cover
Contact Name
Acitya Bhakti
Contact Email
acityabhakti@unpam.ac.id
Phone
+6281284242547
Journal Mail Official
acityabhakti@unpam.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Pamulang Jl. Raya Puspiptek No.46, Buaran Kec. Serpong, Tangerang Selatan, Banten-15310. e-mail: acityabhakti@unpam.ac.id
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Acitya Bhakti
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 27974979     EISSN : 27754383     DOI : http://dx.doi.org/10.32493/acb.v1i2
Core Subject : Education,
Merupakan jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diterbitkan dua edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus oleh Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang. Fokus kajian jurnal ini adalah hasil kegiatan PkM pada bidang Bahasa dan Sastra Inggris, Indonesia, Arab, Cina, dan Jepang dalam ruang lingkup pembahasan peningkatan literasi, digitalisasi bahasa, pengajaran bahasa dan sastra, dan penerjemahan.
Articles 28 Documents
Dongeng: Media Pemahaman Multibudaya Bagi Generasi Penduduk Global Yuli Wahyuni; Christy Tisnawijaya; Haryati Haryati; Lisa Suhayati; Ratu Prayuana
Acitya Bhakti Vol 1, No 1 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i1.9136

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat adalah salah satu unsur dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen pada tiap semesternya. Adanya tindakan perundungan, kurangnya rasa tenggang rasa dan perasaan saling mendukung di antara para remaja menjadi latar belakang utama dari kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesadaran multikulturalisme di kalangan reamaja. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh beberapa dosen dan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang melalui pembuatan video dongeng dengan menggunakan stick puppets sebagai properti. hal ini ditujukan kepada tutor dan para peserta didik di Jampang English Village (JEV) Bogor. Melalui metode deskriptif analitis, data memperlihatkan beberapa pengaruh mendongeng terhadap keterampilan kognitif anak. Setelah menyaksikan video yang bersisi dongeng dengan menggunakan hand puppet, ditemukan adanya peningkatan keterampilan peserta dalam hal kerjasama, mendengarkan, pemerolehan bahasa, kreatifitas, imajinasi, dan kesadaran multikultural. Pengetahuan yang diperoleh melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menciptakan semangat baru dalam meningkatkan motivasi dan menciptakan materi-materi terkait kesadaran multikultural, sebagai upaya mewujudkan situasi damai dalam kehidupan bermasyarakat.
Pemahaman Pesan Moral pada Cerita Pendek melalui Storytelling di TPA Al-Ikhlas Diyah Iis Andriani; Selviana Teras Widy Rahayu; Prichatin Prichatin
Acitya Bhakti Vol 1, No 2 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i2.10877

Abstract

Karakter seorang anak harus dibentuk karena tidak muncul dengan sendirinya. Selain orang tua, sekolah, lingkungan, dan pemerintah, TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) memiliki peran strategis untuk mendukung pendidikan karakter anak. TPA Al-Ikhlas merupakan salah satu lembaga pendidikan agama Islam di daerah Tangerang Selatan yang diharapkan mampu menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan berakhlak mulia agama sejak usia dini. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh peserta didik yaitu, kurangnya pemahaman pentingnya pembentukkan karakter sejak usia dini dan kesulitan dalam belajar bahasa Inggris yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan latar belakang orang tua. Oleh sebab itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kami terjun dan menawarkan solusi permasalahan berupa pengajaran menggunakan metode storytelling dengan menggunakan media buku cerita bergambar dan roll puppet berbahasa Inggris. Pesan moral yang diperoleh diantaranya menjadi lebih percaya diri, tidak pilih-pilih dalam berteman, tidak menghakimi teman, bersikap ramah, dan sebagainya. Pesan moral yang disampaikan melalui media ajar yang atraktif mampu memberikan pendidikan karakter pada anak dengan maksimal. Terlebih lagi, para peserta didik dapat belajar bahasa Inggris bersama-sama sekaligus meningkatkan pemahaman pesan moral dalam cerita dengan lebih menyenangkan. Pada intinya, Kegiatan PkM dengan storytelling ini bertujuan untuk membentuk karakter anak, memberikan pesan moral dan nasehat, menghibur, serta memotivasi anak untuk berbahasa Inggris.
Penggunaan Lagu dan Dongeng Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kesadaran tentang Polusi Udara bagi Peserta TBM Kolong Jalan Layang Ciputat Lisa Suhayati
Acitya Bhakti Vol 1, No 1 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i1.9130

