cover
Contact Name
Rifki Hanif
Contact Email
rifki.hanif@asia.ac.id
Phone
+6281334666672
Journal Mail Official
jpro@asia.ac.id
Editorial Address
Jalan Soekarno Hatta - Rembuksari No. 1A Malang - 65141, Jawa Timur, Indonesia Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang Phone: +62 (341) 478877 | Fax : +62 (341) 472305 | email: jpro@asia.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Profesional
ISSN : -     EISSN : 27755967     DOI : https://doi.org/10.32815/jpro.v1i01
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Profesional atau dikenal dengan nama JPRO, diterbitkan oleh Program Studi Manajemen-Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. JPRO terbit Dua Kali setahun yaitu Mei dan November. Ruang lingkup pembahasan adalah Manajemen dan Bisnis. Jurnal ini menerbitkan artikel asli, review, dan penelitian empiris yang menarik. Jurnal ini mengedepankan pendekatan saintifik sebagai hasil dari pemikiran teoritis dan penelitian empiris. Redaksi menerima artikel atau hasil penelitian ilmiah, termasuk ide-ide pengembangan di bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Untuk itu, JPro mengundang para intelektual, ahli dan praktisi untuk mengungkapkan gagasan atau hasil penelitiannya secara kritis, kreatif, inovatif, bebas dan bertanggung jawab.
Articles 45 Documents
EMOSI KONSUMEN DALAM MENDUKUNG KEPUASAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19 Lesy Cornella; Dedi Rianto Rahadi
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 1 No 1 (2020): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.99 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v1i01.298

Abstract

Emotions are things that cannot be measured from human behavior, because every human being must have emotions, both negative emotions and emotions. At this time, many considerations are made when buying an item, one of which is the emotional factor. Consumer emotions have become unstable due to the plague that hit Indonesia, namely the Covid 19 outbreak. This pandemic has caused several activities to stop, one of which is the ban on crowding. Currently, purchases are mostly made online, as evidenced by the increasing number of online shopping application users. Even though the purchase is made online, satisfaction is still considered in order to maintain a good customer relationship. The study used a qualitative method of interviewing. By using this method, it is hoped that the research will be more focused and the results obtained are in accordance with the facts that occur. The results showed that consumer emotions were one of the supporting factors for online purchase satisfaction during the Covid 19 pandemic.
ANALISIS EMOSI DAN SUASANA HATI AKIBAT ANCAMAN PANDEMI COVID-19 PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJER Fahd Dzaki Wijaya
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 1 No 1 (2020): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.379 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v1i01.299

Abstract

Pandemi corona virus disease (Covid-19) menjadi ancaman bagi masyarakat dunia, termasuk di Indonesia, maupun dari perspektif kesehatan maupun ekonomi. Di Indonesia, pemerintah telah membuat berbagai kebijakan untuk mengurangi ancaman dari pandemi ini dan mendorong sektor swasta untuk membuat kebijakan yang tepat seperti bekerja dari rumah dan mematuhi protokol kesehatan.Perusahaan terancam oleh pandemi ini yang memaksa berhenti dan penundaan banyak kegiatan bisnis dari berbagai sektor, sehingga menekan para pengambil keputusan seperti manajer untuk membuat keputusan yang tepat dan membuat perusahaan dapat bertahan dari pandemi ini. Tetapi manajer juga memiliki emosi dan suasana hati yang terpengaruh oleh ancaman Covid-19, sehingga perlu ada cara bagi manajer untuk dapat membuat keputusan berdasarkan informasi. Sebuah studi literatur dilakukan untuk menganalisis emosi dan suasana hati akibat ancaman pandemi Covid-19 pada pengambilan keputusan manajerial, yang dalam penelitian ini akan berguna bagi manajer untuk dapat membuat keputusan berdasarkan informasi di tengah pandemi yang dapat mempengaruhi emosi dan suasana hati mereka.
ANALISIS TIPE KEPRIBADIAN KONSUMEN PADA BISNIS ONLINE SELAMA PANDEMI maemunah marisa
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 1 No 1 (2020): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.914 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v1i01.300

