cover
Contact Name
Sari Susanti
Contact Email
sarisusanti@ars.ac.id
Phone
+6289677743359
Journal Mail Official
redaksi@ars.ac.id
Editorial Address
ARS University Jl. Sekolah Internasional 1-2 Antapani Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Digital Media dan Relationship
ISSN : -     EISSN : 27227413     DOI : https://doi.org/10.51977/jdigital
Jurnal Digital Media & Relations memfokuskan pada tulisan-tulisan yang memuat penelitian dan pemikiran kekinian di bidang Ilmu Komunikasi dalam berbagai sudut pandang / perspektif termasuk: 1. Media Baru dan Teknologi Komunikasi 2. Media dan Jurnalisme 3. Komunikasi Terapan 4. Hubungan Masyarakat 5. Komunikasi pemasaran
Articles 40 Documents
Interpretasi Digital Storytelling Pada Iklan Tokopedia Siswantini; Gayes Mahestu; Aulia Nastiti Rahmani
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana interpretasi pengguna aplikasi Tokopedia terhadap Tokopedia melalui digital storytelling, serta implementasi elemen digital storytelling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian studi kasus. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data hasil wawancara bersama 7 informan dengan latar belakang yang berbeda, serta observasi secara non-partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tokopedia mampu mengimplementasikan elemen pembentuk digital storytelling dan menghasilkan interpretasi khalayak terhadap Tokopedia melalui digital storytelling. Kata Kunci: Digital Storytelling; interpretasi; kualitatif; tokopedia Abstract This study aims to describe the perception of Tokopedia application users on Tokopedia through digital storytelling, as well as the implementation of digital storytelling elements. This study is a descriptive research with qualitative approach, and case study as the research method. Data analysis was done by reducing, presenting, and concluding data from interviews with 7 informants with different backgrounds, and non-participant observation. The results of this study indicate that Tokopedia is able to implement elements of digital storytelling and generate interpretation to audiences towards Tokopedia through digital storytelling. Keywords: Digital Storytelling; interpretation; qualitative; tokopedia
Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pesan, dan Frekuensi Penayangan Terhadap Efektivitas Iklan Azizah Ainun Fitriani; Maylanny Christin
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh daya tarik, kualitas pesan, serta frekuensi penayangan terhadap efektivitas iklan layanan masyarakat Stunting Itu Penting, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan terhadap 30 responden berdomisili di Kota Tasikmalaya dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji validitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji T, serta uji F. Dari hasil uji diperoleh persamaan regresi Y= 4,783 + 0,347X1 + 0,585X2 – 0,170X3. Uji T menujukkan kualitas pesan berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas iklan, sementara daya tarik dan frekuensi penayangan tidak memberikan pengaruh secara signifikan. Uji F menunjukkan ketiga variabel independen berpengaruh secara simultan terahadap efektivitas iklan dengan koefisien determinasi sebesar 48,3%. Kata kunci : daya tarik; kualitas pesan; frekuensi penayangan; efektivitas iklan ABSTRACT This research was conducted to find out the effect of attractiveness, message quality, and ad frequency on Stunting Itu Penting PSA, partially and simultaneously. This research used 30 respondents from Tasikmalaya as sample by using purposive sampling technique. The methods used were normality test, validity test, classic assumption test, multiple linear regression analysis, T-test, and F-test. The result shows regression equation as follow: Y= 4,783 + 0,347X1 + 0,585X2 – 0,170X3. T-test shows that message quality affects ad effectiveness significantly, while attractiveness and ad frequency don’t affect ad effectiveness significantly. F-test shows the independent variables affect ad effectiveness simultaneously with coefficient of determination 48,3%. Keywords : attractiveness; message quality; ad frequency; ad effectiveness
Berita Viral di Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Media Massa Konvensional Nela Widiastuti
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah mengenai, “ Bagaimana penggunaan berita viral sebagai sumber informasi di media massa konvensional”. Fenomena viral di sosial media telah merambah ke dalam media berita online bahkan media massa lama pun menggunakan informasi yang sedang viral menjadi sumber informasi. Fenomena ini menimbulkan adanya perubahan dan pergeseran bagi media massa konvensional. Jurnalis tidak lagi mencari, menulis, dan menerbitkan berita. Jurnalis fungsinya hanya sebagai penyalur atau penyebar luas berita dari sumber media social. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi studi kasus. Jumlah jurnalis yang menggunakan media sosial meningkat drastis dan memilih konten yang viral di media sosial untuk dijadikan sumber berita. Jika kita analisis berita yang bersumber dari media sosial, ada beberapa kekurangan mengenai unsur layak berita tersebut yaitu keakuratan dan kepentingan berita. Sementara itu, untuk mengevaluasi informasi dari media online terutama media sosial, jurnalis di media massa konvensional dapat menggunakan sembilan elemen jurnalisme dan Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sikap dasar sebagai jurnalis dalam menghadapi sosial media tetaplah harus skeptis. Media massa harus berperan sebagai gatekeeper dalam menyaring dan menyebarkan informasi yang akurat dan berkualitas pada masyarakat. Kata Kunci: Berita; Viral; Media massa; Media Sosial; Jurnalistik[1] ABSTRACT This research about, "How to use viral news as a source of information in conventional mass media". Viral phenomenon in social media has penetrated into the online news media even the old mass media also use information that is viral become a source of information. This phenomenon causes changes and shifts for conventional mass media. Nowadays, Journalists not only searching, writing, and publishing news, but also as a distributor or spreader news from social media sources. The authors' research used a qualitative approach and case study methodology. The number of journalists using social media has increased dramatically and mostly they, choose viral content in social media to be a source of news. If we analyze news that comes from social media, there are some shortcomings regarding the element worthy of such news is the accuracy and importance of news. Meanwhile, to evaluate information from online media especially social media, journalists in conventional media can use nine elements of journalism and the Journalism Code and the Cyber ​​Media Guidelines. This study concludes that the basic attitude of journalists in the face of social media remains to be skeptical. Mass media should act as gatekeepers in filtering and disseminating accurate and quality information to the public. Keywords: News; viral; mass media; social media; journalism
Perempuan dan Jurnalisme: Studi Fenomenologi Terhadap Profesionalisme Jurnalis Perempuan di Kota Kupang Rejina M. Bire; Mas’amah; Ferly Tanggu Hana
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Emansipasi perempuan sebagai jurnalis yang diperjuangkan oleh Roehanna Koedoes, seakan mencapai titik terangnya saat ini. Kini, telah banyak perempuan-perempuan di Indonesia yang memilih terjun ke dunia jurnalistik yang masih dianggap oleh sebagian besar masyarakat sebagai dunia pekerjaan yang maskulin. Untuk menjadi seorang jurnalis perempuan, harus memiliki pribadi yang tangguh, berani dan sigap dalam melaksanakan pekerjaan. Profesionalisme dalam bekerja, baik dalam ruang redaksi ataupun di lapangan saat liputan menjadi sifat dan sikap yang harus dimiliki jurnalis perempuan, untuk menghadapi tantangan kerja yang datang kapan saja. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui probelamatika yang dihadapi oleh jurnalis perempuan serta bagaimana profesionalisme jurnalis perempuan dalam menjalankan profesinya. Teori dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori fenomenologi & metode fenomenologi. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, serta teknik penentuan informan menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnalis perempuan di Kota Kupang mampu bekerja secara profesional yang ditunjukkan dalam beberapa hal, yakni pemahaman dan penerapan kode etik jurnalistik serta UU. Pers, serta bagaimana mereka mampu bertanggung jawab atas berita yang dibuat dan dipublikasikan. Kata Kunci : Jurnalis; Perempuan; Profesionalisme[1] ABSTRACT The emancipation of women as journalists championed by Roehanna Koedoes, seemed to reach her current bright point. Now, many women in Indonesia have chosen to enter the world of journalism which is still considered by most people as a masculine world of work. To become a female journalist, must have a strong, brave and swift person in carrying out work. Professionalism in work, both in the editorial room or in the field when coverage is the nature and attitude that female journalists must have, to face the work challenges that come at any time.The purpose of the research is to find out the proboscisics faced by female journalists and the professionalism of female journalists in carrying out their profession. The theory used in this study is the standpoint theory. The method in this study uses the phenomenology method. Data was collected by in-depth interview techniques and documentation. While the data analysis uses the Miles and Huberman interactive analysis model, and the informant determination technique uses Purposive sampling techniques.The results of the study showed that female journalists in Kupang City were able to work professionally as shown in several ways, namely understanding and applying the journalistic code of ethics and the Act. Press, as well as how they are able to be responsible for the news made and published. Keywords: Journalists, Women, Professionalism
Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Strategi Public Relations Dalam Mengelola Reputasi Medion Tri Wulandari Asih; Diny Fitriawati; Yulia Sariwaty
