cover
Contact Name
syaifatul jannah
Contact Email
syaifatuljannah5@gmail.com
Phone
+6281331623811
Journal Mail Official
jurnalhudanlinnaas@gmail.com
Editorial Address
Kampus Pusat IDIA Prenduan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep, Jawa Timur Kode Pos 69465
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
HUDAN LINNAAS: JURNAL ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
ISSN : 27751198     EISSN : 27752755     DOI : 10.28944
Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora focus in the areas related on the fololowing aspects including social sciences, social education, sociology, communication, guiding and counselling, politics, economics, accounting, history, public, culture society, culture and language, text and Film analysis, geographics, and others
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023" : 6 Documents clear
STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN NURUL HUDA DESA PAKAMBAN LAOK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SANTRI Rosyidi Rosyidi; Lailis Sariroh
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023
Publisher : Al-Amien Prenduan for Islamic Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i1.1132

Abstract

Di Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok selain karakter dan latar belakang santri yang bermacam-macam, Pondok Pesantren Nurul Huda juga memiliki beberapa santri yang seringkali berulah seperti, tidak menghormati yang lebih tua, bertengkar, berkata tidak sopan, pacaran, mencuri, dan lain sebagainya. Melihat problem tersebut maka keberadaan pondok pesantren memiliki peran aktif di dalam melakukan strategi dakwah untuk meningkatkan akhlak santri. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan strategi dakwah Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Pakamban Laok untuk meningkatkan akhlak santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi dakwah yang dilakukan Pondok Pesantren Nurul Huda untuk meningkakan akhlak santri, yaitu melalui beberapa strategi diantaranya adalah strategi, 1) Nasehat, 2) Pengajian kitab kuning, 3) peraturan pondok pesantren, 4) Kegiatan keagamaan, 5) Keteladanan, dan 6) Pembiasaan. Serta terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan akhlak santri. Dengan adanya strategi ini, santri semakin meningkat akhlaknya dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam kualitas ibadah santri serta akhlak santri yang mulai membaik.
EFEKTIVITAS MITIGASI PASCABENCANA ALAM BERKELANJUTAN BERBASIS KEARIFAN LOKAl Dian Nugraheni; Dadi Mulyadi Nugraha; Siti Hamidah; Salma Nuralifah Sutiara; Ade Deni; Galin Bestari
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023
Publisher : Al-Amien Prenduan for Islamic Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i1.1053

Abstract

Mitigasi pascabencana merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan setelah bencana terjadi yang bertujuan untuk meminimalkan trauma psikologis pada anak-anak. Pelaksanaan yang baik dan terorganisasi dari setiap fase bencana akan meminimalkan dampak fisik, psikologis, dan sosial, dari setiap fase bencana akan mempercepat pemulihan pascabencana. Tujuan penelitian ini adalah memberikan dukungan dan saran kegiatan pendampingan anak-anak mengenai trauma healing sebagai wujud tanggap bencana untuk mengurangi gagguan psikologis yang dirasakan korban bencana alam pasca gempa bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan.Hasil penelitian ini yaitu mengobati trauma pada anak-anak korban bencana pasca gempa, pendekatan yang digunakan yaitu bermain, bercerita, serta berolahraga bersama anak-anak di balai pengungsian.   
PENGARUH KONSELING TEMAN SEBAYA TERHADAP HOPELESSNESS SANTRIWATI REMAJA AWAL Mila Rosyta Noor Awalin; Alfin Miftahul Khairi
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023
Publisher : Al-Amien Prenduan for Islamic Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i1.999

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Hopelessness atau keputusasaan yang dialami oleh santriwati remaja awal yang perlu mendapat penanganan, karena hopelessness yang dialami santriwati membuat mereka mengalami gangguan tidur, hilangnya rasa percaya diri dan nantinya akan mengganggu performa fungsi psikologis yang akan menghambat aktivitas sehari hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling teman sebaya terhadap hopelessness santriwati remaja awal di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis pre-experimental, dengan desain One Group Pretest and Posttest Design. Teknik penentuan subjek menggunakan random purposive sampling berjumlah 39 subjek. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 22. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo.Hasil uji hipotesis diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah 0,006. Jika 0,006 < 0,05 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling teman sebaya berpengaruh terhadap hopelessness santriwati remaja awal di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo.
ANALISIS CARA BELAJAR MENURUT MADZHAB TEORI BELAJAR MODERN Abdillah Mahbubi; Sinta Nailul Latifah; M. Yunus Abu Bakar
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023
Publisher : Al-Amien Prenduan for Islamic Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i1.1126

