cover
Contact Name
Taqiudin zarkasi
Contact Email
taqizar79@gmail.com
Phone
+6287839304629
Journal Mail Official
taqizar79@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pariwisata Km 1 Kembang Kerang Daya Aikmel Lombok Timur NTB, Indonesia [83653]
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Empowerment : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
ISSN : 27764036     EISSN : 27762564     DOI : https://doi.org/10.51700empowerment.v1i01
Focus and Scope Fokus Empowerment : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat diterbitkan oleh LPPM STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Empowerment meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di JPPM maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. JPPM menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan atau hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup: Scope dengan tema-tema pengabdian pada masyarakat meliputi: 1. Pendidikan dan Kependidikan 2. Sosial budaya 3. Sains dan Teknologi 4. Bahasa dan Seni 5. Bisnis dan Ekonomi 6. Manajemen dan Organisasi 7. Agama dan Masyarakat
Articles 45 Documents
SEKOLAH ALAM SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK DI DUSUN BURNE DESA BEBIDAS KECAMATAN WANASABA Musmuliadi Tsani; Muammad Sakur Jaelani; Muhyin Muhyin; Kuswandi Kuswandi; Azizan M Taufiq Hanafi; Ulya Usnawati; Miftahul Jannah; Rafiatul Urmila; Aolia Maesarah; Muhammad Said
Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022): Empowerment 2022
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang-NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah alam merupakan salah satu pendidikan alternatif yang menggunakan alam sebagai media belajar. Pembelajaran di sekolah alam menggunakan metode action learning atau peserta didik mengalami pembelajaran secara langsung. Melalui program sekolah alam, anak didik tidak hanya mengeksplor potensi yang dimiliki tetapi juga membina nilai-nilai moral pada setiap kegiatan sekolah alam. Sebagaimana bunyi Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan tidak hanya membentuk manusia Indonesia yang cerdas, namun juga memiliki kepribadian atau berkarakter, sehingga akan melahirkan generasi bangsa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan ajaran agama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan mengetahui (1) sekolah alam sebagai media meningkatkan minat belajar anak di Dusun Burne , (2) materi sekolah alam sebagai pendidikan alternatif dalam pembinaan potensi yang di miliki oleh anak-anak di Dusun Burne, (3) muatan nilai-nilai moral pada materi sekolah alam sebagai pendidikan alternatif dalam pembinaan moral di dusun Burne.
CARA MEMPERTAHANKAN NILAI KEISLAMAN DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZ POLAMAN MANISRENGGO PADA MASA COVID-19 Hermawan Efendi Wawan
Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): Empowerment 2022
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang-NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan pesantren sejak awal kehadirannya telah memiliki ciri khas tersendiri dengan sistem nilai yang berbeda dengan pendidikan-pendidikan diluar pesantren. Sistem yang mengakar di pesantren adalah keikhlasan, kemandirian, keteladanan, keserdehanaan, serta spritualitas yang terus berjalan mengikuti perkembangan dan kemjuan zaman, tetapi pesantren tetap mempertahankan nilai-nilai keislaman , nilai yang diajarkan dipesantren adalah nilai-nilai yang menitik beratkan pada sifat-sifat ilahiyah, bukan pada materi,Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan terkenal dengan kebudayaan yang khas, baik dari pola hidup yang bersahaja dan asketik, hingga tradisi pendidikan yang berkarakter. tradisi pesantren ini selalu dijaga dengan hati-hati, bahkan dari awal berdirinya sampai hari ini. Seiring perputaran zaman, sistem yang dulu masih menjadi sebuah yang kontemporer, sekarang telah menjelma menjadi sesuatu yang konvensional, dari yang paling modern menjadi tradisional dan ortodoks.
PENGEMBANGAN SDM MELALUI KEGIATAN KKN ABDI DESA DAN KERJA SOSIAL GUNA MENCAPAI KEMANDIRIAN DESA AMBAT KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN ach. resa fachrizi
Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): Empowerment 2022
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang-NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan pengembangan SDM di Desa Ambat perlu dukungan kualitas sumber daya yang melaksanakan pengembangan tersebut. Dalam hal ini mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari berbagai program studi dan fakultas di Universitas Madura menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan SDM melalui kegiatan KKN abdi desa dan kerja sosial di Desa Ambat. Hal ini dilakukan karena mahasiswa peserta KKN tersebut sudah menempuh ilmu berdasarkan mata kuliah yang diampuh selama hampir 4 tahun. Harapannya dengan ilmu yang sudah ditempuh tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan SDM di Desa Ambat. Dari permasalahan yang terkait dengan rendahnya kualitas SDM yang kurang memiliki kompetensi, maka penulis tertarik untuk membahas pengembangan SDM melalui kegiatan KKN abdi desa dan kerja sosial terhadap masyarakat Desa Ambat Kecamatan Tlanakan dengan tujuan untuk meningkatkan gairah partisipasi masyarakat dengan kegiatan sosialisasi dan kegiatan peningkatan skill lainnya guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berorientasi kemandirian masyarakat dalam mendukung terciptanya desa mandiri. Pelaksanaan program kegiatan dibagi menjadi 3 (tiga) divisi yakni, divisi ketahanan pangan, divisi pendidikan dan divisi kesehatan. Kegiatan pengembangan SDM melalui abdi desa dan kerja sosial di Desa Ambat Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan sangat bermanfaat bagi penduduk Desa Ambat. Dengan adanya kegiatan pengembangan SDM melalui abdi desa dan kerja sosial ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi para pengambil keputusan agar mengoptimalkan peran serta semua komponen masyarakat dalam rangka keberhasilan program Sustainable Development Goal (SDGs). Kata kunci: pengembangan, SDM, desa mandiri
PROGRAM TAHSIN AL TILÂWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI TPQ MAQOMAL MAHMUD NW DUSUN TIMBA BUNE TIMUK DESA LENEK DAYA Syafirin, Muhammad; Musabbihin, Musabbihin; Eli Ermawati, Eli Ermawati; Nurhakikah, Ulfa; Salpiana, Salpiana; Sunarya Herawati, Nita
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2129.214 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.197

