cover
Contact Name
Zuriatin
Contact Email
jurnalipstsb@gmail.com
Phone
+6285205393336
Journal Mail Official
kampustsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN IPS
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880308     EISSN : 26850141     DOI : https://doi.org/10.37630/jpi
Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan platform sebagai sarana bagi peneliti, akademisi, praktisi dan profesional untuk mempublikasikan hasil penelitian. Fokus dan lingkup penulisan (Focus & Scope) dalam Jurnal Pendidikan IPS meliputi: 1. Ilmu Sosial dan Pendidikan Ilmu Sosial 2. Sejarah dan Pendidikan Sejarah 3. Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi 4. Geografi dan Pendidikan Geografi 5. Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi 6. Ilmu Hukum dan Humaniora
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS" : 8 Documents clear
Pembinaan Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIb Dompu Suherman, Suherman
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.122

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui dan menganalisa model pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan terhadap Narapidana Wanita. 2. Untuk mengetahui dan menganalisa faktor Apa Sajakah yang menjadi Penghambat pelaksanaan pembinaan Narapidana Wanita dan Upaya-upaya apa sajakah yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu dalam dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Yuridis Empiris, yaitu suatu metode penelitian hukum yang berfungsi untuk melihat hukum dalam artian nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat. Dikarenakan dalam penelitian ini meneliti orang dalam hubungan hidup di masyarakat maka metode penelitian hukum yuridis empiris dapat dikatakan sebagai penelitian sosiologi hukum karena untuk melihat aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial didalam masyarakat, dan berfungsi sebagai penunjang untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi temuan bahan non hukum bagi keperluan penelitian atau penulisan hukum. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa pembinaan Narapidnaa wanita di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu sesuai dengan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor: M.02-PK.04.10 Tahun 1990 Tentang Pola Pembinaan Narapidana dan Tahanan serta Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan. Hanya saja pelaksanaannya belum terlaksana secara optimal yang disebabkan beberapa hal, yaitu: Kualitas Sumber Daya Manusia, Kurangnya Kerja sama dengan Pihak ketiga, serta sarana dan prasarana yang belum memadai serta beberapa faktor penghambat pelaksanaan Pembinaan yaitu: Faktor Intern (Sarana Gedung Lapas, Kualitas dan Kuantitas Petugas, Kesejahtreaan Petugas, Sarana/Fasilitas, Anggaran Lapas, SDM, Ragam Program Pembinaan) serta Faktor Intern (Faktor Ekonomi, Faktor Pendidikan). Untuk itu disarankan kepada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu untuk lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia bagi para Petugas/Pegawai Lembaga Pemasyarakatan tersebut dengan berbagai macam pelatihan-pelatihan, serta melaksanakan pembinaan secara optimal sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan diharapkan kepada pemerintah pusat untuk membetuk peraturan-peraturan yang khusus dalam mengatur tentang pembinaan Narapidana wanita agar tepat sasaran
Problem Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Penegakan Hukum Ahmadin, Ahmadin
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.123

Abstract

Tujuan utama penegakan hukum adalah untuk mewujudkan adanya rasa keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan dalam masyarakat. Dalam proses tersebut, maka harus mencerminkan aspek kepastian dan ketertiban hukum. Dalam penegakan hukum perlu disampaikan lima hal yang menjadi tujuan penegakan hukum. Pertama, mengubah pola pikir masyarakat. Kedua, pengembangan budaya hukum. Ketiga, jaminan kepastian hukum. Keempat, pemberdayaan hukum. Terakhir, pemenuhan keadilan. Oleh karena itu, penegakan hukum harus dilakukan secara top down, dari penegak hukum kepada masyarakat. Dalam penegakan hukum, lembaga hukum harus memainkan peranan penting Sebagai penegak etika bagi para penegak hukum dan penegak hukum ini berfungsi sebagai checks and balances pada pelaksana sebagai kekuasaan kehakiman dan untuk menghindari terjadinya "abuse of power". Selain itu, lembaga hukum juga berfungsi sebagai katalisator, yaitu mendekatkan masyarakat pencari keadilan dalam mendapatkan keadilan melalui peradilan bersih, transparan, independen dan berkeadilan.
Upaya Peningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Siswa Kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Tahun Pelajaran 2018/2019 Sri Kurniawati; Syahbuddin, Syahbuddin
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.124

