cover
Contact Name
Zuriatin
Contact Email
jurnalipstsb@gmail.com
Phone
+6285205393336
Journal Mail Official
kampustsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN IPS
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880308     EISSN : 26850141     DOI : https://doi.org/10.37630/jpi
Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan platform sebagai sarana bagi peneliti, akademisi, praktisi dan profesional untuk mempublikasikan hasil penelitian. Fokus dan lingkup penulisan (Focus & Scope) dalam Jurnal Pendidikan IPS meliputi: 1. Ilmu Sosial dan Pendidikan Ilmu Sosial 2. Sejarah dan Pendidikan Sejarah 3. Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi 4. Geografi dan Pendidikan Geografi 5. Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi 6. Ilmu Hukum dan Humaniora
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS" : 6 Documents clear
Rumah Tahan Gempa Berkonstruksi Bambu Sebagai Metode Mitigasi Bencana Masyarakat Garut Mamur Ramdani; Aulia Nisa Alifah; Eldi Mulyana
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i1.518

Abstract

Kondisional wilayah Garut yang memungkinkan memiliki tingkat kerentanan terhadap bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor. Garut kaya akan sumber daya alam terutama di bidang pertanian dan perkebunan seperti sayuran, teh dan lain-lain. Selain itu Garut juga memiliki potensi besar akan kehutanan, salah satunya adalah Bambu. Salah satu daerah yang kaya akan potensi bambu adalah Kecamatan Selaawi, yang mana masyarakat setempat menanam pohon bambu itu di setiap kebunnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi berkaitan dengan sistem sosial dan sistem perekonomian masyarakat sekitar sebagai pembuat kerajinan bambu, juga bisa digunakan sebagai rumah tahan gempa. Hasil dari penelitian ini bahwasannya dapat dijadikan sebagai pencegahan bencana alam gempa karena sifatnya yang lentur dan kuat membuat bambu cocok menjadi konstruksi rumah tahan gempa. Ketika terjadi gempa bambu akan mengikuti arah getaran/guncangan gempa dan akan kembali ke posisi awal. Dengan demikian dapat menjadikan dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang rumah tahan gempa berkonstruksi bambu sebagai metode mitigasi bencana bagi masyarakat Garut.
Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Ecopedagogy terhadap Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik Siti Tartila; Eldi Mulyana
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i1.521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS terhadap peningkatan kecerdasan ekologis peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Garut. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test yang menunjukkan bahwa pendekatan ecopedagogy dapat meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik. Dari hasil posttest kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol,berdasarkan hasil pretest dan posttest yang menunjukan bahwa rata-rata nilai N Gain 4,31. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan lebih tinggi didapat dari kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan ecopedagogy yang artinya pembelajaran IPS berbasis ecopedagogy meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik.
Inovasi Pembelajaran IPS Melalui Adobe Animate Creative Cloud Lilik Purnamawati; Eldi Mulyana
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i1.524

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu ilmu pengetahuan yang diajarkan dalam pendidikan di Indonesia. Pendidikan dan Pembelajaran IPS memiliki peran yang sangat strategis baik di tinjau dari aspek akademik maupun kepentingan berbangsa dan bernegara. dijelaskan bahwa IPS merupakan kajian yang wajib dimuat dalam kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah yang antara lain mencakup ilmu geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi yang dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Pengamatan dalam kegiatan penelitian difungsikan sebagai salah satu cara untuk membawa keadaan yang nyata kepada peserta didik. Secara tidak langsung sebagai contoh nyata dari ilmu sosial yang sedang dipelajari, menerapkan dengan metode penelitian kuantitatif sehingga dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan intrumen penelitian, analisis data bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. hasil yang ditunjukkan dari suatu interaksi tindak belajar dan ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik mendapatkan pengajaran yang lebih yang efektif perlu adanya inovasi terbaru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi slah satunya dengan menggunakan media pembelajaran melalui Adobe Animate Creative Cloud. Media yang menarik dan menyenangkan dapat memberikan manfaat sehingga meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam proses belajar. Media pembelajaran juga dapat memperjelas penyajian informasi sehingga dapat memudahkan penyerapan materi pembelajaran kepada peserta didik serta membantu para guru mengembakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif
Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Eldi Mulyana
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i1.554

