cover
Contact Name
Prasetyo Adi Nugroho
Contact Email
prasetyo.adi@staf.unair.ac.id
Phone
+6231-5030826
Journal Mail Official
jpua@journal.unair.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan Universitas Airlangga Jl. Dharmawangsa Dalam, Surabaya - 60286 Telp.: (031) 5030826, 5055294 Fax.: 5020468
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan
Published by Universitas Airlangga
Core Subject : Science,
JPUA: Universitas Airlangga Library Journal: Information and Communication Media Librarianship is published by the Airlangga University Library. Focus: publish scientific articles from librarians, researchers, educators with an article focus on information and library studies. Scope: contains topics related to libraries, information literacy, information technology, librarian profession, and information management.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 102 Documents
Kebijakan Akses Terbuka Institutional Repository di Perguruan Tinggi Nurma Harumiaty; Turwulandari .
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 8 No. 1 (2018): Januari - Juni 2018
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.769 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v8i1.2018.31-36

Abstract

Rektor Universitas Airlangga membuat kebijakan Akses Terbuka/ Open Access Institutional Repository (OA-IR) dengan menerbitkan Peraturan Rektor Nomor 46 Tahun 2016 tentang wajib simpan karya ilmiah di lingkungan Universitas Airlangga.Untuk itu penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap adanya kebijakan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang, metode pengumpulan data menggunakan observasi dan angket secara tertutup, Teknik pengolahan data menggunakan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mempunyai persepsi yang cukup baik atau positif terhadap OA-IR di Universitas Airlangga. Hal ini ditunjukkan dengan pengetahuan yang baik mengenai adanya IR-UNAIR, mahasiswa menyetujui apabila IR-UNAIR diterapkan sistem open access, mahasiswa mendukung apabila terdapat penambahan fitur unggah mandiri untuk ke depannya.
Implementasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Perpustakaan Universitas Airlangga Mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi Ani Sistarina
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 10 No. 2 (2020): JULI - DESEMBER 2020
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.074 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v10i2.2020.104-115

Abstract

Penyediaan e-resource bagi Sivitas Akademika oleh perpustakaan buakn satu-satunya jalan bagi keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar di Perguruan Tinggi. Pemanfaatan yang maksimal adalah kunci utama bagi keberhasilan akademik, akan tetapi tidak semua sivitas akademika memahami cara memanfaatkan sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan. Dibutuhkan kemampuan literasi informasi bagi sivitas akademika, untuk itu perlu adanya pelatihan yang memberikan pemahaman dan kemampuan literassi informasi dengan baik. Batasan karya tulis ini meliputi pada best practice Perpustakaan Universitas Airlangga dalam penyelenggaraan loterasi Informasi bagi sivitas akademika. Tujuan dari karya tulis ini adalah memberikan gambaran singkat bagaimana pelaksanaan literasi informasi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Penyelenggaraan Library class Perpustakaan Universitas Airlangga adalah jawaban bagi sivitas akademika untuk membantu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan penyelesaian publikasi ilmiah yang menjadi prasarat kelulusan. Dan juga memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan pelatihan dan literasi informasi bagi masyarakat sekitar kampus sehungga dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas masyarakat. Semua keberhasilan tersebut 
Pengenalan Bibliometric Mapping sebagai Bentuk Pengembangan Layanan Research Support Services Perguruan Tinggi Lis Setyowati
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 10 No. 1 (2020): Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.218 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v10i1.2020.1-9

Abstract

Para peneliti dituntut untuk mengikuti perkembangan di bidang mereka masing-masing. Hal ini akan sulit dilakukan bila mereka tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendukung hal ini. Pengetahuan dan keterampilan seperti ini dapat diperoleh melalui pelatihan. Pelatihan seperti ini bisa menjadi kesempatan emas yang bisa dimanfaatkan oleh perpustakaan. Perpustakaan perguruan tinggi bisa mengembangkan layanan yang mendukung riset dengan menyediakan layanan bibliometric mapping dan mengajarkan penggunaan perangkat lunak bibliometric mapping. Dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka, tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran peluang untuk menawarkan layanan yang berkaitan dengan bibliometri di perpustakaan. Tulisan ini mengeksplorasi bibliometric mapping sebagai metode yang dapat digunakan untuk mendapatkan visualisasi publikasi di suatu bidang ilmu. Dengan memanfaatkan data bibliografis dari pangkalan data seperti SCOPUS, Web of Science atau PubMed, seseorang bisa mendapatkan gambaran tentang tokoh yang mempunyai peran menonjol dan juga topik-topik popular di bidang-bidang tertentu. Meskipun bibliometric mapping berpotensi untuk menjadi perpanjangan bentuk dari jasa rujukan di perpustakaan, namun hal ini masih belum dianggap penting. Untuk mengenalkan metode ini kepada para peneliti, maka perpustakaan bisa menawarkan pelatihan “Literature Review” dan mengenalkan software yang berkaitan. 
Peran Pustakawan untuk Menarik Minat Baca di Perpustakaan Umum Kecamatan Semanding - Tuban Suhernik .; Siti Uswatun Khasanah2
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 9 No. 1 (2019): JANUARI - JUNI 2019
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.296 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v9i1.2019.40-45

