cover
Contact Name
Edi Suhardi Rahman
Contact Email
edisuhardi@unm.ac.id
Phone
+6281355296513
Journal Mail Official
progresif@unm.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
ISSN : 28094794     EISSN : 28094492     DOI : https://doi.org/10.59562/progresif
Core Subject : Education,
urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan vokasi/kejuruan
Articles 63 Documents
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA Asniyati Asniyati; Nur Rismawati Kusuma
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.379 KB) | DOI: 10.26858/progresif.v1i2.29477

Abstract

Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring tentunya tidak mudah hal ini dibuktikan dengan diciptakannya keragaman dalam metode, model/strategi pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa guna menunjang efektifitas dan peningkatan mutu pembelajaran terutama saat daring. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning, (2) Meningkatkan keaktifan, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Pertumbuhan dan Perkembangan Usia Remaja. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Asisten Keperawatan A berjumlah 32 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes (ulangan). Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di kelas diperoleh peningkatan hasil pembelajaran yang dibuktikan pada hasil penelitian antara siklus I dan siklus II  secara daring serta siklus III secara luring terbukti mengalami peningkatan yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas listening, oral, emotional, visual, writing, motor, mental, dan visual. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mulai memberikan respon yang positif terhadap pelajaran secara daring yang diikutinya melalui fitur breakout room.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Noerzalina Abarang; Delviany Delviany
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.665 KB) | DOI: 10.26858/progresif.v1i2.28570

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan tepat sesuai sintaks pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan tiga siklus dimana setiap siklusnya berlangsung selama 10 hari dengan tahapan kegiatan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan SMKN 1 Tutuyan tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 11 peserta didik. Data dari penelitian ini, diperoleh dari data hasil belajar peserta didik baik pada ranah pengetahuan  (kognitif) maupun keterampilan (psikomotor) dengan rasio nilai akhir (NA) 40:60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik. Hasil belajar peserta didik meningkat dari prasiklus, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik kategori tuntas berada pada angka 27,27%, pada siklus 2 menjadi 63,63% dan pada siklus 3 hasil belajar peserta didik dengan kategori tuntas, mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan di SMKN 1 Tutuyan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Made Jayahartwan; Sudirman Sudirman
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.369 KB) | DOI: 10.26858/progresif.v1i2.29334

Abstract

Dalam pembelajaran produktif TKR di SMK Negeri 3 Tabanan, pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga keterlibatan siswa dalam proses mengkonstruksi pemahaman dengan alur berpikirnya sendiri masih kurang. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKR SMK Negeri 3 Tabanan pada materi pemeliharaan kelistrikan system penerangan lampu kepala melalui implementasi model pembelajaran Problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. PTK ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan tahapan kegiatan setiap siklusnya meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes teori bagi siswa yang dikemas dalam model tes lisan dan tes tertulis, 2) tes praktek dengan lembar observasi kemampuan praktek siswa terkait dengan indikator hasil belajar siswa yang tertera pada silabus materi ajar, 3) angket persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dengan metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar pada materi perawatan kelistrikan sistem penerangan lampu kepala bagi kelas XII TKR SMK Negeri 3 Tabanan.
PENGEMBANGAN MEDIA PENGENALAN HURUF BRAILLE UNTUK ANAK-ANAK TUNANETRA BERBASIS MIKROKONTROLER Binari Haris; Aminuddin Bakry; Muhammad Riska
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.568 KB) | DOI: 10.59562/progresif.v1i1.27452

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan a) Menghasilkan media pengenalan huruf braille untuk anak-anak tunanetra berbasis mikrokontroler, b) Mengetahui hasil kelayakan media pengenalan huruf braille untuk anak-anak tunanetra berbasis mikrokontroler, c) Mengetahui tanggapan pengguna terhadap media pengenalan huruf braille untuk anak-anak tunanetra berbasis mikrokontroler. Penelitian ini merupakan model penelitian R&D (Reseach & Development) dengan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1974) yang dimodifikasi menjadi 3-D (Define, Design, & Development). Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi dan Angket. Media pengenalan huruf braille divalidasi oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli konten. Ujicoba pengguna dilakukan oleh 12 orang siswa dan guru kelas tunanetra di SLB Negeri 1 Makassar. Hasil validasi media pengenalan huruf menunjukkan nilai rata-rata presentase 96,43% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi konten menunjukkan nilai rata-rata presentase 93.64% dengan kategori sangat layak. Tanggapan pengguna dari ujicoba responden menunjukkan nilai rata-rata presentase 96.83% dengan kategori sangat baik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DESAIN GRAFIS MELALUI MODEL PBL PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK N 1 SANGATTA UTARA Paridah Paridah; Yuliati Hafid
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.364 KB) | DOI: 10.26858/progresif.v1i2.29398

