cover
Contact Name
Keumala Hayati
Contact Email
keumala.hayati@feb.unila.ac.id
Phone
+6281279728778
Journal Mail Official
editor.jbm@feb.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 14119366     EISSN : 27470032     DOI : 10.23960
The aims of JBM is to spread widely both empiric studies and conceptual discourses in the field of Management and Business. Researches in management and business study are welcome including: Organization Strategic Management Human Resource Management Marketing Finance Entrepreneurship
Articles 39 Documents
Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 15, Issue 1, 2019, Printed Edition Editor JBM
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 15 (2019): Issue 1 Printed Edition
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v15i1.226

Abstract

Volume 15 Issue 1 2019 merupakan versi cetak sebelum JBM terdaftar sebagai jurnal online OJS. Judul-judul artikel pada volume ini sebagai berikut: Reaksi Investor Terhadap Pengumuman Indonesia Sustainbility Report Award (Isra) (Studi Pada Perusahaan Peserta Isra Periode 2012 – 2016) (Billy Sukarson Pratama | Mahatma Kufepaksi) Pengaruh Layanan Internet Banking Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pelanggan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Central Asia Kantor Cabang Utama (Neca Juliansyah | Ayi Ahadiat) Analisis Permintaan Tenaga Kerja Di Industri Kecil Mebel di Bandar Lampung A Ridho Dani Pratama | Ida Budiarty DA) Pengaruh Modal Psikologi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Auto 2000 – Pt Astra Internasional Tbk Toyota Kantor Cabang Raden Intan Bandar Lampung (Abdul Aziz | Yuningsih) Analisis Pengaruh Initial Publik Offering (Ipo) Dan Sektor Usaha Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Bei Pada Tahun 2017) (Rizky Khairunisa | R.A. Fiska Huzaimah) Dampak Komunikasi E-Wom Pada Niat Berkunjung Taman Nasional Way Kambas (Achmad Yusuf Vidyawan | Mahrinasari Ms)
Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 15, Issue 2, 2019, Printed Edition Editor JBM
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 15 (2019): Issue 2 Printed Edition
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v15i2.225

Abstract

Volume 15 Issue 2 2019 merupakan versi cetak sebelum JBM terdaftar sebagai jurnal online OJS. Judul-judul artikel pada volume ini sebagai berikut: Pengaruh Evaluasi Merek dan Hubungan Merek pada Loyalitas Merek Motor Yamaha Xabre di Bandar Lampung (Dedek Romansyah | Mahrinasari Ms | Rinaldi Bursan) Analisis Kualitas Pelayanan Ladies dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Mall Bumi Kedaton Bandar Lampung (Leni Julista Wati | Mahrinasari Ms | Dorothy Rouly H Pandjaitan) Analisis Strategi Bisnis Jasa Penyewaan Tenda dan Peralatan Pesta pada Alfian Wedding Organizer (Eli Suryani | Rr Erlina) Pengaruh Motivasi Kerja. Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan (Puspa Sari | Ribhan) Pengaruh Dimensi Service Quality terhadap Customer Loyalty pada Rumah Makan Alas Cobek Bandar Lampung (Maulina Agustina | Mudji Rachmat Ramelan) Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan di Indonesia Yang Terdaftar di Bei Periode 2011-2015 (Weny Rosilawati | Sri Hasnawati)
Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 5, Issue 3, 2019, Printed Edition Editor JBM
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 15 (2019): Issue 3 Printed Edition
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v15i3.202

