cover
Contact Name
Ade Evriansyah Lubis
Contact Email
lubisadee@gmail.com
Phone
+628126332367
Journal Mail Official
lubisadee@gmail.com
Editorial Address
Street Alumunium Raya No. 77 Tanjung Mulia Hilir, 20241, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI)
ISSN : -     EISSN : 2747061X     DOI : https://doi.org/10.22145/jphr.v2i1.225
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia merupakan jurnal nasional yang terbuka untuk segala bentuk artikel ilmiah yang memiliki inovasi dan kreativitas dalam bidang olahraga dan kesehatan. Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia terbit pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL, MINAT BELAJAR, DAN KOMPETENSI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OLAHRAGA SENAM Setiawan, Donny; Soraya, Ines Monica
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.296 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui beberapa hal, antara lain; (1) Ada tidaknya hubungan antara kesehatan mental dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. (2) Ada tidaknya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. (3) Ada tidaknya hubungan antara kompetensi mengajar guru pendidikan jasmani dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. (4) Ada tidaknya hubungan antara kesehatan mental, minat belajar, dan kompetensi mengajar guru pendidikan jasmani dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi: 451 siswa. Pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 113 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel bebas kesehatan mental, minat belajar dan kompetensi mengajar guru, melakukan observasi untuk mengetahui variabel terikat hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal, antara lain; (1) Tidak ada hubungan antara kesehatan mental dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. (2) Tidak ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. (3) Tidak ada hubungan antara kompetensi mengajar guru pendidikan jasmani dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi. (4) Tidak ada hubungan antara kesehatan mental, minat belajar dan kompetensi mengajar guru pendidikan jasmani dengan hasil belajar roll depan dan roll belakang siswa kelas X di MAN 2 Banyuwangi.
PROFIL KONDISI FISIK ATLET ARUNG JERAM Aristiyanto, Aristiyanto; Setiawan, Fredy Eko; Subagya, Hadi; Nurohman, Nurohman
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.083 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik atlet cabang olahraga Arung Jeram KONI Banjarnegara dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Olahraga Kedu Pekalongan dan Banyumas (PORDULONGMAS). Metode pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah atlet cabang olahraga arung jeram KONI Banjarnegara yang berjumlah 16 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes pengukuran kondisi fisik yang meliputi daya tahan cardiovascular, daya tahan otot lengan, kekuatan otot tangan kanan dan kiri, kekuatan otot punggung, kekuatan dan power kaki, kekuatan otot perut, dan kelentukan. Berdasarkan hasil tes pengukuran kondisi fisik atlet arung jeram Kabupaten Banjarnegara menunjukkan bahwa daya tahan cardiovascular rata-rata adalah 33,71 masuk katergori kurang. Rata-rata daya tahan otot lengan 48,44 pada kategori sangat baik, rata-rata kekuatan otot tangan kanan 35,91 pada kategori kurang, sedangkan rata-rata kekuatan tangan kiri 33,69 pada kategori cukup. Rata-rata kekuatan otot punggung 106,50 berada pada kategori baik, kekuatan otot kaki 99,91 pada kategori sangat kurang, rata-rata power kaki 38,50 berada pada kategori kurang, rata-rata kekuatan otot perut 52,31 pada kategori sangat baik, dan rata-rata kelentukan 14,07 pada kategori sangat kurang.
HUBUNGAN KEMATANGAN PSIKOLOGIS DAN LAMA LATIHAN TERHADAP PRESTASI ATLET OLAHRAGA BELA DIRI Muslim, Muslim; Nawir, Nukhrawi; Jalal, Djen
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.643 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban akurat secara ilmiah mengenai Analisis Kematangan Psikologis dan Lama Latihan terhadap Prestasi Atlet Olahraga Bela Diri Program Sulawesi Selatan Maju II. Penelitian ini menggunakan penelitian Ex Post Facto yang bertujuan untuk mengkaji secara sistematis dan empiris dimana peneliti tidak mengontrol variabel independen secara langsung karena keberadaan variabel tersebut telah akurat. Kesimpulan hubungan antara variabel-variabel tersebut didasarkan pada perbedaan yang menyertai variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 43 atlet bela diri Sulawesi Selatan Maju II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis uji chi-square terhadap 43 Atlet Bela Diri Program Sulawesi Selatan Maju II didapatkan nilai p = 0,01 (<0,05), artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Kematangan Psikologis dan prestasi yang diperoleh atlet bela diri Program Sulawesi Selatan Maju II., (2) dari 43 Atlet Bela Diri Program Sulawesi Selatan Maju II diperoleh p value = 0,01 (<0,05), artinya ada hubungan yang signifikan antara Lama Latihan dan prestasi yang diperoleh Atlet Bela diri Program Sulawesi Selatan Maju II., (3) Berdasarkan hasil penghitungan, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Kematangan Psikologis dan Lama Latihan terhadap prestasi atlet bela diri terhadap Sulawesi Selatan Maju II.
PENGARUH RESISTANCE BAND EXERCISE TERHADAP POWER OTOT ATLET MUAY THAI Persadanta, Persadanta; Sukendro, Sukendro; Rasyono, Rasyono
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.997 KB)