Abstract

Persoalan kemampuan membaca al Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid yang benar adalah phenomana yang mulai meningkat belakangan ini. Realitas ini juga penulis temukan di Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya bahwa anak-anak beberapa TPQ masih memliki kemampuan yang minim dalam hal kepasihan membaca al Qur’an dan penerapan ilmu tajwid dalam membaca al Qur’an. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini melalui program tahsin al tilâwah atau al-qirâ’ah adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an anak-anak di TPQ Maqomal Mahmud NW Dusun Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya. Metode yang digunakan adalah Metode Terbimbing (Guided Teacher). Hasilnya adalah setelah anak-anak diberikan bimbingan dengan metode terbimbing ditemukan bahwa anak-anak mengalami peningkatan dalam hal cara membaca al Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid. Mereka juga menunjukkan ketertarikan dan perhatian yang cukup baik dalam setiap kegiatan ngaji al Qu'ran khususnya di TPQ Maqomal Mahmud NW Dusun Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya.
PROGRAM TAHSIN AL TILÂWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK-ANAK DI TPQ MAQOMAL MAHMUD NW DUSUN TIMBA BUNE TIMUK DESA LENEK DAYA Muhammad Syafirin; Musabbihin Musabbihin; Eli Ermawati Eli Ermawati; Ulfa Nurhakikah; Salpiana Salpiana; Nita Sunarya Herawati
Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Empowerment 2021
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang-NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.197

