cover
Contact Name
Zuriatin
Contact Email
jurnalipstsb@gmail.com
Phone
+6285205393336
Journal Mail Official
kampustsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN IPS
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880308     EISSN : 26850141     DOI : https://doi.org/10.37630/jpi
Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan platform sebagai sarana bagi peneliti, akademisi, praktisi dan profesional untuk mempublikasikan hasil penelitian. Fokus dan lingkup penulisan (Focus & Scope) dalam Jurnal Pendidikan IPS meliputi: 1. Ilmu Sosial dan Pendidikan Ilmu Sosial 2. Sejarah dan Pendidikan Sejarah 3. Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi 4. Geografi dan Pendidikan Geografi 5. Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi 6. Ilmu Hukum dan Humaniora
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS" : 11 Documents clear
Konsep Wisata dari Perspektif Ekonomi Masyarakat Tati Haryati; A. Gafar Hidayat
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.170

Abstract

Tujuan penulisan ini, yaitu untuk mendeskripsikan dan mengkaji konsep wisata dari sudut pandang ekonomi kemasyarakatan yang berkontribusi pada perkembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan. pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat untuk mendatangai tempat tertentu dalam jangka waktu yang terbatas, dengan harapan tempat yang dikunjungi dapat memberikan ketenagan jiwa, untuk merefresing pikiran dan tenaga melalui wahana permainan atau pesonana pemandangan yang memberikan hiburan dan tontonan menarik. Alam juga dapat dijadikan tempat tujuan berwisata, yang menyediakan destinasi natural dan bukan dari buatan tangan manusia. Konsep wisata dari sudut pandang ekonomi kemasyarakatan, yaitu; (1) Pertumbuhan ekonomi melaju dengan cepat; Dengan adayanya kativitas wisata dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dengan cepat, hal itu dapat dirasakan dengan banyaknya tercipta peluang usaha dan kesempatan kerja; (2) Tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat; Kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat akibat adanya aktivitas wisata yaitu karna adanya peredaran uang yang cukup besar di tempat wisata sehingga banyaknya tercipta peluang dan kesempatan; (3) Kesenjangan antara pengusaha kecil dan pengusaha besar; Kesenjangan yang terjadi pada masyarakat setempat apabila permintaan wisata meningkat derastis, sehingga menarik minat pihak suwasta maupun asing untuk melakukan infestasi dan penanaman modal; (4) Kecilnya peluang dan kesempatan bagi masyarakat setempat; Hal ini terjadi apabila pihak suasta telah mendominasi, kawasan wisata tersebut, karena perusahan besar selalu memperkerjakan orang-orang yang profesiaonal yang didatangankan dari luar daerah maupun luar negeri untuk meningkatkan efektivitas pendapatan dan nilai jual; (5) Dampak langsung bagi lingkungan dan ekosistem; Penebangan hutan untuk pembukaan lahan pembangunan infrasrukrur atau fasilitas penunjang pariwisata. Kemudian limbah yang dihasilkan dari aktifitas wisata alam apabila tidak dikelola dengan baik, maka lingkungan mudah tercemar dan keseimbangan ekosistem bisa terancam.
Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar Agung Rimba Kurniawan; Faizal Chan; Aditya yohan Pratama; Minanti Tirta Yanti; Erza Fitriani; Sulistia mardani; Khosiah Khosiah
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.189

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak degradasi moral sopan santun di salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kabupaten Batanghari, Kecamatan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi di SD tempat penelitian berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi penurunan moral sopan santun pada siswa sekolah dasar di salah satu SD negeri yang terletak di Kabupaten Batanghari, Kecamatan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa masih ada siswa yang tidak memenuhi indikator sopan santun yang baik dalam berperilaku di sekolah.
Hubungan Antara Penguasaan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Mendesain Peta Geografi Siswa Kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019 Syafruddin Syafruddin
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.205

