cover
Contact Name
Mohammad Solihin
Contact Email
mohammadsolihin@respati.ac.id
Phone
+6281235058897
Journal Mail Official
massive@respati.ac.id
Editorial Address
Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO). Kampus 1, Jl. Laksda Adisucipto KM.6,3, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 27987396     EISSN : 27987159     DOI : https://doi.org/10.35842/massive.v1i2
Core Subject : Education, Social,
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, media sosial, media online, literasi digital, dan kajian komunikasi lainnya yang relevan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021)" : 6 Documents clear
KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA MELALUI PENGGUNAAN DIREKTORI BISNIS Oktafiani Herlina
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.538 KB) | DOI: 10.35842/massive.v1i2.54

Abstract

Pariwisata memberikan dampak positif bagi industri pariwisata dan perekonomianan negara. Pengembangan sektor ini harus disertai dengan pemanfaatan teknologi dalam melakukan pemasaran pariwisata. Pemasaran pariwisata dapat dilakukan dengan menggunakan sistem komunikasi pemasaran terpadu melalui direktori bisnis pariwisata. Tujuan riset ini adalah meneliti penggunaan direktori bisnis untuk aktivitas pemasaran melalui fitur dan informasi yang disajikan. Riset ini menggunakan metode kualitatif untuk mengatur, menganalisa, dan memahami seluruh informasi yang ada. Hasilnya, direktori bisnis pariwisata dapat digunakan untuk membantu mempromosikan produk dan jasa pariwisata. Direktori bisnis dapat digunakan sebagai ruang pajang untuk memasarkan produk dan jasa pariwisata sehingga dapat memudahkan calon konsumer dalam melakukan pembelian. Penggunaan sistem distribusi global dalam pemasaran rantai jasa pariwisata dapat memenuhi tantangan digitalisasi untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.Kata Kunci : Pariwisata, Komunikasi Pemasaran, Digitalisasi, Direktori Bisnis
ANALISIS ISI PESAN MORAL DALAM FILM ELEGI MELODI Rafif Adwitya Rajendra; Bambang Srigati
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.419 KB) | DOI: 10.35842/massive.v1i2.52

Abstract

Film Elegi Melodi merupakan film pendek yang dibuat oleh Studio Antelope. Film ini bercerita mengenai wanita paruh baya yang ingin mewujudkan cita-cita nya menjadi penyanyi dan membuat video klip setelah dia divonis kanker. Untuk mengetahui pesan moral yang terdapat pada film Elegi Melodi, penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.. Sumber data penelitian berasal dari film Elegi Melodi, menggunakan unit sintaksis (potongan gambar scene-scene film). Kemudian analisis isi ini menggunakan pedoman analisis isi semantik dengan jenis penunjukkan, untuk mengklasifikasikan tanda menurut maknanya serta menghitungi frekuensi seberapa sering objek tertentu (pesan moral) dirujuk. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pesan moral yang berasal dari pertukaran informasi dalam interaksi sesama tokohnya. Pesan moral dalam film ini terdapat karakteristik dan aspek di dalamnya. Karakteristik pesan film Elegi Melodi yakni: origin dan mode. Sedangkan aspek pesannya adalah isi pesan yang terdapat lambang. Kemudian pesan moral dalam film ini telah terkategorisasi yang di dalamnya terdapat indikator dan juga dibagi menjadi sub- indikator. Masing-masing kategori pesan moral ini memiliki total kemunculan: kategori pesan moral hubungan manusia dengan Tuhan sebanyak 3 kali; hubungan manusia dengan diri sendiri 6 kali; dan hubungan manusia dengan manusia lain 13 kali. Pesan moral dalam film Elegi Melodi didominasi oleh pesan moral hubungan manusia dengan manusia lain yang memiliki kemunculan 13 kali di dalam scene-scenenya. Film ini lebih menekankan pesan moral hubungan manusia dengan manusia lain kepada khalayaknya.  Penyampaian pesannya dilakukan secara langsung karena pesan moral yang dibuat komunikator film ditujukan agar lebih mudah diterima dan dipahami penontonnya.Kata kunci: Analisis Isi, Pesan Moral, Kategori, Dominasi
ANALISIS SIKAP MASYARAKAT MENGENAI INFORMASI PPKM DARURAT DI MEDIA SOSIAL (WILAYAH DKI JAKARTA 3-5 JULI 2021) Nanda Savira; Warhi Pandapotan Rambe
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.349 KB) | DOI: 10.35842/massive.v1i2.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap masyarakat mengenai informasi PPKM Darurat di media sosial dengan fokus kepada warga Gg.Mebel RT 06 / RW 03 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori sikap dan perilaku dan juga dengan teknik pengumpuan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan key informan seperti Ketua RT 06 / RW 03 dan di dukung informan seperti beberapa warga Gg.Mebel dengan latar belakang berbeda-beda mulai dari Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, Karyawan Swasta, Karyawan Negri, dan Remaja. Penelitian dilaksanakan pada 5 Juni s/d 30 juli 2021 di Wilayah Gg.Mebel RT 06 / RW03 Kelurahan Ciracas Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya sikap dan perilaku pro kontra masyarakat mengenai adanya kebijakan PPKM Darurat, namun seluruh warga wilayah Gg.Mebel RT 06 / RW 03 sampai saat ini tetap mematuhi protokol dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Sementara itu, seluruh hasil yang ditemukan berasal dari sikap para key informan dan informan Warga Gg.Mebel RT 06 / RW 03 Kelurahan Ciracas, Kecamamatan Ciracas, Jakartta Timur. Kata Kunci: PPKM Darurat, Media Sosial, Masyarakat, Sikap
STRATEGI KOMUNIKASI PODCAST DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS PADA PODCAST MANUSIA KEJU) Wahyu Nur Syarafina; Iqbal Nafis Musyaffa; Mohamad Rizal Ramadhana; Putri Ardhia Puspitasari
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.003 KB) | DOI: 10.35842/massive.v1i2.11

