cover
Contact Name
Regan Vaughan
Contact Email
pharmindo19@gmail.com
Phone
+6281221604555
Journal Mail Official
decisionjournal.ap@unpas.ac.id
Editorial Address
Jl.Lengkong Besar No.68 FISIP Universitas Pasundan
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Decision: Jurnal Administrasi Publik
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 2655884X     EISSN : 26564939     DOI : http://dx.doi.org/10.23969/decision
Jurnal ini menghimpun artikel ilmiah hasil penelitian maupun kajian dalam ilmu admministrasi publik yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September dengan jumlah 5 artikel.
Articles 54 Documents
STRATEGI PENERAPAN E-GOVERNMENT PADA UPT TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI RIAU Marlinda, Pebriana
Decision Vol 1 No 01 (2019): DECISION: Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.941 KB) | DOI: 10.23969/decision.v1i01.1400

Abstract

Penerapan e-government pada UPT Teknologi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Riau sudah terlaksana sejak lama, namun dalam penerapannya belum berjalan dengan baik. Kenyataan yang terjadi yaitu pemahaman dalam pemanfaatan e-government yang hanya sebatas penyediaan web site. Pada saat sekarang ini web site tersebut dalam keadan tidak beroperasi dikarenakan adanya kerusakan pada perangkat IT atau infrastruktur yang ada. Pihak UPT Teknologi dan Komunikasi Dinas Pendidikan Provinsi Riau tidak melakukan kerjasama untuk memelihara perangkat IT. Pelatihan yang dilaksanakan oleh pihak UPT Teknologi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Riau belum merata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan e-government yang dilakukan UPT Teknologi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Riau belum berjalan sebagaimana yang diharapkan, dikarenakan kurangnya sosialisasi dan pelatihan – pelatihan mengenai teknologi informasi dan komunikasi dibidang pendidikan.
STUDI TENTANG TINGKAT PEMAHAMAN DAN KESADARAN PEDAGANG TERHADAP KETENTUAN TERTIB NIAGA: METROLOGI LEGAL, PERLINDUNGAN KONSUMEN, DAN LABEL IKLAN PANGAN STUDI KASUS PEDAGANG PASAR TRADISIONAL: BALUBUR TOWNSQUARE (BALTOS) KOTA BANDUNG Yasri, Budi
Decision Vol 2 No 2 (2020): DECISION : Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.863 KB) | DOI: 10.23969/decision.v2i2.3143

Abstract

Trade is an important thing in social life. Therefore, regulations are made to support the safety and comfort aspects of both the seller and the buyer. These regulations include the UUML (Legal Metrology Law), the UUPK (Consumer Protection Act), and PP LIP (Government Regulations for Food Advertising Labels). To find out how successful these regulations can be assessed from the public's knowledge of the regulations that have been enacted. How much knowledge of the rules can be obtained from interviews conducted in the community. With interviews, it can be seen how successful the regulations were made both in quantity and quality. From the interviews, it was obtained that 50% of the public already knew and implemented the regulation.
PENGUATAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN KELEMBAGAAN DI KABUPATEN BANDUNG BARAT Gantika, Soma
Decision Vol 2 No 1 (2020): DECISION : Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.459 KB) | DOI: 10.23969/decision.v2i1.2379