Abstract

Tujuan yang diharapkan dapat dicapai dalam kegiatan penelitan ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Listening Team pada mata pelajaran Sejarah di kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Classroom Action Research). Arikunto (2013:130) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu pengamatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dalam sebuah kelas dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran. Objek penelitian adalah siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi Kabupaten Bima. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Ambalawi dimana pada siklus I rata-rata nilai tes formatif sebesar 70,92 menjadi 84,07 pada siklus II atau meningkat sebesar 14,94 sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 70,37% menjadi 92,59% pada siklus II dimana terjadi peningkatan sebesar 22,22%. Peningkatan prestasi belajar ini disebabkan meningkatnya aktivitas belajar siswa baik kegiatan diskusi maupun presentasi.
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018 Tati Haryati; Samsinah, Samsinah; Rosdiana, Rosdiana
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.125

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMAN 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain adalah Pretest Posttes Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018, berjumlah 6 kelas yaitu X IPA¹, X IPA², X IPA³, X IPS¹, X IPS², dan X IPS³ sebanyak 213 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah X IPS¹ dan kelas kontrol adalah X IPS². Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan Teknik anlisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Manggelewa Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata post-tes kelompok eksperimen 80,57 sedangkan rata-rata untuk kelompok kontrol 65,90 dan perhitungan dengan ujit diperoleh thitung=27,389 > ttabel = 4,001, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Kebudayaan Islam yang Berkembang di Kesultanan Bima pada Abad Ke XVII M Zuriatin, Zuriatin; Nurhasanah, Nurhasanah
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.126

Abstract

Masuk dan berkembangnya Islam di Bima tidak hanya membawa perubahan besar pada kepercayaan yang di anut oleh masyarakat di kerajaan tersebut namun juga membawa perubahan secara-besaran terhadap tatanan politik, sosial dan kemasyarakatan serta kebudayaan. Pengaruh Islam terlihat nyata pada kebudayaan yang berkembang sesudah agama ini mulai tumbuh dan berkembang di Bima. Perpaduan antara kebudayaan Islam dan kebudayaan local terjalin indah dalam setiap adat dan budaya yang berkembang dalam masyarakat. hal ini terlihat dari berbagai kebudayaan antaa lain; pertama “Rimpu” yang merupakan busana adat harian tradisional yang berkembang pada masa kesultanan Bima. Sebagai pakaian yang mencerminkan identitas wanita Bima yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Upacara memperingatan mauled nabi besar Muhammad SAW di oleh masyarakat Bima di adakan acara Hanta Ua pua. Ketiga Zikir (jiki) kepada Allah yang di lantunkan pada suklus hidup masyarakat. Keempat Hadrah: Merupakan tari tradisional Bima yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT. Kelima Dali merupakan Puisi yang di sebut “dali” ini dapat juga di sebut dalil yaitu suatu petuah dan nasehat yang berdasar atas adat dan agama. Keenam Acara khitan dan Khatam Al-qur’an Dalam adat Bima, proses pendewasaan seorang anak manusia ditandai dengan dua macam upacara adat. Upacara adat ini merupakan pengejawantahan syariat Islam yaitu kewajiban untuk melaksanakan khitan bagi laki-laki serta anjuran untuk menamatkan pembelajaran baca Al-Qur’an sebagai penuntun hidup seorang manusia untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat
Geliat Ekonomi Pasar Ikan Palibelo Kabupaten Bima Mochamad Noeryoko
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.127