Abstract

Abstract: Consumers are the most important factors in business. Every consumer has a different personality. Personality type is one that influences consumer behavior, especially in online businesses. Many new online businesses have sprung up in Indonesia during the pandemic. The pandemic has closed several places where people need them so that many people have switched to buying online businesses. The rise of this online business makes it easier for consumers to fulfill the desired product or service. This study aims to analyze the personality types (big five personality) of consumers in online businesses during the pandemic. The research method used is descriptive qualitative method. The author directly researched the people who became consumers of online businesses during this pandemic. Based on the results of the research conclusions, namely 1) Consumers in online business during the pandemic tend to be high; 2) The big five personality of consumers has a dominant tendency in every dimension which includes conformity, awareness, extraversion, neuroticism, and openness to experience; 3) The big five personality affects consumer behavior in online business during the pandemic, the personality personality that affects is greater than the agreeableness, extraversion, neuroticism, and openness to experience. Keywords: personality type, consumer behavior, online business Abstrak: Konsumen merupakan faktor terpenting pada bisnis. Setiap konsumen memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Tipe kepribadian merupakan salah satu yang mempengaruhi perilaku konsumen terutama pada bisnis online. Banyak bisnis online baru bermunculan di Indonesia selama pandemi. Pandemi membuat beberapa tempat kebutuhan masyarakat tutup sehingga masyarakat banyak beralih untuk membeli pada bisnis online. Maraknya bisnis online ini memudahkan konsumen dalam memenuhi produk atau jasa yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis tipe kepribadian(big five personality) konsumen pada bisnis online selama pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penulis langsung meneliti orang-orang yang menjadi konsumen pada bisnis online selama pandemi ini. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu 1) Konsumen pada bisnis online selama pandemi cenderung tinggi; 2) Kepribadian big five pada konsumen memiliki kecenderungan yang dominan pada setiap dimensi yang meliputi agreeableness, conscientiousness, extraversion, neuroticism, dan openness to experience; 3) Kepribadian big five mempengaruhi perilaku konsumen pada bisnis online selama pandemi, kepribadian openness to experience merupakan kepribadian yang mempengaruhi lebih besar dibandingkan agreeableness, extraversion, neuroticism, dan conscientiousness. Kata kunci: tipe kepribadian, perilaku konsumen, bisnis online
MENGAPA KEDISIPLINAN MEKANIK LEBIH PENTING DIBANDINGKAN KEPEMIMPINAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BENGKEL? Ahmad Nizar Yogatama; Hendra Leo Pratama
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 1 No 1 (2020): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.055 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v1i01.341

Abstract

Kepemimpinan kepala bengkel disinyalir memiliki peran lebih penting dibandingkan kedisiplinan, padahal toleransi dalam sebuah kepemimpinan menjadi dasar munculnya kedisiplinan yang baik oleh mekanik di Bengkel Bunul Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa kedisiplinan mekanik menjadi lebih penting untuk diperhatikan oleh pihak manajemen dan kepala bengkel untuk meningkatkan kinerja. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan populasi dan sampel yakni seluruh mekanik di bengkel bunul Malang yang berjumlah 37 orang. Hasil penelitian ini adalah kedisiplinan lebih penting dibandingkan kepemimpinan yang baik terhadap kinerja dari mekanik karena toleransi yang diberikan oleh kepala bengkel kepada mekanik menjadi dasar kedisiplinan oleh mekanik sehingga mampu meningkatkan kinerja secara efektif dan efisien.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA PERAWAT DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Nur Aziza; Lussia Mariesti Andriany
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 1 No 1 (2020): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.619 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v1i01.344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja perawat dengan organiational citizenship behaviour (OCB) sebagai variabel intervening pada RSUD Dr R Soedarsono Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di RSUD Dr R Soedarsono Pasuruan dan teknik sampling yang digunakan adalah, simple random sampling sejumlah 57 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tidak ada pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap OCB; 2) Ada pengaruh langsung kecerdasan spiritual terhadap organizational citizenship behaviour OCB; 3) Ada pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja; 4) Ada pengaruh langsung kecerdasan spiritual terhadap kinerja; 5) Tidak ada pengaruh langsung OCB terhadap kinerja; 6) tidak ada pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja melalui OCB; 7) tidak ada pengaruh tidak langsung kecerdasan spiritual terhadap kinerja melalui OCB.
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN PROBOLINGGO Mega Mirasaputri Cahyanti
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 1 No 1 (2020): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.82 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v1i01.359

Abstract

Setiap instansi, khususnya instansi pemerintah memerlukan kinerja pegawai yang baik. Kinerja yang baik ialah yang mengikuti tata cara atau prosedur yang telah ditetapkan oleh instansi. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Probolinggo, karena sumberdaya manusianya memiliki pengaruh langsung terhadap pelayanan masyarakat. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling jenuh (Sensus) dengan jumlah 83 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa lingkungan kerja fisik dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten probolinggo.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG ADISUCIPTO YOGYAKARTA Hakim Hakim; Selamat Muliadi
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 1 No 1 (2020): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.828 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v1i01.380