Abstract

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian mengunakan rancangan One Group Pre-Test Post-Test Design yaitu untuk mengetahui variabel bebas dan terikat. Adapun yang menjadi variabel bebas adalah latihan resistance band excercise sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah hasil power otot lengan atlet Citra Raya Muay Thai Camp Jambi. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa hasil resistance band exercise terhadap peningkatan hasil power otot lengan atlet Muay Thai Citra Raya Muay Thai Camp Jambi. Pada tes awal putra hasil two hand medicine ball rata-rata 12,266 Meter dan setelah diberikan latihan resistance band terdapat peningkatan hasil two hand medicine ball menjadi rata-rata 24,06 Meter. Sedangkan pada tes awal putri hasil two hand medicine ball rata-rata 6,85 Meter dan setelah diberikan latihan resistance band terdapat peningkatan hasil two hand medicine ball menjadi rata-rata 13,51 Meter. Maka dapat disimpulkan bahwa latihan resistance band exercise dapat meningkatkan hasil power otot lengan atlet Citra Raya Muay Thai Camp Jambi. Kesimpulan di dukung hasil uji-t untuk putra yaitu di peroleh nilai Thitung sebesar 34,24 dan nilai Ttabelsebesar1,83311 sedangkan uji-t untuk putriya itu di peroleh nilaiThitungsebesar 3,15 dan nilai Ttabelsebesar1,83311 . Hal ini berarti hipotesis penelitian diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian maka dapat di pahami bahwa penelitian ini terdapat pengaruh resistance band exercise terhadap peningkatan power otot lengan atlet Citra Raya Muay Thai Camp Jambi Citra Raya Muay Thai Camp Jambi.
PROFIL KETERAMPILAN SHOOTING FREE THROW ATLET BOLA BASKET Apifa, Welly Angraini Putri; Ilham, Ilham; Iqroni, David
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.406 KB)