Abstract

Madzhab teori belajar merujuk pada beberapa pandangan dan pendekatan dalam menjelaskan proses pembelajaran. Terdapat beberapa madzhab teori belajar yang terkenal dan banyak digunakan dalam konteks pendidikan, seperti behavioristik, kognitifistik, konstruktivisme, generatif, dan humanistik. Setiap madzhab teori belajar memiliki prinsip dan pendekatan yang berbeda dalam menjelaskan proses pembelajaran. Dalam pengajaran di kelas, teori belajar digunakan untuk merancang strategi pengajaran yang efektif, memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Teori belajar juga digunakan sebagai landasan dalam penelitian empiris untuk menguji efektivitas dari masing-masing teori belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tulisan ini membahas tentang pembetukan madzhab – madzhab tersebut. madzhab teori belajar dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membantu guru dalam merancang strategi pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tulisan ini juga membahas tentang beberapa kritik terhadap madzhab teori belajar, seperti ketidakmampuan untuk menjelaskan perbedaan individual dalam pembelajaran dan kurangnya perhatian terhadap konteks sosial dalam pembelajaran. 
STRATEGI DAKWAH NY. HJ. MAMNUNAH RAHIEM (STUDI PADA KULIAH SUBUH DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN) Agus Saifuddin Amin; Laila Nur Jannah
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023
Publisher : Al-Amien Prenduan for Islamic Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i1.1040

Abstract

Strategy can be said as a mindset in planning an activity to change attitudes, opinions, and behavior of the audience. Strategy is part of communication planning. In addition, there is a policy that will determine the steps and sources used in the communication process. What is meant by wisdom here is an act that is thought in accordance with the intelligence of the communicator in compiling words. As with communication, the communicator must understand the existence of a source and interpret its destination. Likewise, a communicator must think about making the message to be conveyed so that the goal is achieved. To achieve a goal, communicators need to think about methods and techniques according to the conditions of the communicant. The communicator also needs to know every thought of the communicant, as well as the impact, what will happen because of the communication conveyed by the communicator.This study uses a qualitative approach and the type of research is descriptive analysis with interview and observation data collection methods, to obtain accurate data the researcher uses case study research. Case studies are studies that provide more valid knowledge or explore a problem in detailed terms, which have in-depth data collection, can include various sources of information.The results of this study indicate that the da'wah strategy used by Mrs. Hj. Mamnunah rahiem greatly influences other people because it has several factors, namely if we develop a strategy carefully, then a da'I will easily convey his message.  
دراسة السلوكية عن طريقة تعلم النحو والصرف Azisi Sy; Nurfaiza Az
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 4, No 1 (2023): Jurnal Hudan Linnaas Vol 4 No. 1, 2023
Publisher : Al-Amien Prenduan for Islamic Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v4i1.1135

Abstract

Language is the most important social phenomenon in life and every social progress is mastered thanks to language. One of them is Arabic. Learning Arabic cannot be separated from the words of grammar and morphology. The study of grammar and morphology requires an applied method because the most important factor in the development of education, especially in the middle religious school Nour al-Huda, is the application of the learning style. Various efforts were made by the religious school and Professor Noor Al-Huda girls in teaching students who excel in religious knowledge. In addition, in the religious and middle school Nur al-Huda, he also teaches students to memorize and learn the sciences written by previous scholars, i.e. the inheritance book, with the aim that students are familiar with a clear foundation. In the study of the science of the book inheritance must deepen the science of grammar and morphology. Traditionalism in the world of education is closely linked, especially in the formation of students' behavior. With this theory, it has a great impact on learning, especially in learning grammar. The purpose of this study is to identify the methods, theories and materials applied in the middle religious school Nour al-Huda girls and to identify the positive and negative effects of the study of grammar and morphology. Data collected in this study

Page 1 of 1 | Total Record : 6