cover
Contact Name
Neny Ismiyanti
Contact Email
neniismiyanti@gmail.com
Phone
+62895630435189
Journal Mail Official
vektor.iainjember@gmail.com
Editorial Address
HMPS Tadris IPA FTIK IAIN Jember Jl. Mataram No.1, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68136
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
ISSN : 2723066X     EISSN : 27230724     DOI : -
VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian IPA, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang Ilmu Pengetahuan Alam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA" : 5 Documents clear
Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe Neny Ismiyanti
VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 1 No. 2 (2020): VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
Publisher : HMPS Tadris IPA FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/vektor.v1i2.11

Abstract

Ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang faktual berupa fisik nyata serta hubungan sebab-akibatnya melalui serangkaian proses ilmiah. Permasalahan yang biasanya terjadi dalam pembelajaran IPA yakni siswa belum mampu untuk mengaitkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari utamanya konsep yang bersifat abstrak. Dengan demikian dibutuhkan peran seorang guru dalam membantu permasalahan belajar siswa. Hal ini bisa dipertimbangkan dengan pemilihan media yang sesuai sebagai sarana penunjang kegiatan siswa dalam memahami materi dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pilihan media berbasis teknologi yang dapat digunakan seorang guru yakni software videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran IPA menggunakan software videoscribe sebagai alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni dengan menggunakan metode kualitatif studi pustaka yang diambil dari beberapa referensi literatur berupa buku, jurnal, maupun artikel yang memiliki relevansi dengan topik. Hasil dari beberapa literatur yang didapat menunjukan bahwa bahan ajar menggunakan videoscribe mendapatkan hasil yang baik jika diterapkan dalam pembelajaran. Respon siswa terhadap media ini menunjukan hasil yang positif. Kata Kunci : media pembelajaran, perancangan pembelajaran IPA, videoscribe.   Natural science is the study of natural phenomena that are factual in the form of real physical and causal relations through a series of scientific processes. The problem that usually occurs in science learning is that students have not been able to associate learning in daily life, especially abstract concepts. Thus the role of a teacher is needed in helping students' learning problems. This can be considered by selecting appropriate media as a means of supporting student activities in understanding the material by linking it to everyday life. One choice of technology-based media that can be used by a teacher is videoscribe software. This study aims to describe the development of science learning media using videoscribe software as an alternative learning media used to improve student learning outcomes. The method used in the research is to use qualitative literature study methods taken from several literature references in the form of books, journals, and articles that have relevance to the topic. The results of some of the literature obtained show that teaching materials using videoscribe get good results when applied in learning. Student responses to this media showed positive results. Keywords : learning media, science learning design, videoscribe.
Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Menyusun Perangkat Evaluasi Pembelajaran Nukhbatul Bidayati Haka; Rizka Yohana; Laila Puspita
VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 1 No. 2 (2020): VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
Publisher : HMPS Tadris IPA FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/vektor.v1i2.13

Abstract

Guru merupakan figur sentral dalam penyelenggaraan pendidikan. Dalam proses pembelajaran guru tidak hanya melakukan transfer ilmu tetapi harus memiliki kuaifikasi akademik yang sesuai bidang, kompetensi teknologi, pedagogik, personal, dan persyaratan profesionalitas yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung dalam menyusun perangkat evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis korelasi. Penentuan partisipan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 semester 8 yang sudah menyelesaikan materi pedagogik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar obseravasi, wawancara dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil analisis korelasi memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,585 yang mneunjukan hubungan antara dua vriabel tersebut cukup kuat dan arah hubungan menunjukan arah positif, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang positif antara kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) dengan kemampuan membuat perangkat Evaluasi Pembelajaran pada mahasiswa. Kata Kunci: calon guru, kemampuan technological pedagogical content knowledge, perangkat evaluasi pembelajaran   The teacher is a central figure in the administration of education. In the learning process the teacher does not only transfer knowledge but must have academic qualifications in accordance with the fields, technological competence, pedagogic, personal, and qualified professional requirements. This study aims to determine the ability of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) for prospective teachers of Biology Education at UIN Raden Intan Lampung in developing learning evaluation tools. This type of research is quantitative with correlation analysis method. Determination of participants in this study was conducted with a purposive sampling technique, namely biology education students for semester 8 2016 who had completed pedagogic material. Data collection techniques using questionnaires, observation sheets, interviews and documentation. Hypothesis testing in this study uses the Product Moment correlation test. Correlation analysis results obtained a correlation coefficient of 0.585 which shows the relationship between the two variables is quite strong and the direction of the relationship shows a positive direction, then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning there is a positive relationship between the ability of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) with the ability to make evaluation tools Student learning. Keywords: knowledge skills in technology pedagogical content, learning evaluation devices,  teacher candidates
Kajian Kritis Penggunaan Aplikasi Tele-Conference Zoom dalam Perkuliahan Online Selama Masa Tanggap COVID-19 Aulia Nur Rasyid; Syarifatul Amaliyah; Amaliya Islami Nurlaili
VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 1 No. 2 (2020): VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
Publisher : HMPS Tadris IPA FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/vektor.v1i2.7

