cover
Contact Name
Maharani Conilie
Contact Email
connilee32@gmail.com
Phone
+6282397093282
Journal Mail Official
alveoli.iainjember@gmail.com
Editorial Address
HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember Jl. Mataram No.1, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68136
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : 27230678     EISSN : 27230716     DOI : -
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Biologi, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang pendidikan Biologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi" : 5 Documents clear
Implementasi E-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA Dyah Aniza Kismiati
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v1i1.1

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of enrichment e-modules in increasing the learning independence of high school students. This research is a quasi experimental study with nonequivalent pretest posttest control group design. The sample of the study is Jetis 1 High School students Bantul consisting of 2 classes. This sample was taken based on purposive sampling technique, class X MIPA 5 as a control class and class X MIPA 1 as an experimental class. The instruments used were questionnaires and observation sheets for students' learning independence. Data were analyzed through Independent Sample T-Test and Normalized Gain Score (NGain Score). The results showed that the enrichment E-module that was developed had a significant effect with a significance value of 0,000 < 0.005 and the increase was categorized as moderate with the results of the calculation of the N-Gain Score of 0.307. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi e-modul pengayaan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest posttest control group. Sampel penelitian yaitu siswa SMA N 1 Jetis Bantul yang terdiri atas 2 kelas . Sampel ini diambil berdasarkan teknik purposive sampling, kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar observasi kemandirian belajar siswa. Data dianalisis melalui Independent Sample T-Test dan Normalized Gain Score (N-Gain Score). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul pengayaan yang dikembangkan berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dan peningkatannya terkategori sedang dengan hasil penghitungan N-Gain Score sebesar 0.307.Kata kunci: E-modul, pengayaan, bakteri, kemandirian belajar.
Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring terhadap Mahasiswa Tadris Biologi dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia Mila Yatimatul Isnayni; Wildan Hermansyah
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v1i1.3

Abstract

This study aims to find out how the influence of biochemical learning conducted online system on the understanding of students of Biology at IAIN Jember. This research was conducted by giving questionnaire to respondents online. The type of itprovided is an open questionnaire, in which the respondent is free to fill in the answers according to his wishes. Based on the questionnaire, it was found that students had difficulty understanding biochemistry courses. Difficulties in understanding the sub material that has been provided through online, which is felt to be less effective, it can have an influence on the low learning achievement of Tadris biology students at IAIN Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran biokimia yang dilaksanakan secara sistem daring terhadap pemahaman mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuisioner/angket kepada responden secara online. Jenis angket yang diberikan adalah angket terbuka, yang di dalamnya responden bebas mengisi jawaban sesuai kehendaknya. Berdasarkan angket, didapatkan hasil bahwa mahasiswa kesulitan dalam memahami mata kuliah biokimia. Sulitnya dalam memahami materi yang sudah disediakan melalui online, yang dirasa kurang efektif, hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada rendahnya prestasi belajar mahasiswa Tadris biologi IAIN Jember.Kata Kunci: biokimia, pembelajaran daring, pendidikan biologi.
Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember Dewi Hariyanti; Arinal Haq Mun'im; Nurul Hidayat
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v1i1.4

Abstract

Home learning policies lead to all educational institutions, including colleges organizing online learning. In its implementation, it was found various obstacles experienced by students during online learning, especially for biology students. This study aims to identify student barriers in implementing online biology learning during the Covid-19 pandemic. This research is a qualitative research with descriptive method. Data collection using closed questionnaires, interviews, and literature study. The research subjects were biology students at Jember colleges (both private and public), namely IAIN Jember, Jember University, Muhammadiyah University Jember, IKIP PGRI Jember, and Jember Islamic University. The results of the study indicate that the problems experienced by students in implementing online learning can be grouped into internal and external obstacles. The most dominant obstacles are obstacles originating from external factors namely internet quota and practicum implementation, and then internal factors that are quite inhibiting are students' understanding of thematerial. Kebijakan belajar dari rumah menyebabkan semua lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Dalam pelaksanaannya ditemukan berbagai hambatan yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring berlangsung, khususnya bagi mahasiswa biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup, wawancara, dan studi pustaka. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa biologi di perguruan tinggi Jember (baik swasta maupun negeri) yaitu IAIN Jember, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, IKIP PGRI Jember, dan Universitas Islam Jember. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dapat di kelompokkan menjadi hambatan internal dan eksternal. Hambatan yang paling dominan adalah hambatan yang berasal dari faktor eksternal yaitu kuota internet dan pelaksanaan praktikum kemudian faktor internal yang cukup menghambat yaitu pemahaman mahasiswa terhadap materi. Kata kunci: covid-19, hambatan, mahasiswa, pembelajaran biologi daring
Analisis Fitur dalam Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Ahmad Veygid; Sandy M. Aziz; Wildan Said S.R.
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v1i1.5

