cover
Contact Name
Zahra Fitrah Rajagukguk
Contact Email
ZAHRAFITRAH1@gmail.com
Phone
+6281932995108
Journal Mail Official
tatsqifiy@unida.ac.id
Editorial Address
Jl. Tol Ciawi No.1 Bogor, Indonesia 16720 (FKIP - UNIVERSITAS DJUANDA)
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 2721155     EISSN : 27215121     DOI : 10.30997
Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is a peer-reviewed journal on Arabic education. This journal is published by Djuanda University Bogor. Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles. This journal encompasses original research articles including: Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Teaching Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Arabic Second Language Acquisition
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 6 Documents clear
Hubungan Penguasaan Nahwu Sharaf dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pesantren Riyadhul Huda Siti Mariyam
Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.715 KB) | DOI: 10.30997/tjpba.v2i1.2828

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan penguasaan nahwu dan sharaf di pesantren Riyadhul Huda dan kemampuan membaca kitab kuning dan untuk memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung didalam dunia pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab umumnya dan khususnya siswa kelas Alfiyah di pesantren Riyadhul Huda sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif menggunakan tes. Pengumpulan sampel dilakukan melalui teknik total sampling. Analisis data dilakukan dengan korelasioner terhadap data yang telah dikumpulkan. Data tersebut terdiri atas variabel bebas, yakni penguasaan teori nahwu dan sharaf, dan variabel terikat yakni kemampuan membaca kitab kuning siswa kelas alfiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan teori nahwu sharaf siswa berpengaruh 76,1% terhadap kemampuan membaca kitab. Diperkirakan masih ada 23,9% dipengaruhi faktor lain yang mempengaruhinya. Misalnya motivasi, metode dan model pembelajaran yang dibawakan oleh guru dalam mengajar, intensitas siswa dalam belajar dan pengaruh yang lainnya. Selain itu, data tersebut dinyatakan ada korelasi karena diketahui bahwa nilai p = 0,000 < 0,05
Pengaruh Penggunaan Thariqah Mubasyarah Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung Weni Sainur Mulyani; Fachrur Razi; Agus Mulyana
Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.137 KB) | DOI: 10.30997/tjpba.v2i1.3621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengidentifikasi pengaruh penggunaan metode belajar menggunakan Thariqah Mubasyarah terhadap peningkatan minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII di Sekolah Qur’an Megamendung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain posttest only. Data yang dikumpulkan yaitu dengan melalui teknik observasi, wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab dan juga kepada siswa-siswi kelas VII Sekolah Qur’an Indonesia, angket penilain berupa kuesioner yang diujikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan yang terakhir Dokumentasi berdasarkan fenomena langsung yang ada di lapangan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kegiatan belajar bahasa Arab dengan menggunakan metode pembelajaran Thariqah Mubasyarah secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab pada peserta didik kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung.
Pembelajaran Bahasa Arab melalui Teknik Flashcard untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Kelas VII MTs Al-Muchtari Cimande Silma Anjani Sisil; Radif Khotami Rusli; Tb. Bay Amri Hakim
Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.046 KB) | DOI: 10.30997/tjpba.v2i1.3623

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pembelajaran dalam peningkatan penguasaan pada kosakata bahasa Arab menggunakan teknik flashcard. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain posttest only. Data yang dikumpulkan memakai teknik observasi, dokumentasi, serta soal posttest. Hasil akhir penelitian ini disimpulkan bahwa pada uji normalitas hasil post-test peningkatan kemampuan kosakata bahasa Arab berdistribusi normal. Sesudah diketahui bahwa tingkat kenormalan data, selanjutnya adalah dilaksanakan uji homogenitas. Hasil post-test peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dapat disimpulkan bahwa varian kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen. Dan yang terakhir adalah penilaian hasil analisis uji-t terhadap meningkatnya penguasaan kosakata siswa dapat diartikan bahwa ???????? diterima karena terdapat peningkatan penguasaan kosakata dengan memakai pembelajaran bahasa Arab lewat teknik flashcard. Maka dapat dinyatakan bahwa data hasil posttest berdistribusi normal dan hasil posttest bisa disimpulkan dengan memakai teknik flashcard pada pembelajaran bahasa arab dapat menaikkan kemampuan kosakata siswa dan siswi kelas VII MTs Al-Muchtari Cimande-Bogor.
Hubungan Kemampuan Bahasa Arab Dengan Prestasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas XI MA Sirojul Athfal 2 Muhammad Farhan
Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.057 KB) | DOI: 10.30997/tjpba.v2i1.3624