Abstract

Volume 15 Issue 3 2019 merupakan versi cetak sebelum JBM terdaftar sebagai jurnal online OJS. Judul-judul artikel pada volume ini sebagai berikut: Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di BEI Indonesia Periode 2012-2016 (Rama Dewi Fitrianti | Irham Lihan) Pengaruh Dimensi Kemasan Produk terhadap Persepsi Konsumen Tentang Penggunaan Ulang Kemasan Produk (M Oviendo Machya Ivana | Aida Sari) Analisis Strategi Bisnis Pada Pt Era Global Prioritas Di Bandar Lampung (Rahmat Tullah | Dwi Asri Siti Ambarwati) Pengaruh Rekomendasi, Kepercayaan dan Reputasi Blogger Makanan Terhadap Niat Beli (Studi Pada Restoran Warung Pedas Di Bandar Lampung) (Rela Ana Anggoro Kasih | Faila Shofa) Pengaruh Rasio Keuangan, Kurs Dan Inflasi Terhadap Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2015 (Ravicha Aspuja Dewi | Hidayah Wiweko) Impact Of Muslim Holy Day On Asean Stock Market (Study Comparative On Stick Market In Seven Countries In Asean Stock Market Year 2015-2018) (Inike Aprilia L | Prakarsa Panjinegara)
Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 16, Issue 1, 2020 Printed Edition Editor JBM
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 16 (2020): Issue 1 Printed Edition
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v16i1.224

Abstract

Volume 16 No 1 2020 merupakan versi cetak sebelum JBM terdaftar sebagai jurnal online OJS. Judul-judul artikel pada volume ini sebagai berikut: Determinan Struktur Modal Dinamis Sektor Primer Di Bursa Efek Indonesia (Purwanto Widodo) World Halal Tourism Awards 2016-2017 (Studi Penelitian Pada Website Wonderful Lombok Sumbawa) (Dorothy Rouly Haratua Pandjaitan) Loyalitas Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Dimediasi Kepuasan Pelanggan Online Pengguna Layanan Aplikasi Grab Di Bandar Lampung (Eko Susilo | Aida Sari | Muji Rachmat Ramelan) Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa, Trust Dan Commitment Terhadap Loyalitas Studi Kasus Pada Jne (Nuzul Inas Nabila | Wiwik Hasbiyah An) Pengaruh Excess Cash Holdings Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Prmoderasi : Studi Pada Bei Tahun 2000 – 2014 (Nindytia Puspitasari Dalimunthe) Kepemimpinan Transformasional Dan Pengaruhnya Terhadap Keterikatan Karyawan Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Media (Nova Mardiana | I Ketut R Sudiarditha)
Analisis Pengaruh Kontrak Psikologis dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Stevan Asalamtama Purba,; Ribhan Ribhan,; Mirwan Karim
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 16 (2020): Issue 2
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v16i2.150

Abstract

At present, almost all companies in the world are trying to build a different and sustainable value by increasing assets that cannot be measured by money, such as human resources, technology and organizations. Because of this, the ability of Indonesian resources needs to be improved continuously. The purpose of this study is to determine the effect of psychological contracts and organizational commitment to the performance of employees of PT. Sari Segar Husada, South Lampung. This study uses a sample of 277 respondents. The analytical tool in this study uses multiple regression with the SPSS program. The results of this study support the proposed hypothesis, that is Psychological Contracts, and Organizational Commitment has a positive and significant effect on the performance of employees of PT. Sari Segar Husada, South Lampung. Suggestions for PT. Sari Segar Husada, South Lampung, is an improvement on the psychological contract part of the organization or company by increasing incentives or benefits according to employee workload. Companies can seek to increase organizational commitment to every employee by encouraging and motivating employees, as well as fostering a sense of solidarity within the company so that it can spur employees to keep competent employees in the company. Keywords: Psychological Contract, Organizational Commitment, and Performance. Abstrak Pada saat ini hampir seluruh perusaahan di dunia berusaha untuk membangun nilai yg berbeda dan berkelanjutan dengan cara meningkatkan aset yg tidak dapat di ukur dengan uang, seperti sumber daya manusia, teknologi dan organisasi. Oleh kerena itu kemampuan sumber daya Indonesia perlu di tingkatkan secara terus menerus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kontrak psikologis dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Sari Segar Husada Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan sampel dengan jumlah sampel 277 responden. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang di ajukan, yaitu Kontrak Psikologis dan Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Sari Segar Husada Lampung Selatan. Saran bagi pihak PT. Sari Segar Husada Lampung Selatan adalah perbaikan pada bagian kontrak psikologis dalam organisasi ataupun perusahaan dapat dengan meningkatkan insentif ataupun tunjangan sesuai beban kerja karyawan. Perusahaan dapat megupayakan peningkatan komitmen organisasi pada setiap karyawan dengan memacu dan memotivasi karyawan, serta menumbuhkan rasa solidaritas dalam perusahaan sehingga dapat memacu karyawan untuk tetap mempertahankan karyawan berkompeten dalam perusahaan. Kata Kunci : Kontrak Psikologis, Komitmen Organisasi dan Kinerja
Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasional Afektif yang Dimediasi oleh Kepercayaan Samuel Samuel; Djoko Setyadi; Irsan Tricahyadinata
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 16 (2020): Issue 2
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v16i2.69

