cover
Contact Name
Taqiudin zarkasi
Contact Email
taqizar79@gmail.com
Phone
+6287839304629
Journal Mail Official
taqizar79@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pariwisata Km 1 Kembang Kerang Daya Aikmel Lombok Timur NTB, Indonesia [83653]
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
ISSN : 27764036     EISSN : 27762564     DOI : https://doi.org/10.51700empowerment.v1i01
Focus and Scope Fokus Empowerment : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat diterbitkan oleh LPPM STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Empowerment meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di JPPM maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. JPPM menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan atau hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup: Scope dengan tema-tema pengabdian pada masyarakat meliputi: 1. Pendidikan dan Kependidikan 2. Sosial budaya 3. Sains dan Teknologi 4. Bahasa dan Seni 5. Bisnis dan Ekonomi 6. Manajemen dan Organisasi 7. Agama dan Masyarakat
Articles 12 Documents
PROGRAM TAHSIN AL TILÂWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI TPQ MAQOMAL MAHMUD NW DUSUN TIMBA BUNE TIMUK DESA LENEK DAYA Syafirin, Muhammad; Musabbihin, Musabbihin; Eli Ermawati, Eli Ermawati; Nurhakikah, Ulfa; Salpiana, Salpiana; Sunarya Herawati, Nita
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2129.214 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.197

Abstract

Persoalan kemampuan membaca al Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid yang benar adalah phenomana yang mulai meningkat belakangan ini. Realitas ini juga penulis temukan di Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya bahwa anak-anak beberapa TPQ masih memliki kemampuan yang minim dalam hal kepasihan membaca al Qur’an dan penerapan ilmu tajwid dalam membaca al Qur’an. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini melalui program tahsin al tilâwah atau al-qirâ’ah adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an anak-anak di TPQ Maqomal Mahmud NW Dusun Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya. Metode yang digunakan adalah Metode Terbimbing (Guided Teacher). Hasilnya adalah setelah anak-anak diberikan bimbingan dengan metode terbimbing ditemukan bahwa anak-anak mengalami peningkatan dalam hal cara membaca al Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid. Mereka juga menunjukkan ketertarikan dan perhatian yang cukup baik dalam setiap kegiatan ngaji al Qu'ran khususnya di TPQ Maqomal Mahmud NW Dusun Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya.
PENGEMBANGAN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI PROGRAM PONDOK LITERASI DI DUSUN TANAK BETIAN Mardiana, Lina Mardiana; Pani, Rahmayatul; Ihsani, Nurul; Ridwan, Muhammad Ridwan; Samudra, Andi; Sabri, Muhammad
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1346.21 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.198

Abstract

Derasnya arus digital telah masuk ke semua dimensi kehidupan manusia. Tidak terkecuali dunia anak-anak yang mulai dicandu oleh permainan game. Di sisi lain, masa pandemi Covid-19 telah mengurangi kegiatan pembelajaran di Sekolah/Madrasah kemudian diganti dengan pendekatan e-learning. Kesemua ini memiliki pengaruh terhadap mood anak-anak belajar dan beralih ke hobi baru yaitu permainan game dengan dalih pembelajaran e-learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan iklim pembelajaran anak-anak yaitu minat membaca mereka atau menumbuh- kembangkan kembali minta baca mereka melalui program “pondok literacy” di Dusun Tanak Betian. Fokus kegiatan adalah penyedian referensi anak-anak, melakukan sosialisasi dan bimbingan membaca. Hasilnya adalah melalui pondok literacy bisa mengurangi perhatian anak-anak dari candu game. Ketertarikan anak-anak dalam kegiatan membaca mulai tumbuh dan bisa mengurangi beban mereka dalam memahami materi pelajaran sekolah/Madrasah selama masa pandemi Copid-19 ini.
PENDAMPINGAN PROMOSI WISATA GERABAH DENGAN MEDIA VIDEO DI DUSUN PUNGKANG DESA MASBAGIK TIMUR Hermawan, M. Ami Thalib; Sadaruddin, Muhammad; Wahyuni, Sri; Linsara, Demo; Ulpa, Mariana; Ariani, Sri Shanti
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2026.608 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.199

