Baut Dan Manufaktur
Jurnal Keilmuan Bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri dengan Fokus Keilmuan : Teknik Industri : Logistics & Supply Chain Management, Operations Research, Quality, Reliability, and Maintenance Management, Data Mining & Artificial Intelligence, Production Planning & Inventory Control, Ergonomics & Human Factors, Information Systems & Technology, Service Management, Sustainability, Human Resources, Economic. Teknik Mesin : Acoustical engineering concerns the manipulation and control of vibration, especially vibration isolation and the reduction of unwanted sounds, Automotive engineering, the design, manufacture and operation of motorcycles, automobiles, buses and trucks. Energy Engineering is a broad field of engineering dealing with energy efficiency, energy services, facility management, plant engineering, environmental compliance and alternative energy technologies. Energy engineering is one of the more recent engineering disciplines to emerge. Energy engineering combines knowledge from the fields of physics, math, and chemistry with economic and environmental engineering practices. Manufacturing engineering concerns dealing with different manufacturing practices and the research and development of systems, processes, machines, tools, and equipment. Materials Science and Engineering, relate with biomaterials, computational materials, environment and green materials, science and technology of polymers, sensors and bioelectronics materials, constructional and engineering materials, nanomaterials and nanotechnology, composite and ceramic materials, energy materials and harvesting, optical, electronic and magnetic materials, structure materials. Power plant engineering, field of engineering that designs, construct and maintains different types of power plants. Serves as the prime mover to produce electricity. Thermal engineering concerns heating or cooling of processes, equipment, or enclosed environments: Air Conditioning; Refrigeration; Heating, Ventilating, Air-Conditioning (HVAC) and Refrigerating. Vehicle engineering, the design, manufacture and operation of the systems and equipment that propel and control vehicles.
Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020"
:
8 Documents
clear
PERBAIKAN TINGKAT KEBISINGAN KERJA PADA AREA PRODUKSI PT. BUMI KARYA SARANAMAS
Arief Pahlevi;
Devianita Emra
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (602.036 KB)
Bumi Karya Saranamas adalah industri manufaktur yang kegiatan utamanya mengubah bahan baku, komponen atau bagian lainnya menjadi barang jadi yang memenuhi standar spesifikasi serta menggunakan dukungan penggunaan teknologi maju dan canggih yang akan memberi kemudahan dalam proses produksi, meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu terjadi kendala pada suasana kerja yang kurang kondusif, disebabkan oleh kebisingan berlebih yang terjadi pada area produksi. Tujuan penelitian ini adalah mengurangi tingginya tingkat kebisingan yang diterima jika kebisingan yang diterima melebihi batas yang telah ditentukan yaitu 85 dB. Penelitian menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA). Berdasarkan diagram sebab akibat diketahui akar penyebab mengapa kebisingan pada area produksi terjadi. Implementasi perbaikan kebisingan berupa pemasangan barrier pada area yang menggunakan mesin Welding dan Cutting, penggunaan Earplug dan Earmuff dan pemasangan stiker tanda bahaya kebisingan untuk memberikan petunjuk kepada operator. Setelah menerapkan implementasi perbaikan dilakukan perhitungan kebisingan kembali dengan hasil yang didapatkan terjadi penurunan nilai kebisingan sebesar 13,8%. Simpulan yang didapat adalah dalam mengurangi tingginya tingkat kebisingan yang diterima perlu dilakukan sebagai berikut: penggunaan barrier pada area yang menggunakan mesin Welding dan Cutting, penggunaan Earplug dan Earmuff, pemasangan stiker tanda bahaya kebisingan untuk memberikan petunjuk kepada operator.