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, kemampuan menghubungkan kognitif dengan dunia luar sehingga mampu membuat keputusan, pertimbangan, tindakan, dan keyakinan. Berdasarkan pra-penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Salah satu pendekatan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini menggunakan quasy eskperimen, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Asy-Syarifiyah Garut, tehnik pengambilan sampel menggunakan sample rondom sampling, dimana kelas VII-A merupakan kelas eksperimen dan kelas VII-B merupakan kelas kontrol penelitian dengan materi dinamika penduduk indonesia. Instrumen yang digunakan untuk kemampuan berpikir kritis adalah pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pengelolaan data menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai Sig.0.021 dan α = 0,05 berarti Sig. < α, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik (VII-A) lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan pendekatan konvensional.
Pemanfaatan Menara Kudus Bagi Pembelajaran IPS Tingkat SMP/MTs Abi Zubair
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i1.560

Abstract

Fokus dalam riset ini adalah: (1) Memahami sejarah, karakteristik, dan akulturasi kebudayaan yang ada di Menara Kudus, (2) Mengetahui Pemanfaataan Menara Kudus pada pembelajaran IPS di tingkat SMP/MTs, (3) Mengidentifikasi relevansi situs Menara Kudus terhadap materi pada tingkat SMP/MTs, dan (4) Mengetahui Hambatan dan Solusi instansi serta tenaga pendidik dalam memanfaatkan Situs Menara Kudus bagi Pembelajaran IPS tingkat SMP/MTs. Jenis riset ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan memanfaatkan informasi dari pihak yang berhubungan dengan situs kawasan Menara Kudus. Teknik pengumpulan data yakni dengan teknik wawancara kepada narasumber. Observasi langsung dengan mengamati bangunan dan area Menara Kudus. Serta sumber tertulis pada artikel jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan. Analisis data diawali dengan mereduksi data, menyajikan data, dan tahap kesimpulan. Hasil riset bahwa (1) Situs Menara Kudus dapat dimanfaatkan dari bidang kajian IPS yakni sejarah, sosiologi, geografi, dan ekonomi dengan nilai-nilai budaya seperti religius, toleransi, historis, tanggung jawab, kerja keras, dan kepercayaan, (2) Relevansi materi terdapat pada kelas VII, VIII, dan IX. (3) Hambatan dalam memanfaatkan situs Menara Kudus diantaranya karena Alat Transportasi dan Biaya, Terbatasnya waktu, Kurangnya kreativitas guru, hingga pihak instansi Pendidikan. Sedangkan, Solusi yang bisa dilakukan terletak pada Dukungan pihak sekolah dan kreativitas dari guru.
Kompleksitas Konflik Ukraina-Rusia Syahbuddin Syahbuddin; Tati Haryati
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i1.617

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompleksitas konflik Ukraina-Rusia sejak tahun 1991 sampai sekarang. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat langkah yaitu mengumpulkan data atau heuristik, kritik sumber atau verifikasi, penafsiran sejarah atau interpretasi dan penulisan sejarah atau historiografi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konflik Ukraina-Rusia telah berlangsung sejak tahun 1991. Paska runtukhnya Uni Soviet, Ukraina menolak dominasi Rusia dalam Commonwealth of Independent States (CIS) maupun Eropa Timur dan memlih bergabung dengan Uni Eropa (UE). Konflik Ukraina-Rusia kemudian berlanjut pada tahun 2013 yang diawali krisis ekonomi Ukraina dan pencopotan Yanukovych yang pro Rusia dari kursi kepresidenan dan digantikan oleh presiden yang pro Barat-NATO. Hal ini menyebabkan beberapa wilayah yang pro Rusia seperti Luhank, Doneks dan Crimea mulai bergejolak dan menyatakan diri bergabung dengan Rusia. Pemerintah Rusia di bawah Putin merasa terancam baik dalam aspek ekonomi, politik maupun militer apabila Ukraina bergabung dengan Barat-NATO. Putin menyampaikan proposal jaminan yang mengikat secara hukum bahwa aliansi militer NATO akan menghentikan aktivitas militer apa pun di Eropa Timur dan Ukraina. Usulan tersebut ditolak oleh Amerika Serikat (AS). Atas penolakan tersebut, Vladimir Putin pada 24 Februari 2022 mengumumkan bahwa Rusia telah membuat keputusan untuk melancarkan "operasi militer khusus" di Ukraina Timur.

Page 1 of 1 | Total Record : 6