cover
Contact Name
Bambang Hengky Rainanto
Contact Email
redaksi.jipkes@gmail.com
Phone
+6285777231129
Journal Mail Official
redaksi.jipkes@gmail.com
Editorial Address
LPPM IBI Kesatuan Jalan Ranggagading No. 1 Bogor 16123 Telp. 0251 8337733
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan
ISSN : 27457524     EISSN : 27457524     DOI : https://doi.org/10.37641/jipkes
Core Subject :
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Pariwisata dan Hospitality. Dikelola oleh Program Studi Pariwisata dan LPPM IBI Kesatuan. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang Pariwisata dan Hospitality dalam arti luas.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021" : 12 Documents clear
Penggunaan Media Periklanan Pada The Jungle Waterpark Irma Damayanti Ulfah; Mumuh Mulyana; Asti Pratiwi
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.509

Abstract

Penelitian ini dilakukan The Jungle Waterpark. The Jungle Waterpark merupakan The jungle Waterpark Bogor merupakan wahana air yang berada dikawasan perumahan Bogor Nirwana Residance yang dikelola oleh manajemen PT. Graha Andasentra Propertindo Tbk. yang merupakan salah satu unit usaha Pt. Bakrieland Development Tbk. Berada dilokasi pegunungan dengan latar belakang Gunung Salak, Pemandangan Indah dan sejuk serta dibangun dengan konsep 60% area hijau. The Jungle Waterpark merupakan wahana air yang mengusung konsep tema belajar dan bermain yang berbasis panorama alam Indonesia Tujuan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui 1). Media apa saja yang digunakan The Jungle Waterpark dalam mengiklankan produk dan jasanya 2). Hambatan dalam penggunan media iklan pada The Jungle Waterpark 3). Cara mengatasi hambatan dalam penggunaan media iklan pada The Jungle Waterpark. Hasil pembahasan menunjukan bahwa Media yang di gunakan The Jungle Waterpark yang menggunakan 10 komponen media iklan yaitu radio, instagram/youtube/facebook/twitter, flyer, surat kabar, direct mail, billboard, umbul-umbul, LED, spanduk dan banner dan untuk hambatan lebih kepada budget, kreatifitas, teknologi dan gangguan dan untuk mengatasinya The Jungle Waterpark memilih media iklan yang tdak mengeluarkan budget besar, bekerjasama dengan pihak-pihak, pembatasan media, mencari ide kreatif dan menargetkan media untuk daerah yang minim dengan sinyal Kata Kunci : iklan, penggunaan media iklan, The Jungle Waterpark
Pengaruh Service Excellence, Servicescape Dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Cimory Riverside Adiyoga Pradana Sakti; Sulistiono Sulistiono; Danti Astrini; Lauditta Stephanie
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.582

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Service Excellence, Servicescape dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pelanggan pada pelayanan Restoran Cimory Riverside. Penelitian ini menggunakan variabel independen (Service Excellence, Servicescape dan Handling Complaint) dan variabel dependen (Kepuasan Pelanggan). Total responden dalam penelitian ini adalah 100 Responden diambil dari pengunjung Restoran Cimory Riverside sebagai pengunjung restoran Cimory Riverside menggunakan Non-probability Sampling dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik dalam pengambilan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengambilan sampel berdasarkan rumus Roscoe. Data dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Dari hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Service Excellence dengan Kepuasan Pelanggan. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Servicescape dengan Kepuasan Pelanggan. (3) terdapat hubungan positif dan namun tidak signifikan antara Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. Dan secara simultan, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Service Excellence dan Servicescape dengan Kepuasan Pelanggan. (5) terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara Service Excellence dan Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Servicescape dan Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. (7) Service Excellence, Servicescape, Handling Complaint secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kata Kunci: Service Excellence, Servicescape, Handling Complaint dan Kepuasan Pelanggan
Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Maskapai Penerbangan Annisa Budiansari; Sujana Sujana
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.583