Abstract

Pendidikan pada era globalisasi memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam menyikap sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten dalam bidangnya, untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan bersaing dalam menjawab tantangan global. Berdasarkan latar belakang pemikiran diatas rumusan penelitian ini yaitu ” bagaimanakah hubungan antara penguasaan peta konsep terhada kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah “ingin mengetahui bagaimanakah hubungan antara penguasaan peta konsep terhada kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019”.pelaksanaan penelitian ini dapat memberikan manfaat atau kegunaan penelitian ini yaitu: a. manfaat teoritis. b. manfaat praktis. Metode yang akan digunakan adalah metode deskriptif dalam pelaksanaan penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan fakta tentang hubungan antara penguasaan peta konsep terhadap kemampuan mendesain peta geografi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019, yang berjumlah 140. Jadi jumlah sampel yang akan diteliti adalah 40 orang siswa. Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas maka teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik dengan rumus r Product Moment. Hasil perhitungan analisa data dikonsultasikan pada nilai r tabel. Nilai r hitung yang diperoleh sebesar 0.07 untuk menguji taraf singnifikasi hasil penelitian ini perlu dikonsultasikan ke dalam formula degree of free atau derajat kebebasan nengan formula N 1 = 39, diperoleh nilai r tabel sebesar = 0,316 dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai r hitung lebih kecil dari e tabel (0.07>0,316). Maka dapat disimpulkan bahwa “hubungan antara penguasaan peta konsep terhadap kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2018, tidak singnifikan. Dengan bersandar pada hasil analisis data lapangan, yaitu dengan diperolehnya nilai r hitung yang lebih kecil dari nilai r tabel (0.07>0,316) maka dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan antara penguasaan peta konsep terhada kemampuan mendesain peta geografi siswa kelas VII di SMPN 2 Wera Tahun 2019 tidak signifikan.
Pemahaman Pancasila Sebagai Wujud Kepribadian Tangguh Studi Kasus di Bima Ahmadin Ahmadin
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.207

Abstract

Hasil analisis menunjukkan bahwa di era teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, banyak generasi muda yang bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila karena rendahnya kesadaran yang ada pada diri mereka. Sehingga generasi muda perlu adanya pemahaman pancasila. Karena generasi sekarang terjerumus dalam lingkaran zaman globalisasi sehingga diharapkan mampu menjadi penerus bangsa yang mampu menanamkan serta menerapkan nilai-nilai pancasila. Hal yang mendukung tercapainya harapan tersebut adalah dengan adanya pemhaman pancasila yang memberikan pengembangan serta pengetahuan untuk generasi muda supaya memiliki karakter yang unggul serta mempunyai akhlak yang baik. Selain itu dengan adanya pendidikan pancasila mampu menumbuhkan kesadaran pada pribadi generasi dalam berpegang teguh pada kebudayaan yang sesuai dengan kaidah pancasila. Sehingga generasi muda sekarang mampu membawa perubahan bagi bangsa Indonesia menuju kearah yang lebih baik.
Eksistensi Kepentingan Global Amerika Serikat dalam Konflik Tiongkok-Taiwan Syahbuddin Syahbuddin
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah eksistensi kepentingan global Amerika Serikat dalam konflik Tiongkok-Taiwan. Konflik Tiongkok-Taiwan sejak berakhir perang dunia kedua hingga masa kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat langkah yaitu heuristik, kritik, Interprerasi dan historiografi. Peneliti menggunakan pendekatan politik dan ekonomi untuk menjelaskan kepentingan ekonomi, politik dan militer terhadap pihak-pihak yang terlibat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konflik antara China-Taiwan disebabkan adanya perbedaan pandangan mendasar mengenai status Taiwan sehingga antara keduanya gagal menemukan titik temu di antara keduanya. Pemerintah Taiwan berpandangan bahwa Taiwan merupakan sebuah negara yang berdaulat dengan nama resmi Republic of China (ROC)/Taiwan. Sebaliknya, pemerintah China menegaskan bahwa eksistensi Taiwan telah berakhir sejak tahun 1949 yang selanjutnya digantikan oleh PRC. Oleh karena itu, pemerintah China menilai bahwa Taiwan tidak berhak mengklaim sebagai pemerintah yang sah di Taiwan. Sedangkan keterlibatan Amerika Serikat dalam konflik Cina-Taiwan disebabkan kebangkitan China baik dalam bidang ekonomi dan militer telah meningkatkan ketakutan dan ancaman terutama pada sekutu-sekutu Amerika Serikat terutama Taiwan sebagai sekutu lama. Pososi AS, dalam konflik ini memperlihatkan sikap yang ambigi. Disatu sisi tetap menjaga hubungan baik dengan Cina dengan menyetujui Joint Communique pada tahun 1979. Di sisi lain, Amerika Serikat membantu Taiwan karena memiliki posisi yang strategis baik di bidang ekonomi, politik maupun militer.
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas VII SMP 4 Madapangga Tahun Pelajaran 2019/2020 Subhan Subhan
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.214