Abstract

Kerajinan gerabah yang ada di desa Masbagik Timur sudah dikenal sejak lama, bahkan hingga ke Mancanegara. Sentral gerabah yang ada di desa Masbagik Timur umumnya dikenal oleh masyarakat hanya terpusat di satu wilayah saja yakni Dusun Penakak. Dusun Pungkang merupakan salah satu wilayah sebagai sentral industri gerabah yang penting untuk dipublikasikan, agar tidak mengalami kecemburuan sosial dan meningkatkan perkembangan industri gerabah di Desa Masbagik Timur. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pendampingan untuk mempromosikan gerabah Dusun Pungkang dengan media video, sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. Dengan memaksimalkan IT, kegiatan menggunakan metode promosi berbasis digital. Hasilnya adalah melalui promosi digital: media vedio telah menyadarkan pemerintah desa Masbagik Timur akan pentingnya promosi untuk mengenalkan gerabah Dusun Pungkang. Masyarakat dapat mengenal industri gerabah tidak hanya terpusat di Dusun Penakak dan pelaku industri gerabah Dusun Pungkang mendapatkan pengetahuan terkait cara mempromosikan kerajinan gerabah lewat media video.
IMPLEMENTASI METODE IQRA’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI TPQ DUSUN LELONGGEK DESA SUNTALANGU Sauri, Saupian; Hapsah, Siti Hapsah; Amri, Nizar; Jumad, Ahmad; Najwa, Safiatun; Latifaturrahmaniah, Latifaturrahmaniah; Sakrani, Ahmad
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1497.942 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.200

Abstract

Keterbatasan pengetahuan masyarakat Dusun Lelonggek tentang metode pembelajaran Al Qur’an secara tidak langsung berdampak pada rendahnya kemampuan anak-anak dalam membaca AlQur’an. Permasalahan ini merupakan tantangan dan tanggung jawab kami dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di lingkungan Leleonggek. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi permasalahan tersebut dengan membuat program kegiatan belajar al Qur’an dengan metode Iqra’ di mana peserta kegiatan ini adalah anak-anak di TPQ Dusun Lelonggek sebagai lokasi pengabadian. Hasilnya adalah metode Iqra’ merupakan salah satu dari sekian metode dalam belajar al Qur’an sebagai usaha inovasi metode pembelajaran yang efektif dan signifikan terhadap upaya peningkatan kemampuan membaca al Qur'an pada anak-anak di dusun Lelonggek. Dengan metode Iqra’ anak-anak lebih cepat dalam belajar membaca al Qur’an dan lebih menarik perhatian mereka sehingga mereka merasa senang dan betah belajar.
PENGUATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN KEHIDUPAN SOSIAL RELIGIUS MASYARAKAT DI DESA BERIRIJARAK Zarkashi, Rokyan; Sri Dewi, Ratna; Yamin, Muhamad; Samsiniwati, Baiq Yayuk Samsiniwati; Jannah, Nikmatul; Mawardi, Muh; Tahir, Muh. Tarmizi
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1700.574 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.201

Abstract

Dalam perspektif sosiologis, sebuah komunitas kehidupan masyarakat apapun dan dalam scope sekecil apapun memiliki sebuah nilai-nilai dan budaya yang telah mengakar kuat sejalah dengan tumbuh dan berkembangnya komunitas tersebut sebagai acuan mereka berkehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan keseharian masyarakat di Dusun Senganton Desa Beririjarak Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur syarat dengan nilai dan budaya lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali generasi muda tentang nilai-nilai kearifan lokal yang sangat berperan dalam menguatkan kehidupan sosial religius masyarakat setempat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan sosialisasi dan metodeceramah serta diskusi. Peserta kegiatan ini adalah masyarakat setempat. Hasilnya adalah sebagian masyarakat baru menyadari bahwa nilai-nilai kearifan lokal yang dalam keseharian mereka praktikan antara lain: Tradisi upacara Mitoni, yaitu tradisi yang memiliki berbagai nilai yang dapat dijadikan sumber pembelajaran. Tradisi Tahlilan (selametan bagi orang yang meninggal dunia), yaitu tradisi yang memiliki berbagai nilai yang dapat dijadikan sumber pembelajaran. Nilai tersebut terdiri dari Nilai sedekah, ukhwah islamiyah, tolong menolong, solidaritas, akidah, syariah dan akhlak.
MENINGKATKAN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DALAM PROGRAM DETEKSI PERKEMBANGAN ANAK Firdaus, Vera
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1210.579 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i2.238