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Suatu perusahaan tidak akan pernah mendapatkan kepercayaan dari khalayak apabila reputasinya hilang atau tidak dikelola dengan tepat untuk mempertahankannya. Dalam membentuk reputasi suatu perusahaan memerlukan banyak waktu dan proses, sedangkan reputasi dapat hilang dengan seketika. Maka dari itu diperlukan peran Public Relations untuk membuat strategi yang dapat mempertahankan reputasi demi kelangsungan aktivitas perusahaan. Tujuan daripada penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dari manajemen strategi Public Relations dalam mengelola reputasi melalui program Diklat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan dan wawancara semiterstruktur. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivis ditunjang dengan Teori The IPPAR Model. Hasil penelitian ini menunjukkan hal perencanaan Corporate Communication mengedepankan kepentingan umum yang berkaitan dengan visi perusahaan dan kebutuhan sasarannya yaitu peternak, mengoptimalkan atribut-atribut perusahaan yakni identitas dan citra unuk disesuaikan dengan khalayaknya. Sementara itu dalam pelaksanaan Diklat Corporate Communication melakukan beberapa taktik perealisasian perencanaan yakni pengoptimalan sumberdaya, penyesuaian media komunikasi dan merealisasika solusi yang dibutuhkan peternak melalui materi-materi diklat yang proaktif. Dalam hal evaluasi Corporate Communication membaginya pada evaluasi perencanaan, pelaksaaan dan menyeluruh dengan beberapa indikator yaitu tujuan, sasaran, kelancaran dan hambatan, pengetahuan khalayak, pemahaman khalayak, opini khalayak serta sikap dan perilaku nyata khalayak untuk perusahaan. Kata kunci: Strategi; Public Relations; Diklat; Reputasi ABSTRACT A company can never gain public confidence if its reputation is lost or not managed properly to maintain his reputation as well. Building a company's reputation takes a lot of time and process, whereas reputation can be lost instantly. Therefore, the role of public relations is needed to make a strategy that can maintain reputation for the continued activities of the company. The purpose of this study is to know the planning, execution and evaluation of public relations strategy management in managing reputation through diklat program. The method of research ia using a qualitative approach with case study. Data collection techniques are used by field observation and semi-structured interviews. The paradigm using is constructivis and supported by the IPPAR model theory. The research shows that planning of corporate communication is a front of public interest that deals with the company's vision and the needs of his target for breeders, optimizing the company's attributes, That is the identity and image are adapted to the focus public Meanwhile in the execution of a corporate communication doing Perform some planning tactical optimization of the resource, media communication adjustment and making possible the solutions farmers need through proactive diklat materials. In terms of evaluation, Corporate communication shares it with planning, comprehensive and evaluation evaluations of goals, targets, Fluency and constraints, public knowledge, audience understanding, public opinion and real attitude and conduct for the company. Keyword: Strategy; Public Relations; Training and Education Program; Reputation
Efektivitas Media Instagram Dalam Branding Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut Chotijah Fanaqi; Muhamad Azi Zulhakim; Fitri Nadia Komalasari
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Social media is media that is used to publish content such as profiles, activities, or even user opinions as well as media that provide space for communication and interaction in social networks in cyberspace. This research is a quantitative research with an associative approach. The population in this study was the new students of the Faculty of Communication at the University of Garut in 2019, with a sample of 70 students, with proportional random sampling. Data collection techniques using a questionnaire. Theory of this study used the Uses and Gratification Theory. The results showed that the curiosity and intensity motives had significant and significant influence on satisfaction on the effectiveness of Instagram media in the UNIGA FIKOM Branding of New Student Admission Interests. This is evidenced by the results of several tests that have been conducted, whether testing is stimulant or partial, where the results of each test explain that there is an influence of motives on satisfaction.
Metariset atas Karya Riset Komunitas Pengkaji komunikasi Sri Handayani; Nisa Alfira; M Fikri AR
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunitas Pengkaji Komunikasi (KPK) adalah sebuah tim riset (research group) di Jurusan Ilmu Komunikasi (JIK) FISIP Universitas Brawijaya (UB). Dibentuk pada tahun 2014, KPK memiliki anggota empat orang dosen dan berkembang dengan melakukan kegiatan yang terkait dengan penelitian, pendidikan, pengabdian masyarakat dan diskusi-diskusi dengan beberapa kekhususan subbidang kajian dalam Ilmu Komunikasi. KPK dan para mahasiswa di JIK FISIP UB melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan diskusi ilmiah khususnya terkait beberapa subbidang kajian dalam Ilmu Komunikasi, seperti filsafat komunikasi, sejarah komunikasi, komunikasi perspektif Non-Barat. Artikel ini akan membahas hasil studi berbasis metariset terkait karya-karya yang dihasilkan oleh KPK dalam periode 2014-2019.
