cover
Contact Name
Hanif Mauludin
Contact Email
hanif@stie-mce.ac.id
Phone
+6281259010669
Journal Mail Official
hanif@stie-mce.ac.id
Editorial Address
Jalan Terusan Candi Kalasan Blimbing Malang 65142.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM)
Published by STIE Malangkucecwara
ISSN : 08544190     EISSN : 26853965     DOI : https://doi.org/10.35606/jabm
Ruang lingkup artikel untuk dapat dipublikasikan pada jurnal ABM terdiri atas bidang Akuntansi, Bisnis, dan Manajemen.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 27 No 2 (2020): Oktober" : 6 Documents clear
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN MEDIASI LEVERAGE PADA PERUSAHAAN BUMN DALAM BEI Boyke Daniel Sabatanta; Richard F Simbolon
Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ) Vol 27 No 2 (2020): Oktober
Publisher : STIE Malangkucecwara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.828 KB) | DOI: 10.35606/jabm.v27i2.686

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh corporate governance terhadap profitabilitas menggunakan leverage sebagai variabel mediasi. Sampel sebanyak 20 perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2018 sehingga diperoleh sebanyak 40 observasi. Teknis analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa corporate governance secara signifikan berpengaruh terhadap leverage dan profitabilitas. Lebih lanjut dibuktikan bahwa leverage secara signifikan mempengaruhi profitabilitas. Leverage secara meyakinkan terbukti memediasi pengaruh corporate governance terhadap profitabilitas
LOKASI USAHA DAN FASILITAS PELAYANAN SEBAGAI DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN Suci Putri Lestari; Arga Sutrisna; Muhammad Mafazi
Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ) Vol 27 No 2 (2020): Oktober
Publisher : STIE Malangkucecwara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.235 KB) | DOI: 10.35606/jabm.v27i2.687

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh lokasi bisnis dan fasilitas terhadap keputusan konsumen hotel. Penelitian ini melibatkan 100 responden sebagai sampel yang merupakan pengguna jasa hotel. Pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa akses dan visibilitas berkontribusi signifikan sebagai indikator lokasi bisnis yang strategis. Arsitektur penempatan fasilitas, interior, kelengkapan fasilitas dan sirkulasi udara merupakan indikator penting dari variabel fasilitas pelayanan. Hasil penelitian membuktikan bahwa lokasi usaha dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
DAMPAK MEDIASI DARI LEVERAGE TERHADAP HUBUNGAN CURRENT RATIO DAN RETURN ON ASSETS Santoso F. Lubis; Francis Hutabarat
Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ) Vol 27 No 2 (2020): Oktober
Publisher : STIE Malangkucecwara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.719 KB) | DOI: 10.35606/jabm.v27i2.658

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio terhadap Return On Asset dengan mediasi Leverage pada perusahaan sektor transportasi yang tercatat pada BEI. Pada penelitian ini data yang dipakai adalah laporan keuangan 10 perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI (IDX) dengan periode 4 tahun dari 2015-2018. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Current Ratio tidak secara signifikan mempengaruhi ROA. Current Ratio tidak secara signifikan mempengaruhi variabel mediasi Leverage. Variabel Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA.
PERAN GENDER SEBAGAI PEMODERASI ETIKA PROFESI, STANDAR AUDIT DAN OPINI Francisca Amaral Agho Go’o; Aminul Amin
Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ) Vol 27 No 2 (2020): Oktober
Publisher : STIE Malangkucecwara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.468 KB) | DOI: 10.35606/jabm.v27i2.666

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh etika profesi dan standar audit terhadap opini audit serta gender sebagai pemoderasi sekaligus pembeda penerapan etika profesi.. Sampel penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang sebanyak 39 akuntan. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh antara etika profesi, standar audit dan gender terhadap opini audit. Gender memoderasi pengaruh etika profesi terhadap opini audit. Lebih lanjut ditemukan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok auditor pria dengan kelompok auditor wanita dalam hal penerapan etika profesi ketika melakukan audit. Ada indikasi bahwa auditor wanita lebih menerapkan etika profesi dalam melakukan audit.
LITERASI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM Ni Nyoman Yuliati; Agus Khazin Fauzi
Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ) Vol 27 No 2 (2020): Oktober
Publisher : STIE Malangkucecwara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.717 KB) | DOI: 10.35606/jabm.v27i2.668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif. Data yang digunakan berupa data primer dengan teknik kuesioner. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak UMKM di sektor perdagangan yang terdaftar di KPP Pratama Praya. Sampel diambil dengan menggunakan non probability sampling yaitu sampling insidental. Jumlah kuesioner yang bisa dianalisis sebanyak 40 kuesioner. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi pajak dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sedangkan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN VARIASI PERTUMBUHAN LABA ANTAR SEGMEN Wibisono Saputro; Adi Susanto; Lindrawati ‏‏‎Lindrawati
Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ) Vol 27 No 2 (2020): Oktober
Publisher : STIE Malangkucecwara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.239 KB) | DOI: 10.35606/jabm.v27i2.685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh proprietary cost, agency cost, financing incentives, dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen dengan variabel kontrol ukuran perusahaan pada perusahaan manufaktur. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website BEI. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen. Proprietary cost, agency cost dan financing incentives tidak berpengaruh terhadap pengungkapan variasi pertumbuhan laba antar segmen.

Page 1 of 1 | Total Record : 6