Abstract

Persoalan kemampuan membaca al Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid yang benar adalah phenomana yang mulai meningkat belakangan ini. Realitas ini juga penulis temukan di Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya bahwa anak-anak beberapa TPQ masih memliki kemampuan yang minim dalam hal kepasihan membaca al Qur’an dan penerapan ilmu tajwid dalam membaca al Qur’an. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini melalui program tahsin al tilâwah atau al-qirâ’ah adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an anak-anak di TPQ Maqomal Mahmud NW Dusun Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya. Metode yang digunakan adalah Metode Terbimbing (Guided Teacher). Hasilnya adalah setelah anak-anak diberikan bimbingan dengan metode terbimbing ditemukan bahwa anak-anak mengalami peningkatan dalam hal cara membaca al Qur’an dengan fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid. Mereka juga menunjukkan ketertarikan dan perhatian yang cukup baik dalam setiap kegiatan ngaji al Qu'ran khususnya di TPQ Maqomal Mahmud NW Dusun Timba Bune Timuk Desa Lenek Daya.
PENGEMBANGAN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI PROGRAM PONDOK LITERASI DI DUSUN TANAK BETIAN Mardiana, Lina Mardiana; Pani, Rahmayatul; Ihsani, Nurul; Ridwan, Muhammad Ridwan; Samudra, Andi; Sabri, Muhammad
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1346.21 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.198

Abstract

Derasnya arus digital telah masuk ke semua dimensi kehidupan manusia. Tidak terkecuali dunia anak-anak yang mulai dicandu oleh permainan game. Di sisi lain, masa pandemi Covid-19 telah mengurangi kegiatan pembelajaran di Sekolah/Madrasah kemudian diganti dengan pendekatan e-learning. Kesemua ini memiliki pengaruh terhadap mood anak-anak belajar dan beralih ke hobi baru yaitu permainan game dengan dalih pembelajaran e-learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan iklim pembelajaran anak-anak yaitu minat membaca mereka atau menumbuh- kembangkan kembali minta baca mereka melalui program “pondok literacy” di Dusun Tanak Betian. Fokus kegiatan adalah penyedian referensi anak-anak, melakukan sosialisasi dan bimbingan membaca. Hasilnya adalah melalui pondok literacy bisa mengurangi perhatian anak-anak dari candu game. Ketertarikan anak-anak dalam kegiatan membaca mulai tumbuh dan bisa mengurangi beban mereka dalam memahami materi pelajaran sekolah/Madrasah selama masa pandemi Copid-19 ini.
PENGEMBANGAN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI PROGRAM PONDOK LITERASI DI DUSUN TANAK BETIAN Lina Mardiana Mardiana; Rahmayatul Pani; Nurul Ihsani; Muhammad Ridwan Ridwan; Andi Samudra; Muhammad Sabri
Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Empowerment 2021
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang-NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.198

Abstract

Derasnya arus digital telah masuk ke semua dimensi kehidupan manusia. Tidak terkecuali dunia anak-anak yang mulai dicandu oleh permainan game. Di sisi lain, masa pandemi Covid-19 telah mengurangi kegiatan pembelajaran di Sekolah/Madrasah kemudian diganti dengan pendekatan e-learning. Kesemua ini memiliki pengaruh terhadap mood anak-anak belajar dan beralih ke hobi baru yaitu permainan game dengan dalih pembelajaran e-learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan iklim pembelajaran anak-anak yaitu minat membaca mereka atau menumbuh- kembangkan kembali minta baca mereka melalui program “pondok literacy” di Dusun Tanak Betian. Fokus kegiatan adalah penyedian referensi anak-anak, melakukan sosialisasi dan bimbingan membaca. Hasilnya adalah melalui pondok literacy bisa mengurangi perhatian anak-anak dari candu game. Ketertarikan anak-anak dalam kegiatan membaca mulai tumbuh dan bisa mengurangi beban mereka dalam memahami materi pelajaran sekolah/Madrasah selama masa pandemi Copid-19 ini.
PENDAMPINGAN PROMOSI WISATA GERABAH DENGAN MEDIA VIDEO DI DUSUN PUNGKANG DESA MASBAGIK TIMUR Hermawan, M. Ami Thalib; Sadaruddin, Muhammad; Wahyuni, Sri; Linsara, Demo; Ulpa, Mariana; Ariani, Sri Shanti
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2026.608 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.199

