cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
+6221231170
Journal Mail Official
jurnal.jab@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No. 98, Senen, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis (J-Adbis)
ISSN : -     EISSN : 27762807     DOI : https://doi.org/10.31294/jab
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Administrasi Bisnis pertama publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No 2776-2807 dari LIPI Indonesia Jurnal Administrasi Bisnis merupakan jurnal yang berisi hasil pemikiran atau penelitian pada bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi, Administrasi Bisnis/Niaga, dan Kewirausahaan. Artikel yang dikirimkan harus memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Jurnal Administrasi Bisnis terbit 2 kali setahun (Mei dan November)
Articles 50 Documents
Evaluasi Strategi Marketing Bisnis Ritel Skala Kecil Tradisional Kota Purwokerto Di Masa Pandemi Covid-19 Angestika Wilandari; Yudistira Andi Permadi
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.777 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.296

Abstract

Kehadiran bisnis ritel modern skala menengah berbentuk minimarket cukup populer di wilayah Kabupaten Banyumas khususnya Kota Purwokerto. Berdasarkan tinjauan pustaka, kehadiran minimarket berpengaruh negatif  terhadap jumlah kunjungan konsumen, pendapatan, serta omzet bisnis ritel skala kecil tradisional seperti toko kelontong, kios, ataupun warung pengecer. Data Dinas Perdagangan Kabupaten Banyumas menunjukkan terdapat sekitar 150 UMKM dengan termasuk di dalamnya pelaku usaha ritel skala kecil yang menjadi potensi usaha bisnis ritel skala kecil tradisional. Dengan demikian kehadiran minimarket menjadi tantangan alami bagi usaha ritel skala kecil di Kota Purwokerto yang cukup banyak. Tidak hanya faktor kehadiran minimarket, masa pandemi juga menjadi tantangan bagi eksistensi toko kelontong, kios, serta warung pengecer di Kota Purwokerto. Berbagai macam strategi telah dilakukan, namun belum ada evaluasi terhadap strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer di Kota Purwokerto. Menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta pembagian kuisioner, peneliti ingin melakukan kajian tentang evaluasi strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer selama masa pandemi di Kota Purwokerto.  
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PADA KANTOR UNIT PTSP KOTA ADMINSTRASI JAKARTA BARAT Nur A’yanil Jannah; Syukron Sazly; Ferry Kartawijaya
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.321 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.299

Abstract

Memimpin dengan gaya kepemimpinan yang tepat dan disukai para pegawai mampu meningkatkan motivasi kerja. Semakin banyak pegawai yang memiliki motivasi kerja yang tinggi, maka tujuan yang ditetapkan perusahaan dengan cepat terlaksana sehingga perusahaan mampu bertahan dalam persaingan global. Sehubungan dengan hal tersebut, faktor kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Berkaitan dengan hal tersebut, Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat merupakan instansi pemerintahan yang bergerak pada layanan  masyarakat perlu  gaya kepemimpinan tepat  untuk diterapkan oleh pimpinan karena hal itu  dapat memberikan motivasi kepada  pegawai untuk bekerja dan menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi dengan metode penelitian kuantitatif yaitu pengolahan data dengan menggunakan uji statistik. Data yang diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang disebar kepada 30 responden pada Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat dan diolah menggunakan SPSS 21 menyatakan bahwa kuesioner tersebut valid dan realiabel. Hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,660 yang berarti terdapat hubungan yang kuat. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi kerja pegawai sebesar 43,6%. Dari hasil penelitian koefisien regresi yang terbentuk adalah Y=17,143+0,548X.
Pelaksanaan Prosedur Perjalanan Dinas Bagi Pegawai PT. ASABRI (Persero) Jakarta Novi Susanti; Inggit Dessy Susanti; Yunita Janah; Andi Putri Djohar Tenri Waru
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.725 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.315

Abstract

Manajemen pelaksanaan perjalanan dinas yang baik akan memberikan dampak positif bagi pegawai yang mengikuti perjalanan dinas dan juga kelancaran bisnis suatu perusahaan. Banyak sekali tujuan perjalanan dinas diantaranya kunjungan kerja, acara seremonial, rapat umum pemegang saham, kegiatan pendidikan dan latihan maupun sosialisasi yang dibiayai langsung oleh perusahaan. Untuk mengetahui pelaksanaan prosedur perjalanan dinas bagi pegawai pada PT ASABRI (Persero), tujuan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perjalanan dinas maka digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data melelui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada PT ASABRI (Persero) sebelum melakukan perjalanan dinas banyak sekali yang harus dipersiapkan seperti mendapat persetujuan Nota Dinas dari Divisi Sumber Daya Manusia, surat perintah perjalanan dinas,  transportasi dan akomodasi. Perjalanan dinas pada PT ASABRI (Persero) memiliki tujuan kunjungan kerja ke kantor cabang, sosialisasi dan menghadiri undangan serta pendidikan dan latihan. Di dalam PT ASABRI (Persero) terdapat kendala atau hambatan berupa manajemen waktu pelaksanaan perjalanan dinas.
PROSES ADMINISTRASI PEMESANAN BAHAN BAKU PRODUKSI FURNITURE PADA PT RACKINDO SETARA PERKASA JAKARTA Suparman Hi Lawu; Ria Andriani; Nita Kurniasih
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.268 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.317