Abstract

Hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam bentuk angka-angka atau skor setelah diberikan tes hasil belajar pada setiap akhir pembelajaran. Materi yang sulit maupun mudah bukan sebagai patokan tinggi rendahnya hasil belajar siswa tetapi penggunaan model, metode, maupun media pembelajaran ikut berperan. Hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa beberapa siswa tidak bisa memenuhi kriteria ketuntasan minimum meski sudah dilakukan perbaikan khususnya dalam pembelajaran desain grafis.  Oleh karena itu peneliti menawarkan sebuah solusi yaitu penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) sebagai cara alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran desain grafis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  penerapan model pembelajaran problem based learning dan menyelidiki bagaiman meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengolahan data deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Sangatta Utara dengan partisipasi 12 siswa kelas X Multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning pada siklus I maupun II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang kemudian dilakukan perbaikan kembali. Pada siklus I hasil pembelajaran menunjukkan cukup baik hanya saja masih terdapat siswa yang mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, Dengan ditunjukkannya hampir seluruh siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Ni Luh Dessy Wahyu Mariati; Abdul Hajar
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.023 KB) | DOI: 10.26858/progresif.v1i2.29604

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI AK 1 SMK Negeri 4 Negara melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) Mendeskripsikan respon peserta didik kelas XI AK 1 SMK Negeri 4 Negara terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AK 1 SMK Negeri 4 Negara pada Semester I tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes kognitif. Data respon peserta didik dikumpulkan melalui angket respon peserta didik. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar  peserta didik yaitu dari 74,60 dengan ketuntasan klasikal 72,00% pada siklus I menjadi 77,30 dengan ketuntasan klasikal 84,00% pada siklus II, serta 79,30 dengan ketuntasan klasikal 88,00% pada siklus III  2) Respon peserta didik kelas XI AK 1 terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning adalah sangat positip. Hal ini terlihat dari rata-rata skor respon peserta didik adalah 62,64 pada kategori sangat positif.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DARING PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 SINJAI Sakaria Sakaria; Usman usman; Andi Fakhira Hasda
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.464 KB) | DOI: 10.59562/progresif.v1i1.27455

Abstract

Problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai (2) mendeskripsikan problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pada pelaksanaan pembelajaran daring bahasa Indonesia kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai, guru bahasa Indonesia telah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP dan melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp dan google classroom. Selain itu, diakhir pembelajaran guru melakukan evaluasi pembelajaran berupa memberikan penugasan kepada siswa, tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut belum terlaksana secara maksimal karena terdapat beberapa problem atau masalah dalam pembelajaran yaitu, kurangnya motivasi belajar, perbedaan pemahaman siswa, keterbatasan kuota dan jaringan internet, kurangnya minat belajar, dan keterbatasan dalam mengontrol pembelajaran.
STUDI IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR Hasrul, Hasrul; Miru, Alimuddin Sa'ban; Nensi, Sri
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.259 KB) | DOI: 10.26858/progresif.v1i2.29141

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di SMK Negeri 5 Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah 60 orang guru SMK Negeri 5 Makassar. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi Technological Knowledge (TK) berada pada kategori baik, Pedagogical Knowledge (PK) berada pada kategori baik, Content Knowledge (CK) berada pada kategori baik, Pedagogical Content Knowledge (PCK) berada pada kategori baik, Technological Content Knowledge (TCK) berada pada kategori baik, Technological Pedagogical Knowledge (TPK) berada pada kategori baik, dan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) berada pada kategori baik. Secara umum disimpulkan bahwa implementasi TPACK di SMK Negeri 5 Makassar berada pada kategori baik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA Ni Kadek Apriani; Abdul Hajar
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.825 KB) | DOI: 10.26858/progresif.v1i2.29794

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan kompetensinya adalah kemampuan mengembangkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan ice breaking pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik kelas XII AK 2 SMK Negeri 4 Negara semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Ice breaking dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan keaktifan siswa yang sebelumnya cenderung pasif, mengalami peningkatan dalam keaktifannya di dalam kelas setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Ice Breaking. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diadakan tindakan siklus I dan siklus II. Pada Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa cukup rendah yaitu 70,97 dengan ketuntasan klasikal 56%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami banyak peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas 80,49 dengan ketuntasan klasikal 94%.
ANALISIS PEMANFAATAN SYAM-OK MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTERFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Muhammad Akbar Suwandi; Muhammad Yusuf Mappeasse; Syahrul Syahrul
Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.845 KB) | DOI: 10.59562/progresif.v1i1.27534

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan LMS SYAM-OK di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dengan model Technology Acceptance Model (TAM), yang terdiri dari empat konstruk utama (internal variabel). Sampel sebanyak 100 mahasiswa ysng dihitung menggunkan rumus Slovin dengan signifikansi 10%. Pengumpulan data di ambil melalui kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness); (2) persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavior Intention to Use); (3) persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavior Intention to Use); (4) persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan (Actual system use); (5) niat perilaku (Behavior Intention to Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan (Actual system use); (6) persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku (Behavior Intention to Use) melalui persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) efek mediasi Partial Mediations; (7) persepsi kegunaan (Prerceived Usefulness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan (Actual system use) melalui niat perilaku (Behavior Intention to Use) efek mediasi Full Mediations.