cover
Contact Name
Yogiek Indra Kurniawan
Contact Email
yogiek@unsoed.ac.id
Phone
+6285157550006
Journal Mail Official
jurnalidcom@gmail.com
Editorial Address
Jalan Serma Mukhlas, Karangtengah, RT 02 RW 03, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kode pos 53416
Location
Kab. banjarnegara,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika
Published by CV Firmos
ISSN : 28076664     EISSN : 28076591     DOI : https://doi.org/10.54082/jiki.IDPaper
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika (JIKI) merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian di bidang Ilmu Komputer, Informatika, dan Sistem Informasi, terutama pada pengembangan software, pengembangan sistem informasi, sistem komputer, jaringan komputer, algoritma dan komputasi, serta penerapan teknologi informasi. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika (JIKI) terdaftar di LIPI dengan P-ISSN : 2807-6664 dan E-ISSN : 2807-6591. Selain itu, JIKI terdaftar di Crossref dengan DOI : https://doi.org/10.54082/jiki.IDPaper. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika (JIKI) dipublikasikan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Semua penerimaan naskah akan diproses secara double blind review oleh mitra bestari. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika (JIKI) menerima artikel ilmiah hasil penelitian dari beberapa bidang sebagai berikut : - Organisasi sistem komputer: Arsitektur komputer, sistem tertanam, komputasi waktu nyata - Jaringan : Arsitektur jaringan, protokol jaringan, komponen jaringan, evaluasi kinerja jaringan, layanan jaringan - Keamanan: Kriptografi, layanan keamanan, sistem deteksi intrusi, keamanan perangkat keras, keamanan jaringan, keamanan informasi, keamanan aplikasi - Organisasi perangkat lunak : Penerjemah, Middleware, Mesin virtual, Sistem operasi, Kualitas perangkat lunak - Notasi dan alat perangkat lunak : Paradigma pemrograman, Bahasa pemrograman, Bahasa khusus domain, Bahasa pemodelan, Kerangka kerja perangkat lunak, Lingkungan pengembangan terintegrasi - Pengembangan perangkat lunak : Proses pengembangan perangkat lunak, Analisis kebutuhan, Desain perangkat lunak, Konstruksi perangkat lunak, Penyebaran perangkat lunak, Pemeliharaan perangkat lunak, Tim pemrograman, Model sumber terbuka - Teori Komputasi : Model Komputasi, Kompleksitas Komputasi - Algoritma : Desain algoritma, Analisis algoritma - Matematika komputasi : Matematika diskrit, Perangkat lunak matematika, Teori informasi - Sistem informasi : Sistem manajemen basis data, Sistem penyimpanan informasi, Sistem informasi perusahaan, Sistem informasi sosial, Sistem informasi geografis, Sistem pendukung keputusan, Sistem kontrol proses, Sistem informasi multimedia, Penambangan data, Perpustakaan digital, Platform komputasi, Pemasaran digital, World Wide Web , Pengambilan informasi - Interaksi manusia-komputer : Desain interaksi, Komputasi sosial, Komputasi di mana-mana, Visualisasi, Aksesibilitas - Konkurensi: Komputasi bersamaan, Komputasi paralel, Komputasi terdistribusi - Kecerdasan buatan : Pemrosesan bahasa alami, Representasi dan penalaran pengetahuan, Visi komputer, Perencanaan dan penjadwalan otomatis, Metodologi pencarian, Metode kontrol, Filosofi kecerdasan buatan, Kecerdasan buatan terdistribusi - Pembelajaran mesin: Pembelajaran dengan pengawasan, Pembelajaran tanpa pengawasan, Pembelajaran penguatan, Pembelajaran multi-tugas - Grafik : Animasi, Rendering, Manipulasi gambar, Unit pemrosesan grafik, Realitas campuran, Realitas virtual, Kompresi gambar, Pemodelan padat - Komputasi terapan: E-commerce, Perangkat lunak perusahaan, Penerbitan elektronik, Cyberwarfare, Pemungutan suara elektronik, Video game, Pengolah kata, Riset operasi, Teknologi pendidikan, Manajemen dokumen.
Articles 29 Documents
Klasifikasi Cuaca Menggunakan Metode VGG-16, Principal Component Analysis Dan K-Nearest Neighbor Sean Alexander Suryaman; Rita Magdalena; Sofia Sa'idah
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 1 (2021): JIKI - Juni 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.593 KB) | DOI: 10.54082/jiki.1

