cover
Contact Name
Maharani Conilie
Contact Email
connilee32@gmail.com
Phone
+6282397093282
Journal Mail Official
alveoli.iainjember@gmail.com
Editorial Address
HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember Jl. Mataram No.1, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68136
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : 27230678     EISSN : 27230716     DOI : -
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Biologi, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang pendidikan Biologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi" : 5 Documents clear
ANALISIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI Ely Istiqomah
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2021): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v2i1.17

Abstract

This research aims to determine the utilization and suitability of the contents of Students Worksheets  as  a  biology  teaching  material  XI  IPA  class  with  the  curriculum  2013  at  SMAN  3 Jember  year  lesson  2018/2019.  Utilization  of  Students  Worksheets  to  determine  the  process  of drafting SW, the implementation of biological learning using SW. The suitability of LKPD content is analyzed based on display, material, linguistic and question. This research is a qualitative descriptive research. Data analysis is done by calculating the percentage of students Worksheets conformity components. The results of this research for the students worksheet which is compiled sui table using various methods of learning. Results of conformity student workshe ets with the curriculum 2013 class XI IPA at SMAN 3 Jember has a level of conformity is still less in accordance with the standards set by Permendikbud number 8 year 2016 unit that is the view section Includes the Skins section, the beginning of the book,  the content, and the end gets 83.3%. There are still two basic  competencies  that  are  not  listed  on  the  studente  worksheet.  The  average  linguistic  section gets a value of 80%. The question section gets an average value of 66.6%. Keyword: curriculum 2013, student worksheet conformity, student worksheets, teaching materials Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan kesesuaian isi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar biologi kelas XI IPA menggunakan kurikulum 2013 di SMAN  3  Jember  tahun  pelajaran  2018/2019.  Pemanfaatan  LKPD  untuk  mengetahui  proses penyusunan  LKPD,  pelaksanaan  pembelajaran  biologi  menggunakan  LKPD,  dan  evaluasi  pembelajaran.   Kesesuaian  isi  LKPD  dianalisis  berdasarkan  tampilan,  materi,  kebahasaan  dan  soal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data  dilakukan dengan menghitung persentase komponen kesesuaian LKPD. Hasil penelitian ini bahwa LKPD yang disusun dapat digunakan dengan berbagai metode pembelajaran. Hasil kesesuaian  LKPD dengan kurikulum 2013 kelas XI IPA di SMAN 3 Jember memiliki tingkat kesesuaian masih kurang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Permendikbud nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan yaitu bagian tampilan meliputi bagian kulit, awal buku, isi, dan bagian akhir. Bagian penyajian yaitu 83,3%. Bagian materi masih terdapat dua Kompetensi Dasar yang belum tercantum pada LKPD yaitu bab sistem reproduksi dan sistem imun. Bagian kebahasaan rata-rata 80%. Bagian  soal  mendapatkan  nilai  rata-rata  66,6%.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  LKPD  biologi kelas  XI IPA di SMAN 3 Jember masih kurang baik dalam segi penyusunannya akan tetapi layak digunakan karena soal yang disusun guru mengajak siswa untuk berpikir kritis. Kata Kunci: bahan ajar, lembar kerja peserta didik, kesesuaian lembar kerja peserta didik, kurikulum 2013
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI DI PASURUAN: ANALISIS PERSEPSI SISWA Fitria Nur Sholikhah; Zakiyatul Wahidah
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2021): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v2i1.20