Abstract

Perpustakaan adalah sebuah tempat atau wadah yang memberikan informasi kepada pelanggan atau pengguna perpustakaan. Dalam hal ini yang menjadi tempat penelitian yang dilakukan peneliti adalah perpustakaan umum kecamatan Semanding yang bertujuan untuk mengetahui peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca di daerah Semanding ini. Dengan didirikannya perpustakaan yang masih dibilang sangat baru ini dapat memberikan dampak positif pada masyarakat sekitarnya. Hasil dari penelitian ini bahwa peran pustakawan di perpustakaan umum kecamatan Semanding telah melakukan inovasi dengan mengadakan lomba-lomba untuk menarik minat anak untuk datang ke perpustakaan. Serta minat baca yang ada di perpustakaan umum kecamatan Semanding ini masih rendah karena koleksinya masih kurang mendukung pembelajaran anak sekolah. Saran peneliti untuk perpustakaan umum ini dikembangkan lagi koleksinya agar lebih lengkap, pustakawan yang ada harus lebih kreatif untuk menarik minat baca di masyarakat sekitar Semanding dan pustakawan hendaknya memberikan rasa nyaman serta mengatur koleksinya agar pengguna perpustakaan tidak kesulitan dalam mencari bahan pustaka.
Analisis Pemasaran Layanan Informasi Depok Corner (Pemasaran Layanan Informasi Referensi di Perpustakaan Umum Kota Depok) Ceria Isra Ningtyas
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 8 No. 2 (2018): Juli- Desember 2018
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.464 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v8i2.2018.68-73

Abstract

Depok Corner merupakan salah satu bentuk inovasi dari Perpustakaan Umum Kota Depok yang menyediakan berbagai informasi mengenai Kota Depok yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai Kota Depok.Layanan Depok Corner telah menerapkan 7 elemen pemasaran yaitu product, price, promotion, place, people, process and physical evidence. Depok Corner diharapkan sebagai solusi mempermudah warga dalam mengakses informasi tentang kota Depok seluruhnya.
Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Riset Eksakta Vs Sosial: Studi Pada Repository Unair Prasetyo Adi
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 11 No. 1 (2021): JANUARI - JUNI 2021
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.214 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v11i1.2021.1-7

Abstract

Perguruan tinggi di Indonesia diwajibkan untuk meggalakkan riset. Karya ilmiah merupakan salah satu bentuk riset untuk menentukan peringkat suatu universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi apakh dampak pandemi covid-19 berpengaruh pada jumlah publikasi  karya ilmiah eksak dan ilmu sosial. Studi ini menggunakan metode kuantitatif berbasis survey. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dari website repository UNAIR. Sampel penelitian ini yakni karya ilmiah yang dipublikasikan oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) dan Fakultas Sains & Teknologi (FST) selama tahun 2019 dan 2020. Hasil studi ini menemukan bahwa pandemic berpengaruh pada tingkat publikasi, dimana jumalh publikasi pada mahasiswa FST turun lebih dari separuh. Mahasiswa FEB juga mengalami penurunan dalam publikasi, kecuali pada jurusan magister ilmu ekonomi. Selain itu, jumlah serta skala publikasi pada FEB lebih besar dibandingkan FST. Hal ini dikarenakan ilmu ekonomi mempunyai lingkup yang lebih luas dan fleksibel jika dibandingkan FST untuk diteliti.
Literasi Saham pada Mahasiswa STIESIA Surabaya Rizal Christian Mahendra
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 8 No. 1 (2018): Januari - Juni 2018
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.53 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v8i1.2018.8-13

Abstract

STIESIA Surabaya sebagai kampus ekonomi mendukung kegiatan investasi saham dengan mendirikan Galeri Investasi BursaEfek Indonesia. Dengan kenaikan jumlah investor setiap tahunnya, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia menyelenggarakan kegiatan literasi saham yang bekerja sama dengan Perpustakaan STIESIA Surabaya. Tulisan ini bertujuan membahas mengenaibagaimana literasi saham pada mahasiswa STIESIA Surabaya, bagaimana kegiatan investasi saham mampu meningkatkankesejahteraan investor, serta peran Perpustakaan STIESIA dalam literasi saham. Tulisan ini tidak menggunakan metode penelitian,namun menggunakan kajian literatur textbook, website dan artikel. Adapun hasil dari tulisan ini adalah Perpustakaan STIESIAmemiliki peran dalam literasi saham di STIESIA Surabaya seperti melakukan bimbingan penelusuran informasi yang berkaitandengan saham, menyediakan bahan pustaka yang berkenaan, serta sebagai media promosi pemanfaatan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia. Diharapkan tulisan ini mampu memberikan inovasi baru dalam dunia perpustakaan untuk melakukan kerja sama dengan unit kerja yang lain..
Implementasi Therapeutic Landscape dalam Perpustakaan Dewi Puspitasari
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 10 No. 1 (2020): Januari-Juni 2020
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.892 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v10i1.2020.50-56

