cover
Contact Name
khairil umuri
Contact Email
khairilumuri@unsyiah.ac.id
Phone
+6282272806050
Journal Mail Official
khairilumuri@unsyiah.ac.id
Editorial Address
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)
ISSN : 26566540     EISSN : 26848333     DOI : 10.24815/jimeki.v1i2
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)) merupakan jurnal ilmiah dwi tahunan bidang Ekonomi Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), DPW Aceh sejak tahun 2020. mengundang para peneliti, pengkaji, praktisi, industri, dan pemerhati bidang ekonomi untuk mengirimkan artikel ilmiahnya untuk diterbitkan. Naskah artikel dapat ditulis baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Ruang lingkup jurnal mencakup (tetapi tidak terbatas pada):Islamic Economics, Islamic Finance, Islamic Microfinance, Islamic Banking and Financial Institutions, Islamic Wealth Management, Islamic Capital Investment & Markets, Islamic Insurance, Zakat and Islamic Endowments, Islamic Public Economics, Islamic banking, and accounting.
Articles 50 Documents
PENGARUH MEREK SYARIAH, PELAYANAN SYARIAH, DAN KEPATUHAN SYARIAH TERHADAP CITRA BANK SYARIAH DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI KOTA SABANG Rahmi Aggraini Putri; Nurma Sari
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol. 3 No. 1, Mei 2021
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v3i1.18502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh merek syariah, pelayanan syariah dan kepatuhan syariah terhadap citra bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Syariah Mandiri Kota Sabang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian 120 responden. Untuk metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi pengaruh merek syariah, pelayanan syariah, dan kepatuhan syariah terhadap citra bank syariah sebesar 64,5%. Sementara sisanya 35,5% menunjukkan bahwa adanya faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi variabel citra bank syariah.  This research aims to test and analyze the influence of sharia brand, sharia services and sharia compliance to the image of Sharia banks. The research methods used are quantitative research methods. The population in this research is customers at PT. Bank Syariah Mandiri Kota Sabang with sampling techniques uses purposive sampling and obtained sample research of 120 respondents. For data analysis methods use multiple linear regression analysis methods with SPSS. The results of this study showed that the correlation of sharia brand influence, sharia service, and sharia compliance to sharia bank imagery amounted to 64.5%. While the remaining 35.5% indicates that there are other factors that can affect the image variable of Sharia banks.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK RAHN PADA PEGADAIAN SYARIAH (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh) Laila Maghfirah; Ridwan Nurdin
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.1, Mei 2019
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v1i1.13022

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location on the interest of customers using rahn products on syaria pawnshops. The research  used quantitative research. The population in this research is all customers who used rahn products on syaria pawnshops. The technique of sampling method used convenience sampling and retrieved samples of 100 respondents. For data analysis method, using multiple linear regression analysis with SPSS. The results of this study indicated that promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location simultaneously affect the interest. Partially, the result shows that promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location have a significant effect on the interest of customers using rahn products at the Banda Aceh Syariah Pawnshop Head Office.Keywords: Interest, promotion, loan disbursement procedure, syaria aspect, and location AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi, prosedur pencairan pinjaman, alasan syariah, dan lokasi terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn pada pegadaian syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan produk rahn pada pegadaian syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dan diperoleh sampel penelitian 100 responden. Untuk metode analisis data, menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, prosedur pencairan pinjaman, alasan syariah, dan lokasi secara simultan mempengaruhi minat. Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, prosedur pencairan pinjaman, alasan syariah, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk rahn pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh.
PENGARUH ZAKAT DAN PENDIDIKAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI AECH Muhaddisin Muhaddisin; Sartiyah Sartiyah
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.2, November 2019
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v1i2.15960