Abstract

Cuaca merupakan suatu fenomena alam yang sangat berdampak bagi manusia. Informasi tentang kondisi cuaca sangat dibutuhkan oleh manusia. Informasi ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kejadian cuaca disekitar kita. Sistem klasifikasi saat ini mengandalkan serangkaian sensor mahal atau bantuan manusia. Kecerdasan buatan merupakan suatu cabang ilmu komputer yang membantu manusia dalam mengatasi masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mengklasifikasi kondisi cuaca dengan menggunakan metode VGG-16, Principal Component Analysis (PCA) dan K-Nearest Neighbor (KNN). Pertama ciri akan dicari menggunakan VGG-16, lalu memanfaatkan Principal Component Analysis (PCA) untuk mereduksi data agar lebih efektif. Dan menggunakan K-Nearest Neighbor (KNN) untuk mengklasifikasian data. K-Nearest Neighbor (KNN) menggunakan jarak untuk mengklasifikasikan data. Jarak yang dipilih merupakan jarak terpendek yang akan menunjukan ketetanggan untuk menghasilkan keluaran apakah cuaca sedang cerah, berawan, berkabut, hujan dan matahari terbit. Sistem tersebut dibuat menggunakan platform Google Colab dengan bahasa pemrograman Python. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh sistem klasifikasi cuaca dengan akurasi sebesar 87,50%. Hasil akurasi tersebut diperoleh ketika digunakan 450 data uji dan 1050 data latih. Adapun parameter terbaik yang dihasilkan, yaitu ukuran citra 256 x 256, jenis KNN adalah Cosine, nilai KNN di k = 9, dan Persentase PCA 30%.
Robot Air Hockey Berbasis Pengolahan Citra Dengan Metode Kendali Proportional-Integral-Derivative Dan Fuzzy Logic Controller Rafly Hidayatullah; Irfhando Mahendra; Agung Surya Wibowo; Muhammad Ridho Rosa
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 1 (2021): JIKI - Juni 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1250.958 KB) | DOI: 10.54082/jiki.4

Abstract

Penelitian ini berisi perancangan implementasi sistem mekatronika robot air hockey yang dapat berkompetisi dengan manusia. Sistem akan berfokus pada pergerakan paddle untuk sisi robot air hockey dengan metode kendali Proportional-Integral-Derivative (PID) pada bidang X dan fuzzy logic controller (FLC) pada bidang Y. Kamera digunakan sebagai sensor untuk menangkap citra yang akan diolah menggunakan modul blob detection guna mendeteksi posisi puck dan paddle. Sistem robot akan melakukan tracking posisi puck dan memprediksi arah geraknya, supaya robot dapat menahan dan memukul kembali puck. Sistem pengolahan citra yang dirancang memiliki kecepatan maksimum pengambilan citra sebesar 0,0125 detik per frame dengan tingkat akurasi sebesar 93%. Penerapan kendali Proportional-Derivative (PD) dan prediktor K = 0,5 pada bidang X, serta kendali FLC pada bidang Y menghasilkan respons gerak robot dengan error maksimum sebesar 3,44%. Dengan sistem ini, robot berhasil merespons dengan baik datangnya puck dengan kecepatan maksimum 2,04 m/s dan mengembalikannya dengan kecepatan maksimum sebesar 2,27 m/s.
Aplikasi Health Safety Environment Pada PT Altrak 1978 Samarinda Anggiat Parsaoran Sihombing; Fahrullah Fahrullah; Riyayatsyah Riyayatsyah
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 1 (2021): JIKI - Juni 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1043.418 KB) | DOI: 10.54082/jiki.5