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat pembelajaran sepanjang hayat bagi setiap insan. Untuk dapat menjadi tempat belajar nyaman dan menyenangakan, perpustakaan dapat mengadopsi konsep theraupetic landscape. Theraupetic landscape dapat diartikan sebagai tempat, taman, gedung atau lokasi yang dapat memberikan penyembuhan secara mental dan fisik serta spiritual, sehingga orang-orang tersebut merasa lebih baik. Artikel ini menggunakan studi pustaka mengenai konsep theraupetic landscape. Implementasi theraupetic landscape di perpustakaan dapat dijabarkan secara luas yaitu Perpustakaan sebagai tempat penyembuhan yang holistik memiliki beberapa tujuan yaitu Perpustakaan tempat untuk mendapatkan Ilmu Pengetahuan, Perpustakaan tempat untuk mendapatkan berbagai macam informasi, Perpustakaan sebagai tempat untuk meredakan ketegangan belajar, perpustakaan sebagai tempat berkumpul komunitas, perpustakaan sebagai tempat aktuliasasi diri. Theraupetic landscape ini memungkinkan perpustakaan banyak melakukan kolaborasi, melahirkan inovasi dan kreatifitas baru. Tujuan dari theraupetic landscape pemustaka merasa lebih baik setelah datang ke perpustakaan.
Media Sosial sebagai Sarana Promosi Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Airlangga Hoeroestijati .
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 9 No. 2 (2019): Juli- Desember 2019
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1479.85 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v9i2.2019.72-78

Abstract

Perangkat teknologi informasi memungkinkan pengguna dapat terkoneksi dan berinteraksi. Interaksi ini dilakukan melalui social media. Media sosial merupakan media yang memungkinkan setiap orang berinteraksi dan berkomunikasi tanpa terhalang ruang dan waktu. Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan sebuah Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Airlangga. Mengapa penulis menjadikan Perpustakaan Universitas Airlangga sebagai objek penelitian karena Perpustakaan Universitas Airlangga telah lama memiliki media sosial sebagai sarana informasi dan komunikasi. Perpustakaan Universitas Airlangga memiliki beberapa media sosial yaitu WhatsApp (wa), Facebook, Twitter, Line, Instagram, dan Youtube. Media sosial Perpustakaan Universitas Airlangga bertujuan untuk berinteraksi secara masif dan terstruktur dengan pengguna perpustakaan. Media sosial Perpustakaan Universitas Airlangga dikelola oleh Humas Perpustakaan Universitas Airlangga. Humas Perpustakaan Universitas Airlangga ini yang mengisi  konten media sosial dan merespon pengguna yang bertanya atau memberikan masukan, kritik dan saran.
Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan Pengguna Perpustakaan ITS Berbasis Teknologi Informasi (Perpustakaan ITS Menuju WCUL) Davi Wahyuni; Yeni Anita Gonti; Eva Mursidah; Adhatus Solichah
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan Vol. 9 No. 1 (2019): JANUARI - JUNI 2019
Publisher : Universitas Airlangga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.597 KB) | DOI: 10.20473/jpua.v9i1.2019.11-18

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun usulan rekomendasi layanan perpustakaan di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) yang berbasis teknologi informasi (TI) dengan menggunakan framework COBIT. COBIT merupakan sebuah panduan standar untuk praktik manajemen teknologi informasi. COBIT dapat membantu untuk menjembatani gap antara risiko-risiko bisnis, kebutuhan kontrol dan permasalahan-permasalahan teknis. Tingkat kematangan layanan pengguna perpustakaan ITS dianalisa berdasarkan faktor internal dan eksternal melalui wawancara dan penyebaran kuisioner. Indikator kepuasan pengguna diturunkan dengan menggunakan metode LibQual dan COBIT. Pada Libqual indikator kepuasan diturunkan dari pengukuran affect of service dan information control. Indikator kerja yang digunakan pada kerangka kerja COBIT adalah domain DS (delivery support). Selanjutnya hasil dari survey dan wawancara akan dibandingkan dengan kriteria World Class University Library (WCUL) untuk mengetahui kekurangan dari standar pelayanan perpustakaan yang diberikan di perpustakaan pusat ITS. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan ITS memiliki nilai rata-rata tingkat kematangan 3 pada proses yang  didefinisikan (defined process). Sedangkan berdasarkan kriteria WCUL, perpustakaan ITS memenuhi 4 item kriteria WCUL dari total 23 item kriteria. 19 item kriteria lainnya sudah diimplementasikan di perpustakaan ITS dengan nilai rata-rata yang hampir mendekati batas nilai untuk kriteria WCUL. Ada beberapa indikator yang digunakan sebagai objek prioritas usulan rekomendasi dalam penelitian ini, yaitu: Keselarasan Strategi (Strategic Alignment), Penyampaian Nilai (Value Delivery), Manajemen Sumber Daya (Resource Management), Manajemen Risiko (Risk Management), dan Pengukuran Kinerja (Performance Measurement).Luaran dari penelitian ini adalah berupa dokumen rekomendasi berdasarkan kelima indikator tersebut.

Page 1 of 11 | Total Record : 102