Abstract

Service quality is a fundamental factor in a company engaged in the service sector, in this case BRI Branch Adisucipto Yogyakarta Cilacap. Customer satisfaction can be seen from each level of service provided massively. The results of this study indicate that the validity and reliability instrument testing for all service variables, Tangibles (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), and Emphaty (x5) has taken care of the provisions. Meanwhile, from the test results the value of 17.157 and F table of 2.47 with a significance of 0.000. Therefore (17.157> 2.47) with a significance value less than 0.05 (sig responsiveness (Responsiveness), guarantee (Assurance) and empathy (Emphaty) to customers at the Kawunagnten Cilacap Branch of BRI Bank. And for testing the / R square gets 0.477, which means that the Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Emphty variables in this study can serve customers by 47.7% while the remaining 53.3% are from other variables outside the independent variables. From this research, the conclusion is that the customers of BRI Adisucipto Yogyakarta Branch are quite satisfied with the services provided, but there are several things that are important and need to be considered such as the Tangibles variable because physical evidence is abstract and must be felt directly by the customer. Tangibles quality of service, including adequate physical appearance of the room (waiting room, seating, comfortable interior), parking for service counters and electronic and communication infrastructure must be available so that the customer does not become difficult if the customer wants to connect with the Bank through the telephone network.
PERAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM PENERAPAN STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING AZIZAH KONVEKSI DI DESA JATIRUNGGO KEC. PRINGAPUS Viqi Miftakhul Faza; Afita Setyowati; Budi Utomo
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 2 No 1 (2021): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.913 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v2i1.454

Abstract

This research is a research about how the role of management control system in implementing relationship marketing strategy in a company. Where the name of the company certainly needs a strategy to increase sales. This study aims to determine the role of management control systems in implementing a relationship marketing strategy at a convection company located in the village of Jatirunggo, Kec. Pringapus. In this study, it was found that the production process had not run optimally due to rejected or defective products. Therefore, the convection party needs control in order to anticipate the damage that occurs to the products produced later. This control can be done by supervising activities at the time of production, selecting materials with good quality and providing training to the parties concerned with the production. Then, this convection Azizah distributed pamphlets through social media and posted pamphlets in crowded places to increase sales, orders and increase incoming orders. With so many customers from out of town working with Azizah convection
STRATEGI MANAJEMEN MENGHADAPI RISIKO OPERASIONAL PADA PT BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) HAJI MISKIN PANDAI SIKEK Ifelda Nengsih; Dina Meidani
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 2 No 1 (2021): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.647 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v2i1.760

Abstract

PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Haji Miskin Pandai Sikek dihadapakan pada risiko operasional seperti kesalahan penginputan data oleh karyawan bank, pencucian uang, terdapat uang palsu, ketidak jujuran nasabah, penipuan atau manipulasi data, dan beberapa risiko lainnya yang akan mungkin terjadi. Oleh karena itu, PT BPRS Haji Miskin dihadapkan perlu melakukan manajemen terhadap risiko operasional tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen risiko operasional di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek telah menerapkan manajemen risiko sesuai dengan peraturan POJK No.23/POJK.03/2018 tentang penerapan manajemen risiko bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Identifikasi risiko operasional yang disebabkan risiko internal, risiko SDM, risiko teknologi dan sistem, risiko hukum dan risiko eksternal. Pengelolaan risiko yang dilakukan mengikuti proses manajemen risiko yang dumulai dari aktifitas identifikasi, pengukuran risiko, pemantauan risiko dan pengendalian risiko yang terjadi di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek. Strategi yang dilakukan adalah dengan meningkatkan fungsi pengawasan serta melakukan internal audit.
ANALISIS DIMENSI SERVICE QUALITY, LOYALITAS, DAN KETERIKATAN PERUSAHAAN PENANAMAN MODAL ASING DI KAWASAN-KAWASAN INDUSTRI JAWA TIMUR. Hironimus Hari Kurniawan
Jurnal Manajemen dan Profesional Vol 2 No 1 (2021): Jurnal JPro
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (983.786 KB) | DOI: 10.32815/jpro.v2i1.764

Abstract

This study examines Foreign Direct Investment (FDI/PMA) and Domestic Investment (DI/PMDN) which are relatively balanced (49.9% : 50.1%), and continue to be conducive during the Covid-19 Pandemic. In East Java Province, PMA continues to show a significant contribution to the national economy. This research is a descriptive study on the perspective of PMA tenant companies in the cities of Surabaya, Gresik, and Mojokerto, as a representation of the driver of the East Java Industry. The method used is a sequential explanatory research method, which is a quantitative descriptive study with a SERVQUAL (Service Quality) theoretical approach and dimensions of Loyalty and Engagement. The population is determined as many as 527 respondents, and then taken a sample of 228 respondents.The results of this study indicate that Customer Satisfaction has a high score of 88.02, Dissatisfaction is at a low level of 7.19, Customer Loyalty and Engagement are high at 77.59 and 88.36. These findings indicate that PMA customer satisfaction has been well appreciated by tenants, with several priority notes, especially to increase loyalty. The results of this study become an empirical indicator for management to understand important factors, especially for increasing satisfaction and loyalty, such as the focus on improving facilities and accelerating services. The main factors that contribute to loyalty are customer confidence in the management of the area which has shown good integrity and reputation among East Java industry players. The advantages of the logistics system, strategic location, and infrastructure advantages are at the top as recommendation factors.