Abstract

Masalah dalam penelitian ini, yaitu penguatanimplementasi kebijakandalam penataan kelembagaan di Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat belum efektif.Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus dan memusatkan penelitian pada suatu unit tertentu sehingga memungkinkan dan peneliti menjadi instrumen penelitian. Penelitian bersifat mendalam terutama dalam pengumpulan databersifat mendalam dengan mengobservasi, pengumpulan data, menarik makna, pendalaman, pengembangan apresiasi dan motivasi apa yang dilakukan orang, unit-unit atau organisasi secara empirikuntuk mengeksplorasi melalui interaksi perilaku objek yang diteliti, Hasil Penelitian, bahwapenguatan Implementasi kebijakan dalam penataan kelembagaan di Kabupaten Bandung Baratharus diimbangi dengansarana prasarana berbasis teknologi, untuk keefektifan penataan kelambagaan sertamemperkuatdukungan lingkungan setempat (budaya lokal) melalui gagasan-gagasan setempat (localgovernance). Terdapat faktor-faktor yang menentukan dalam penguatan penataan kelembagaan, yaitu pada faktor standar dan tujuan kebijakan,yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Organisasi Perangkat Daerah belum sepenuhnya terlaksana.Namun,belum sepenuhnya dijadikan dasaruntuk rujukan yang ideal dalam penataan kelembagaan. Pada karakteristik organisasi/instansi pelaksana dan disposisi/sikap pelaksana belum sepenuhnya efektif bahkan sikap tegas dalam penataan kelembagaan, seperti padapenempatan pimpinan, pegawai masih subjektif. Struktur birokrasi belum sepenuhnya diisi oleh aparaturyang sesuai dengan kompetensi, kepangkatan dan golongan. Pada Sumber daya, Komunikasi dan kondisi lingkungan ekonomi sosial dan politik belum memberikan kontribusi yang berarti terhadap keberhasilan penataan kelembagaan. Penguatan Implementasi kebijakan dalam penataan kelembagaan di Kabupaten Bandung Baratbersifatnya bottom up, tentunyaharus di perkuat olehdorongan dan dukungan faktor teknologi dan oleh nilai-nilai kearifanbudaya lokal denganmaksud dan tujuan untuk membentuk mewujudkan institusi birokrasi pemerintah lokal yang kuat dan mampu mensejahterakan masyarakatnya. Kata kunci: Kebijakan, Kelembagaan, Implementasi
STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA MENUJU KELUARGA SEJAHTERA DI KABUPATEN CIREBON Muliawaty, Lia; ., Maharto
Decision Vol 1 No 2 (2019): DECISION: Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (930.898 KB) | DOI: 10.23969/decision.v1i2.1878

Abstract

Sejak bergulirnya program keluarga berencana di Indonesia, sudah banyak membuahkan hasil dan pengaruh yang signifikan terhadap pengendalian dan pertumbuhan penduduk. Indikasi yang terlihat dalam implementasi kebijakan tentang program kampung keluarga berencana belum efektif diantaranya sarana lingkungan yang kumuh, pencapaian kontrasepsi jangka panjang masih rendah, kegiatan bina keluarga yang belum maksimal, kurangnya evaluasi dan pelaporan serta kurang maksimalnya koordinasi dari instansi terkait, keterbatasan jumlah pengelola/penyuluh, partisipasi masyarakat masih rendah serta keterbatasan sarana pendukung, kurangnya pembinaan terhadap institusi masyarakat, kurangnya sosialisasi keluarga sejahtera, dan respon dari pengelola program belum maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yang berarti bahwa penelitian untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang dialami dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Jenis pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah studi kasus. Implementasi kebijakan tentang program kampung keluarga berencana menuju keluarga sejahtera di Kabupaten Cirebon belum terwujud, disebabkan oleh faktor content of policy (isi kebijakan) dan context of implementation (konteks implementasi) yang belum maksimal. Strategi yang efektif untuk dapat mengoptimalkan implementasi kebijakan tentang program kampung keluarga berencana menuju terwujudnya keluarga sejahtera di Kabupaten Cirebon adalah cenderung ke strategi deversifikasi atau strategi ST, dimana dalam strategi ini menggunakan atau memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi ancaman yang dihadapi, dengan inovasi menambah program lain supaya tidak jenuh.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN EVALUASI KINERJA TERHADAP PRESTASI KERJA DI UPTD PUSKESMAS CIANJUR KABUPATEN CIANJUR Sumiati, Imas
Decision Vol 3 No 1 (2021): DECISION : Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.509 KB) | DOI: 10.23969/decision.v3i2.4484