Abstract

Pada saat mengontrol karyawan bekerja menggunakan peralatan K3, officer Health Safety Environment (HSE) PT Altrak 1978 Samarinda masih melakukan pencatatan pada form yang masih berupa lembaran, yang mana lembaran-lembaran ini bisa tercecer atau hilang. Sehingga menjadi kendala pada saat melaporkan dokumen inspeksi peralatan K3. Salah satu alternatif untuk dapat membantu penyelesaian masalah tersebut adalah merancang dan membangun aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi yang dapat memudahkan pada proses checklist peralatan K3 oleh HSE, aplikasi yang dibangun dapat dimanfaatkan pada proses pelaporan kecelakaan kerja pada PT Altrak 1978 Samarinda. Alat analisis dan desain yang digunakan yaitu analisis desain terstruktur. Sedangkan pengembangan sistem menggunakan metode prototipe. Adapun metode pengujian yang dipakai menggunakan metode blackbox testing. Aplikasi yang dihasilkan dapat menginput item peralatan K3, memproses peralatan K3 yang digunakan serta menghasilkan laporan berupa inspeksi checklist item peralatan K3 yang digunakan.
Sistem Informasi Panduan Diet Bagi Penderita Obesitas Berbasis Website Sigit Rizaldi; Arief Kelik Nugroho; Nur Chasanah
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 1 (2021): JIKI - Juni 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1576.766 KB) | DOI: 10.54082/jiki.6

Abstract

Obesitas adalah suatu keadaan yang terjadi apabila jumlah lemak tubuh dibandingkan dengan berat badan total lebih besar dari pada normal. Banyak dikalangan remaja hingga dewasa yang mengalami penyakit obesitas. Dengan penyakit yang mereka alami, tentunya mereka akan berinisiatif untuk melakukan program diet untuk menghilangkan obesitas. Adapun masalah yang terjadi adalah banyak dari sekian orang yang belum mengerti tentang diet sehat. Diet sehat adalah suatu aturan dalam pola makan untuk tujuan tertentu. Berdasarkan permalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul “Rancang Bangun Sistem Informasi Panduan Diet Bagi Penderita Obesitas berbasis  Website”. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi berbasis web yang dapat membantu para obesitas untuk bisa melakukan program diet dengan baik dan benar. Sistem dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, PHP, dan MySQL serta penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dan metode pengujian yang digunakan Blackbox dan Mean Opinion Score (MOS). Hasil pengujian sistem berdasarkan pengujian MOS 90% responden menyatakan bahwa sistem panduan diet bagi penderita obesitas dapat membantu dalam menjalankan program diet dengan baik, dan hasil pengujian blackbox sistem berjalan dengan baik sesuai ketentuan pengujian pada sistem.
Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta Fatah Yasin Al Irsyadi; Lia Dewi Susanti; Yogiek Indra Kurniawan
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 1 (2021): JIKI - Juni 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.545 KB) | DOI: 10.54082/jiki.7

Abstract

Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara  (SLB YRTRW) Surakarta merupakan tempat belajar bagi anak berkebutuhan khusus terutama bagi anak tuna rungu wicara yang memiliki banyak permasalahan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kelas yang tidak kondusif akan mempengaruhi kenyamanan dan ketertarikan anak-anak dalam belajar. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SLB hanya ada satu yang mengampu dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas sehingga siswa perlu mengulang kembali pelajaran saat di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun aplikasi belajar huruf hijaiyah untuk anak tuna rungu.Penelitian ini dilakukan berdasarkan kurikulum SLB YRTRW terutama kurikulum sekolah dasar kelas 2.Berdasarkan wawancara dan observasi yang didampingi oleh guru PAI aplikasi ini mencakup kemampuan siswa tuna rungu dan mensimulasikan cara mengajar guru PAI ke media digital. Aplikasi ini akan beroperasi pada perangkat smartphone android yang hampir setiap orang miliki saat ini.Aplikasi ini dibuat menggunakan Construct 2 yang akan diubah ke versi android menggunakan software aplikasi Cordova dan Cocoon.io. Pembuatan asset game menggunakan aplikasi Corel Draw. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi “Mari Belajar Huruf Hijaiyah” untuk anak tuna rungu. Game edukasi ini memiliki sesi belajar huruf hijaiyah yang dilengkapi dengan isyarat tangan. Pengujian aplikasi dilakukan dengan cara memberikan aplikasi pada siswa-siswi tuna rungu dan mencobanya secara langsung. Berdasarkan hasil kuisioner yang diisi langsung oleh siswa tuna rungu dengan bimbingan guru PAI  dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini menarik dan  efektif untuk meningkatkan kemampuan anak belajar huruf hiijaiyah.
Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Barang Berbasis Web Dengan Framework Laravel Aji Nurcahyo Hidayat; Dadang Iskandar; Nofiyati Nofiyati
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2021): JIKI - Desember 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1406.436 KB) | DOI: 10.54082/jiki.9