USULAN PETA JALUR EVAKUASI MENGGUNAKAN ALGORITMA DJIKSTRA DI GEDUNG ALAWIYAH – UIA
Ananto Prabowo;
Jasan Supratman
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1177.313 KB)
Berdasarkan data yang diperoleh dari Jakarta Open Data, hasil dari rekapitulasi pada gedung bertingkat yang ada dijakarta berpotensi mengalami kebakaran setiap tahunnya. Cara mengantisipasi dari bahaya seperti kebakaran pada gedung adalah dengan memberikan kemudahan akses jalur evakuasi dan rambu-rambunya. Jalur evakuasi lintasan yang digunakan sebagai pemindahan langsung dan cepat dari orang-orang yang akan menjauh dari ancaman atau kejadian yang dapat membahayakan bahaya. Gedung Alawiyah di Universitas Islam As-Syafi’iyah saat ini sudah memiliki rambu-rambu evakuasi, namun rambu-rambu saat ini blm seluruh nya terpasang tersedia pada tempatnya. Oleh karena itu perlu mengantisipasi kebakaran dengan merancang jalur evakuasi. Perancangan jalur evakuasi terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama yaitu dengan metode algoritma djikstra untuk menentukan lintasan terpendek pada jalur evakuasi. Tahap kedua dengan acuan ISO 7010 untuk menentukan rambu-rambu apa saja yang digunakan. Pada lantai 1 jalur evakuasi bisa dilaksanakan dengan singkat karena langsung terhubung pada akses titik kumpul, namun untuk lantai 2 sampai 8 perlu akses melalui tangga darurat yang mana hasil dari algoritma Djistra tangga darurat barat digunakan untuk ruang kelas yang pada pada sisi barat dan tangga darurat sisi timur digunakan untuk ruangan kelas yg berapa disisi timur. Dengan adanya peta jalur evakuasi, diharapkan mempermudah akses penghuni gedung menuji tempat yang lebih aman. tterdapat perbaikan tanda jalur evakuasi diantaranya, 1 tanda titik kumpul, 5 tanda petunjuk jalur evakuasi yang masing-masing ada pada lantai 2 sampai 8 terkecuali 7 dan petunjuk exit yang ditambahkan tanda panah sebagai petunjuk tambahan dipasang pada dinding atau tiang penyangga.
INVESTIGASI PARAMETER KINERJA ALAT UJI OPEN CIRCUIT WIND TUNNEL TIPE SUBSONIC
Rio Hermawan;
Amiral Aziz;
Paul David Rey
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (732.849 KB)
Wind tunnel adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengujian aerodinamika terhadap sebuah model. Dalam investigasi wind tunnel data yang di ambil dengan menggunakan anemometer yaitu kecepatan angin dan temperatur, agar dapat mencari bilangan Reynold dan bilangan Mach. Untuk mencari drag force pengujian dilakukan dengan model cube, sphere, streamlined body dan trailer pada test section. Wind tunnel yang akan di Investigasi merupakan wind tunnel tipe subsonic (M < 1), dan aliran fluidanya adalah turbulen dimana bilangan Reynold lebih dari 4000. Hasil nilai rata-rata bilangan Mach adalah L1 = 0.005096, L2 = 0.009274, L3 = 0.00647. Hasil nilai rata-rata bilangan Reynold adalah L1 = 40828.75, L2 = 57105, L3 = 49861.25. Nilai rata-rata drag force pada model cube = 0.0059442, sphere = 0.0271092, streamlined body = 0.0000282, trailer = 0.0030782.
PERANCANGAN ALAT BANTU PEMUTAR FINAL DRIVE HD785-7 DALAM PROSES ADJUSTING PRELOAD BEARING DI PT. XYZ
Nurhadi Cahya;
Dudung Hermawan;
Tugiman Fachrudin
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (431.573 KB)
Final drive atau penggerak roda akhir adalah salah satu komponen dari unit HD785-7 yaitu dump truck seri dari pabrikan Komatsu yangmana merupakan kendaraan alat berat pertambangan. PT. XYZ merupakan kontraktor alat berat pertambangan yang salah satu pekerjaannya yaitu service komponen alat berat. Meningkatnya produksi final drive HD785-7 di PT.XYZ maka komponen tersebut harus dipercepat prosesperakitanya yang mana dalam kasus ini membuat alat bantu pemutar final drive dalam proses penyetelan preload bearing. Dimana untuk spesifikasi baut menggunakan baut M20 dan M24 serta ukuran yang disepakati dengan PT. XYZ maka alat ini dibuat agar mempercepat kinerja pekerja serta aman untuk digunakan. Alat bantu pemutar ini akan memutar hub final drive yang memiliki massa 1000kg dan torsi untuk memutarnya dalah 4655Nm. Sehingga pada saat alat ini selesai dibuat akan menurunkan proses kerja yang awalnya 6 jam kerja untuk proses penyetelan preload menjadi 3 jam kerja.