Abstract

The purpose of this study is to examine the effect of zakah and education on poverty in Aceh Province. This study uses data on the percentage of poor population, zakah and education from the Baitul Mal Aceh and the Central Bureau of Statistics 2010-2017 in 23 districts / cities in Aceh Province, attempting 184 observations. Analysis using panel models and appropriate method in this study is the Random Effect Model. The results showed that zakah and education simultaneously affect poverty, while partial zakah does not affect poverty and education negatively affects poverty. This will improve education. Based on research findings, it is expected that the community and related institutions can improve education, can provide solutions for poverty alleviation and find solutions in collecting zakah and channeling it productively.  Tujuan penelitian ini menguji pengaruh zakat dan pendidikan terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan data persentase penduduk miskin, zakat dan pendidikan dari Baitul Mal Aceh dan Badan Pusat Statistik dari tahun 2010 hingga 2017 di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh, menghasilkan sebanyak 184 observasi. Analisis menggunakan model panel dan metode yang tepat pada penelitian ini adalah Random Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan zakat dan pendidikan berpengaruh terhadap kemiskinan, sedangkan secara parsial zakat tidak berpengaruh terhadap kemiskinan dan pendidikan berpengaruh negatif terhadap kemiskinan. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan pendidikan akan menurunkan tingkat kemiskinan. Berdasarkan temuan penelitian, diharapkan masyarakat dan lembaga terkait dapat terus meningkatkan pendidikan, karena dapat menjadi solusi bagi pengentasan kemiskinan dan berupaya mencari solusi dalam pengumpulan zakat serta menyalurkannya secara produktif.
PENGARUH PENGETAHUAN, KEMUDAHAN, DAN REFERENSI TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN E-MONEY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA Elda Reyhan; Amri Amri
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol. 2 No. 2, November 2020
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v2i2.18497

Abstract

 This study aims to partially and simultaneously analyze the influence of knowledge, convenience and reference to the intention to use e-money among Syiah Kuala University students. The sampling technique was proportional random sampling, so that the total sample for this study was 100 students. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results showed that knowledge, convenience and references simultaneously affected the intention to use e-money among Syiah Kuala University students. The results also showed that ease of use greatly affected the intention to use e-money among Syiah Kuala University students.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh pengetahuan, kemudahan dan referensi terhadap niat menggunakan e-money di kalangan mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Teknik pengambilan sampel secara proporsional random sampling, sehingga didapatkan total sampel untuk penelitian ini sebanyak 100 orang mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, kemudahan dan referensi berpengaruh secara simultan terhadap niat menggunakan e-money di kalangan mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan sangat mempengaruhi niat menggunakan e-money di kalangan mahasiswa Universitas Syiah Kuala.
FAKTOR KEUANGAN INTERNAL YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN QARDHUL HASAN SEBAGAI WUJUD PELAKSANAAN CSR PADA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA Irza Lailatul Hikmah; M.S.A Majid
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.1, Mei 2019
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v1i1.11182

Abstract

The purpose of this research is to examine internal financial factors that affect the growth of qardhul hasan as a form of corporate social responsibility (CSR) implementation in sharia banking in Indonesia during 2011-2017. The target population in this study is the Sharia Commercial Banks (BUS) which regularly publishes the financial statements and reports on the use of the qardhul hasan virtue fund within the period of the research year. 7 of 13 Sharia Commercial Banks studied in this study were selected by using purposive sampling technique. The dependent variable in this study is the qardhul hasan (QH) virtue fund, while the independent variables are internal financial factors as measured by the value of Non Performing Financing (NPF), Net Imbalan (NI), Operational Efficiency (BOPO) and Promotion Cost (BP). Through the panel data analysis using the random effect model method, the results of this study indicate that simultaneously (NPF, NI, BOPO, and BP) have influence on the growth of qardhul hasan (QH) virtue fund. Partially, the variable that has positive and significant influence to the growth of qardhul hasan's virtue fund is NPF and Promotion Cost, while the variable which has significant negative effect to qardhul hasan growth is NI and BOPO. Based on the results of this study, it is expected that Islamic banks can optimize qardhul hasan virtue funds to be more productive for the needs of the community by stabilizing the NPF ratio and maximizing Promotion Costs, and balancing the NI ratio and minimizing the BOPO ratio. Keywords: Qardhul Hasan, Non Performing Financing (NPF), Net Imbalan (NI), Operational Efficiency (BOPO), Promotion (BP), Islamic Banks. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor keuangan internal yang yang mempengaruhi pertumbuhan qardhul hasan sebagai wujud pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) pada perbankan syariah di Indonesia selama tahun 2011-2017. Sasaran populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah (BUS) yang secara rutin mempublikasikan laporan keuangan dan laporan penggunaan dana kebajikan qardhul hasan dalam periode tahun penelitian. 7 dari 13 Bank Umum Syariah yang diteliti dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah dana kebajikan qardhul hasan (QH), sedangkan variabel independen adalah faktor-faktor keuangan internal yang diukur dengan nilai Non Performing Financing (NPF), Net Imbalan (NI), Efisiensi Operasional (BOPO) dan Biaya Promosi (BP). Melalui analisis data panel menggunakan metode random effect model, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan (NPF, NI, BOPO, dan BP) memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dana kebajikan qardhul hasan (QH). Secara parsial, variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan dana kebajikan qardhul hasan yaitu NPF dan Biaya Promosi, sedangkan variabel yang memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan qardhul hasan yaitu NI dan BOPO. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan agar bank syariah dapat mengoptimalkan dana kebajikan qardhul hasan agar lebih produktif untuk kebutuhan masyarakat dengan cara menstabilkan rasio NPF serta memaksimalkan Biaya Promosi, dan menyeimbangkan rasio NI dan meminimalisir rasio BOPO.
PENGARUH SISTEM PENJUALAN E-COMMERCE BAGI KINERJA KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH(UMKM) DI KOTA BANDA ACEH Misrahul Khaira; Jalalluddin Jalalluddin
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol. 3 No. 1, Mei 2021
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v3i1.18506

