cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
+6221231170
Journal Mail Official
jurnal.reputasi@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No 98, Senen, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak
ISSN : -     EISSN : 27471799     DOI : https://doi.org/10.31294/reputasi
Core Subject : Science,
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak pertama kali publikasi tahun 2020 dengan nomor ISSN (Elektonik): 2747-1799 yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Bina Sarana Informatika. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak diterbitkan dua kali setahun pada bulan Mei dan November dalam bentuk elektronik. Redaksi menerima naskah berupa artikel ilmiah dan penelitian pada bidang: Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem dan Teknologi Informasi, Interaksi Manusia Komputer, Rekayasa Pengetahuan, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Fuzzy, dan Big Data.
Articles 44 Documents
Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Pemberian Kelayakan Kredit Motor Hardiyan
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sepeda motor adalah salah satu alat trasportasi yang digunakan untuk memudahkan aktifitas sehari-hari. Selain itu harga jual sepeda motor lebih terjangkau disemua kalangan. NSC Finance bergerak dalam bidang pembiayaan kredit sepeda motor untuk konsumen lama ataupun baru. Dikarenakan banyaknya konsumen kredit dengan kategori pembayaran bermasalah membuat NSC Finance untuk lebih selektif dalam menentukan calon konsumen yang akan kredit motor di NSC Finance. Peneliti mencoba menggunakan algoritma C4.5 untuk mendapatkan pohon keputusan sebagai aturan keputusan di NSC Finance. Dalam melakukan analisa maka ada 8 prediktor dan 1 prediksi dengan prediksi (lancar dan bermasalah) yang menjadi penentu kelayakan kredit. Dari perhitungan menggunakan Algoritma C4.5 mendapatkan hasil Status rumah menjadi faktor utama atau sebagai akar pada pohon keputusan dengan Node 1.1 yaitu DP (Down Payment) serta Node 1.2 Penghasilan, dengan kategori penghasilan rendah dan sedang lebih banyak kredit bermasalah sedangkan penghasilan tinggi hampir semua kredit lancar. Serta hasil klasifikasi menggunakan RapidMiner 8.0 Klasifikasi nilai accuracy 85,86%.
Prototype Aplikasi Edukasi Anak Berbasis Mobile Wahyutama Fitri Hidayat; Yesni Malau; Muhammad Fahmi Julianto
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi dunia dimana saat ini sedang berkembang dengan pesat telah menyasar berbagai aspek di masyarakat yaitu ekonomi, kebudayaan, seni, politik, dan tak terkecuali dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian yag dilakukan yaitu menghasilkan prototype aplikasi yang berberbasiskan mobile application dengan diberikan nama Aplikasi Edukasi Anak. Batasan yang digunakan di penelitian ini yaitu hanya akan dibahas mengenai merancangan aplikasi berdasarkan model prototype. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan Aplikasi Edukasi Anak berbasis mobile yang dirancang menggunakan aplikasi Justinmind. Hasil rancangan yang dilakukan pengujian dengan digunakannya metode BlackBox dapat menghasilkan fitur aplikasi prototype yang dirancang dapat berjalan sesuai dengan rancangan dan diterima.