Abstract

Abstarct Based on the results of research and observations conducted by researchers at the Cianjur Community Health Center, Cianjur Regency, the main problem in this study is low work performance. It is suspected that it is due to the low performance evaluation and leadership style given by the Puskesmas. Allegedly due to the still low performance evaluation given by the Puskesmas. This research was conducted using a quantitative quasi method. Research methods to examine certain theories that already exist by examining the relationships between variables. The variables in this quantitative study were measured using a research instrument which then the research data were in accordance with statistical procedures. This study uses theories about leadership styles, performance evaluation, work performance and theories related to research. Constraints faced in performance evaluation with work performance in Cianjur Health Center in Cianjur Regency are the timeliness in providing services at the Cianjur Health Center in Cianjur, lack of readiness of employees in helping people who are confused and do not understand the flow of the existing system. Efforts to overcome it, namely the Cianjur Public Health Center, Cianjur Regency needs to have a performance evaluation every week, month, and year, especially in the field of health services so that employees help people who are confused and do not understand the flow of the existing system. Keywords: Performance Evaluation, Job Performance, Service Officers
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PRESENSI TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH KOTA BANDUNG Sumiati, Imas
Decision Vol 1 No 01 (2019): DECISION: Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.709 KB) | DOI: 10.23969/decision.v1i01.1432

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Bandung diperoleh masalah disiplin kerja yang belum maksimal, hal ini terlihat dari indikator : tujuan dan kemampuan yang jelas, teladan pimpinan, balas jasa, keadilan, pengawasan melekat, sanksi hukuman, ketegasan dan hubungan kemanusiaan. .Hal ini disebabkan oleh sistem informasi administrasi presensi yang belum optimal, hal ini terlihat dari indikator: blok input, blok model, blok keluaran, blok teknologi dan basis data.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan, studi lapangan (observasi partisipan dan non partisipan, wawancara mendalam kepada Kepala Dinas, angket yang disebarkan kepada 14 responden yaitu Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dinas), desain penelitian, data dan sumber data, key informan dan informan, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara kuantitatif diperoleh hasil sebesar 52,8% pengaruh sistem informasi administrasi presensi terhadap disiplin kerja di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Bandung mempunyai pengaruh yang moderat/sedang.
IMPLEMENTASI PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI KOTA SUKABUMI Azzahra, Siti Aminah
Decision Vol 2 No 2 (2020): DECISION : Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.975 KB) | DOI: 10.23969/decision.v2i2.3155

Abstract

Penelitian ini berjudul implementasi program kota tanpah kumuh (Kotaku) dengan studi kasus di Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Kotaku di Kecamatan Citamiang dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikannya dengan menggunakan enam dimensi yang ada dalam teori Van Metter dan Van Horn. Penelitian dilaksanakan di Dinas Pekerjaan Umum,Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPUPRPKP2). Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Subjek yang dijadikan informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program kota tanpa kumuh (Kotaku) di Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi belum terlaksana dengan baik. Masih kurangnnya sumber daya alam seperti fasilitas tanah. Selain itu masih terjadinya miskomunikasiyang diakibatkan dari kurangnya sosialisasi mengenai program Kotaku dan juga masih kuarangnya pemahaman dari BKM mengenai pembuatan proposal dan RAB untuk program Kotaku. Saran penelitian bagi pihak Kepala Bidang Perumahan dan Pemukimana juga kepada pihak Fasilitator Kecamatan Citamiang yaitu harus meningkatkan kembali sosialisasi terkait program Kotaku dan meningkatkan kembali kelompok belajar proposal dan RAB dengan melaksanakan simulasi langsung. Kata Kunci : Implementasi Program, Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA APARATUR DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN CIAMIS Palls, Aswin
Decision Vol 2 No 1 (2020): DECISION : Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1052.835 KB) | DOI: 10.23969/decision.v2i1.2377