Abstract

Dalam penelitian ini penulis membahas tentang geliat ekonomi pasar ikan palibelo fokus dari penelitian ini yaitu : (1) bagamana para pedagang mendapatkan stok barang dagangan. (2) bagaimana proses penjualan ikan di pasar Ikan Palibelo (3) bagaimana tingkat kesejahteraan pedangang di pasar ikan Palibelo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data terdiri dari sumber data sekunder dan sumber data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, juga dokumentasi. Hasil penelitian (a). pedagang ikan dipasar ikan Palibelo mendapatkan stok ikan dari pemilik tambak yang ada disekitar teluk Bima bagian tenggara berupa ikan bandeng yang biasa dipelihara ketika musim kemarau karena dimusim hujan tambak rentan terhadap banjir yang sering menyebabkan ikan terbawa banjir dan stok ikan laut lainnya diperoleh dari nelayan yan yang beroperasi di teluk Bima. (b). Pedagang dalam menjual dagangan membuka lapak dipasar ikan Palibelo yang ada di jalan nasional Bima Dompu tepatnya di depan bandara bagian selatan yang buka pada jam 08.00-17.30 Wita. (c). Kesejahteraan pedagang meningkat karena hasil penjualan ikan cukup banyak karena posisi pasar yang sangan strategis yang menghubungkan kota bima denga daerah kabupaten Bima bagian selatan dan kabupaten Dompu.
Analisa Pengaruh Perkembangan Laba Rugi Bersih Sebelum Pajak Badan terhadap Perkembangan Kas dan Setara Kas Perusahaan Industri Mebel Irwan Rutlan Atmadireja; Yenia Endriastuty; Daryanto, Daryanto
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.196

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi “Korelasi Antara Laba Bersih Sebelum Pajak atau Laba Sebelum Pajak / EBT dan Setara Kas dan Kas di Perusahaan Manufaktur. Adapun populasi target dalam penelitian ini adalah Kas dan Setara Kas di Perusahaan Industri Mebel Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 sampel total EBT dan Setara dan Tunai dalam 12 bulan. Dalam penelitian ini desain penelitian menggunakan desain cross sectional yang bertujuan untuk menentukan frekuensi dan korelasi variabel independen dan hubungannya dengan variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara EBT dan Cash dan Cash Equivalent dengan nilai koefisien <0,05. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat EBT dan Setara dan Tunai di Perusahaan Industri Mebel Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
Analisa Rasio Keuangan dalam menilai Tingkat Efisiensi dan Efektivitas Operasi Pada Politeknik LP3I Kampus Bekasi Periode 2017/2018 Zaenah, Zaenah
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v8i2.197

Abstract

Tujuan penelitian ini membahasasbagaimana analisa laporan keuangan dalam menilai tingkat efisiensi dan efektifitas operasi pada Politeknik LP3I Kampus Bekasi periode 2017/2018 yang bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan apakah baik atau tidak dibanding dengan perusahaan sejenis. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan dan wawancara langsung kepada pihak terkait. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian adalah penelitian deskriptif dan menggunakan variable independen (bebas) yaitu tingkat efisiensi dan efektifitas yang diukur dengan beberapa sub variable diantaranya rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas dan rasio aktifitas; Hasil analisa likuiditas, rasio yang dipergunakan mencakup rasio lancer (current Ratio), Rasio cepat (Quick Ratio), dan rasio kas (Csh Ratio). Analisa dengan rasio ini menunjukan Politeknik LP3I Kampus Bekasi tergolong likuid dalam memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya pada saat jatuh tempo; Hasil analisa solvabilitas, rasio yang dipergunakan adalah rasio Hutang terhadap modal sendiri, dan rasio Hutang terhadap Aktiva. Analisis ini menunjukan bahwa kondisi keuangan Politeknik LP3I Kampus Bekasi Solvabel dalam menjamin seluruh kewajiban-kewajiban jangka pendek dan jangka panjang dengan modal dan aktiva yang ada; Hasil analisa rentabilitas, rasio yang dipergunakan adalah laba usaha berbanding dengan modal yang ada. Dari analisa ini didapat bahwa Politeknik LP3I Kampus Bekasi belum optimal dalam mengelola modalnya untuk bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Hasil analisa aktivitas, rasio yang dipergunakan adalah perputaran aktiva dalam menghasilkan omset. Dari analisa ini diperoleh bahwa perputaran aktiva belum cukup baik sehingga omset yang meningkat bukan diakibatkan karena perputaran aktiva melainkan dari factor lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 8