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu dari Tri Dharma Penguruan Tinggi. Lebih jauh lagi, dengan melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, kehadiran institusi perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat terhadap perkembangan dan pengaplikasian ilmu pengetahuian. Oleh karena itu, salah satu tim Pengabdian kepada Masyarakat dari program studi Sastra Inggris Universitas Pamulang bermaksud untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat kepada anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat Kolong Jembatan Ciputat, yaitu sebuah organisasi yang kegiatannya memberikan perhatian terhadap pendidikan dan pengembangan masyarakat di wilayah Ciputat Tangerang Selatan, Banten. Berdasarkan fakta bahwa betapa tingginya polusi udara di wilayah Ciputat, tim bermaksud untuk melakukan penyuluhan terkait polusi udara melalui lagu dan dongeng. Dari hasil obeservasi, diperoleh bahwa anak-anak memberikan reaksi yang positif terhadap penggunaan lagu dan dongeng untuk meningkatkan kesadaran mereka terkait polusi udara. Selain itu, mereka juga memperkaya kosa kata Bahasa Inggris mereka melalui cerita yang dibawakan oleh para tutor.
Mendongeng Digital sebagai Media Peningkatan Soft Skill Santri Sanggar Baca Jendela Dunia Latifah Latifah; Indrani Dewi Anggraini; Wiwit Sariasih; Mia Perlina
Acitya Bhakti Vol 1, No 2 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i2.10868

Abstract

Sanggar Baca Jendela Dunia (SBJD) yang berlokasi di RT 01 RW 02 Legoso Ciputat Timur didirikan atas dasar keprihatinan terhadap rendahnya minat baca anak-anak di lingkungan setempat. Atas pertimbangan hal tersebut, SBJD pun kemudian berupaya untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak. Oleh karena itu, kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill sekaligus mendorong dan meningkatkan kemampuan literasi digital melalui variasi kegiatan yang edukatif dan menyenangkan untuk menarik minat para peserta didik/santri SBJD. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini dilaksanakan melalui kegiatan mendongeng digital  yang dikembangkan melalui diskusi, bermain, dan bernyanyi. Selain itu, asesmen dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi whiteboard.fi yang menuntun para santri memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkait digital literasi. Kegiatan PkM diikuti oleh 30 santri dengan rentang usia 4-12 tahun. Dari hasil kegiatan PkM, para santri mengikuti rangkaian kegiatan dengan antusias tinggi dan ceria. Kemampuan literasi para santri ditunjukkan dengan penggunaan Zoom sebagai media pelaksanaan kegiatan, Power Point sebagai media presentasi dongeng dan materi penguatan dan pengembangan tentang dongeng, serta asesmen dengan aplikasi Whiteboard.fi yang memungkinkan para santri untuk bereksperimen. Selain itu, melalui dongeng yang disampaikan, para peserta juga mendapat pendidikan karakter sehingga terbentuknya rasa percaya diri, menjadi pribadi yang bersyukur, dan saling menghormati. 
Pengenalan Nilai Budaya dengan Menggunakan Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Literasi Bahasa Inggris di Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Ciputat Anita Sari; Erni Susanti Nainggolan; May Triranto Maharini; Sarita Merilia; Wirharyati Wirharyati
Acitya Bhakti Vol 1, No 1 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i1.9135

