cover
Contact Name
WAHYU FITRINA DEFI
Contact Email
mataazir@stain-madina.ac.id
Phone
+6282384551853
Journal Mail Official
mataazir@stain-madina.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Andi Hakim Nasution, Panyabungan 22978 Kabupaten Madina Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Mandailing Natal
Location
Kab. mandailing natal,
Sumatera utara
INDONESIA
MATAAZIR (Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan)
ISSN : 27222640     EISSN : 2721821X     DOI : -
Core Subject : Education,
Maatazir adalah jurnal iliah berkala yang diterbtkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal. Jurnal ini berfokus pada studi tentang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam atau Manajemen Pendidikan secara general melalui penelitian berbasis riset dan penelitian non riset/literatur kepustakaan. Dewan editorial menyambut kontribusi dalam bentuk artikel dari ilmuwan, cendekiawan, profesional, mahasiswa pascasarjana dan peneliti dalam disiplin Manajemen Pendidikan Islam/Manajemen Pendidikan yang akan diterbitkan dua kali dalam sethun ( Juli dan Januari) dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme pemilihan naskah, studi mitra berkelanjutan, dan proses penyuntingan.
Articles 44 Documents
Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Arman Syah Putra; Fatrilia Rasyi Radita
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.44 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i1.41

Abstract

Pada saat PandemicCoronavirus Disease 2019 (Covid-19) sekarang ini semua kegiatan harus dilakukan dari rumah saja, bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah, dengan mengurangi aktivitas di luar rumah maka memutus mata rantai Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), dengan latar belakang ini lah maka penulis mengangkat penelitian tentang efektivitas belajar mengaji secara online, jadi pembelajaran tetap dilakukan meski dari rumah, mengaji adalah salah satu kegiatan yang ada di sekitar kita, banyak taman pendidikan Alquran (TPA) berada di sekitar kita, untuk memberikan pembelajaran alquran untuk masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan literature review atau tinjauan pustaka dengan membaca banyak jurnal yang terdahulu yang berisikan penelitian yang sama dengan penelitian yang sedang dilakukan. Pada saat ini semua pembelajaran dilakukan di rumah, dari play group sampai perguruan tinggi melakukan belajar dan mengajar dari rumah, oleh karena itu demi berjalan nya belajar mengaji tetap berjalan maka pembelajaran dilakukan secara online. Pada penelitian ini penulis mengangkat masalah tentang efektivitas belajar mengaji secara online, agar belajar dan mengajar tetap berjalan di masa PandemicCoronavirus Disease 2019 (Covid-19). Kata Kunci : Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), belajar, mengaji, online.
Kontribusi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Novebri Novebri
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.147 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i1.58

Abstract

This research was a case where the result of observation researcher at Elementary School in Kecamatan Enam Lingkung that shows the low level of teacher performance. Many factors that affect teacher performances among which are academic supervision and pedagogical competence. The purpose of this research are to know about: (1) contribution of academic supervision to teacher performance, (2) contribution of pedagogical competence to teachers performance, and (3) contribution of academic supervision and pedagogical competence are jointly to teachers performance. The method of this study is quantitative research with 157 teachers. Sample in this research has taken by the use stratified proportional random sampling method, total sample in this research are 78 teachers. Instrument in this research using questionnaire and test. The results of the analysis data show that (1) academic supervision contributes significantly to teachers of 44%, (2) pedagogical competence contributes significantly to teachers 12,1 %, and (3) academic supervision and pedagogical competence are jointly make a significant contribution to teachers performance of 44,2%, so the conclusion of this research are that hypothesis acceptable empirically and academic supervision and pedagogical competence variable are two factors that contribute to the teacher performance and 55,8% of the remaining influence by another factors.
Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI: Analisis Terhadap UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pembiayaan Pendidikan Islam di Madrasah Faisal Musa Nasution; Sawaluddin
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.314 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i1.62

Abstract

Sebagai pendidikan formal, madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional memiliki kedudukan yang sama dengan lembaga sekolah pada umumnya, namun realitanya di lapangan masih terdapat perbedaan, khususnya dalam hal sarana prasararan dan pembiayaan pendidikan yang masih jauh dari ideal. Hal tersebut mengakibatkan pendidikan Islam masih tertinggal jauh di belakang, untuk itu perlu manajemen yang dan tata kelola finansial pendidikan yang baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengelolalan Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI; Analisis tehadap UU Nomor 20Tahun 2003 tentang Pembiaya Pendidikan Islam di Madrasah. Iplikasi dari penelitian ini diharapkan menjadi tolak ukur dalam mengelola pendidikan Islam di Abad XXI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research, dengan sumber data UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan tentang Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI; Analisis tehadap UU Nomor 20Tahun 2003 tentang Pembiaya Pendidikan Islam di Madrasah, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa pembiayaan madrasahh adalah: pertama Dana yang bersumber dari pemerintah pusat dan daerah, kedua Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf, ketiga Dana yang bersumber dari masyarakat (orangtua siswa), keempat dana yang berasal dari bantuan-bantuan masyarakat bukan orang tua siswa termasuk diantaranya lembaga-lembaga donor dalam dan luar negeri.
Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas: Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas Lina Mayasari Siregar
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.538 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i1.63