Abstract

Learning activities require learning methods that are used to implement plans or designs that are made in a real way. Many kinds of learning methods have been applied. In general, the learning methods used in science lessons are the experimental method, the method of discussion, the method of demonstration, and the method of inquiry and discussion. This study aims to determine the learning methods used by biology subject teachers in Pasuruan by using student percep-tion analysis. This research uses qualitative methods with a descriptive approach. Collecting data in this study is by using a google form questionnaire and online interviews. The research subjects were Senior High School students majoring in Science from several schools in Pasuruan. The results showed that according to students' perceptions the teaching method of most teachers was still using the ceramh method. Students are satisfied with the lecture method the teacher has usedso far, however students also hope that the teacher uses demonstration / experimental methods in learning to increase student knowledge. Keyword: biology, learning methods, student perception Kegiatan pembelajaran membutuhkan metode pembelajaran yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana atau rancangan yang dibuat secara nyata. Macam-macam metode pembelajaran sangat banyak yang sudah diterapkan. Umumnya metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sains adalah metode eksperimen, metode diskusi, metode demonstrasi, metode inkuiri dan metode diskoveri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran biologi di Pasuruan dengan menggunakan analisis persepsi siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pemberian kuesioner berbentuk google form dan wawancara online. Subjek penelitian merupakan siswa Sekolah Menengah Atas kelas X-XII jurusan IPA dari 2 sekolah yang berbeda yaitu SMAN 1 Grati dan MAN 1 Kota Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi siswa metode mengajar guru terbanyak masih menggunakan metode ceramah. Siswa merasa puas dengan metode ceramah yang digunkan guru selama ini, namun siswa juga berharap guru menggunakan metode demonstrasi/eksperimen dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Kata kunci:  biologi, metode pembelajaran, persepsi siswa
ANALISIS HAMBATAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA DARUSSALAM TAHUN 2019 Yuyun Nur Robikhah; Ira Nurmawati
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2021): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v2i1.34

Abstract

SMA Darussalam adalah lembaga pendidikan tingkat SLTA yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Darussalam. Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMA tersebut terdapat hambatan yang dialami karena selain mayoritas siswa berasal dari kalangan Pondok Pesantren serta padatnya jadwal dari pondok sendiri tentunya menjadi faktor munculnya hambatan pembelajaran siswa maupun guru disekolah.Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami guru maupun siswa Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami guru maupun siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Darussalam. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Conclution Drawing. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa hambatan yang dialami guru biologi di SMA Darussalam diantaranya adalah salah memahami kekuatan kepribadian guru  dalam hal kedisiplinan memulai jam pelajaran masih kurang, pandangan pesimis yang dimiliki guru juga tampak, kurangnya media informasi dan terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Adapun hambatan yang dialami siswa diantaranya adalah aspek fisiologis, rendahnya tingkat intelegensi, hambatan dari segi sikap siswa juga terlihat karena siswa sering tidur di kelas dan faktor eksternal yang menghambat siswa juga tampak terlihat dalam aspek lingkungan non sosial khususnya pada lingkungan belajar yang kurang mendukung. Kata kunci: Hambatan  Guru, Hambatan Siswa, Pembelajaran Biologi. SMA Darussalam is a high school level educational institution under the auspices of the Darussalam Islamic Boarding School. In the learning process carried out in high school there are obstacles experienced because in addition to the majority of students coming from the Islamic boarding schools and the tight schedule from the boarding school itself, of course it is a factor in the emergence of learning barriers for students and teachers at school. To find out the obstacles experienced by teachers and students. is to describe the obstacles experienced by teachers and students in learning biology at SMA Darussalam. This research approach uses a qualitative approach with the type of case study research. The data collection technique used observation, semi-structured interviews and documentation. Data analysis was performed by data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The validity of the data was done by triangulation of sources and triangulation of techniques. As for the results of the research that has been done, there are several obstacles experienced by biology teachers at SMA Darussalam, including the misunderstanding of the strength of the teacher's personality in terms of discipline in starting class hours is still lacking, the teacher's pessimistic view is also evident, the lack of information media and the limited facilities and infrastructure available. The obstacles experienced by students include physiological aspects, low levels of intelligence, barriers in terms of student attitudes are also seen because students often sleep in class and external factors that hinder students are also seen in non-social environmental aspects, especially in less supportive learning environments. Keyword: teacher barriers, student barriers, biology learning
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 JEMBER Sarifatul Ula; Aisya Nur Afifa; Siti A. Azizah
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2021): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v2i1.35

