cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
madegautamajayadiningrat@uhnsugriwa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
madegautamajayadiningrat@uhnsugriwa.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Gender and Society Journal
ISSN : 26154676     EISSN : 2615692X     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/igsj.v2i2
Core Subject : Education, Social,
Indonesian Gender & Society Journal, the official journal of Sociologists for Women in Society. Articles analyze gender and gendered processes in interactions, organizations, societies, and global and transnational spaces. The journal publishes empirical articles, along with reviews of books.
Articles 20 Documents
Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Subtema Kebersamaan di Tempat Wisata Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Puryanto, Restu Aji; Ngurah Japa, I Gusti
Indonesian Gender and Society Journal Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.101 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v2i1.39583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode demonstrasi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri 1 Banjar Jawa semester II tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart melalui 2 siklus. Dalam setiap siklus memiliki 4 tahap yakni perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktivan siswa dan tes unjuk kinerja. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi  dapat meningkatkan  keterampilan berbicara siswa kelas II SD. Pada pra siklus dan siklus I sebesar 12.5% yaitu pada tahap pra siklus terdapat 16 siswa (50%) sedangkan pada siklus I terdapat 20 siswa (62,5%) yang mencapai nilai tuntas. Pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,75%. Hal tersebut dilihat dari hasil siklus I terdapat 20 siswa (62,5%) dan pada siklus II terdapat 25 siswa (76,25%) yang mencapai nilai tuntas. 
Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing Zainab, I.; Jaya, G. B.; Artini, L. P.
Indonesian Gender and Society Journal Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.405 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v1i2.39082

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Whatsapp Diary Writing untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Dalam hal ini, penulis melakukan Penelitian Tindkaan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan rekfleksi. Sebelum memberikan perlakuan, peserta didik kebingungan dalam menulis dalam Bahasa Inggris dengan pemilihan kosa kata dan penggunaan struktur kalimat yang baik. Peserta didik memiliki kesadaran yang lemah terhadap tata cara penulisan yang baik dan benar. Peserta dtidak mempuyai waktu lebih untuk melakukan latihan menulis. Oleh karena itu, penulis memilih dalam Whatsapp Diary Writing untuk memberikan kesempatan lebih menulis kepada peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua jenis instrumen penilaian, yakni tes dan observasi untuk guru dan peserta didik. Setelah memberikan perlakuan, penulis menarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis peserta didik melalui Whatsapp Diary Writing. 
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan Suryani, Amrin; Suarjana, I Made; Artini, Happy
Indonesian Gender and Society Journal Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.835 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v1i1.38986

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam remidiasi Matematika materi faktor dan kelipatan melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan cara sengkedan dan metode bernyanyi siswa kelas IVC SD N 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitiam adalah siswa kelas IVC semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SD N 3 Banjar Jawa sebanyak 32 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan setiap akhir siklus. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes tertulis bentu pilihan ganda, isian, dan uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian hasil belajar siswa, pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 43,75% dan pada siklus 2 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 71,875%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28,125 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar kelas IVC SD N 3 Banjar Jawa dalam remidiasi Matematika materi faktor dan kelipatan tahun pelajaran 2018/2019. 
Penerapan Lesson Study pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 2 Herlindawati, Endang; Kusmariyatni, Nyoman; Wiryawati, KT.
Indonesian Gender and Society Journal Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.444 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v2i2.40415

Abstract

Praktik pembelajaran konvensional cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Lesson Study merupakan alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson Study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson Study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa Semester II Tahun Ajaran 2018/ 2019 ke arah yang lebih efektif.Fokus yang paling utama dari Lesson Study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.
Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanation S., Sing; N., Kartini; I. N. P. H., Saputra
Indonesian Gender and Society Journal Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.017 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v2i1.39584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks Eksplanation siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan prosedur Kemmis dan Taggart yaitu; planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan test. Data yang diperoleh selama proses penelitin ini kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada bagian observasi terdapat 3 aspek yang di amati yaitu, ranah Kongnitif, ranah Afektif dan ranah Psikomotor. Hasil observasi ranah kongnitif setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu pre observasi 43,52%, siklus I 74,07%, siklus II 93,52% dan mengalami peningkatan sebesar  50%. Ranah affektif juga mengalami peningkatan yaitu pada observasi awal 42,36%, siklus I 75,69%, siklus II 90,97%, peningkatan ranah ini adalah 48,61%. Peningkatan pada ranah Psikomotor yaitu 39,42% pada observasi awal, siklus I sebesar 74,07%, siklus II sebesar 90,74%, peningkatan pada ranah ini sebesar 51,32%. Test yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan hasil yang baik yaitu terjadi peningkatan hasil disetiap siklusnya. Jumlah siswa yang mencapai KKM setiap siklusnya adalah 14 siswa (38,89%) untuk pre-test, 22 siswa (72,22%) untuk Post-test I dan 31 siswa (86,11%) untuk post-test II. Nilai rata-rata siswa tiap siklusnya menunjukan peningkatan yaitu 67,52 pada pre-test, 77,82 post-test I dan 83,02 pada post-test II, data ini menunjukan peningkatan sebesar 15,50. Dari hasil yang diperoleh baik melalui observasi dan tes menunjukan bahwa penggunaan teknik mind mapping terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta diik pada teks eksplanation.
Penggunaan Strategi Group Mapping Activities (GMA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Anisah, I. N.; Piscayanti, K. S.; Yudana, I. M. M.
Indonesian Gender and Society Journal Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.954 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v1i2.39085

