cover
Contact Name
Gede Aditra Pradnyana
Contact Email
gede.aditra@undiksha.ac.id
Phone
+6236222928
Journal Mail Official
putu.spyanawati@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jalan Udayana No 11 Singaraja Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
ISSN : 25992597     EISSN : 25992589     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjp
Core Subject : Health, Education,
the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Physical education sport and health Undiksha. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Physical education sport and health Undiksha
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,129 Documents
Survei Sarana dan Prasarana PJOK SMP Se-Kecamatan Tegallalang Gianyar Doni, I Made; Wahjoedi, Wahjoedi; Semarayasa, I Ketut
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui seberapa lengkap sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama yang ada di seluruh kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar, Bali. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana penelitian ini merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kuantitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Yang digunakan untuk medeskripsikan keadaan dari sebuah sekolah mengenai ketersediaan dalam hal sarana dan prasarana. Hasil penelitian ini didapatkan dengan cara survei langsung dengan pihak sekolah melalui khusunya guru PJOK yang ada disekolah SMP se-Kecamatan Tegallalang. Adapun hasil dari penelitian ini berdasarkan data yang didapat di lapangan adalah. Kategori baik dimiliki hanya 1 sekolah dengan presentase (25%), untuk kategori sedang 2 sekolah dengan presentase (50%), dan kategori kurang 1 sekolah (25%) dan tidak ada sekolah yang masuk kedalam kategori sangat kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa ada 1 sekolah yang memiliki sarana dan prasarana dengan kategori kurang yang ada di kec- Tegallalang. Dan adapun saran dari peneliti. Semoga sekolah yang memiliki kategori kurang dan sekolah memiliki kategori mampu menggunakan penelitian ini sebagai acuan untuk melengkapi ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga yang belum dimiliki, agar lebih lengkap demi terciptanya proses pembelajaran yang efektif.
Survei Sarana dan Prasarana PJOK SMP Se-Kecamatan Tegallalang Gianyar I Made Doni; Wahjoedi Wahjoedi; I Ketut Semarayasa
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 8 No. 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui seberapa lengkap sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama yang ada di seluruh kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar, Bali. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana penelitian ini merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kuantitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Yang digunakan untuk medeskripsikan keadaan dari sebuah sekolah mengenai ketersediaan dalam hal sarana dan prasarana. Hasil penelitian ini didapatkan dengan cara survei langsung dengan pihak sekolah melalui khusunya guru PJOK yang ada disekolah SMP se-Kecamatan Tegallalang. Adapun hasil dari penelitian ini berdasarkan data yang didapat di lapangan adalah. Kategori baik dimiliki hanya 1 sekolah dengan presentase (25%), untuk kategori sedang 2 sekolah dengan presentase (50%), dan kategori kurang 1 sekolah (25%) dan tidak ada sekolah yang masuk kedalam kategori sangat kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa ada 1 sekolah yang memiliki sarana dan prasarana dengan kategori kurang yang ada di kec- Tegallalang. Dan adapun saran dari peneliti. Semoga sekolah yang memiliki kategori kurang dan sekolah memiliki kategori mampu menggunakan penelitian ini sebagai acuan untuk melengkapi ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga yang belum dimiliki, agar lebih lengkap demi terciptanya proses pembelajaran yang efektif.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada I Kadek Edi Agus Saputra
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing control (kaki bagian dalam) sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian true esperimen dengan menggunakan rancangan penelitian preetest posttest design. Subjek peneitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 167 orang yang terdistribusi kedalam dua kelas yaitu kelas IXA dan kelas IXB pengundian kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for windows diproleh hasil 0,000, maka p<0,005. Hasil peneitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbasis daring terhadap hasil belajar teknik dasar passing control (kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepak bola pada peserta didik Kelas IX SMP Negeri 4 Sukasada diproleh hasil yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Video Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Dribling Sepakbola Yasir Hidayat
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video meningkatkan motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola pada peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT berbantuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Popopulasi yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sapeken, Sebanyak 100 orang, teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, diperoleh kelas XI MIA I dengan jumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas XI MIA 2, 25 orang sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data bahwa nilai rata-rata 70,28 median sebesar 70,33 mode sebesar 88,00 dan standar deviasi ideal sebesar 15,171 hal ini menunjukkan bahwa signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui Uji-t adalah 0.05 yaitu p>0,05 Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media video agar meningkatkan motivasi dan hasil belajar dribbling sepakbola secara signifikan
Pemetaan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Lingkungan Kota Singaraja Kadek Tedy Astra Menaka; I Ketut Budaya Astra; I Wayan Artanayasa