Abstract

Organizational culture provides identity for members of the organization and evokes commitment to beliefs and values ​​that are greater than itself. Organizational culture needs to have values, norms, guidelines that must be implemented. These values ​​and beliefs will be realized through the employee's daily behavior at work. Problems related to the influence of organizational culture on performance in the Human Resources and Human Resources Development Agency of Ciamis Regency, which is seen from the timeliness indicator where the apparatus paid little attention to the timeliness of work and efficient work in the report of the Employee Work Unit. This is because the organizational culture has not been fully implemented based on the prime characteristics of organizational culture including stability. The research method used is the Explanatory Survey research method using quantitative analysis, while the questionnaire technique using Accidental Sampling technique is distributed to 30 respondents. The results show that organizational culture has a close influence on performance in the Ciamis Regency Human Resources Development and Human Resources Development Agency, this influence is positive, meaning that the organizational culture in the Human Resources and Human Resources Development Agency of Ciamis Regency if applied in accordance with the characteristics organizational culture well, the performance of the Apparatus at the Human Resources and Human Resources Development Agency of Ciamis Regency will increase. The constraints faced by the Ciamis Regency Human Resources and Human Resources Development Agency are as follows: The unclear information conveyed by each of the leaders of the organization's sub-section to the apartment, the lack of firmness from the head of the agency and the section head to the apparatus to be on time to complete the work and lacks good cooperation between employees because they are more concerned with individual work completion. The efforts made to overcome the obstacles are as follows: The organization needs to provide information to the apparatus clearly, so that the information can be received and implemented by the entire apparatus so that there will be no misunderstanding or interpretation, the head of the body and the section head need to be more assertive Again in dealing with the apparatus by giving stricter regulations again also giving a good reflection on the apparatus, the head of the agency or the head of the field needs to pay more attention to the apparatus in completing each job so that it can be seen whether the apparatus is careful in completing the work or not. Key Words: Organizational Culture, Apparatus Performance
PERAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM TATA KELOLA ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN DI KOTA SUKABUMI Gunawan, Asri Rahmawati; Rachmawati, Ike; Meigawati, Dine
Decision Vol 1 No 2 (2019): DECISION: Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.291 KB) | DOI: 10.23969/decision.v1i2.1748

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Peran Dinas Perhubungan dalam Tata Kelola Angkutan Umum Perkotaan di Kota Sukabumi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dalam menata dan mengelola angkutan umum perkotaan. Fenomena yang peneliti temukan di lapangan adalah tarif yang tidak sesuai dengan peraturan Pemerintah, rendahnya minat uji KIR, jadwal pelayanan dan jalur trayek angkutan umum perkotaan yang belum merata. Peneliti menggunakan teori peran menurut Heroepoetri. Dimensi yang digunakan adalah peran sebagai suatu kebijakan, peran sebagai strategi, peran sebagai alat komunikasi dan peran sebagai alat penyelesaian sengketa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan informan berjumlah tujuh orang. Data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran Dinas Perhubungan belum berjalan secara maksimal karena belum bertindak tegas kepada pemilik angkutan umum perkotaan yang menetapkan tarif tidak sesuai peraturan, yang tidak melakukan uji KIR dan belum ada tindakan yang tegas terhadap supir ojeg pangkalan yang menghalangi adanya pemerataan akses transportasi. Agar pelayanan transportasi ini dapat berjalan secara maksimal, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi perlu meningkatkan lagi pelaksanaan pengawasan, pengendalian, perencanaan dan pengaturan manajemen lalu lintas.
Strategi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil kota Bandung Dalam Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 aja, Ahtuduriat
Decision Vol 3 No 1 (2021): DECISION : Jurnal Administrasi Publik
Publisher : Prodi Administrasi Publik FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.473 KB) | DOI: 10.23969/decision.v3i1.4485

Abstract

Abstract Service strategy is how someone responds to a situation within the organization by providing solutions or finding a way to get out of the situation. The service strategy carried out by the Department of Population and Civil Registration of the City of Bandung is a form of innovation so that the services provided are more effective and efficient.Coupled with the lack of facilities at the Office of Population and Civil Registration of the City of Bandung, administrative service outlets are provided outside the official offices, this action is one of the innovations and service strategies that have been carried out by the Bandung City Office of Population and Civil Registration.Until now, the service strategy is one of the efforts made by the Bandung City Population and Civil Registration Office to improve the quality of good service so that services become more effective and efficient. Keywords: Service Strategy, Innovation