Abstract

This study aims to analyze the impact of financial performance on MSMEs in Banda Aceh. This research is expected to provide input to each individual and group on the importance of improving financial performance for MSMEs in Banda Aceh and know how a good E-commerce sales system works according to the development of the era The method used in this study is a mix of methods that are a combination of quantitative and qualitative methods. Data collection instruments using questionnaires and interviews with a sample of 100 people selected using simple random sampling. The results of this study show that the revenue after using the e-commerce sales system is greater than before using. The partial use of e-commerce sales system affects the Financial Performance of MSMEs in Banda Aceh because the significance value is less than 0.05. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kinerja keuangan pada UMKM di Banda Aceh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan pada setiap individu maupun kelompok mengenai pentingnya peningkatan kinerja keuangan bagi pelaku usaha UMKM di Banda Aceh serta mengetahui cara kerja sistem penjualan E-commerce yang baik sesuai perkembangan zaman Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods yaitu gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dengan sampel sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan sesudah menggunakan sistem penjualan e-commerce lebih besar daripada sebelum menggunakan. Penggunaan sistem penjualan e-commerce secara  parsial berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kota Banda Aceh karena nilai signifikansi kurang dari 0.05.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH BERTRANSAKSI DI LEASING FIF SYARIAH KOTA LHOKSEUMAWE Bayhaqi Bayhaqi; Ridwan Nurdin
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.2, November 2019
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v1i2.15227

Abstract

This study aims to examine the effect of service and product quality on the customer satisfaction of Syariah FIF leasing in Lhokseumawe city. A total of 100 respondents out 15.000 Syariah FIF leasing population in Lhoksumawe were drawn suing purposive sampling. Primary and secondary data were used in this study, and multiple linear regression was employed for the data analysis method.Simultaneous test (F) showed that service and product quality simultaneously affects customer satisfaction of Syariah FIF leasing in Lhokseumawe city. Partial (t) test indicated that service quality had a positive and significant influence on the customer satisfaction of Syariah FIF leasing in Lhokseumawe city. Quality product also showed a positive and significant influence on the customer satisfaction of Syariah FIF leasing in Lhokseumawe city. Therefore, it is suggested that the leasing parties pay more attention to product and service quality to improve customer satisfaction. Keywords: Service Quality, Product Quality, Customer SatisfactionAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah di leasing FIF syariah Kota Lhokseumawe. Populasi dalam penelitian ini seluruh nasabah di leasing FIF syariah Kota Lhokseumawe yang berjumlah 15.000 dan dipilih 100 sampel berdasarkan metode purposive sampling. Data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan uji simultan (F) hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan nasabah di leasing FIF syariah Kota Lhokseumawe. Dan berdasarkan uji parsial (t) hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan nasabah di leasing FIF Kota Lhokseumawe, begitu juga variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di leasing FIF syariah Kota Lhokseumawe. Dengan demikian pihak pembiayaan leasing harus memperhatikan faktor kualitas pelayanan dan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan nasabah.
ANALISIS PENGARUH PENDUDUK MISKIN, MARGIN KEUNTUNGAN, INFLASI DAN HARGA EMAS TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN RAHN PADA PEGADAIAN SYARIAH PROVINSI ACEH Rina Febriana; Sartiyah Sartiyah
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol. 3 No. 1, Mei 2021
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v3i1.18501