PEMILIHAN KANDIDAT MANAJER MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS: Indonesia suharjanti
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penentuan penilaian karyawan terbaik guna menentukan kandidat sebagai manager dengan studi kasus pada divisi gudang pada PT. Dian Bestari Sejahtera, terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja karyawan terbaik yakni pendidikan, kehadiran atau absensi, sikap, kedisplinan, serta lama mengabdi. Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan sebagai langkah awal yang perlu diambil dalam penentuan kandidat manajer dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini dibandingkan satu dengan yang lain sehingga memberikan hasil nilai karyawan yang memberikan penilaian terhadap setiap kinerja karyawan terbaik. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan terbaik sehingga akan didapatkan karyawan yang layak menjadi kandidat manajer.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PADA REKRUTMEN KARYAWAN PT. FASTRATA BUANA CABANG TAMBUN DENGAN METODE TOPSIS Ani Yoraeni Hasan
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Fastrata Buana merupakan salah satu bisnis unit dari PT. Kapal Api Global yang bergerak dalam bidang distributor consumer goods yang bertugas untuk mendistributorkan barang-barang yang ada ke seluruh wilayah Indonesia. Proses rekrutmen karyawan merupakan permasalahan yang seringkali mengalami hambatan dalam menentukan calon karyawan yang layak diterima sebagai karyawan. Sehingga, perlu dibuat suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique For Others Preference By Similarity To Ideal Solution) untuk rekrutmen karyawan baru di PT. Fastrata Buana Cabang Tambun agar bisa membantu melakukan penilaian setiap karyawan untuk memudahkan pengambilan keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan, sehingga rekrutmen karyawan tidak bersifak subjektif. Dari hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh hasil keputusan yang menampilkan nilai terbesar yaitu Raditya Nugroho yang memiliki nilai terbesar dengan nilai 0,6966 dan nilai terkecil yaitu Ahmad Yehiya Ayyash Mubaarok dengan nilai 0,3946
Penerapan Incremental Model Pada Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Uswatun Hasanah Jakarta Ahmad Al Kaafi; Lisda Widiastuti; Febri Arsiadi
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMA Uswatun Hasanah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di daerah Jakarta Timur. Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi pada saat ini sudah semakin pesat, dimana hampir semua pekerjaan sudah menggunakan teknologi. Berbagai macam fasilitas disediakan untuk memenuhi pekerjaan dalam kehidupan. Perkembangan juga terjadi pada sistem pendidikan termasuk kedalam pendaftaran peserta didik baru, dimana pada masa seperti ini, online menjadi salah satu pilihan untuk mendaftar agar lebih mudah. SMA Uswatun Hasanah masih melakukan pendaftaran peserta didik baru secara manual, dimana perlu banyak petugas dan membutuhkan beberapa buku sebagai pencatatan yang sering kali terjadi kesalahan dalam pencatatan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada dibutuhkan sebuah sistem informasi yang efektif dan efisien. Pengembangan sistem informasi penerimaan peserta didik baru di rancangan menggunakan Incremental Model. Dengan menggunakan incremental model dapat membantu untuk mengurangi biaya karena manajemen sederhana dan resiko untuk kegagalan proyek secara keseluruhan lebih rendah sehingga perangkat lunak dapat segera digunakan dengan tepat waktu, tepat biaya, mampu menyelesaikan permasalahan yang ada serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan para pengguna.
Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Resto Cepat Saji esty purwaningsih
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat kepuasan pelanggan terdapat tingkat kepentingan, kinerja dan hasil yang dirasakan memberikan hasil yang sama atau bahkan melampaui dari harapan pelanggan. Sedangkan ketidakpuasan terjadi apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan yang diinginkan pelanggan. Tantangan tersulit bagi setiap pelaku industri kuliner agar para pelanggannya tetap setia. Sehingga untuk memenangkan persaingan maka perlu meningkatkan kepuasan pelanggan. Ada 5 (lima) dimensi dalam mengukur kualitas pelayanan berdasarkan pada nilai harapan dengan nilai kinerja, diantaranya tangible, reliability, responsiveness assurance, dan emphaty. Penilaian kepuasan pelanggan yang diambil berdasarkan kuesioner yang telah diisi oleh pelanggan. Kemudian diolah kedalam algoritma C4.5, dimana algoritma tersebut merupakan model klasifikasi yang menghasilkan pohon keputusan yang sangat mudah dimengerti, mudah untuk dibangun, serta membutuhkan data percobaan yang lebih sedikit dibandingkan algoritma klasifikasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan dan membantu pihak resto dalam meningkatkan pelayanan. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan algoritma C4.5 didapatkan akurasi sebesar 95,36%.
Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dengan Pengujian User Acceptance Testing Agung Wibowo; Ida Darwati
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang suatu kegiatan, begitu juga sebagai penunjang dalam kegiatan di sekolah yaitu kegiatan belajar mengajar. Jika sarana dan prasarana dikelola dengan baik maka dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Dalam menjaga seluruh sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 3 Sukabumi, diperlukan suatu sistem yang dapat mengelola data sarana dan prasarana agar jumlahnya tetap mencukupi dan fungsinya dapat terjaga dengan baik. Pada penelitian ini penulis merancang dan membangun sistem informasi pengelolaan sarana dan prasarana berbasis web sehingga dapat memudahkan dalam pengelolaan sarana dan prasarana, mempercepat dalam pencarian data, mengetahui kondisi dan keberadaannya. Dalam perancangan dan pembangunan sistem infomasi ini penulis menggunakan model waterfall dan menggunakan pengujian User Acceptance Testing (UAT) untuk mengukur apakah aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan kebutuhan SMA Negeri 3 Sukabumi dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah.