Abstract

PT Rackindo Setara Perkasa Jakarta adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang furniture. Kegiatan utama dari perusahaan ini ialah memproduksi rakitan meubel dengan berbagai ragam bentuk. Tahap awal kegiatan dalam perusahaan ini adalah melakukan proses pemesanan bahan baku karena berkaitan dengan kelancaran proses produksi. Kegiatan pemesanan baku dapat berjalan dengan efektif dan efisien apabiladitunjang dengan kebijakan dan prosedur yang tepat. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah melalui proses observasi dan wawancara dengan pengumpulan data secara langsung dengan narasumber terkait. Pemesanan bahan baku membutuhkan suatu prosedur yang sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan. Jika tidak sesuai dengan standar dan kebutuhan dari perusahaan, maka perusahaan tidak bisa menghasilkan produk yang maksimal dan akan mengalami kerugian. Faktor permintaan bahan baku adalah kegiatan yang mempengaruhi untuk mengajukan berbagai macam bahan baku untuk menciptakan suatu produk yang memiliki nilai. Proses pemesanan bahan baku memegang peran penting dalam operasi bisnis. Pemesanan bahan baku sebagai bekal untuk memulainya suatu proses produksi. Tujuan utama dari pemesanan bahan baku ialah memperoleh bahan baku dengan biaya serendah mungkin dengan kualitas yang sesuai dengan standar. Dan fungsi dari pemesanan bahan baku adalah untuk memastikan bahwa persediaan bahan baku tetap terjaga agar perusahaan dapat terus beroperasi dan mendapatkan laba yang tinggi. Keyword: Prosedur, Pemesanan, Bahan Baku
Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pusat PT. Gotrans Logistics International Jakarta Timur Mega Astuti; Instianti Elyana; Haryani Haryani
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.694 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.319

Abstract

Analisis Strategi Pengembangan Koperasi Karyawan Republika Rakhmat Hadi Sucipto
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.443 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja Koperasi Karyawan (Kopkar) Republika, mengidentifikasi posisi koperasi dengan analisis Matriks Internal Eksternal dan Grand Strategy Matrix, serta menemukan alternatif strategi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kinerja koperasi tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bantuan analisis SWOT yang dikembangkan untuk mengidentifikasi Strategic Factor Analysis Summary (SFAS). Dengan SFAS ini, bisa diketahui Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan External Factor Analysis Summary (EFAS). Hasil penelitian menunjukkan, ada banyak kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal serta peluang dan ancaman dari faktor eksternal terhadap Kopkar Republika. Meski demikian, Kopkar Republika masih mampu mengelola faktor-faktor tersebut yang ditunjukkan dengan posisinya pada kelompok tumbuh dan bangun pada Matriks Internal Eksternal serta Kuadran I Grand Strategy Matrix. Kekuatan utama koperasi terletak pada anggota, sementara kelemahannya adalah anggota yang terbatas bagi karyawan perusahaan serta sarana dan prasarana koperasi kurang memadai. Peluang terbesar adalah adanya tawaran kerja sama dari pihak luar, termasuk dari kompetitor. Ancaman yang paling nyata dan umum terjadi adalah persaingan yang makin ketat dari para peritel mapan. Faktor kunci utama keberhasilan Kopkar Republika terletak pada kekuatan anggota, kemampuan menjalin kerja sama dengan pihak luar, dan mengatasi persaingan yang makin ketat
PENGARUH STORE ATMOSPHERE PADA IMPULSE BUYING MELALUI EMOTIONAL RESPON PADA CITRUS BOGOR Vina Islami; Resti Yulistria
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.794 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.323