Abstract

Pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016, jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh sebesar 10,12%. Perkembangan yang semakin pesat ini di manfaatkan oleh berbagai pihak guna memaksimalkan fungsi dari kemajuan teknologi ini, yang salah satunya adalah dalam bidang jasa yaitu penyewaan atau rental barang. Banyaknya bisnis penyewaan barang yang muncul saat ini membuat penyewa barang seringkali lupa terkait informasi terkait produk yang ditawarkan. Kurangnya informasi atau promosi dari pemilik barang membuat calon penyewa sedikit kesulitan dan memerlukan usaha yang lebih untuk mendapatkan barang yang diinginkan, sehingga perlu adanya penyewaan berbasis website yang memuat informasi terkait produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem marketplace yang memuduahkan bagi calon penyewa dalam menemukan barang yang diinginkan dan bagi pemilik barang untuk memudahkan memasarkan barangnya dan mengelola barang serta pesanannya. Cara kerja sistem ini, penyewa mencari barang yang diinginkan melalui sistem lalu memesannya. Pesanan tersebut kemudian dikirimkan ke pemilik barang oleh sistem setelah pembayaran untuk biaya sewa dikonfirmasi oleh admin dan pemilik barang dapat memberikan barangnya kepada penyewa sesuai data pesanannya. Sistem ini berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan framework laravel yang didukung basis data MySQL dan mengacu pada metode pengembangan waterfall pada proses pembuatannya. Tahap pengujian untuk sistem marketplace penyewaan barang dilakukan dengan metode pengujian blackbox testing dan Mean Opinion Score. Hasilnya menunjukan bahwa sitem berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan mampu mebantu bagi calon penyewa dalam mencari informasi barang sewaan maupun bagi para pemilik barang dalam mempromosikan barangnya.
Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Di Desa Sidakangen Purbalingga Nabila Khaerunnisa; Eddy Maryanto; Nur Chasanah
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2021): JIKI - Desember 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.943 KB) | DOI: 10.54082/jiki.12

Abstract

Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan merupakan sistem berbasis web yang digunakan untuk mengelola proses pelayanan administrasi pembuatan surat-menyurat. Pembuatan surat-menyurat di Desa Sidakangen masih menggunakan pembukuan atau arsip secara manual. Dari pembukuan atau arsip tersebut kemudian di rekap kedalam Microsoft Excel untuk dicetak sebagai laporan, belum lagi petugas akan melayani masyarakat dalam pembuatan surat menyurat sehingga pada prosesnya membutuhkan waktu yang lebih untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan dengan baik. Untuk mengatasi beberapa permasalah tersebut maka perlu dirancang suatu Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web sehingga dapat meningkatkan kinerja Perangkat Desa dalam mengolah data - data dan informasi yang dimiliki agar lebih akurat dan efisien, serta dapat menangani permasalahan dalam pelayanan administrasi kependudukan di Desa Sidakangen. Sistem Informasi Pelayanan Administrasi ini menggunakan metode pengembangan Waterfall dengan metode pengujian Blackbox dan MOS (Mean Opinion Score) yang membuktikan bahwa adanya sistem ini masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan proses pelayanan administrasi tingkat desa.
Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Penyebaran Covid-19 Di Sumatera Utara Menggunakan Algoritma K-Means Yeusi Fani Selfrida Yani Damanik; Sumarno Sumarno; Indra Gunawan; Dedy Hartama; Ika Okta Kirana
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2021): JIKI - Desember 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1770.338 KB) | DOI: 10.54082/jiki.13