Abstract

Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi alternatif pilihan pendidikan masa depan bila mampu merespon dan kemudian secara internal mengembangkan sistem manajemen yang profesional. Sehingga menghasilkan output lembaga pendidikan yang memiliki pemahaman pengetahuan umum dan agama yang cukup serta memiliki nilai-nilai moral yang sesuai dengan Islam. Dalam hal ini, peneliti ingin membahas mengenai peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas, dengan sub fokus mencakup: (1) tipe kepemimpinan kepala madrasah, (2) peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa menggunakan interactive analysis models meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan atas empat kriteria yaitu: (1) kepercayaan (kredibilitas). Dengan teknik perpanjangan waktu observasi, ketekunan/keajegan, triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode; (2) keteralihan (transferibilitas), (3) kebergantungan (dependebilitas), (4) kepastian (konfirmabilitas). Informan penelitian yaitu kepala madrasah, waka bagian kurikulum, dewan guru dan staf, dan siswi madrasah Aliyah Alhakimiyah Padang Lawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tipe kepemimpinan kepala madrasah adalah kepemimpinan spiritual, dalam aspek pengambilan keputusan dapat dikategorikan menjadi dua yaitu spiritual demokratis dan spiritual otoriter. (2) peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah berperan sebagai manajer, supervisor, inovator, leader, integrator, educator, dan sebagai motivator.
Membangun Konsep Dasar Manajemen Pendidikan dengan Metode Mind Mapping pada Mahasiswa Tahun I Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Mandailing Natal Wahyu Fitrina Defi
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Edisi Januari-Juni 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.01 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i1.83

Abstract

The learning transformation at this recent days and it’s move from 4.0 to 5.0 area make every education institution should always upgrade with various developments in science and technology, if it’s not able to adjust to the pace of the movement, educational institutions are prepared to be unable to achieve their goal in a certain phase later. Beside that the learning methods should always be upgraded too. Mindmapping method is a method that can create creativity and mindset of students and they will be able to build their understanding of certain concepts. This research is a qualitative research with a case study approach. Data in this research was collected by observation, interview, and documentation study. Data were analyzed through three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. Informant research are the first Islamic Educational Management Study Program students at STAIN Mandailing Natal with the three subject matter, they are organizational management at the first semester, schools management at the second semester. The findings of this research are: 1) The process of applying the mindmapping method, 2) Problem and solutions encountered in applying the mindmapping method
Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd IT Haji Ddjalaluddin Reni Septrisia; Fenny Ayu Monia Ayu Monia; Imam Hanafi
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.849 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i2.232

Abstract

Penelitian mini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah, maka jika ditinjau dari segi tempat penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fild research). peneliti langsung menggali data di lapangan, yaitu di SD IT Haji Djalaluddin disamping itu penelitian bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang prsedurnya menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Djalaluddin tahun pelajaran 2019/2020, yaitu sebagai berikut; (a). Peran Kepala sekolah sebagai pemimpin (leader) (b). Peran Kepala sekolah sebagai supervisor (c). Peran Kepala sekolah sebagai educator (d). Peran Kepala sekolah sebagai innovator (e). Peran Kepala sekolah sebagai motivator. Peran guru dalam peningkatan mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Djalaludding tahun pelajaran 2019-2020, yaitu sebagai berikut; (a). Dalam proses belajar mengajar guru telah menggunakan metode atau strategi yang bervariasi. (b). Mengikuti peningkatan kompotensi guru. (c). Mendampingi siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. (d). Memberikan bimbingan dan teladan pada siswa. (e). Memberikan motivasi kepada siswa.
Penerapan TSB menggunakan Aplikasi GC untuk meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Pelaksanaan PJJ Integratif Eustasia Christine Martati
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.349 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i2.234