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, Ingin mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) siswa SMPN 4 Madapangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru dilapangan tempat melakukan penelitian, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hail pembelajaran. Hasil penelitian ini, yaitu pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Selain itu, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL). Adalah pembelajaran yang bukan saja hanya guru yang menguasai pembelajaran dan materi, akan tetapi pembelajaran menuntut siswa untuk selalu aktif mengaitkan pembelajaran dari satu topik ke topik yang lain
Deskripsi Penggunaan Bahasa dalam Iklan Politik pada PILEG 2019 di Kabupaten Sumbawa Hendra Gunawan
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.224

Abstract

Bahasa yang digunakan dalam politik khususnya saat-saat ingin menarik simpati masyarakat memiliki ciri-ciri tertentu. Komunikasi politik tidak bisa dilepaskan dari penggunaan bahasa yang mengarah pada penyampaian pesan, himbauan, harapan, permintaan, dan keinginan untuk mempengaruhi. Dalam menjalankan fungsinya sebagai alat komunikasi dalam bahasa politik, bahasa dikemas dengan menggunakan lambang-lambang atau pesan-pesan yang dapat mewakili ide atau pikiran para penuturnya. Penelitian ini dilakukan sebagai uapaya mengetahui bagaimana bahasa digunakan dalam iklan politik di Kabupaten Sumbawa Besar pada pemilihan umum legislatif 2019 lalu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Selanjutnya data dalam penelitian ini berupa data kebahasaan dari spanduk iklan, dan masyarakat sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemakaian bahasa dalam spanduk iklan politik di sumbawa besar berkisar pada level kosa kata, kosa kata yang diperjuangkan, kosa kata yang memarjinalkan orang lain, kosa kata bernuansa kedaerahan, metafora yang berdaya gugah, informatif dan persuasif, relasi makna, dan melalui pronomina. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan bahasa pada iklan politik pada PILEG 2019 di kabupaten sumbawa bersifat menggugah, informatif dan persuasif. Menggugah maksudnya adalah bahasa yang digunakan sangat mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian lebih kepada masyarakat mengenai PILEG saat itu. Sedangkan informatif bahasa yang digunakan tidak bertele-tele membuat masyarakat mengerti dengan menggunakan bahasa-bahasa politik. Serta persuasif bahasa yang digunakan sifatnya mengajak dan menghimbau untuk memilih para calon saat PILEG.
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SD Djama’atul Ichwan Surakarta Luthfiyah Kurniawati
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.226

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan sumber daya manusia selama ini, mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan sumber daya manusia selama ini dan mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah yang diinginkan anggota sekolah dalam pemberdayaan sumber daya manusia di Sekolah Dasar Djama’atul Ichwan Surakarta. Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Tempat penelitian di Sekolah Dasar Djama’atul Ichwan Surakarta. Waktu penelitian mulai bulan Desember sampai Mei. Subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Pemberdayaan sumber daya manusia dengan cara mengikut sertakan Guru dalam penataran atau workshop dan juga membatasi Guru minimal berpendidikan S1 (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis (3) Kepemimpinan kepala sekolah yang memberikan kesejahteraan, masukan dan hukuman kepada anggota yang melakukan kesalahan.
Perlindungan Hukum Terhadap Hak Anak Korban Kekerasan Geatriana Dewi
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai perlindungan hukum terhadap hak anak korban kekerasan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di indonesia. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pemahaman bagi masyarakat kalangan akademisi dan praktisi hukum mengenai pentingnya perlindungan hukum terhadap hak-hak anak korban kekerasan, karena anak adalah generasi penerus untuk kemajuan bangsa dan negara. Selain itu hasil penelitian dapat menjadi pertimbangan bagi masyarakat dan para praktisi hukum untuk melaksanakan tugasnya dalam memberikan perlindungan terhadap anak yang menjadi korban kekerasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan normatif empiris yaitu pendekatan dengan terlebih dahulu membaca dan menganalisis literatur dan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pokok bahasan. Tehnik pengumpulan data menggunakan data primer dengan wawancara dan studi pustaka.
Peran Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Sosial Masyarakat Bima Sumitro Sumitro; Imam Yuliadi
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v9i2.230

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran sosial masyarakat Bima selama ini, mendeskripsikan peran pendidikan dalam membangun kesadaran sosial dan mendeskripsikan korelasi pendidikan dengan kesadaran sosial pada masyarakat Bima, Khususnya Masyarakat Donggo. Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Tempat penelitian di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Waktu penelitian mulai bulan Mei sampai Juni. Subjek penelitian Tokoh adat Bima, Masyarakat Donggo, Guru dan Siswa sebagai element pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa peluang dalam membangun pendidikan di Bima, pertama adalah potensi independensi lembaga perguruan tinggi, dan yang kedua adalah keunggulan kuantitas kalangan akademisi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11