Abstract

This study aims to determine : The effect of perception of service quality on customer satisfaction, The effect of customer value perception on customer satisfaction, and And the impact of customer satisfaction on customer loyalty. This study uses the independent variable (service quality perception, customer value perception), and the dependent variable (customer satisfaction and customer loyalty). The sample method used in this study is the roscoe method and the Analysis Tool used in this study is AMOS version 23. With the number of 200 respondents selected are people who have used Batik Air Indonesia's flight services in the city of Bogor. Based on the research, it can be concluded that there are three hypotheses that have positive and significant influence, namely: The first hypothesis is the perception of service quality and customer satisfaction has an influence and significant with the results of the t-test of 4.039 greater than t-table. The second hypothesis is the perception of customer value on customer satisfaction has an influence with a negative t-test that is equal to -1.529 smaller than t-table. The third hypothesis is customer satisfaction Customer loyalty has a positive and significant impact with the t-test result of 4.039 greater than t-table. Keywords: Perception, influence, impact, Service Quality, Customer Value, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Batik Air Indonesia.
Pengaruh Bukti Fisik, Reliabilitas, Assurance, Daya Tanggap Dan Empati Terhadap Loyalitas Pelanggan Emeralda Golf Melani Melani; Sujana Sujana; Gen Gen Gendalasari
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.584

Abstract

nies. The many competitors in similar companies make each golf club compete to provide services and facilities that support the satisfaction of the golfer and encourage each golfer to be loyal to the products or services offered from each golf course. The purpose of this study is (1) To find the influence of Physical Evidence of the Customer Loyalty (2) To find out the influence of Reliability of the Customer Loyalty, (3) To find the influence of Assurance of the Customer Loyalty. (4) To find out the magnitude of the effect of Responsiveness of the Customer Loyalty. (5) To find out the influence of Empathy of the Customer Loyalty. (6) To find out the influence of Physical Evidence, Reliability, Assurance, Responsiveness and Empathy together of the Customer Loyalty. Keywords: Tangibles, Reliability, Assurance, Responsiveness, Empathy and Customer Loyalty.
Pengaruh Bukti Fisik, Suasana Ruangan, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Warunk Upnormal Bogor Christian Andi Wijaya; Anton Widio Pratomo
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.585

Abstract

The purpose of this research is to find out how much influence of physical evidence, room atmosphere, and price on customer loyalty. Data type of research is quantitative explanation research instruments using questionnaires. Sampel for this research is 100 respondents who were Bogor resident visited and make purchase in Warunk Upnormal Bogor. Analitycal tool used regression analysis and testing hipotesis in this research using formula t count with result physical evidence (5,343>1,66), room atmosphere (-0,610<1,66), price (5,517>1,66) and f count with result (31,909>2,70) with SPSS program version 23 for macintosh. Based on the result of the research noted that physical evidence and price have positive effect and significant on customer loyalty while room atmosphere have no effect on customer loyalty and all three independent variable can determine changes in value from dependent variable as big as 49,9%. While partially, physical evidence variable have positive effect and significant on customer loyalty, room atmosphere variable have no effect on customer loyalty, and price variable have positive effect and significant on customer loyalty. This shows that there is a direct influence between independent variable and dependent variable simultaneously while partially, physical evidence and price have direct influence on customer loyalty while room atmosphere have no direct influence on customer loyalty. Keyword: Physical Evidence, Room Atmosphere, Price, Customer Loyalty
Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia Widhia Andrian; Adil Fadillah
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor Citra Merek, Pengalaman Merek dan Nilai Pelanggan dapat mempengaruhi Kepuasan Pelanggan AirAsia. Penelitian ini menggunakan variabel independen (Citra Merek, Pengalaman Merek, dan Nilai Pelanggan) dan variabel dependen (Kepuasan Pelanggan). Penelitian ini dilakukan di Kota Bogor dengan metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membagikan kuesioner pada 100 responden yaitu yang berstatus yang pernah menggunakan jasa maskapai penerbangan AirAsia dan pengisian kuesioner dilakukan dengan cara didampingi oleh peneliti. Faktor-faktor tersebut adalah Citra Merek t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2,111>1,66), yang berarti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Pengalaman Merek t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2,661>1,66), yang berartiberpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan variabel Nilai Pelanggan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu variabel Nilai Pelanggan dengan perolehan t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (3,654>1,66). Kata Kunci : Citra Merek, Pengalaman Merek, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.
Penggunaan Media Periklanan Pada The Jungle Waterpark Irma Damayanti Ulfah; Mumuh Mulyana; Asti Pratiwi
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.509