Abstract

Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab, dengan bahasa inilah kita dapat membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya. Berbicara mengenai bahasa Arab, tidak terlepas dari empat keterampilan: keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara. Pada masa sekarang di Indonesia, bahasa Arab bukan hanya dianggap sebagai bahasa asing, tetapi sudah menjadi salah satu pelajaran yang pokok di lembaga-lembaga sekolah. Adapun tujuan penelitian ini bermaksud mengetahui hubungan kemampuan bahasa Arab dengan prestasi menghafal Al-Qur’an. Kemampuan dalam bahasa Arab memiliki beberapa kata yang memiliki kemiripan makna, di antaranya kata al-Isti’dad, al-Qudroh dan al-Maharah. Adapun kemampuan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah lebih spesifik pada al-Maharah dengan objek atau populasi yang diteliti bertempat di Madrasah Aliyyah Sirojul Athfal 2 pada seluruh kelas sebelas. Objek penelitian ini meliputi semua siswa kelas sebelas yang berjumlah 44 siswa sebagai fokus pemusatannya, sedangkan data diperoleh melalui metode wawancara dan metode dokumentasi yang berupa data-data sekunder. Adapun jenis penelitiannya menggunakan analisis korelasi antara variabel X & variabel Y untuk diketahuinya hubungan diantara keduanya. Dan Hasil penelitian berdasarkan analisis data menghasilkan nilai hubungan sebesar 0,728 yang menunjukkan hubungan dalam interval yang kuat, maka hipotesis dapat diterima.
Ikhtilaf Al-I’rab dalam Al-Qur’an Surah Al-Insan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Nahwu di Madrasah Tsanawiyah Muhammad Mu'min
Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.523 KB) | DOI: 10.30997/tjpba.v2i1.3630

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman dan pengamatan peneliti akan minimnya penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai bahan ajar pada pembelajaran nahwu di Madrasah Tsanawiyah, selain itu masih banyak pelajar muslim pada khususnya yang masih kesulitan dalam mengi’rab kalimat-kalimat bahasa Arab, sehingga penelitian mengenai ikhtilaf i’rab ini sangat penting karena berguna untuk menghindarkan kita dari kesalahan dalam memahami Al-Qur’an maupun teks-teks Arab lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek ikhtilaf i’rab dalam surah Al-Insan, sehingga dapat diketahui faktor-faktor penyebab perbedaannya dan pengaruhnya terhadap makna. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dilakukan berdasarkan paradigma, strategi, dan implementasi model secara kualitatif, adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menemukan dan mengungkapkan permasalahan sistematis, dengan cara mendeskripsikan data-data yang kemudian disusul dengan analisis. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menganalisa objek penelitian untuk digambarkan sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini bahwa dalam surah Al-Insan ini terdapat 10 kata yang mengandung ikhtilaf i’rab didalamnya, 8 kata disebabkan karena aspek bahasa dan 2 kata disebabkan karena aspek qiraat al-qur’an.
Analisis Kesesuaian Indikator dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab KMA 183 Muhammad Jundi; Najamudin Petta Solong
Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2 No. 1 (2021): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.254 KB) | DOI: 10.30997/tjpba.v2i1.3642

Abstract

Munculnya KMA 183 dan penerapannya pada tahun ajaran 2020/2021 membawa banyak hal yang baru dan berbeda. Maka, madrasah yang dalam hal ini guru harus melakukan penyesuaian dalam hal perangkat pembelajaran PAI dan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. Dokumen-dokumen berupa RPP dan perangkat pembelajaran lainnya ditelaah dan bandingkan dengan isi KMA 183. Ditemukan bahwa guru bahasa Arab dalam mengembangkan indikator dari kompetensi dasar yang ada belum maksimal. Terlihat dari belum sesuainya indikator dengan kompetensi dasar yang berada pada tingkat berpikir C4. Guru masih menggunakan kata kerja operasional yang tidak relevan dengan kompetensi dasar yang ada. Diharapkan kedepannya lebih banyak lagi sosialisasi kepada guru dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran khususnya dalam pengembangan indikator pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6