Abstract

Budaya organisasi merupakan salah satu aspek penting dalam membangun komitmen karyawan. Selain budaya organisasi, faktor lain yang dapat meningkatkan komitmen organisasional karyawan adalah kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi secara langsung terhadap komitmen organisasi serta pengaruhnya secara tidak langsung melalui varaibel mediator kepercayaan. Sampel penelitian adalah karyawan departemen laboratorium sebagai pusat kualitas data batubara. Analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi dan kepercayaan terhadap komitmen organisasional afektif, lebih lanjut budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional afektif dimediasi oleh kepercayaan. Kata kunci: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional Afektif, Kepercayaan Organizational culture is one of the important aspects of building employee commitment. In addition to organizational culture, another factor that can increase employee organizational commitment is trust. This study aims to analyze the influence of organizational culture directly on organizational commitment and its influence indirectly through the trust as a mediation variable. The sample of this research are employees of the laboratory department as a center for coal data quality. Data analysis using SEM-PLS. The results showed a positive and significant influence of organizational culture and trust on affective organizational commitment, furthermore, the organizational culture had a positive and significant effect on affective organizational commitment mediated by trust. Keywords: Organizational Culture, Affective Organizational Commitment, Trust
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Taufik Qarismail; Prayekti Prayekti
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 16 (2020): Issue 2
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v16i2.71

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada The Westlake Resort Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode accidental sampling. Responden penelitian adalah karyawan the westlake resort Yogyakarta. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif gaya kepemimpinan trasformasional terhadap kepuasan kerja karyawan, sedangkan motivasi dan disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Kata kunci : Gaya kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan. The purpose of this study is to analyze whether there is an influence of transformational leadership, motivation, and work discipline on employee job satisfaction. Data collection using a questionnaire with accidental sampling method. The research respondents were employees of the westlake resort Yogyakarta. Data analysis uses multiple linear regression. The test results show that there is a positive influence of transformational leadership on employee job satisfaction, while motivation and work discipline do not affect employee job satisfaction. Keywords: Transformational leadership, motivation, work discipline, job satisfaction
Analisis Swot terhadap Strategi Pemasaran Rumah Makan Sambel Alu Khairunnisaa Khairunnisaa; Della Irachmi; Devi Lestari; Fauziah Rahayu; Vicky F Sanjaya
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 16 (2020): Issue 2
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v16i2.78