Abstract

Penelitian ini dilakukan The Jungle Waterpark. The Jungle Waterpark merupakan The jungle Waterpark Bogor merupakan wahana air yang berada dikawasan perumahan Bogor Nirwana Residance yang dikelola oleh manajemen PT. Graha Andasentra Propertindo Tbk. yang merupakan salah satu unit usaha Pt. Bakrieland Development Tbk. Berada dilokasi pegunungan dengan latar belakang Gunung Salak, Pemandangan Indah dan sejuk serta dibangun dengan konsep 60% area hijau. The Jungle Waterpark merupakan wahana air yang mengusung konsep tema belajar dan bermain yang berbasis panorama alam Indonesia Tujuan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui 1). Media apa saja yang digunakan The Jungle Waterpark dalam mengiklankan produk dan jasanya 2). Hambatan dalam penggunan media iklan pada The Jungle Waterpark 3). Cara mengatasi hambatan dalam penggunaan media iklan pada The Jungle Waterpark. Hasil pembahasan menunjukan bahwa Media yang di gunakan The Jungle Waterpark yang menggunakan 10 komponen media iklan yaitu radio, instagram/youtube/facebook/twitter, flyer, surat kabar, direct mail, billboard, umbul-umbul, LED, spanduk dan banner dan untuk hambatan lebih kepada budget, kreatifitas, teknologi dan gangguan dan untuk mengatasinya The Jungle Waterpark memilih media iklan yang tdak mengeluarkan budget besar, bekerjasama dengan pihak-pihak, pembatasan media, mencari ide kreatif dan menargetkan media untuk daerah yang minim dengan sinyal Kata Kunci : iklan, penggunaan media iklan, The Jungle Waterpark
Pengaruh Service Excellence, Servicescape Dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Cimory Riverside Adiyoga Pradana Sakti; Sulistiono Sulistiono; Danti Astrini; Lauditta Stephanie
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.582

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Service Excellence, Servicescape dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pelanggan pada pelayanan Restoran Cimory Riverside. Penelitian ini menggunakan variabel independen (Service Excellence, Servicescape dan Handling Complaint) dan variabel dependen (Kepuasan Pelanggan). Total responden dalam penelitian ini adalah 100 Responden diambil dari pengunjung Restoran Cimory Riverside sebagai pengunjung restoran Cimory Riverside menggunakan Non-probability Sampling dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik dalam pengambilan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengambilan sampel berdasarkan rumus Roscoe. Data dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Dari hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Service Excellence dengan Kepuasan Pelanggan. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Servicescape dengan Kepuasan Pelanggan. (3) terdapat hubungan positif dan namun tidak signifikan antara Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. Dan secara simultan, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Service Excellence dan Servicescape dengan Kepuasan Pelanggan. (5) terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara Service Excellence dan Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Servicescape dan Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. (7) Service Excellence, Servicescape, Handling Complaint secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kata Kunci: Service Excellence, Servicescape, Handling Complaint dan Kepuasan Pelanggan
Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Maskapai Penerbangan Annisa Budiansari; Sujana Sujana
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.583

Abstract

This study aims to determine : The effect of perception of service quality on customer satisfaction, The effect of customer value perception on customer satisfaction, and And the impact of customer satisfaction on customer loyalty. This study uses the independent variable (service quality perception, customer value perception), and the dependent variable (customer satisfaction and customer loyalty). The sample method used in this study is the roscoe method and the Analysis Tool used in this study is AMOS version 23. With the number of 200 respondents selected are people who have used Batik Air Indonesia's flight services in the city of Bogor. Based on the research, it can be concluded that there are three hypotheses that have positive and significant influence, namely: The first hypothesis is the perception of service quality and customer satisfaction has an influence and significant with the results of the t-test of 4.039 greater than t-table. The second hypothesis is the perception of customer value on customer satisfaction has an influence with a negative t-test that is equal to -1.529 smaller than t-table. The third hypothesis is customer satisfaction Customer loyalty has a positive and significant impact with the t-test result of 4.039 greater than t-table. Keywords: Perception, influence, impact, Service Quality, Customer Value, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Batik Air Indonesia.
Pengaruh Bukti Fisik, Reliabilitas, Assurance, Daya Tanggap Dan Empati Terhadap Loyalitas Pelanggan Emeralda Golf Melani Melani; Sujana Sujana; Gen Gen Gendalasari
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.584

Abstract

nies. The many competitors in similar companies make each golf club compete to provide services and facilities that support the satisfaction of the golfer and encourage each golfer to be loyal to the products or services offered from each golf course. The purpose of this study is (1) To find the influence of Physical Evidence of the Customer Loyalty (2) To find out the influence of Reliability of the Customer Loyalty, (3) To find the influence of Assurance of the Customer Loyalty. (4) To find out the magnitude of the effect of Responsiveness of the Customer Loyalty. (5) To find out the influence of Empathy of the Customer Loyalty. (6) To find out the influence of Physical Evidence, Reliability, Assurance, Responsiveness and Empathy together of the Customer Loyalty. Keywords: Tangibles, Reliability, Assurance, Responsiveness, Empathy and Customer Loyalty.

Page 1 of 2 | Total Record : 12