Unjuk Kerja Heat Pump Water Heater Dengan Daya Kompresor 0.25 HP
Untung Kurniawan;
Maryadi Maryadi
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (334.394 KB)
Mesin pendingin yang digunakan baik untuk tujuan pendinginan dan untuk tujuan pemanasan secara bersamaan dinamakan Mesin refrigerasi hibrida (Hybrid Refrigeration Machine). MesinHeat Pump untuk water heater yang dimiliki Teknik Mesin Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta banyak memberikanmanfaat bagi mahasiswa dan pengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (a)menghitung kerja kompresor persatuan massa refrigerant. (b)menghitung kalor yang dilepas oleh kondensor persatuan massa refrigerant. (c)menghitung kalor yang diserap oleh evaporator persatuan massa refrigerant. (d)menghitung beberapa formula dasar dalam teknik pendinginan seperti : Coefficient Of Performance (COP), (e)menghitung efisiensi dari mesin Heat Pump water heater, (f)menghitung laju aliran massa refrigerant. Penelitian dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam As-Syafi”iyah. Dari hasil pengujian, mesin Heat Pump dapat bekerja dengan baik, dengan beban air 7 liter, mesin Heat Pump dengan daya ¼ HP dan menggunakan fluida refrigerant R134a mampu mendapatkan suhu kerja kondensor sebesar 67°C, dan suhu kerja evaporator -03°C. Kerja kompresor persatuan massa refrigerant (Win) terendah sebesar 25 kJ/kg dan tertinggi 62 kJ/kg. Energi kalor persatuan massa refrigerant yang dilepaskan oleh kondensor (Qout) terendah sebesar 198 kJ/kg, tertinggi sebesar 205 kJ/kg. Energy kalor persatuan massa refrigerant yang diserap evaporator (Qin) terendah sebesar 136 kJ/kg, tertinggi sebesar 180 kJ/kg. Coefficient Of Performance actual terendah sebesar 2,19, tertinggi sebesar 7,2, Coefficient Of Performance ideal terendah sebesar 5,90, tertinggi sebesar 21,31, Nilai efisiensi Mesin Heat Pump water heater terendah 33%, tertinggi sebesar 43%, Laju aliran massa refrigerant terendah sebesar 0,003 kg/detik, tertinggi sebesar 0,00744 kg/detik.
MENGURANGI ONGKOS MATERIAL HANDLING MELALUI PERBAIKAN LAYOUT MENGGUNAKAN SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (SLP)
Mohamad Anik;
Aryono Adi Wibowo
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (760.671 KB)
Kyamas Logam merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang warehouse yaitu tempat penyimpanan barang – barang bekas berbagai macam alumunium. Permasalahan berawal dari Layout dimana perusahaan ini tidak dilakukan perencanaan yang benar sehingga layout menjadi tidak teratur dan jarak tidak efisien antara area kerja dapat menyebabkan peningkatan biaya pada ongkos material handling (OMH). Jarak lintasan aliran Kyamas Logam saat ini kurang efisien dengan jarak perpindahan material sepanjang 62.238 meter per minggu dan ongkos penanganan material belum diperhitungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran perancangan layout dalam memangkas jarak perpindahan material dan meminimumkan ongkos material handling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Systematic Layout Planning (SLP), yaitu metode yang mempunyai prosedur sebanyak 3 tahap meliputi analisis, tahap penyesuaian dan tahap evaluasi. Hasil penelitian bedasarkan metode Systematic Layout Planning di dapat tiga usulan alternatif dimana nilai ketiga nya dapat memangkas OMH. Diketahui OMH awal yaitu sebesar Rp. 5.260.186,89 dan jarak total layout awal yaitu 62.238 meter per minggu. Pada layout usulan I dapat menghemat OMH sebesar 23%, layout usulan II dapat menghemat OMH sebesar 35% dan layout usulan ke III dapat menghemat OMH sebesar 37%. Bedasarkan nilai yang diperoleh dari ketiga usulan maka layout yang direkomendasikan sebagai layout usulan dengan nilai paling minimum yaitu layout usulan ke III.