Abstract

This study aims to examine the effect of impoverished people, profit margins, inflation, and gold price on the distribution of rahn financing at Islamic Pawnshop in Aceh Province. This study also used time series data analysis by using the Ordinary Least Square (OLS) method, the results of the study showed that simultaneously impoverished people, profit margins, inflation, and gold price had a significant influence on the distribution of rahn financing in Aceh Province. Partially, gold price has a positive and significant, impoverished people has a negative and significant, while profit margins and inflation had no influence on the distribution of rahn financing at Islamic Pawnshop in Aceh Province. Based on the results of this study, the pawnshop is expected to be able to maintain and enhance its role. So that, it remains a financial institution that can solve problems without problems in accordance with its slogan.  Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penduduk miskin, margin keuntungan, inflasi, dan harga emas terhadap penyaluran pembiayaan rahn pada Pegadaian Syariah Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan analisis data time series dengan metode Ordinary Least Square (OLS), hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan penduduk miskin, margin keuntungan, inflasi, dan harga emas memiliki pengaruh   signifikan terhadap penyaluran pembiayaan rahn pada Provinsi Aceh. Secara parsial, harga emas memiliki pengaruh positif dan signifikan, penduduk miskin memiliki pengaruh negatif dan signifikan, sedangkan margin keuntungan dan inflasi tidak memiliki pengaruh terhadap penyaluran pembiayaan rahn pada Pegadaian Syariah Provinsi Aceh. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan lembaga pegadaian dapat menjaga dan meningkatkan perannya agar tetap menjadi lembaga keuangan yang dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah sesuai dengan slogan yang dimilikinya.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN INTERNET BANKING (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) Ermadini Harisa; Nurma Sari
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol. 2 No.1, Mei 2020
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v2i1.16168

Abstract

The purpose of this research is to analyze the factors that influence the interest of Syiah Kuala University students using Internet Banking. Sample in this study were 100 students. The data used are primary data obtained using a questionnaire. Data analysis was  performed using multiple linear regression analysis. The results of the research show that convenience, risk and trust have a simultaneous effect on the interest of students using Internet Banking. From the research, R Square is 0.511, which means that all independent variables have a joint contribution of 51.1% to the dependent variable, and 48.9% are influenced by other factors.
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KARYAWAN BANK TERHADAP AKAD PEMBIAYAAN PRODUK KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG ACEH Leni Oktaviani; Suazhari Suazhari
JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol.1 No.1, Mei 2019
Publisher : FEB Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimeki.v1i1.13023

Abstract

This research was conducted to analyze the comprehension level of bank employees regarding financing agreement of morgage loans (KPR) products at Bank Syariah Mandiri Aceh Branch. This research is considered as a qualitative descriptive research, which is a research method aiming  to describe information collected through the research. Populations and research samples are 5 (five) employees of Bank Syariah Mandiri in Aceh Branch Office from the financing agreement of house ownership product department, chosen using purposive sampling technique. The data used in this research are the primary and secondary data. Data collecting method is through the interview and documentation. The result indicates that employees’ comprehension level regarding financing agreement of housing ownership credit (KPR) product is considered very low. The explanation described by employees about financing agreement of KPR (murabahah agreement) is yet to be corresponding with appropriate sharia and fatwa DSN-MUI No: 4/DSN-MUI/2000 regarding Murabahah.Keywords: KPR, Murabahah, Comprehension, Fatwa DSN-MUI ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman karyawan bank terhadap akad pembiayaan produk kredit pemilikan rumah (KPR) Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian yang bertujuan mendeskripsikan informasi yang diperoleh dari hasil penelitian. Populasi dan sampel penelitian yaitu karyawan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh yang berjumlah 5 orang berasal dari karyawan pembiayaan produk KPR diambil melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman karyawan bank terhadap akad pembiayaan produk kredit pemilikan rumah (KPR) masing sangat kurang. Penjelasan karyawan terhadap akad (KPR) ( akad murabahah) masih belum sesuai dengan syariah dan fatwa DSN-MUI No: 4/DSN-MUI/2000 tentang Murabahah.