Sistem, Pendukung Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Gaming Android Terbaik Dengan Metode Weighted Product Syifa Nur Rakhmah -; Raden Aldhi Rajendra Yusuf
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The lack of information in choosing an effective android gaming smartphone makes it difficult for people to choose the best gaming smartphone while people only know about ordinary smartphones with criteria that are not for games. By conducting this research, it can provide information in making decisions to determine the best Android gaming smartphone. Solutions using a decision support system using the Weighted Product (WP) method, the Weighted Product method can assist in making decisions but calculations using this method only produce the largest value that will be selected as the best alternative. The targeted population is the area of North Bekasi which amounted to 329,976 people with a presentation of leeway of five percent (5%) using the slovin formula and the results obtained were 399.515 rounded up to 400 samples. The criteria that have been set based on standard specification data for gaming smartphones for playing games are (price, battery, RAM, ROM, Chipset, and GPU) as well as alternatives selected based on the best gaming cellphones in 2021, namely Asus ROG Phone 3, Black Shark 3, Realme X50 Pro 5G, OPPO Find X2 Pro, Nubia Red Magic 5G. By using a decision support system using the Weighted Product method, it is concluded that the selection of the best Smartphone Gaming at this time in the North Bekasi area and the appropriate criteria have obtained satisfactory results in the selection of the best Gaming Smartphone. In other words, Asus ROG Phone 3, Black Shark 3 and OPPO Find X2 Pro are recommended as the best Android Gaming Smartphones today.
Komparasi Algoritma MobileNet Dan Nasnet Mobile Pada Klasifikasi Penyakit Daun Teh Nila Hardi
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daun teh tidak semuanya bisa dipanen dengan baik, karena ada beberapa penyakit daun yang dapat menyerang pertumbuhan daun teh itu sendiri. Penelitian dilakukan guna peningkatan kualitas daun teh yaitu melakukan klasifikasi terhadap penyakit dari daun teh. Dataset yang digunakan pada penelitian ini yaitu terdiri dari beberapa jenis penyakit daun teh yaitu algal spot, brown blight, gray blight, helopeltis, red spot dan juga healthy atau daun teh yang sehat. Sedangkan untuk metodenya, peneliti akan mengkomparasi metode MobilNet dan Nasnet Mobile pada klasifikasi penyakit daun teh tersebut. Dari hasil Komparasi antara metode MobilNet dan NasNet Mobile dalam klasifikasi penyakit daun teh, NasNet Mobile mendapatkan hasil akurasi sebesar 88% sedangkan MobileNet sebesar 95%
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Spare Part Forklift dan Jasa Service Secara Kredit Rahayu Ningsih; Ahmad Ibni Zufar; Utama Prawira Rasa
Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak Vol. 1 No. 1 (2020): Mei 2020
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.769 KB) | DOI: 10.31294/reputasi.v1i1.30

Abstract

Komputer merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah instansi atau perusahaan di berbagai bidang khususnya di bidang bisnis. CV. Anugerah Cahaya Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan spare part, jasa service dan rental forklift. CV. Angerah Cahaya Mandiri membutuhkan adanya sistem informasi terkait dengan penjualan yang menunjang dan mempermudah dalam penyajian laporan yang tepat. penjualan pada CV. Anugerah Cahaya Mandiri di lakukan secara kredit atau memberikan tempo pembayaran pada pembelinya. Sistem yang di gunakan pada CV. Anugerah Cahaya Mandiri yaitu sistem yang belum terkomputerisasi atau manual, mulai dari penginputan data, pengolahan serta penyimpanan data yang berhubungan dengan proses tersebut. Maka kemungkinan besar terjadinya kesalahan perhitungan dalam pembuatan laporan penjualan yang mengakibatkan selisih, oleh karena itu peneliti menggunakan metode pengembangan software waterfall dan untuk desain sistem dengan menggunakan UML untuk menyelesaikan masalah yang ada. Diharapkan Sistem komputerisasi merupakan penyelesaian dari permasalahan tersebut, dimulai dari memperbaiki sistem yang ada hingga terkomputerisasi dan suatu kegiatan yang  dapat menghasilkan laporan secara efektif maupun efisien