Abstract

Menguasai kemampuan membaca bahasa inggris menjadi hal yang tidak dapat dilakukan dengan mudah, khususnya bagi peserta didik di tingkat SMA. Hal ini jugalah yang ditemukan oleh peneliti saat melakukan pengamatan awal di salah satu kelas di SMA Negeri 3 Singaraja. Peneliti menemukan bahwa hampir seluruh peserta didik di kelas tersebut mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok, menemukan informasi rinci, dan memahami keseluruhan isi teks yang mereka baca. Dengan demikian, sangatlah penting bagi guru untuk dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi Group Mapping Activities (GMA). Lebih lanjut, melalui penelitian tindakan kelas, peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan pengimlementasian strategi GMA di dalam kelas tersebut. Selain itu, peneliti juga bermaksud untuk membuktikan bahwa strategi tersebut dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris mereka yang meliputi kemampuan menemukan informasi rinci dan memahami keseluruhan isi dari teks yang dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian strategi Group Mapping Activities di kelas tersebut benar-benar dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris mereka. Hal ini ditunjukkan dari hasil post-test 1 dan 2 mereka yang meningkat dan telah mencapai nilai KKM. Selain itu, kesimpulan ini didasarkan pada hasil pengamatan di dalam kelas dan kuisioner yang menunjukkan respon positif peserta didik terhadap strategi yang digunakan pada saat pembelajaran bahasa inggris di dalam kelas.   
Peningkatan Prestasi Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang Herlindawati, Endang; Kusmariyatni, Ny.; Wiryawati, Kt.
Indonesian Gender and Society Journal Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.481 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v1i1.38987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan media Teka-Teki Silang (TTS) dalam pembelajaran IPA tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC semester II sebanyak 32 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan setiap akhir siklus. Pengumpulan data menggunakan tes obyektif bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian prestasi belajar siswa, pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 37%, pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 75%, dan pada siklus III ketuntasan klasikal prestasi belajar siswa sebesar 98,9%. Ketuntasan klasikal prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 38% dan 23,9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournaments berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan prestasi belajar IPA tema Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun ajaran 2018/2019.
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung Tarigan, Helvita Sari
Indonesian Gender and Society Journal Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.824 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v2i2.39708

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach) yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja melalui penerapan model problem based learning (PBL) dengan teknik pengamatan objek langsung. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja, sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis teka berita. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis berita adalah sebesar 9,7, yaitu dari rata-rata 68,6 menjadi 78,3. Jadi, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena secara keseluruhan siswa tuntas. Siswa juga memberikan respons yang sangat positif dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung yakni dengan skor 55,2.
Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text Prakoso, Ananda Rival; Seriardana, Putu; Adnyani, Luh Diah Surya
Indonesian Gender and Society Journal Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.402 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v2i1.39206

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan produktif dalam belajar bahasa Inggris. Ada berbagai macam pendekatan untuk meningkatkan keterampilan menulis. Salah satunya adalah dengan pendekatan Genre Based Approach. Menulis adalah salah satu keterampilan yang susah dikuasai peserta didik, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah keterampilan menulis dengan mengimplementasikan pendekatan Genre based approach dalam menulis teks explanation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. PTK akan berjalan dalam dua siklus. Fokus dalam penelitian ini akan dibatasi pada hasil unjuk kerja menulis peserta didik yang akan dinilai menggunakan rubrik menulis. 19 orang peserta didik kelas 11 IIS 1 di SMA Laboratorium Undiksha dipilih menjadi subjek penelitian. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengambil data nilai hasil unjuk kerja menulis peserta didik. Sebagai tambahan, data yang diperoleh akan dianalisis dengan dukungan dari lembar observasi.. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa masalah peserta didik dalam kurangnya keterampilan menulis dapat teratasi dengan digunakannya pendekata Genre based approach. Ini ditunjukkan dengan adanya lebih dari 75% peserta didik memiliki nilai diatas KKM dan memiliki peningkatan nilai keterampilan menulis pada post-test.  
Penggunaan Flash Card dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik Wati, I. K.; Oka, I.G
Indonesian Gender and Society Journal Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.97 KB) | DOI: 10.23887/igsj.v1i2.39081

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris penting karena kemampuan ini memberikan pengaruh secara akademis. Kemampuan bahasa Inggris dapat dilihat dari kekayaan kosakata yang dimiliki seseorang. Salah satu upaya kreatif dalam pembelajaran agar menarik yaitu menggunakan media flash cards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media flash cards dalam meningkatkan kosakata peserta didik pada tingkat SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI. Hipotesis penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kosakata peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media flash card. Hasil pada siklus pertama terjadi peningkatan penguasaan kosakat pada peserta didik yang semula 38,23% menjadi 58,82% dan pada siklus kedua terjadi peningkatan prosentase dari 58,82% menjadi 82,35%. Hal tersebut menunjukkan bahwa flash cards dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. 

Page 1 of 2 | Total Record : 20