Abstract

Perubahan dalam bentuk renovasi yang dilakukan oleh Citrus department store Botani Square Bogor, menyebabkan perubahan suasana toko yang ada di toko. Dengan perubahan dalam suasana toko, respons konsumen terhadap lingkungan belanja (respons emosional) juga akan berubah dan mengarah pada pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek positif atmosfer toko dari respons emosional, mengetahui pengaruh positif atmosfer toko terhadap pembelian impulsif, menyelidiki pengaruh respons emosional positif terhadap pembelian impulsif, dan mengetahui respons emosional yang memediasi hubungan toko. atmosfer pada pembelian impulsif. Desain penelitian adalah studi kausal yang melibatkan satu variabel eksogen dan dua variabel endogen. Data penelitian ini adalah data interval dengan data primer melalui kuesioner yang menggunakan skala 5 likert. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural. Temuan penelitian menunjukkan bahwa atmosfir toko memiliki efek positif pada respons emosional, pengaruh atmosfer toko positif terhadap pembelian impulsif, respons emosional pengaruh positif pada pembelian impulsif, dan respons emosional memediasi hubungan atmosfer toko pada pembelian impulsif.
Pelaksanaan Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Gemala Kempa Daya) Risnawati Dewi; Bryan Givan; Slamet Heri Winarno
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.726 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.334

Abstract

Pelaksanaan rekrutmen karyawan sangat penting dalam mencari dan mendapatkan sumber daya manusia yang bermutu dan profesional. PT Gemala Kempa Daya adalah perusahaan investasi swasta domestic yang terjun di bidang otomotif dengan produk utamanya yaitu frame chassis dan press part,  dalam melakukan rekrutmen karyawan berdasarkan kebutuhan karyawan setiap tahunnya, karena ada pengurangan karyawan seperti meninggal dunia, pensiun, serta waktu kontrak per tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan rekrutmen pada PT Gemala Kempa Daya, dan apa saja kendala yang terjadi serta solusinya. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan pengumupulan data menggunakan metode  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada PT Gemala Kempa Daya, pelaksanaan rekrutmen dan seleksi melalui dua cara dalam rekrutmen karyawan, yaitu melalui sumber dari dalam (internal) dan sumber dari luar (eksternal) dengan menggunakan prosedur, antara lain: 1.Identifikasi kebutuhan, 2.People Review, 3.Contigency Plan, 4.Menyusun, merekap rekrutmen, 5.Proses seleksi (seleksi berkas pelamar, tes fisik I, tes fisik II, tes tertulis, tes psikotest, interview, tes kesehatan, training in class ) 6. Menginformasikan hasil seleksi, 7.Penempatan kerja. Kendala yang di hadapi yaitu pelamar yang tidak datang dan kurang teliti mengisi data pribadi di web. Cara mengatasi dengan mencari karyawan melebihi target dan member pengarahan pada pelamar.
PROSEDUR PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) GRIYA PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG MAYESTIK JAKARTA Yunita Putri; I Ketut Martana
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Mei 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.709 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i1.382

Abstract

PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) merupakan salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia. Lembaga perbankan keuangan yang berfungsi sebagai penyalur dana masyarakat melalui produk-produk yang ditawarkan, salah satu produknya yaitu Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Griya BSM. Griya BSM adalah pembiayaan jangka pendek, menengah atau panjang untuk membiayai pembelian rumah tinggal (konsumer), baik baru ataupun bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembiayaan KPR Griya BSM pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Mayestik Jakarta. Penelitian menggunakan metode kualitatitif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, obesrvasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan prosedur pembiayaan KPR Griya BSM terbagi menjadi 9 tahapan yaitu, permohononan pembiayaan, pengumpulan data, verifikasi data, penginputan data, survey dari pihak bank, persetujuan pembiyaan, pengikatan atau akad, pencairan dana dan monitoring, dengan pembiayaan menggunakan akad murabahah.
Faktor Penghambat Minat Berwirausaha dikalangan Mahasiswa (Studi Survei) Dede Mustomi; Khoirul Ulum; Aprilia Puspasari; Ayu Azizah
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.356 KB) | DOI: 10.31294/jab.v1i2.404

Abstract

Entrepreneurship is a forum for college students or alumni to work and practice the knowledge learned in college. However, in practice, many students have not yet entered into entrepreneurship. Why this happens, the writer tries to find the answer by surveying student respondents to find out their obstacles when talking about entrepreneurship. The purpose of this study is to determine the points that become obstacles for students to start entrepreneurship. This research is a descriptive study using a survey method and using a purposive sampling technique, where the authors randomly distribute questionnaires to respondents from among active students totaling 120 people. The survey period was conducted for one month in the period April 2021. Of the 120 questionnaires distributed, all of them were returned and filled in by respondents. The result was that the survey statement regarding capital was chosen by the majority of respondents as many as 49 respondents as the variable that most inhibited students' interest in starting entrepreneurship and the lowest variable was the variable prohibited by parents which was only chosen by 5 student respondents.