ANALISA PERBANDINGAN BAHAN BAKAR SOLAR DENGAN BIODIESEL B-20 MINYAK KELAPA SAWIT TERHADAP PERFORMANCE ENGINE KOMATSU SAA12V140E-3
Muhammad Martin;
Syahrul Anwar;
Nasrul Zein
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (304.017 KB)
Pemerintah dalam hal ini kementrian energi dan sumber daya mineral Republik Indonesia membuat kebijakan kepada pengguna bahan bakar solar khususnya industri untuk melakukan perubahan penggunaan bahan bakar alternatif. Hal ini dikarenakan kelangkaan akan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang diperoleh dari hasil minyak bumi. Masalah ini mendorong Plant Rebuild Center selaku penyedia component engine overhaul melakukan pengujian untuk mengetahui perbedaan performance engine menggunakan bahan bakar solar dengan bahan bakar alternatif yaitu biodiesel B-20, sehingga akan diketahui perbedaan persentase dari performace engine tersebut. Adapun engine yang digunakan sebagai pengujian, menggunakan engine Komatsu dengan model SAA12V140E-3. Pada pengujian ini bahan bakar solar dan biodiesel B-20 diuji untuk mengetahui performance masing-masing dengan parameter ukur berupa konsumsi bahan bakar, daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik dan efisiensi thermal brake. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan cara uji eksperimental mengunakan engine test bench sebagai alat uji. Dari hasil pengujian maka didapatkan daya yang dihasilkan engine berbahan bakar solar sebesar 867,846 kW dan daya yang dihasilkan engine berbahan bakar biodiesel B-20 sebesar 836,643 kW. Daya yang dihasilkan engine berbahan bakar biodiesel B-20 lebih kecil sekitar 3,5 % dibanding daya yang dihasilkan engine berbahan bakar solar.
RANCANG BANGUN DAN PENGUJIAN ALAT PENGUBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM)
Rio Budi Saputra;
Amiral Aziz;
Syahrul Anwar;
Nur Hidayath
Baut Dan Manufaktur Vol 2 No 02 (2020): Jurnal Baut Dan Manufaktur Vol. 2 No. 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Sains Dan Teknologi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (465.491 KB)
Sistem pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak adalah proses pengubah plastik dengan cara proses pyrolisis agar menjadi cairan yang nantinya akan menjadi bahan bakar minyak (bbm). Pembuatan alat ini bertujuan untuk mengkonversi limbah plastik menjadi bahan bakar minyak (bbm), mengetahui proses pengolahan sampah plastik dan mengetahui karakteristik bahan bakar yang dihasilkan oleh sampah plastik. rancang bangun alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (bbm) terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap persiapan berupa studi literatur dan membuat daftar bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam rancang bangun alatpengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (bbm). Tahap selanjutnya dilakukan proses fabrikasi alat, kemudian dilakukan perhitungan terhadap hasil rancangan alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (bbm) kemudian melakukan uji fungsional. Dari hasil test labarotorium, minyak plastic yang dihasilkan pada penelitian ini mempunyai Nilai Panas sebesar 10334 cal/gram, densitas rata-rata sebesar 795.75 kg/m3.