Abstract

Today precisely in mid-2020 the world is horrified by the Corona Virus Disease-19 (Covid-19) outbreak that forces all elements of society to Work From Home (WFH). This is very difficult especially for educators because of face-to-face learning is removed, and it forces educators to use the information technology that is currently developing to support online learning. However, in its implementation there are obstacles because some applications such as google classroom, edmodo, zoom are very difficult to use and the class becomes less interactive, which underlies researchers to conduct research because the Instagram application is very user friendly and very familiar to be used by millennials and the use of the Instagram app as a biology learning media can make the class more interactive because there are live features that make it easier for teachers and students to interact. This research uses a mix method using a Likert scale ranging from 1-5 to the data processing. The data obtained came from a high school student questionnaire majoring in Natural Sciences. Based on research conducted by researchers and the results of the Instagram application questionnaire is very suitable as a medium of online or online biology learning this is because the Instagram application is very easy to use and is a familiar application among millennials, especially high school students.   Dewasa ini tepatnya pada pertengahan tahun 2020 dunia dihebohkan dengan wabah Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang memaksa semua elemen masyarakat untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini sangat menyulitkan terlebih lagi bagi tenaga pendidik karena pembelajaran tatap muka ditiadakan, dan memaksa tenaga pendidik untuk menggunakan teknologi infomasi yang berkembang saat ini untuk menunjang pembelajaran secara online. Akan tetapi dalam pelaksanaanya terdapat kendala karena beberapa aplikasi seperti google classroom, edmodo, zoom sangat sukar digunakan dan kelas menjadi kurang interaktif, hal ini yang mendasari peneliti melakukan penelitian karena aplikasi Instagram sangat user friendly dan sangat familiar digunakan oleh generasi milenial dan penggunaan apikasi Instagram sebagai media pembelajaran biologi dapat menjadikan kelas lebih interaktif karena terdapat fitur live yang memudahkan guru dan siswa untuk berinteraksi. Penelitian ini menggunakan metode mix dengan menggunakan skala likert rentang 1-5 pada proses pengolahan data. Data yang diperoleh berasal dari kuesioner siswa SMA jurusan IPA. Berdasarkan penelitan yang dilakukan peneliti dan hasil dari kuesioner aplikasi Instagram sangat cocok dijadikan media pembelajaran biologi secara online atau daring hal ini dikarenakan aplikasi Instagram sangat mudah untuk digunakan dan merupakan aplikasi yang familiar dikalangan generasi milenial terutama siswa SMA. Kata kunci: COVID-19. Instagram, pembelajaran daring
Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19 Ruci Pawicara; Maharani Conilie
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 1 No. 1 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v1i1.7

Abstract

Online learning policies during the COVID-19 pandemic are the main solution to keeping the learning process going. But in the implementation, there are obstacles and flaws. The purpose of this study is to analyze the boredom learning toward biological students at IAIN Jember amid the COVID-19 pandemic. This research used the descriptive qualitative method with in-depth analysis. The results this study indicate the biological students at IAIN Jember experience learning burnout due to various factors indicated by several symptoms of learning burnout.   Kebijakan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 menjadi solusi utama agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dan kekurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember ditengah pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualiatif menggunakan analisis secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kejenuhan belajar dikarenakan berbagai faktor yang ditunjukkan oleh beberapa gejala kejenuhan belajar. Kata kunci: kejenuhan belajar, pandemi COVID-19, pembelajaran daring

Page 1 of 1 | Total Record : 5