melakukan pembelajaran berbasis e-learning. Media pembelajaran berbasis e-learning yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp sebagai media utama pembelajaran berbasis e-learning. Kemudian sebagai media pendukungnya guru SD/MI juga menggunakan Google Classroom, Edmoodo, Zoom, Quizizz, dan media pembelajaran berbasis e-learning lainnya. Dalam menggunakan media pembelajaran berbasis e-learning yang menjadi hambatan paling besar adalah kuota internet, kemudian juga terdapat faktor penghambat yang lain seperti akses jaringan internet, fasilitas/sarana prasarana, waktu, skill menggunakan media pembelajaran. Sedangkan faktor yang mendukung guru SD/MI dalam menggunakan media pembelajaran berbasis e-learning yaitu fitur-fitur e-learning, fasilitas/sarana prasarana, kuota internet, skill menggunakan media pembelajaran. Kata Kunci: e-learning, media pembelajaran, COVID-19, guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5