Abstract

Kerajinan gerabah yang ada di desa Masbagik Timur sudah dikenal sejak lama, bahkan hingga ke Mancanegara. Sentral gerabah yang ada di desa Masbagik Timur umumnya dikenal oleh masyarakat hanya terpusat di satu wilayah saja yakni Dusun Penakak. Dusun Pungkang merupakan salah satu wilayah sebagai sentral industri gerabah yang penting untuk dipublikasikan, agar tidak mengalami kecemburuan sosial dan meningkatkan perkembangan industri gerabah di Desa Masbagik Timur. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pendampingan untuk mempromosikan gerabah Dusun Pungkang dengan media video, sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. Dengan memaksimalkan IT, kegiatan menggunakan metode promosi berbasis digital. Hasilnya adalah melalui promosi digital: media vedio telah menyadarkan pemerintah desa Masbagik Timur akan pentingnya promosi untuk mengenalkan gerabah Dusun Pungkang. Masyarakat dapat mengenal industri gerabah tidak hanya terpusat di Dusun Penakak dan pelaku industri gerabah Dusun Pungkang mendapatkan pengetahuan terkait cara mempromosikan kerajinan gerabah lewat media video.
PENDAMPINGAN PROMOSI WISATA GERABAH DENGAN MEDIA VIDEO DI DUSUN PUNGKANG DESA MASBAGIK TIMUR M. Ami Thalib Hermawan; Muhammad Sadaruddin; Sri Wahyuni; Demo Linsara; Mariana Ulpa; Sri Shanti Ariani
Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Empowerment 2021
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang-NTB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.199

Abstract

Kerajinan gerabah yang ada di desa Masbagik Timur sudah dikenal sejak lama, bahkan hingga ke Mancanegara. Sentral gerabah yang ada di desa Masbagik Timur umumnya dikenal oleh masyarakat hanya terpusat di satu wilayah saja yakni Dusun Penakak. Dusun Pungkang merupakan salah satu wilayah sebagai sentral industri gerabah yang penting untuk dipublikasikan, agar tidak mengalami kecemburuan sosial dan meningkatkan perkembangan industri gerabah di Desa Masbagik Timur. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pendampingan untuk mempromosikan gerabah Dusun Pungkang dengan media video, sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. Dengan memaksimalkan IT, kegiatan menggunakan metode promosi berbasis digital. Hasilnya adalah melalui promosi digital: media vedio telah menyadarkan pemerintah desa Masbagik Timur akan pentingnya promosi untuk mengenalkan gerabah Dusun Pungkang. Masyarakat dapat mengenal industri gerabah tidak hanya terpusat di Dusun Penakak dan pelaku industri gerabah Dusun Pungkang mendapatkan pengetahuan terkait cara mempromosikan kerajinan gerabah lewat media video.
IMPLEMENTASI METODE IQRA’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI TPQ DUSUN LELONGGEK DESA SUNTALANGU Sauri, Saupian; Hapsah, Siti Hapsah; Amri, Nizar; Jumad, Ahmad; Najwa, Safiatun; Latifaturrahmaniah, Latifaturrahmaniah; Sakrani, Ahmad
Jurnal Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol 1 No 01 (2021): Maret 2021
Publisher : Pondok Jurnal-LP2M STAI Darul Kamal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1497.942 KB) | DOI: 10.51700/empowerment.v1i01.200

Abstract

Keterbatasan pengetahuan masyarakat Dusun Lelonggek tentang metode pembelajaran Al Qur’an secara tidak langsung berdampak pada rendahnya kemampuan anak-anak dalam membaca AlQur’an. Permasalahan ini merupakan tantangan dan tanggung jawab kami dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di lingkungan Leleonggek. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi permasalahan tersebut dengan membuat program kegiatan belajar al Qur’an dengan metode Iqra’ di mana peserta kegiatan ini adalah anak-anak di TPQ Dusun Lelonggek sebagai lokasi pengabadian. Hasilnya adalah metode Iqra’ merupakan salah satu dari sekian metode dalam belajar al Qur’an sebagai usaha inovasi metode pembelajaran yang efektif dan signifikan terhadap upaya peningkatan kemampuan membaca al Qur'an pada anak-anak di dusun Lelonggek. Dengan metode Iqra’ anak-anak lebih cepat dalam belajar membaca al Qur’an dan lebih menarik perhatian mereka sehingga mereka merasa senang dan betah belajar.