cover
Contact Name
Angga Prawadika Aji
Contact Email
angga.prawadika@fisip.unair.ac.id
Phone
+6231-5034015
Journal Mail Official
jurnal-komunikasi@fisip.unair.ac.id
Editorial Address
Faculty of Social and Political Science (FISIP), Universitas Airlangga Kampus B Dharmawangsa Dalam, Airlangga, Gubeng, Surabaya, East Java 60286
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Media dan Komunikasi
Published by Universitas Airlangga
ISSN : -     EISSN : 27763609     DOI : -
Core Subject : Social,
MEDKOM, Journal of Media and Communication (e-ISSN : 2776-3609) is a scientific, peer-reviewed journal published by Department of Communication Airlangga University. MEDKOM Journal is an interdisciplinary journal that, while centered in communication, is open and welcoming to contributions from the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is communication study. The journal consists of online versions, published bi-annually at the end of May and November of the current year. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted acceptance for publication. The Journal has been using Open Journal System requiring all writers to register in advance before they are allowed to upload the manuscript they write online. Afterward, the editors, peer reviewers, and writers can monitor the manuscript processing. The Journal publishes the selected paper under a Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021)" : 5 Documents clear
Coffee Culture di Indonesia : Pola Konsumsi Konsumen Pengunjung Kafe, Kedai Kopi dan Warung Kopi di Gresik Ratih Puspa; Nila Yani Hardiyanti
Jurnal Media dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Airlangga University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/medkom.v1i2.26380

Abstract

Dewasa ini kegiatan berkumpul dan melibatkan pembicaraan sering kali dilakukan di Kafe, kedai kopi ataupun warung. Kegiatan berkumpul, nongkrong, ngopi atau semacamnya dilakukan secara terus-menerus hingga menimbulkan sebuah pola konsumsi yang baru bagi masyarakat kota Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola konsumsi konsumen pengunjung kafe, kedai kopi, maupun warung kopi di Gresik.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep pola konsumsi gaya hidup, budaya konsumen, identitas dan konsep “third place”. Hasil dari penelitian ini meliputi pola konsumsi konsumen pengunjung kafe, kedai kopi dan warung kopi di Kota Gresik memiliki gambaran kegiatan yang bervariasi. Adapun aktivitas yang mereka lakukan juga sangat beragam misalnya berkumpul dengan keluarga, ngobrol dengan temannya, bertemu klien, rapat dan mengerjakan tugal kuliah atau kantor. Selanjutnya juga pengunjung memiliki pola konsumsi masing-masing, pengunjung juga memilih untuk menghabiskan waktunya, biaya yang dikeluarkan serta bagaimana seseorang tersebut dapat mencapai kesenangan dan kepuasan dirinya sendiri saat berada di kafe, kedai kopi ataupun warung kopi.
Message Production Process in Stand Up Comedy: Ethnographic Study in Stand Up Community Indo Surabaya Dea Rufaidah
Jurnal Media dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Airlangga University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/medkom.v1i2.26436

Abstract

Proses produksi pesan dalam stand up comedy merupakan isu krusial yang masih jarang dibahas dalam riset akademik. Publik seringkali tidak menyadari bahwa pesan dalam stand up comedy pada dasarnya membutuhkan proses persiapan yang panjang dan rumit. Lebih jauh lagi para proses produksi ini semua pesan yang disampaikan dalam stand up comedy sejatinya disiapkan, termasuk dalam tema-tema besar seperti isu gender, diskriminasi rasial, dan juga kelas. Informan dalam penelitian ini merupakan para comedians, anggota komunitas Stand Up Indo Surabaya, individu yang mewakili berbagai macam isu pada konten stand up comedy yang sering dibicarakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Stand Up Indo Surabaya menjalankan praktik budaya stand up comedy atau stand up comedy culture sesuai dengan visi komunitas yang dipunya dan memiliki kekhasan dalam proses produksi materi komedi secara kolektif. Hal tersebut diwujudkan dengan pelaksanaan kegiatan secara rutin seperti sharing ilmu, comedy buddy, open mic—baik secara konvensional maupun online melalui sosial media Instagram (@standupindo_sby).
The Discourse on the Relationship of Power between the State and the People in Indonesian Indie Band Song Bahiroh Adilah
Jurnal Media dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Airlangga University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/medkom.v1i2.26492