Profesionalisme dan Suap Menurut Pemahaman Wartawan Timor Express Reynold Lak’apu; Masamah Masamah; Monika Wutun
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jdigital.v2i1.229

Abstract

Profesionalisme dan penyuapan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan jurnalis dan media massa dewasa ini. Ketika wartawan dituntut profesional dalam menghasilkan karya jurnalistik, pada saat itu juga godaan suap dalam berbagai bentuk dan makna menghampiri. Apalagi realitas media massa di wilayah timur Indonesia hidup dari idealisme wartawan dan beberapa bergantung pada jaringan perusahaan media nasional. Jangankan gaji yang memadai untuk menghidupi pekerja media, operasionalisasi media pun dihasilkan dari jerih payah yang terkadang mengorbankan kode etik jurnalistik. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan seperti apa realitas pemaknaan wartawan tentang profesionalisme dan suap di salah media massa cetak yang beredar di Nusa Tenggara Timur yakni Surat Kabar Harian Timor Expres. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus mikroetnografi digunakan untuk mengungkapkan pemaknaan wartawan Timor Express tentang profesionalisme dan suap dalam bingkai teori tanggung jawab sosial media massa. Hasil penelitian menemukan dua hal yakni Pertama, pemahaman wartawan Timor Express tentang profesionalisme dan suap dengan cara menetapkan standar kualitas dan kuantitas berita, wajib menjalankan kode etik bagi wartawan bersertifikasi dan lulus Uji Kompetensi Wartawan, dan pemahaman tentang penerima suap adalah mereka yang mau menerima uang dengan janji atau kesepakatan tertentu dalam tugas kejurnalistikan. Dan Kedua, cara wartawan Timor Express meningkatkan profesionalisme dan menghindari suap dalam bingkai teori tanggung jawab sosial media massa. Untuk memenuhi tujuan kedua ini, Wartawan Timor Express melakukannya dengan cara verifikasi berita bertingkat dan memastikan berita berimbang dari berbagai sisi.
Analisis Peran Media dalam Mempengaruhi Keberlanjutan Kerjasama Joint Production Kapal Selam Changbogo dan Pesawat Tempur KF-X/ IF-X antara Indonesia dan Korea Selatan Endro Tri Susdarwono
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jdigital.v2i2.240

Abstract

The purpose of this study discusses the analysis of the role of the media in influencing the continuing joint production of Changbogo submarines and KF-X / IF-X fighter aircraft between Indonesia and South Korea. This research is a qualitative research, the type of research uses a comprehensive analytical study and analytical normative approach. In the latest media developments, there are at least two main interests behind the media, namely economic interests and power interests, which shape the contents of the media, the information presented, and the meaning it offers. The news, which is manifested in certain themes which then either intentional or not, cones into several news themes that tend to favor the sustainability of joint production of joint production of Changbogo submarines and KF-X / IF-X warplanes. The themes raised by the main media in the media coverage of the territorial sovereignty of the Indonesian sea, the triumph of the Indonesian Navy in particular about the Submarine Corps and the Air Force-Soekarno-era, the rampant theft of fish and sea sand in Indonesian territory, violations of the territorial sovereignty of the Indonesian sea and air are caused by the weakness of Indonesia's defense equipment in protecting its territory, as well as media coverage of the modernization of Indonesia's defense equipment mainly about cooperation in making Changbogo submarines and KF-X / IF-X warplanes between the Governments of Indonesia and South Korea.
Pengaruh Konten Berita dan Teknik Pengambilan Gambar terhadap Akurasi Berita Sukatno Krisbianto; Reza Rizkina Taufik; Michelle Anastasya
Jurnal Digital Media dan Relationship Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Digital Media & Relationship
Publisher : LPPM Universitas ARS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah berita-berita yang kini sudah tidak mementingkan lagi yang namanya keakurasian berita. Hal ini, dikarenakan pihak media lebih mementingkan kecepatan dibandingkan dengan keakurasian dalam tayangan berita. Keakurasian harus memenuhi beberapa unsur seperti, aktual, menghadirkan fakta yang sebenarnya, dan informasi akurat. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui pengaruh konten berita dan teknik pengambilan gambar terhadap akurasi berita di lingkungan masyarakat. Metode dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif, yakni hasil penelitian yang kemudian diolah dan diambil kesimpulan. Metode deskriptif untuk menggambarkan permasalahan dan metode verifikatif untuk mengetahui besarnya pengaruh rumusan masalah. Tentunya, terdapat pengaruh antara konten berita dan teknik pengambilan gambar pada akurasi berita, juga antara teknik pengambilan gambar pada akurasi berita. Begitu juga antara konten berita dan akurasi berita. Berdasarkan pengujian hipotesis hasil tanggapan dari responden, digambarkan baik dan berpengaruh positif secara perisai dan simultan. Bahwa kontribusi atau sumbangan pengaruh positif secara perisai ataupun simultan dari konten berita dan teknik pengambilan gambar terhadap akurasi berita lingkungan masyarakat. Mempertahankan konten berita yang baik dan teknik pengambilan gambar yang sesuai bisa menambah nilai (value added) program berita tersebut, dan tentunya akan meningkatkan akurasi berita. Akurasi ini diperlukan verifikasi terhadap fakta atau informasi. Seluruh informasi yang diperoleh harus diverifikasi sebelum disajikan

Page 1 of 4 | Total Record : 40