Abstract

Changes that occur in the child's growth and development phase are the result of the maturation process and the learning process. There needs to be a harmonious synergy between parents and teachers to optimize children's development, psychological and physical functions of children. There are children's problems, including: independence, difficulty adapting, temper tantrums, lack of discipline, indulgence, so a program is needed to provide solutions to these problems. This community service provides solutions through the Child Development Detection Program, Counseling and Parenting in 3 kindergarten school locations in Jember. The method used is a qualitative approach. The data were collected through observation, interviews and documentation, then analyzed descriptively. The results of the data indicate the achievement of the program. Community service is able to bridge the perceptions of parents and teachers so that synergies and effective communication are established in order to optimize children's development.
PEMANFAATAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BAGI GURU-GURU SMP SMK PUTRA SATRIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Suharto, Agus
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1971.13 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i2.239

Abstract

Teachers and staff in carrying out their duties cannot be separated from the use of information technology, in several schools including partner schools, namely SMP & SMK PUTRA SATRIA. there are still many teachers and TU staff who are not familiar with the use of information technology. For this reason, it is necessary to increase skills through training in the use of Google application information system software. This activity is carried out in 3 stages, namely the preparation stage, then the Distance Learning training stage with Google Sites, Google Classroom, then the effectiveness evaluation stage with questionnaires by participants, Based on the data obtained from the questionnaire via google form about the effectiveness of distance learning using the Google Sites platform, google classroom, as follows very ineffective 7%, ineffective 10%, quite effective 10%, effective 67%, very effective 7%
OPTIMALISASI GERAKAN LITERASI PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ITTIHADUL UMMAH risma, kharisma nurul fauziah
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1199.475 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i2.245

Abstract

Currently, the awareness of the importance of literacy among young people is very low. Whereas literacy is the ability to read and write. All knowledge can be known and even obtained by literacy. Literacy is a process of interaction or an ability within a person. Various readings that are now easy to access such as books, PDFs, journals, online libraries, and various other media are not able to arouse interest in reading, one of which is in Islamic boarding schools. The lack of available facilities is a major problem for all students at the Ittihadul Ummah Islamic Boarding School, especially among senior students. And in the end it causes enthusiasm or interest in reading students to decrease. This service activity with the Ulya santri literacy movement program at the Ittihadul Ummah Islamic Boarding School was carried out with the aim that all Ulya students were enthusiastic in literacy and could create works that could be seen by the general public. The approach method used is ABCD, which is an approach model by finding and utilizing the assets owned by the main target of the work program, namely Pondok Pesantren Ittihadul Ummah. The implementation of the work plan or program at the Ittihadul Ummah Islamic Boarding School, Banyudono Ponorogo was carried out well and smoothly according to the method used.
MENGHITUNG PERKALIAN JARI TANGAN DI MI 02 KEMBANG KERANG Munir, muhammad munir; hijriati, Hijriati Sholehah; Lisnawati, Lisnawati; Tarmizi, Muh. Tarimizi Tahir
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1211.261 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i2.257

Abstract

The ability to count is one of the important abilities in everyday life, it can be said that all activities of human life require this ability. this is a separate problem for teachers considering that learning at the primary and secondary education levels has differences where teachers in primary schools must master various materials from all subjects. The training method used is lecture, discussion, practice, and question and answer methods. Based on data, about 83.3% of teachers are enthusiastic about participating in the training and 16.7% of teachers who are not very enthusiastic about participating in the training. This shows that PKM activities with multiplication training using fingers are responded well and are in demand by teachers. There are several obstacles related to counting using finger media, namely errors in calculating line segments, distinguishing multiplier numbers and multiplied numbers. Therefore, we hope that teachers will often repeat or practice themselves by looking at the guidelines that have been given so that there are no mistakes in teaching students.
MEMBUDAYAKAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA KALIJAGA KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR Alwan, Muhammad; Sunarya Herawati, Nita; zarkasi, Taqiudin
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (993.4 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i2.258

Abstract

The emergence of covid-19 has a significant impact on the world of education, especially in the teaching and learning process. The government through the Minister of Education appealed for the implementation of the teaching and learning process to be carried out with Online learning. Based on the appeal, SDN 2 Kalijaga until now is still carried out learning activities through online, Then teaching and learning activities are carried out with digital devices such as smartphones and laptops. However, based on observations on the ground digital devices such as smartphones are not used wisely, smartphones are used for online games and tiktok. This is due to students' lack of digital literacy about utilization, use, and impact. Therefore, devotional activities focused on cultivating digital literacy in elementary school children in Kalijaga village with socialization and mentoring methods to students of SDN 2 Kalijaga. The results of the devotion showed that the role of teachers and parents is very important to direct and control the use of smartphones. Furthermore, students' understanding and skills in finding useful content for lessons in school are seen to increase after socialization and mentoring.

Page 1 of 2 | Total Record : 12