Abstract

Budaya rakyat di definisikan sebagai satu kesatuan yang terkandung dalam budaya nasional yang menjadi identitas seseorang. Cerita rakyat adalah salah satu warisan kebudayaan nasional yang menjadi kehormatan bangsa dengan budaya yang beraneka ragam yang harus diperkenalkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Artikel ini mendeskripsikan cerita rakyat “Malin Kundang” sebagai cara untuk meningkatkan literasi anak-anak dalam berbahasa Inggris. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Introducing Cultural Values By Using Traditional Folktale To Improve English Literacy At Taman Baca Masyarakat (TBM) Kolong, Ciputat – Tangerang Selatan” bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan membaca yang lebih menarik dan menumbuh kembangkan  literasi dengan menggunakan buku cerita daerah. Anak – anak binaan di Taman Baca Masyarakat (TBM) yang juga merupakan peserta Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat menumbuh kembangkan literasi mereka yang mengandung nilai – nilai budaya pada” buku cerita daerah. Metode yang digunakan pada PKM ini berupa pendekatan komunikatif melalui bermain peran (roleplaying) dengan menggunakan puppet dan bercerita (storytelling). Roleplaying yang dilakukan menggunakan boneka yang merepresentasikan para karakter dalam cerita Malin Kundang dan diceritakan dengan teknik storytelling. Kemudian hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah peningkatan kesadaran akan pentingnya membaca serta  memperkaya pengetahuan bagi anak – anak akan nilai – nilai budaya daerah yang dapat diaplikasikan dalam keseharian mereka.
Modeling Strategy untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Madrasah Aliyah Lisa Suhayati; Haryati Haryati; Anita Kusumawati; Ruisah Ruisah
Acitya Bhakti Vol 1, No 2 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i2.10874

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris siswa, khususnya dalam bidang public speaking berpidato dalam Bahasa Inggris (speech) masih rendah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan bahan ajar berupa buku dan video untuk mendukung proses pembelajaran berpidato dalam bahasa Inggris dan untuk mengetahui pengaruh positif dari kedua bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa khusunya berpidato. Penulis menggunakan bahan ajar berbentuk buku dan video pembelajaran pidato dalam Bahasa Inggris untuk mengetahui pengaruh positif bahan ajar tersebut terhadap meningkatnya kemampuan berpidato. Kegiatan melibatkan seluruh siswa di tingkat Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Quran, Bogor. Hasil kegiatan PkM, dapat disimpulkan bahwa modeling strategy melalui buku ajar dan video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa inggris, khususnya kemahiran public speaking dalam berpidato Bahasa Inggris (speech), siswa dapat mengaplikasikan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris dalam kehidupannya sehari-hari secara berterima dan efektif, dan siswa mendapatkan penguatan dalam membangun dan meningkatkan rasa percaya diri yang merupakan karakter penting untuk dimiliki. Karakter memiliki rasa percaya diri ini diharapkan dapat memberikan banyak dampak positif bagi para santri untuk menunjang prestasi akademik maupun non-akademik.
Pelatihan Pidato Bahasa Inggris untuk Santri di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Bogor Ismi Adinda; Lida Holida Mahmud; Tryana Tryana
Acitya Bhakti Vol 1, No 1 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i1.9129

Abstract

Berdasarkan observasi, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pondok Pesantren Nurul Qur’an bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris di depan umum. PKM ini menggunakan metode pelatihan 3 jenis pidato dari teori Keraf (1977) yakni persuasif yakni membujuk secara halus agar orang lain merasa yakin terhadap apa yang dimaksud oleh si pembicara, instruktif yakni memberitahukan atau mengabarkan suatu informasi kepada pendengar berupa suatu pengertian yang tepat, dan rekreatif yakni menyenangkan dan menghibur sehingga muncul suatu kegembiraan saat mendengarkan dan tentunya tergugah untuk mengikuti apa yang diucapkan oleh pembicara. Pelatihan ini juga melakukan  pendekatan, pendampingan, pelatihan teknik berpidato serta praktek langsung dengan menggunakan Bahasa Inggris yang  melibatkan responden atau peserta pelatihan sebanyak 50 siswa yang berasal dari kelas 10 Pondok Pesantren Nurul Qur’an. Dari hasil kegiatan PKM ini ditemukan bahwa metode, memberikan peningkatan terhadap kemampuan, percaya diri dan kenyamanan diri siswa dalam berbicara Bahasa Inggris di depan umum.
Pengayaan Literasi Digital di MI Jam’iyyatul Khair: Edpuzzle sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Daring Geni Kurniati; Rahmita Egilistiani; Yuli Wahyuni; Christy Tisnawijaya
Acitya Bhakti Vol 1, No 2 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i2.10838