Abstract

Permainan bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang termasuk popular dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Permainan bola basket dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 5 pemain, jenis permainan ini bertujuan untuk mencari angka/poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukan bola ke ring basket lawan dan mencegah lawan untuk mendapat angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Shooting Free Throw Bola Basket Club Lima Basketball Putri Kota Jambi. Penelitian yang dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian pada keterampilan Shooting Free Throw Bola Basket dari 12 Atlet, dimana 8 Atlet dengan persentase 66.67% dalam kategori Sangat Baik (SB), sedangkan 4 Atlet dengan persentase 33.3% dalam kategori Baik (B). Berdasarkan hasil yang di peroleh dalam penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan shooting free throw Atlet Bola Basket Club Lima Basketball Putri Kota Jambi Sangat Baik.
PROFIL KEBUGARAN JASMANI SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI Ilyas, Ilyas; Almunawar, Ahmad
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.129 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di MAS Al Washliyah Tanjung Balai Tahun 2020 dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Ada item tes yang dilakukan meliputi tes lari 60 meter, tes angkat tubuh, tes baring duduk, tes loncat tegak, dan tes lari 1200 meter. Penelitian dilakukan di MAS Al Washliyah Tanjung Balai dengan metode deskriptif kuantitatif melalui Tes Kebugaran Jasmani untuk usia 16-19 tahun. Tes ini dilakukan pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 13 orang. Data yang diperoleh kemudian dikonversikan ke dalam tabel penilaian kebugaran jasmani, kemudian dicari nilai rata-ratanya setiap komponen kebugaran jasmani. Maka dalam penelitian ini diperoleh tingkat kebugaran jasmani dengan rentang hasil 18-21 menunjukkan kategori “Baik” sebanyak 7 orang (53.85%) dan dengan rentang hasil 14-17 menunjukkan kategori “Sedang” sebanyak 6 orang (46.15%). Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kebugaran jasmani siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di MAS Al Washliyah Gading Tanjung Balai Tahun 2020 dikategorikan “Sedang” dengan nilai 17.38.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN UNTUK PENGEMBANGAN KEBUGARAN JASMANI Dos Santos, Hezron Alhim; Hudain, Adnan
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.988 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) Oleh karena itu, yang menjadi populasi ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar yang terdapat di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian terbatas dilakukan di 3 sekolah dengan 6 sampai 12 subjek. Selanjutnya untuk diuji coba lapangan utama (main field testing) dilakukan pada 5 sampai dengan 15 sekolah dengan menggunakan 30 sampai dengan 100 sampel. Pengembangan model yang dilakukan dalam penelitian ini secara umum melalui dua tahap pengujian yaitu pengujian internal dan pengujian eksternal. Setelah melakukan pengujian internal yang diwujudkan dengan validasi ahli melalui wawancara maka produk yang akan dikembangkan dapat disusun. Model Pembelajaran berbasis Permainan mengembangkan prinsip permainan dengan merangsang keinginan melakukan aktivitas fisik yang sistematis dan terarah dan senang untuk peserta didik. Permainan Jam Kebugaran perlu melibatkan seluruh siswa dalam setiap perannya agar semua siswa dapat bergerak aktif dalam permainan ini dan Permaian Bola Berantai menggunakan bola sebanyak 10 agar setiap peserta didik dapat melakukan gerakan latihan otot perut dengan maksimal.
HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI MELALUI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING Singarimbun, Muhammad Irvan Ramadan; Usman, Khairul
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.36 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action Research) yang dikebangkan pada aspek pendidikan yaitu menjadi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model tindakan Action Research yang digunakan adalah Model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Model Spiral dari Kemmis dan Taggart adalah model yang realisasinya menggunakan istilah Plan, Act, Observe, dan Reflect (Suharsaputra, 2018). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Kabanjahe Jalan Letjen Jamin Ginting No. 02. Sumber Mufakat, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Maret sampai bulan April dan perlakuan diberikan tiga (3) kali tatap muka dalam pembelajaran penjaskes siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kabanjahe. Prosedur penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan rangkaian Action Research Classroom yang terdiri dari 1 siklus. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kabanjahe Tahun Tahun Ajaran 2019/2020 pada masa Covid-19 terdapat peningkatan pada hasil belajar aktiviats fisik melalui model student facilitator and explainin. Peningkatan terjadi dengan menggunakan satu siklus diantaranya siklus memiliki persentase kelulusan klasikal siswa melampaui KKM adalah 93,5% dengan rata-rata nilai 80,6, dan memiliki persentase kelulusan klasikal siswa melampaui KKM 75 dengan nilai rata-rata 80,6. Keberhasilan pembelajaran ditinjau dari perbandingan standar kelulusan klasikal pembelajaran penjaskes yang telah ditentukan sekolah dengan capaian pembelajaran yang dilakukan melalui pengukuran hasil belajar, sehingga hasil penelitian tindakan kelas (PTK) memiliki peningkatan yang signifikan.
PENGARUH WORKOUT FROM HOME PADA MASA PANDEMI TERHADAP PENINGKATAN HIPERTROFI OTOT Wibowo, Antonius Tri; Sari, Asna Syafitri; Purilawa, Arfian Fani
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.377 KB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan pada semua bidang kehidupan di masyarakat, karena pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengeluarkan peraturan pembatasan berkumpul baik itu di lingkungan sekolah, kerja, dan sarana umum lainnya guna menghindari penyebaran Pandemi Covid-19 tersebut. Para pecinta olahraga beban yang biasanya dapat dengan mudah melakukan latihan bebas di tempat gym, kini jadi tidak bisa melakukannya. Gym lover sebutan bagi pecinta olahraga latihan beban tentunya akan mengalami kesulitan sehingga diperlukan bentuk latihan mandiri untuk tetap menjadag kebugaran dan untuk meningkatkan masa ototnya. Dari penelitian ini para mahasiswa yang berjumlah 31 orang melakukan sebuah program latihan workout from home selama 3 bulan dengan frekuensi latihan dalam 3 kali dalam seminggu. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata lingkar dada yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan WFH sebesar 77,39 dan 80,16. Perbedaan rata-rata lingkar lengan yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan WFH yaitu sebesar 28,13 dan 29,68, dan kemudian hasil untuk lingkar paha terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah penerapan WFH sebesar 50,39 dan 52,33
HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN POLA KONSUMSI TERHADAP INSIDEN OBESITAS SENTRAL Pakaya, Ririn; Badu, Franning Deisi; Maliki, Lun Irmawati
Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia
Publisher : Program Studi Ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.649 KB)