Abstract

Pembelajaran jarak jauh interaktif memerlukan media pembelajaran yang menarik dalam meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam belajar. Salah satu masalah yang dihadapi adalah kurang mahirnya guru dalam penguasaan teknologi media pembelajaran. Solusi yang dapat digunakan adalah dengan mengadakan pelatihan Teknik tutor sebaya yang melibatkan pemateri yang ahli dibidang penguasaan IT media pembelajaran. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan instrument angket respon melalui google form. Adapun pengambilan data dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) mendiskusikan permasalahan dalam menggunakan media pembelajaran 2) merumuskan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan 3) melaksanakan kegiatan pelatihan yang melibatkan guru-guru, 4) menyebarkan angket untuk diisi oleh peserta, dan mengumpulkannya, 5) melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Pelatihan tutor sebaya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Google Classroom sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru tersebut. Dari hasil angket respon disimpulkan bahwa penerapan tutor sebaya dalam penggunaan Google Classroom dapat meningkatkan pemahaman dan profesionalisme guru dalam pembelajaran jarak jauh interaktif.
The Effect Of Zoom Meeting On E-Learning Based Remote Learning In Improving Student Cognitive Ability: PENGARUH ZOOM MEETING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA Dian Permanasari Widyaningrum
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.864 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i2.235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest One Group Design. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh siswa SMA N 1 Weleri yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu N-gain dan uji-t (paired sampel t test). Uji normalitas gain menunjukkan bahwa rata-rata hasil postest mengalami peningkatan sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Hasil uji paired sampel t test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan penerapan zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning mempunyai pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Keagamaan Siswa di SMA Nurul ‘Ilmi Padang Sidimpuan Irma Suryani Siregar
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.223 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i2.256

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan setelah keluarga. Orang tua sebagai pendidik dalam keluarga memiliki keterbatasan untuk mendidik anak-anak mereka, sehingga para orang tua menyerahkan anak-anak mereka ke sekolah. Sejalan dengan kepentingan dan masa depan anak-anak mereka, orang tua sangat selektif dalam menentukan sekolah untuk anak-anak mereka. Orang tua yang berasal dari keluarga yang taat beragama akan memasukkan anak-anaknya ke sekolah agama, atau mungkin orang tua yang merasa kesulitan mengendalikan tingkah laku anaknya, akan memasukkan anak mereka ke sekolah agama dengan harapan secara kelembagaan sekolah tersebut dapat memberi pengaruh dalam membentuk kepribadian anak-anak tersebut. Oleh karena itu kepala sekolah harus menampung aspirasi para orang tua dengan mengembangkan lembaga yang ia pimpin menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan keagamaan siswa sesuai dengan harapan orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Kemudian diperiksa kebenaran, kecocokan dan kehandalannya melalui kredibilitas, transferabilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran kepala sekolah dalam mengembangkan keagamaan siswa SMA Nurul ‘Ilmi adalah sebagai manajer, supervisor, leader, integrator, educator, dan sebagai motivator. (2) upaya kepala sekolah dalam mengembangkan keagamaan siswa SMA Nurul Ilmi adalah membuat program asrama (boarding school) yang berfungsi sebagai sarana penanaman nilai-nilai ilahiyah siswa, pembentukan karakter siswa dan juga melatih kemandirian. Adapun kegiatan yang dilakukan di asrama antara lain: memprogram rutinitas siswa sebagaimana rutinitas di pesantren, seperti sholat berjamaah, mengadakan kajian-kajian Islam melalui ceramah keagamaan, kajian tafsir, membentuk kelompok studi Islam, mengadakan kajian keputrian, memperingati hari-hari besar Islam, mengadakan cerdas-cermat di bidang keagamaan, menonton film-film islam,. mengadakan tafakkur ‘alam, dan lain sebagainya.
Headmaster’s Policies Pattern in the Learning Process at Covid 19 Pandemic Era (Case Study at SDN 28 Air Tawar Timur, Padang Utara Ditrict) efiana rosita
MATAAZIR: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : STAIN Madina Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.245 KB) | DOI: 10.56874/jamp.v1i2.268

Abstract

Manage a school in a pandemic covid 19 is not a simple one by a headmaster. Need an adjustments from various aspects such as geographical conditions of the outbreak of covid 19, healthy lifestyle patterns of the school society, the availability of facilities provided by school if the learning process will do and others reason that make the learning process in this recent time is not simple. The unsimplicity is further complicated when we observed at elementary school as a lowest level with various students who have lack of understanding to information technology and a learning system. The emergence challenges that exist in the learning process of the covid 19 pandemic era need a headmaster who can finding many ideas and policies being opportunity for producing the creativity of the teachers, students, and parents. This research is a qualitative research with a case study approach. Data in this research was collected by observation, interview, and documentation study. Data were analyzed through three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. Informant research are the headmaster, teachers, students, parents, and supervisor. The findings of this research are: 1) The policy pattern by headmaster at SDN 28 Air Tawar Timur based on democracy system, 2) The policy was made by headmaster for teachers, students, and parents, 3) The headmaster’s policies at SDN 28 Air Tawar Timur in the learning process and pandemic era giving impact for creativity of the teachers, students, and parents.