Abstract

Virus corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Penyebaran virus Covid-19 menyebar dengan cepat di berbagai daerah khususnya di Sumatera Utara sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan aktivitas seperti biasanya. Penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara perlu dikelompokkan untuk mengetahui daerah mana yang tingkat penyebarannya tinggi, sedang atau rendah. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah Data Kasus Covid 19 Di 33 Kabupaten/ Kota Di Sumatera Utara. Metode dalam penelitian ini adalah algoritma K-Means dan selanjutnya data akan diolah menggunakan aplikasi Rapid Miner menjadi 3 cluster yaitu tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan penelitian ini dibentuk sebuah sistem yang digunakan untuk melatih dan menguji data agar mendapatkan hasil pengelompokan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara.
Identifikasi Penyakit Daun Jeruk Siam Menggunakan K-Nearest Neighbor Rifqi Hakim Ariesdianto; Zilvanhisna Emka Fitri; Abdul Madjid; Arizal Mujibtamala Nanda Imron
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2021): JIKI - Desember 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.804 KB) | DOI: 10.54082/jiki.14

Abstract

Jeruk siam adalah salah satu jeruk local yang mempunyai nilai jual yang tinggi di Indonesia. Tahun 2020, tingkat produksi jeruk siam mengalami penurunan menjadi 712.585 ton di Jawa Timur. Salah satu faktor utama yang menyebabkan menurunnya tingkat produksi jeruk siam yaitu serangan penyakit pada daun jeruk siam. Dua penyakit yang sering menyerang daun jeruk siam adalah penyakit kanker yang disebabkan oleh patogen Xanthomonas axonopodis pv.citri dan penyakit ulat peliang. Selama ini, pengamatan pada penyakit daun jeruk siam dilakukan secara manual menggunakan mata sehingga penentuan penyakit tersebut bersifat subyektif. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah sistem otomatis identifikasi daun jeruk siam sehat dan daun jeruk siam terserang penyakit dengan bantuan teknik computer vision. Tahapan penelitian yaitu pengumpulan citra daun jeruk, konversi warna, ekstraksi fitur warna dan tekstur serta klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN). Parameter fitur yang digunakan yaitu fitur warna GB, fitur tekstur (ASM, entropi dan kontras). Metode KNN mampu mengklasifikasi dan mengidentifikasi penyakit daun jeruk siam dengan akurasi sebesar 70% dengan variasi nilai K = 21.
Pengelompokan Data Penjualan Mie Berdasarkan Bulan Dengan Menggunakan Algoritma K-Medoids Riahta Ulina Br. Barus; Indra Gunawan; Bahrudi Efendi Damanik; Iin Parlina; Widodo Saputra
Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol 1 No 2 (2021): JIKI - Desember 2021
Publisher : CV Firmos

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.87 KB) | DOI: 10.54082/jiki.15

Abstract

Mie merupakan salah satu keanekragaman kuliner yang memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan sebagai peningkatan ekonomi di pematangsiantar. Penjualana Mie di Kota pematangsiantar juga sangat pesat, namun para pedagang masih mneggunakan cara manual dalam pengelompokan data hasil penjualan dari berbagai macam jjenis mie yang di jual sehingga tingkat akurasi keuntungannya menjadi tidak Nampak dengan jelas. Berdasarkan itu makan penulis membuat penelitian ini dengan menggunakan Algoritma K-Medoids untuk mengcluster data penjualan mie dari tahun 2018-2019 berdasarkan tahun dan bulan. Hasil yang diperoleh dari  produksi mie di tahun 2018 terbanyak adalah mie pangsit dengan centroid 304670 pada bulan Januari dan mie pangsit dengan centroid 290476 pada bulan Desember, sedangkan di tahun 2019 adalah mie pangsit centroid 311532 bulan Januari dan 311532 pada bulan Desember. Tingkat akurasi dari pengolahan RapidMiner dengan pengolahan yang dilakukan penulis menunjukkan 12 data yang digunakan. Untuk Cluster C1 atau kelompok Tinggi diperoleh akurasi sebesar 17% dengan jumlah data yang sama 2 data, Cluster C2 atau kelompok Sedang diperoleh akurasi sebesar 8% dengan jumlah data yang sama 1 data dan Cluster C3 atau kelompok Rendah diperoleh akurasi sebesar 75% dengan jumlah data yang sama 9 data.

Page 1 of 3 | Total Record : 29