Abstract

This research focuses on analyzing the discourse of the power relation between the state and the people in Indonesia in the lyrics of the songs "Kami Belum Tentu" and "Padi Milik Rakyat" by Feast (group band). Intolerance became Indonesia main concern in 2018 especially Surabaya’s church bombing, which then elaborated on other issues related to the socio- economic and political phenomena in Indonesia. The two songs were chosen because they adequately describe the socio-economic and political conditions in Indonesia and related to various sectors of government.This study uses Normal Fairclough's critical discourse analysis method to read the discourse on power relations between the state and the people which is articulated in the lyrics of the two songs. The results of this study conclude that the discourse on power relations with the form of Governmentality is spread in various areas of government, including in the leadership of a democratic country, the education system in Indonesia, the law constitution of UU ITE, towards farm workers through Reforma Agraria, and also in the management of tax money in Indonesia. The people will always be in a repressive state power system and the state uses its political power to carry out hegemonic submissions that are detrimental to the people structurally and economically through the ISA (Ideological State Apparatus) and RSA (Repressive State Apparatus) which critized in Indonesian indie song lyric.
Proses Sosialisasi dan Komunikasi Planned Organizational Change PTAM Giri Menang kepada Karyawan Andariesta Adhani Panggita
Jurnal Media dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Airlangga University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/medkom.v1i2.26303

Abstract

Suatu perubahan dapat terjadi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, tidak terkecuali pada ranah organisasi. Perubahan yang terjadi pada suatu organisasi pun tidak serta merta hanya berdampak pada lingkup eksternal saja. Namun, perubahan yang terjadi juga sangat berpengaruh di dalam lingkup internal suatu organisasi yang mengalami perubahan. Pada tahun 2020 lalu, PT. Air Minum Giri Menang yang sebelumnya merupakan perusahaan berbasis Perusahaan Daerah harus berubah menjadi sebuah perusahaan daerah berbasis Perseroan Terbatas (PT). Perubahan tersebut memberikan dampak yang signifikan di dalam internal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana komunikasi internal PTAM Giri Menang dalam Mensosialisasikan Perubahan Organisasi PTAM Giri Menang kepada Karyawan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan pada perusahaan PTAM Giri Menang yang berdampak pula terhadap perubahan internal perusahaan. Perubahan tersebut dikategorikan sebagai Planned Organizational Change. Perubahan tersebut memunculkan perbedaan makna yang dipahami oleh para karyawan. Muncul reaksi-reaksi karyawan khususnya pada karyawan lama atas dan berdampak pada restrukturasi karyawan. Sehingga, terjadi pula perbedaan strategi yang dilakukan oleh tim manajemen dalam mengkomunikasikan dan mensosialisasikan perubahan organisasi tersebut.
Gap Intepretation About Period Punctuation in Instant Messages Among Indonesian Generation Revanya Adira Corazan Junor
Jurnal Media dan Komunikasi Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Airlangga University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20473/medkom.v1i2.26376

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi interpretation gap antara Generasi X dan Millennials Indonesia tentang tanda baca titik pada instant message. Sejak gaya komunikasi chatting muncul akibat populernya aplikasi instant message, tanda titik kehilangan fungsinya sebagai pemberi jeda dan pengakhir kalimat. Penelitian-penelitian terdahulu menyebutkan bahwa tanda titik merupakan sebuah senjata untuk menunjukkan ironi, nada sinis, sikap agresif, dan ketidaktulusan. Tanda titik tidak hanya mengakhiri sebuah pesan, namun ia adalah pesan itu sendiri. Millennials menggunakan tanda titik untuk mengekspresikan kemarahan, sementara Generasi X tidak melihat adanya makna pada tanda baca tersebut. Kesenjangan pemahaman ini disebut sebagai interpretation gap yang dipengaruhi oleh aspek generasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe eksploratif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan Generasi X dan Millennials Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya penulisan dalam instant messaging akan mengimitasi gaya bicara pada percakapan tatap wajah. Generasi X cenderung menyelesaikan konflik secara to-the-point dan tegas, sementara Millennials cenderung bersikap pasif-agresif dan menghindari konfrontasi. Fakta ini merupakan akar dari pilihan simbol yang mereka gunakan untuk mengekspresikan kemarahan melalui media IM.

Page 1 of 1 | Total Record : 5