Abstract

Pembelajaran daring merupakan cara yang dapat dilakukan oleh instansi pendidikan pada masa pandemi COVID-19. Pembelajaran daring telah mengubah wajah pendidikan di Indonesia yang semula pembelajaran secara offline atau pembelajaran tatap muka langsung menjadi online. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pembelajaran, seperti aplikasi teleconference zoom yang marak dipakai oleh para dosen dan mahasiswa. Teleconference Zoom merupakan Platfrom Cloud yang menawarkan visual secara video dan audio conferencing, chat, dan webinar. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan reaksi mahasiswa dalam menanggapi pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui Aplikasi Zoom. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Kepenulisan artikel ini merujuk pada Hasil observasi yang menggambarkan fenomena pembelajaran aktif dengan menggunakan Zoom dalam perspektif mahasiswa selama masa tanggap COVID-19. Oleh karena itu, aplikasi teleconference zoom sangat disarankan bagi pengajar untuk memaksimalkan pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci: Analisis kritis, Teleconference, Zoom Cloud Online learning is the only way that educational institutions can do during the Covid-19 pandemic. Online learning has changed the face of education in Indonesia, which was originally offline learning or face-to-face learning directly online. Many applications can be used to facilitate learning, such as the zoom teleconference application which is widely used by lecturers and students. Teleconference Zoom is a Cloud Platform that offers visual video and audio conferencing, chat and webinars. This writing aims to describe how the use of the Zoom Application among students and how students respond to learning through the Zoom Application. The method used in this paper is through an online questionnaire collection survey. Survey results show that learning using teleconferences is very effective and helpful during social distancing. Keywords: Critical Analysis, Online Learning, Zoom Teleconference.
Pembuatan Aplikasi Android dengan Cepat Menggunakan Ispring untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring Miftahul Jannah; Aminatul Husna; Siti Nurhalimah
VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 1 No. 2 (2020): VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
Publisher : HMPS Tadris IPA FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/vektor.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan aplikasi android menggunakan iSpring sebagai alternatif desain dalam pembuatan media pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan metode Library Research atau Kajian Kepustakaan. Ispring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan Power Point untuk menjadikan bentuk Flash. Pembelajaran e-learning mengguakan iSpring membantu peserta didik dalam memanfaatkan teknologi dengan cerdas. Proses pembelajaran menggunakan iSpring, akan membantu peserta didik belajar sesuai dengan gaya belajar setiap peserta didik serta mendapatkan kebebasan saat belajar tampa keterbatasan waktu dan lokasi. Proses belajar mengajar lebih menarik, sehingga dapat memotivasi dan materi yang disampaikan dalam desain aplikasi iSpring lebih dapat dipahami. Kata kunci: ispring, media pembelajaran, teknologi This study aims to determine the making of android applications using iSpring as an alternative design in making online learning media. This research method uses the Library Research method or literature review. Ispring Presenter is a tool that converts PowerPoint compatible presentation files to Flash format. E-learning learning using iSpring helps students to use technology smartly. The learning process using iSpring, will help students learn in accordance with the learning style of each student and get freedom when learning without the limitations of time and location. The teaching and learning process is more interesting, so that it can motivate and the material presented in the iSpring application design is more understandable. Keywords: ispring, learning media, technology
Efektivitas Penerapan Poseidon Meeting Classroom Berbasis Pendekatan Ilmiah Materi Stoikiometri terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Firdiawan Ekaputra
VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 1 No. 2 (2020): VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA
Publisher : HMPS Tadris IPA FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/vektor.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar peserta didik yang signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan penerapan Poseidon Meeting Classroom berbasis pendekatan ilmiah, ada tidaknya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan penerapan Poseidon Meeting Classroom berbasis pendekatan ilmiah. Penelitian didesain sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan satu faktor dan dua variabel. Satu faktor berupa media pembelajaran, dua variabel yaitu motivasi belajar dan prestasi belajar. Sampel penelitian ini merupakan peserta didik kelas X MIPA 7 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang diberi perlakuan penerapan Poseidon Meeting Classroom. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan angket. Data mengenai motivasi dan prestasi belajar dianalisis menggunakan uji-t sama subjek. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar peserta didik yang signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan penerapan Poseidon Meeting Classroom berbasis pendekatan ilmiah, adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan penerapan Poseidon Meeting Classroom berbasis pendekatan ilmiah. Kata Kunci: motivasi belajar, Poseidon Meeting Classroom berbasis pendekatan ilmiah, prestasi belajar, stoikiometri The aims of this research are to find out whether there were significant difference of learning motivation between students before and after taught using scientific approach based Poseidon Meeting Classroom, whether there were significant difference of learning achievement between students before and after taught using scientific approach based Poseidon Meeting Classroom. This research was designed as an experimental research with one factor and two variables. The factor is learning media and the variables are learning motivation and achievement learning. The samples of this research are students in X MIPA 7 of SMA Muhammadiyah 1 the was a treatment of the application of scientific approach based Poseidon Meeting Classroom. The data collection technique was done with documentation and questionnaire techniques. The data about motivation and learning achievement were analyzed by using paired sample t-test. The result of this research showed that there was significant difference of learning motivation before and after taught using scientific approach based Poseidon Meeting Classroom, there was significant difference of learning achievement before and after taught using scientific approach based Poseidon Meeting Classroom. Keywords: learning achievement, learning motivation, scientific approach based Poseidon Meeting Classroom, stoikiometri

Page 1 of 1 | Total Record : 5