Abstract

Sambel Alu kini telah menjadi bisnis yang diminati oleh masyarakat Bandar lampung. Rumah Makan Sambel Alu menghadapi persaingan yang ketat dari pesaing kuliner lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Rumah Makan Sambel Alu dengan menggunakan analisis SWOT. Strategi yang didapatkan yaitu mempertahankan citra rumah makan, menjaga kualitas pelayanan konsumen, melakukan inovasi produk, menambah kerjasama dengan berbagai pihak, memperluas pengetahuan masyarakat, menggunakan teknologi terkini untuk pemasaran, meningkatkan keefektifan promosi, dan melakukan inovasi pemasaran pada rumah makan. Kata kunci : Analisis SWOT, Pemasaran Sambel Alu has now become a business that is in demand by the Bandar Lampung community. This business grows rapidly. Sambel Alu Restaurant faces tight competition from competitors and other culinary. This research aims to analyze the internal and external environment of Sambal Alu Restaurant by using SWOT analysis. The strategies obtained are maintaining the image of the restaurant, maintaining the quality of consumer services, innovating products, increasing cooperation with various parties, expanding public knowledge, using the latest technology for marketing, increasing the effectiveness of promotions, and innovating marketing at home. Keywords: SWOT analysis, Marketing
Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan Nina Octavia; Keumala Hayati; Mirwan Karim
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 16 (2020): Issue 2
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v16i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Sampel penelitian adalah 208 karyawan yang bekerja pada perusahaan retail di Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan alat analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Kecerdasan spiritual memiliki pengaruh paling besar dibandingkan kepribadian dan kecerdasan emosional. Saran penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri karyawan, senantiasa berfikir dengan baik untuk merespons setiap situasi, memiliki tenggang rasa agar dapat memahami emosi teman kerja dengan lebih baik, serta memperhatikan kemampuan karyawan mengatur rencana kerja sendiri untuk memaksimalkan pekerjaan serta selesai tepat waktu. Kata kunci: Kepribadian, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Kinerja Karyawan This study aims to explore the effect of personality, emotional intelligence, and spiritual intelligence on employee performance. The study sample was 208 employees who worked at retail companies in Lampung. Data collection conducted using a questionnaire, and the data analysis tool uses SPSS. The results showed that personality, spiritual intelligence, and emotional intelligence had a positive effect on employee performance. Spiritual intelligence has the most influence compared to personality and emotional intelligence. The suggestion of this research is to increase employee confidence, be able to think well in response to every situation, have a sense of tolerance to better understand coworkers 'emotions, and pay attention to employees' ability to manage their work plans so that maximize their work and completed on time. Keywords: Personality, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Employee Performance
Pengaruh Kompetensi Intelektual dan Emosional serta Sosial Terhadap Kepuasan Kerja Guru Maya Dhewi Restanti; Ardi Paminto; Michael Michael
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) JBM Vol 16 (2020): Issue 3
Publisher : Faculty of Economics and Business University of Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jbm.v16i3.120

Abstract

This research aims to know the influence of intellectual competence, emotional competence, and social competence on the teacher’s job satisfaction. This research uses the quantitative causal method. The data used in this study were the primary and secondary data obtained from questionnaires and the results of teacher job satisfaction assessments spread out to 34 teachers of State Vocational School 1 in Samarinda. The sample collection technique uses questionnaires. The data analysis method used is multiple linear regression. The results of this study indicate that intellectual competence, emotional competence, and social competence affect simultaneously affect teacher job satisfaction. Partially, emotional intellectual significantly influences teacher job satisfaction. Followed by intellectual competence, and social competence significantly influence teacher job satisfaction. However, it can be seen that of the three independent variables, intellectual competence is the most dominant effect on teacher performance. Keywords: Intellectual competence, emotional competence, social competence, teacher job satisfaction. ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi intelektual, kompetensi emosional, dan kompetensi sosial terhadap kepuasan kerja guru. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari kuesioner dan penilaian kepuasan kerja guru yang disebarkan kepada 34 guru tetap di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 di Samarinda. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah sensus. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi intelektual, kompetensi emosional, dan kompetensi sosial berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja guru. Secara parsial, kompetensi emosional berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru, diikuti oleh kompetensi intelektual, dan kompetensi sosial. Dari ketiga variabel bebas tersebut, kompetensi intelektual paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja guru. Kata kunci: Kompetensi intelektual, kompetensi emosional, kompetensi sosial, kepuasan kerja guru.

Page 1 of 4 | Total Record : 39