cover
Contact Name
Hendi Sama
Contact Email
hendi@uib.ac.id
Phone
+62811698280
Journal Mail Official
hendisama@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajah Mada, Baloi Permai, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29442
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Journal of Information System and Technology (JOINT)
ISSN : -     EISSN : 27750272     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal JOINT adalah jurnal sains di bidang sistem informasi yang mencakup literatur sains untuk penelitian kuantitatif dan penelitian terapan di bidang pengelolaan sistem informasi dan teknologi. Jurnal JOINT diterbitkan oleh Program Sarjana Sistem Informasi Universitas Internasional Batam. Editor mengundang peneliti, praktisi, dan siswa untuk menulis perkembangan ilmiah di bidang yang terkait dengan sistem informasi. Jurnal JOINT diterbitkan 3 (tiga) kali setahun pada bulan Maret, Juli, November dalam bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)" : 7 Documents clear
Analisa Pengaruh Kualitas Desain Website Terhadap Minat Beli Online Travel Agent Heru Wijayanto Aripradono; Muhammad Ardiansyah
Journal of Information System and Technology (JOINT) Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)
Publisher : Program Sarjana Sistem Informasi, Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/joint.v2i3.6341

Abstract

Indonesia salah satu negara dengan pengguna jaringan internet sebesar 143.26 juta pengguna dan mendapatkan peringkat ke 5 terbesar di dunia. Pengguna internet mempengaruhi perubahan perilaku belanja konsumen di Indonesia, dari toko offline menjadi toko online. E-commerce menempati urutan kedua di Indonesia dalam kategori travel dan menghasilkan $2.417 di tahun 2018. Tiket.com sebagai salah satu online travel agent merupakan e-commerce berbasis business to customer (B2C). Tiket.com diluncurkan pada tahun 2011, namun dalam ranking popular brand index 2017 Tiket.com menduduki urutan kedua dan memiliki tingkat minat beli pelanggan sebesar 11.8. Secara ideal, perusahaan Tiket.com dapat menjadi peringkat pertama sebab perusahaan diluncurkan pertama kali di bidang agen travel online. Penelitian ini, akan mempelajari dan menganalisis kualitas desain website Tiket.com terhadap minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dalam mendesain dan mengembangkan website Tiket.com untuk meningkatkan minat pengguna. Penelitian ini menggunakan analisis partial least squares (PLS) 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ole dipengaruhi oleh kualitas desain website, kualitas produk dan informasi yang dirasakan sebesar 66.2%. Kualitas desain website dapat dijelaskan melalui prediktornya, yaitu desain dan daya tarik visual serta inovasi sebesar 55.2%. Dari enam hipotesis yang diajukan seluruh hipotesis berpengaruh positif signifikan.
Perancangan dan Implementasi Sistem Manajemen Peminjaman Mobil Dengan Metode Scrum di Universitas Internasional Batam Fredian Simanjuntak; Ghozi Bahri
Journal of Information System and Technology (JOINT) Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)
Publisher : Program Sarjana Sistem Informasi, Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/joint.v2i3.6282

Abstract

Pada zaman yang modern ini sudah banyak perusahaan maupun industri serta lokasi-lokasi yang sudah mulai meninggalkan proses yang dilakukan secara manual. Pada zamannya cara manual sangat lah membantu karna manusia sudah terbiasa melakukan pekerjaannya seperti biasa, dengan perkembangan tekonologi dibutuhkan sebuah sistem yang bisa membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Dari mulai memasukkan data, menyimpan, mengorganisir serta berkomunikasi sesama pengguna. Maka dari itu dibuatlah sistem yang bisa membantu pekerjaan manusia dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. Sistem yang dibuat ini membantu dalam mengatur mobil dan mengatur peminjaman mobil yang biasa dilakukan dengan cara manual. Dengan menggunakan metode scrum, penulis merancang dan mengembangkan aplikasi secara rapih dan teratur. Hasil dari projek ini yaitu dapat mempermudah dan menambah keamanan data yang dikelola karena data akan disimpan kedalam database dimana data tidak akan mengalami kerusakan secara fisik dan kecil kemungkinan terjadi kehilangan data. Dengan perancangan sistem ini dapat membantu proses manajemen mobil dan peminjaman mobil.
Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android Jimmy Pratama; Wendy Wendy
Journal of Information System and Technology (JOINT) Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)
Publisher : Program Sarjana Sistem Informasi, Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/joint.v2i3.6272