Abstract

Technology and information are important instruments that must be present in online learning during a pandemic that can determine the effectiveness of biology learning which has an impact on student learning outcomes. The effectiveness of online learning during the pandemic in MAN 2 Jember is known to be 65.8% of students' opinions about the effectiveness of learning biology are not effective, 68.4% of students do not agree with the implementation of learning biology using technology online, and there are 7 students who experience an increase in presentation and  19 decreased perfomance in achievement in student biology learning in the mist of COVID-19 pandemic. This research uses descriptive research with a survey approach. The research objects are students and teachers. The instrument used was a questionnaire regarding the process of learning outcomes in biology with the technical data analysis used in this study was to count the number of respondents answers to each question. The purpose of this study was to determine how the influence of technology used on student learning outcomes in MAN 2 Jember in the midst of the COVID-19 pandemic. Therefore, with the existence of online biology learning processes, there are still deficiencies in understanding biological material, and deficiencies in the application of information technology. So that with this research, teachers and students are expected to be able to better master the material and technology so that they can adapt well to the learning process during the COVID-19 pandemic. Keyword: COVID-19, the influence of technology, learning outcomes Teknologi dan informasi merupakan instrumen penting yang harus ada dalam pembelajaran daring di masa pandemi yang dapat menentukan keefektifan pembelajaran biologi yang berdampak pada hasil belajar siswa. Efektivitas Pembelajaran daring di masa Pandemi di MAN 2 Jember diketahui 65,8% pendapat dari siswa efektivitas pembelajaran biologi tidak efektif, 68,4% siswa tidak setuju dengan pelaksanaan pembelajaran biologi menggunakan teknologi secara daring, dan  terdapat 7 siswa mengalami kenaikan dalam presentasi dan 19 penurunan prestasi dalam hasil belajar biologi siswa di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif dengan pendekatan survey. Objek penelitian adalah siswa dan guru. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner mengenai proses hasil belajar terhadap mata pelajaran biologi dengan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan teknologi terhadap hasil belajar siswa di MAN 2 Jember di tengah pandemi COVID-19. Maka dari itu dengan adanya proses pembelajaran biologi secara daring masih terdapat kekurangan dalam pemahaman materi biologi, dan kekurangan pada pengaplikasian teknologi informasi. Sehingga dengan adanya penelitian ini guru dan siswa diharapkan mampu untuk lebih menguasai materi dan teknologi agar dapat beradaptasi dengan baik pada proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Kata Kunci: COVID-19, pengaruh teknologi, hasil belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTU VIDEO PERGERAKAN PROTOZOA TERHADAP HASIL TES SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 3 JEMBER M. Ubaidilah Hasan
ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 1 (2021): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35719/alveoli.v2i1.37

Abstract

Direct Instruction is a learning model based on explicit instruction, ongoing support, and student involvement that is compatible with technology-based teaching. One of the direct instruction designs is assisted by video-based on evidence because of effectively and easily reached. This study aimed to describe the effect of direct instruction assisted protozoa movement video on test results. The sample of this study was 33 respondents from students of X IPA 3 class in SMA Negeri 3 Jember. The type of this study was pre-experimental designs (one-group pretest-posttest design). Data were obtained by pretest and posttest, then descriptively analyzed by R version 4.0.5. This study resulted a minimum score (1) and a maximum score (5) of pretest, a minimum score (4) and a maximum score (5) of posttests, and an average pretest score (3.30) and posttest (4.88). The conclusion of this study was the direct instruction assisted protozoa movement video had improved student test results. Keyword: direct instruction, protozoa movement video, test Direct Instruction  merupakan  model pembelajaran berbasis instruksi eksplisit, dukungan berkelanjutan, dan keterlibatan siswa yang sesuai dengan pengajaran berbasis teknologi. Salah satu  rancangan model pembelajaran direct instruction  ialah berbantu video yang berbasis bukti,  karena  efektif  dan  mudah dijangkau. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran direct  instruction  berbantu  video  pergerakan  protozoa  terhadap  hasil tes. Sampel penelitian ini berjumlah 33 responden dari siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Jember. Jenis penelitian yang digunakan berupa pre-experimental designs (one-group pretest-posttest design). Data didapatkan melalui instrumen pretest dan posttest, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan aplikasi R versi 4.0.5. Penelitian ini menghasilkan skor minimal (1) dan skor maksimal (5) pretest, skor minimal (4) dan skor maksimal (5) posttest, dan rata-rata skor pretest (3,30) dan posttest (4,88). Kesimpulan penelitian ini ialah model pembelajaran direct instruction berbantu video pergerakan protozoa meningkatkan hasil tes siswa. Kata Kunci: direct instruction, tes, video pergerakan protozoa                      

Page 1 of 1 | Total Record : 5