Abstract

Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia dan di negara berkembang berada pada urutan ke lima. WHO menyatakan bahwa obesitas telah menjadi epidemi global sehingga obesitas perlu segera ditangani karena sudah menjadi masalah Kesehatan (Rahmandita & Adriani, 2017). Obesitas sentral yaitu obesitas yang menyerupai apel, yaitu lemak disimpan pada bagian pinggang dan ronga perut. Penumpukan lemak ini diakibatkan oleh jumlah lemak berlebih pada jaringan lemak subkutan dan lemak viseral perut. Data yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo tahun 2019 menunjukan bahwa jumlah Supir Angkutan di Provinsi Gorontalo berjumlah 828 pengemudi yang berasal dari 6 Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan ativitas fisik dan pola konsumi terhadap kajadian obesitas sentral pada supir angkot di Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan biasa disebut penelitian observasional analitik atau desain penelitian Cross Sectional. Lokasi penelitian ini bertempat di Terminal Dungingi Jalan Beringin Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli tahun 2020. Sampel dalam penelitian ini merupakan sebagian supir angkot yang berada di Kota Gorontalo dengan jumlah 201 sampel. Ada hubungan Aktivitas fisik dengan kejadian obesitas sentral pada supir angkot dikota Gorontalo dengan nilai p=0,048< 0,05. Tidak ada hubungan konsumsi karbohidrat dengan insiden obesitas sentral pada supir angkot di Kota Gorontalo dengan nilai Fishers Exact =0,774> 0,05. Ada hubungan konsumsi lemak dengan insiden obesitas sentral pada supir angkot di Kota Gorontalo dengan nilai p=0,00< 0,05. Tidak ada hubungan konsumsi karbohidrat dengan insiden obesitas sentral pada supir angkot di Kota Gorontalo dengan Nilai p=1> 0,05.

Page 1 of 3 | Total Record : 21