Abstract

Perancangan media pembelajaran sistem anatomi tumbuhan ini mencakup materi sains tentang struktur tumbuhan yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Dengan augmented reality dalam aplikasi media pembelajaran ini dapat memberikan suatu kemudahan dalam kegiatan proses pembelajaran serta menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dimengerti bagi anak – anak. Aplikasi AR Plant ini dirancang dalam bentuk aplikasi android dengan menggunakan software Vuforia untuk membuat fitur marker, Autodesk Maya LT untuk merancang objek 3D, dan Unity 3D untuk merancang aplikasi augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari perancangan yaitu menghasilkan sebuah media pembelajaran dengan menyajikan informasi yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi pengguna.
Perancangan dan Implementasi Website Pariwisata di Desa Sembulang Dengan Metode Extreme Programming Dannis Wongso; Hendi Sama; Herman Herman
Journal of Information System and Technology (JOINT) Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)
Publisher : Program Sarjana Sistem Informasi, Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/joint.v2i3.6267

Abstract

Sistem infromasi geografis atau SIG adalah sebuah sistem geografis yang sudah banyak digunakan, terutama oleh wisatawan atau turis. Pada penelitian ini, SIG digunakan untuk memetakan desa Sembulang dengan tujuan untuk mempromosikan tempat wisata yang ada di desa Sembulang kepada wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Diharapkan dengan adanya sistem informasi geografis ini dapat menarik pengunjung ke tempat wisata desa Sembulang. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman HTML, Javascript, serta CSS dan menggunakan beberapa aplikasi bantuan seperti XAMPP dan Sublime Text Editor.
Perancangan Game Visual Novel Untuk Anak SD Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Diny Anggriani Adnas; Marilyn Fu
Journal of Information System and Technology (JOINT) Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)
Publisher : Program Sarjana Sistem Informasi, Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/joint.v2i3.6268

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi yang telah mempengaruhi proses belajar mengajar merupakan latar belakang pembuatan penelitian ini. Dibanding dengan pembelajaran yang bersifat konvensional, pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran multimedia jauh lebih mudah digunakan dan siswa juga lebih mudah mengerti pembelajaran karena lebih menarik perhatian. Media pembelajaran dirancang sebagai game sehingga siswa bisa bermain sekaligus belajar. Maka itu penulis merancang game visual novel ini dengan tujuan meningkatkan kualitas belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa inggris yang merupakan tema media pembelajaran ini. Penulis menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai panduan dalam menyelesaikan penelitian secara lancar. Media pembelajaran dibuat dengan menggunakan program aplikasi Renpy dengan aplikasi pembantu lainnya yaitu Coreldraw dan The Sims 4. Media pembelajaran ini berbasis windows dan android.
Analisa dan Perancangan Web E- Commerce Berbasis Website pada Toko Ida Shoes Muhamad Dody Firmansyah; Herman Herman
Journal of Information System and Technology (JOINT) Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)
Publisher : Program Sarjana Sistem Informasi, Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/joint.v2i3.6339

Abstract

Belanja secara online akhir-akhir ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dan ditambah lagi adanya virus yang mematikan yang membuat masyarakat menjadi takut untuk keluar rumah sehingga cara alternatif agar tidak perlu keluar rumah adalah dengan belanja online. Dengan seiring berjalannya waktu terdapat perubahan dalam berbelanja yang dimana biasanya harus pergi ke tempatnya langsung sekarang menjadi tidak usah langsung ke tempat belanja karena dengan adanya teknologi yang ada. Jadi dengan semakin banyaknya orang yang akan membeli barang secara online, maka situs e-commerce nya harus terlihat enak dan mudah digunakan. Dalam penelitian ini dilakukan untuk merancang design e-commerce berbasis website agar menjadi lebih menarik. Pembuatan penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data.
Eksperimen Pengaruh Musik Terhadap Performa Pemain Game Tony Wibowo; Calvin Calvin
Journal of Information System and Technology (JOINT) Vol 2 No 3 (2021): Journal of Information System and Technology (JOINT)
Publisher : Program Sarjana Sistem Informasi, Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37253/joint.v2i3.6270

Abstract

This research is conducted to determine how music affects the performance of game player. This research uses qualitative method using experimental method. The experiment uses three games with four interventions, each consisting of 30 respondents. Each respondent was asked to play the assigned game and intervention three times. Result shows that music is able affects gaming performance positively and negatively, as stated by other research done by other researchers. Respondent adjusting their speed according to the beat of music is also observed during this research. This research advised to choose the correct music that is compatible with the game to gain the best performance.

Page 1 of 1 | Total Record : 7