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan sarana dan prasarana PJOK SMA di Lingkungan Kota Singaraja. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantatif, dengan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 38 jenis dan jumlah fasilitas pembelajaran yang berbeda. Jika dijumlahkan, maka total fasilitas menjadi 452. Terdapat 58 fasilitas yang kondisinya kurang baik dengan presentase 12,8%. Kemudian, 452 fasilitas yang memiliki sendiri dengan presentase 100%, menyewa 0 fasilitas dengan presentase 0%. Selain yang bersyarat standar, terdapat sebanyak 446 fasilitas atau setara dengan persentasenya 98,7%; untuk yang mengalami modifikasi sebanyak 6 fasilitas atau jika dipersentasekan yaitu 1,3% dari jumlah fasilitas sebanyak 452 fasilitas. Setiap sekolah memiliki sarana dan jumlah yang tidak sama ialah 34, dengan 33 sarana dalam kondisi baik dengan presentase 97,1% satu sarana kondisi rusak dengan presentase 2,9%. Kemudian, dari 12 macam fasilitas yang ada sebanyak 34, yang memiliki status milik sendiri yaitu 28 melalui besaran persentasenya 82,4%, yang masih tergolong menyewa sebanyak 6 melalui besaran persentasenya 17,6%. Kemudian untuk status kualifikasi dari 34 prasarana untuk yang standart yaitu 27 dengan persentase 79,5% dan modifikasi sebanyak 7 modifikasi dengan persentase 20,5%. Ketersediaan Sarana dan Prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di Sekolah Menengah Atas di Lingkungan Kota Singaraja ini sudah baik, namun pengelolaan, kepedulian serta perawatannya perlu ditingkatkan agar semua sarana penunjang pembelajaran dapat digunakan secara efektif, nyaman serta aman digunakan selama proses pembelajaran PJOK berlangsung. Sekolah diharapkan lebih aktif melakukan pengecekan kelengkapan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran jasmani olahraga dan kesehatan
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Ni Luh Riskayani
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v10i1.47192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar bola basket melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan guru sebagai peneliti. Dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitan adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal berjumlah 37 terdiri dari 16 putra dan 21 putri. Data dianalisis menggunakan statistik diskriptif. Berdasarkan hasil analisis data untuk aktivitas belajar passing bola basket pada observasi awal 5,42 (cukup aktif), dan pada siklus I meningkat menjadi 6,14 (cukup aktif) dan 8,5 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar passing bola basket dari observasi awal sebesar 62,84% (kurang baik), pada siklus I 77,23% (cukup baik) dan 86,76% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik pada kelas VII F SMP Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan pada guru penjasorkes SMP Negeri 1 Abiansemal untuk menerapkan model pembelajaran PBL karena dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar passing bola basket.
Pemetaan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK pada SMA/SMK Se-Kecamatan Kubu di Kabupaten Karangasem I Made Krisnanta Berliyanta
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v10i1.47193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA/SMK se-Kecamatan Kubu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 4 sekolah SMA/SMK se-Kecematan Kubu. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan jenis data yang diperoleh dari lembar instrument. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) Dari 38 jenis sarana pembelajaran tersebut pada masing-masing sekolah memiliki jumlah sarana yang berbeda-beda dan di totalkan secara keseluruhan dari SMA/SMK se-Kecamatan Kubu Jumlah sarana keseluruhan 297, yang berkondisi baik sebanyak 286 buah dengan persentase 96,3%. Selanjutnya yaitu sarana yang berkondisi rusak sebanyak 11 buah dengan persentase 3,8%.. Sarana yang berkondisi standart sebanyak 283 sarana dengan persentase 95,2 %, untuk yang modifikasi sebanyak 14 sarana dengan persentase 4,8 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 297. (2) Jumlah fasilitas prasarana dijumlahkan total keseluruhannya yaitu 18 prasarana dan yang berkondisi baik 18 dengan persentase 100 % berkondisi baik. Sedangkan dari 18 prasarana yang berstatus milik sendiri yaitu 16 dengan persentase 88,9% dan yang berstatus meminjam atau menyewa berjumlah 2 dengan persentase 11,1%. Kemudian untuk status kualifikasi dari 18 prasarana untuk yang standart yaitu 18 dengan persentase 100% dan modifikasi sebanyak 0 modifikasi dengan persentase 0%. Disimpulkan bahwa Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran PJOK di SMA/SMK se-Kecamatan Kubu ini sudah baik, namun pengelolaan serta perawatannya perlu ditingkatkan dan diperhatikan lagi.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BASKET MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF NHT Suatmika, I Kadek
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i1.326

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus terdiri dari tahap rencana tindakan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada yang berjumlah 31 orang siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan dari 48,4  (aktif) pada siklus I menjadi 67,7 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siklus I hasilnya 77,4% (baik) menjadi 93,5% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa.Kata-kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, dan teknik dasar passing bola basket.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BASKET MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF NHT I Kadek Suatmika
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i1.326

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus terdiri dari tahap rencana tindakan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada yang berjumlah 31 orang siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan dari 48,4  (aktif) pada siklus I menjadi 67,7 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siklus I hasilnya 77,4% (baik) menjadi 93,5% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa.Kata-kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, dan teknik dasar passing bola basket.
MODEL KOOPERATIF TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI Siwiara, Gede Agus
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjp.v1i1.327

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kubutambahan yang berjumlah 30 orang terdiri dari 5 orang siswa putra dan 25 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian analisis aktivitas belajar passing bola voli mengalami peningkatan sebesar 2,5 dari 7 pada siklus I menjadi 9,5 pada siklus II yang dimana tergolong kategori Sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 10% dari 83,33% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II yang dimana tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kubutambahan tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli.Kata-kata kunci:    Model pembelajaran kooperatif, aktivitas, hasil belajar, bola voli.

Page 1 of 113 | Total Record : 1129