Abstract

Salah satu institusi pendidikan di Indonesia yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh pada saat pandemi COVID-19 adalah Madrasah Ibtidaiyah Jam’iyyatul Khair di Tangerang Selatan. Faktanya, staf pengajar di Madrasah ini mengalami kesulitan dalam memaksimalkan pembelajaran online. Kendala tersebut disebabkan oleh rendahnya minat siswa dalam membaca materi sebelum mengerjakan tugas sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Sebagai solusinya, tim Pengabdian Masyarakat (PkM) Universitas Pamulang mengadakan workshop tentang literasi digital dan dimensi literasi lainnya seperti budaya dan pendidikan karakter. Kegiatan PKM ini tidak dipungut biaya dan disampaikan langsung oleh dosen dan mahasiswa. Aplikasi Edpuzzle dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi media digital sebagai sarana pendukung pembelajaran jarak jauh. Hal ini dirancang agar suasana belajar menjadi lebih menarik dan hidup, sehingga kemampuan literasi digital siswa akan meningkat seiring dengan pendidikan karakter yang baik. Dengan menelaah kuesioner – pertanyaan yang mencakup literasi digital hingga Edpuzzle – yang dibagikan kepada peserta sebelum dan sesudah lokakarya, dapat disimpulkan bahwa Edpuzzle merupakan alternatif baru dan menyenangkan dalam pembelajaran jarak jauh bagi pendidik dan siswa.
Pemberian Pemahaman Fungsi Pohon bagi Ekosistem untuk Peserta TBM Kolong Jalan Layang Ciputat Selviana Teras Widy Rahayu
Acitya Bhakti Vol 1, No 1 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i1.9134

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan lokasi Taman Bacaan Masyarakat, Kolong Jembatan Ciputat, maka sudah menjadi kewajiban bagi perguruan tinggi untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Sudah selayaknya kehadiran perguruan tinggi agar dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh. Prinsip pemberdayaan masyarakat yang paling baik adalah kelompok yang memang lahir dari kebutuhan dan kesadaran masyarakat sendiri dikelola dan dikembangkan dengan menggunakan terutama sumber daya yang ada di masyarakat tersebut, dan memiliki tujuan yang sama. Terkait menanamkan kepedulian anak-anak tentang pentingnya menjaga pohon dan ekosistem demi keberlangsungan hidup manusia, sebuat media pembelajaran yang menarik dan dapat memotivasi mereka sangat diperlukan. Media pembelajaran yang akan digunakan adalah diorama dan pembacaan cerita. Ilmu yang diperoleh pada Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan mampu mengambil pelajaran moral yang harus diketahui anak-anak tentang pentingnya memelihara pohon di dalam ekosistem demi keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang dan memberikan motivasi bagi generasi muda baik di lingkungan keluarga, sekolah dan kampus.
Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Kalimat Perintah Bahasa Inggris Sehari-hari dengan Metode TPR Anita Sari; Wirharyati Wirharyati; Tutut Sumartini; Rossy Halimatun Rosyidah
Acitya Bhakti Vol 1, No 2 (2021): ACITYA BHAKTI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/acb.v1i2.10873

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi menyimak bahasa Inggris melalui instruksi bagi siswa SD Yayasan Bangun Cendikia Muda (YBMC) Cipedak Jakarta Selatan. Bahasa Inggris memiliki dua fungsi, salah satunya adalah bahasa sebagai alat komunikasi yang dibutuhkan untuk semua generasi, khususnya siswa yang perlu mempelajari berbagai mata pelajaran yang buku-buku sumbernya masih ditulis dalam bahasa Inggris. Menyimak adalah salah satu keterampilan penguasaan bahasa untuk menguasai bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena berkaitan dengan fenomena proses pembelajaran bahasa Inggris di YBMC. Teori Hedge (200) tentang menyimak digunakan untuk membuktikan peran menyimak dalam penguasaan bahasa Inggris. Data yang diperoleh dari survei dan wawancara dianalisis dan dijelaskan dalam format esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid YBCM sangat antusias dan memberikan sikap yang positif dalam penggunaan instruksi bahasa Inggris sehari-hari. Selain itu, mereka juga meningkatkan kemampuan menyimak dalam bahasa Inggris serta menambah kosakata bahasa Inggris. 

Page 1 of 3 | Total Record : 28