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini mulai banyak memunculkan media baru. Salah satu platform media baru yang sedang trend di Indonesia adalah podcast. Podcast adalah sebuah produk audio yang diunggah dan dapat didengarkan di manapun. Eksistensi podcast sendiri sudah tidak dapat dicegah. Hal tersebut didukung dengan munculnya podcaster yang berasal dari kalangan artis, influencer, dan public figure. Podcast Manusia Keju merupakan podcast baru yang bertema monolog terntang kehidupan. Beragam jenis podcast menyebabkan satu dan lainnya harus bersaing untuk mendapat pendengar setia dan  mengunggah konten yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada Podcast Manusia Keju. Hasil penelitian ini adalah podcast Manusia Keju memiliki strategi komunikasi yaitu mengedepankan konten yang relate dengan kehidupan menggunakan gaya storytelling,  melakukan integrasi dengan media sosial dalam membagikan aktivitas, dan menggunakan teknik word of mouth di lingkungan sekitar. Melalui strategi tersebut, podcast Manusia Keju memiliki pencapaian yaitu memiliki 10 episode dengan 500 kali penayangan di Spotify dan bisa mengikuti kegiatan dari Kominfo.Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Podcast, Manusia Keju, Eksistensi, Era Digital.
BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO ANGENTYAS DI KABUPATEN TEMANGGUNG (DESKRIPTIF KUALITATIF BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO ANGENTYAS DI KABUPATEN TEMANGGUNG) Anis Latifah; Umar Basuki
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.72 KB) | DOI: 10.35842/massive.v1i2.56

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh toko Angentyas di Kabupaten Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan teori pengetahuan persuasi (persuasion knowledge model theory) serta bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Angentyas berhasil dalam meningkatkan penjualan produk peralatan rumah tangga dengan menggunakan teori pengetahuan pengalaman owner dalam merintis usaha, dengan pengalaman berbelanja online membuat mereka terus mendalami e-commerce guna memajukan bisnis. Toko Angentyas berusaha menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) 7P, yakni: 1) Product (produk). 2) Price (harga). 3) Place (tempat). 4) Promotion (promosi) dengan menerapkan promotion mix seperti Advertising (periklanan), Sales promotion (promosi penjualan), Direct marketing (pemasaran langsung), Public relation (hubungan masyarakat), Internet marketing (pemasaran melalui internet). 5) People (partisipan/orang). 6) Process (proses). 7) Physical evidence (lingkungan fisik).Kata kunci: Teori Pengetahuan Persuasi, Bauran Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, Toko Angentyas
PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (ANALISIS SWOT AKUN INSTAGRAM @OLALA.CLOSETS) Desi Ayu Wantika; Yusuf Sapari; Uun Machsunah
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.571 KB) | DOI: 10.35842/massive.v1i2.48

Abstract

Olala.closets sebagai salah satu produsen penghasil produk pakaian remaja dan dewasa yang bertempat di Indramayu telah mengalami peningkatan dalam penjualan dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Instagram ternyata memiliki berbagai fitur menarik yang bisa diakses oleh siapapun saat berselancar mencari informasi mengenai pakaian atau baju yang sedang trend di kalangan anak remaja dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Olala.closet dalam melakukan Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Selling dalam pemanfaatan Instagram sebagai komunikasi pemasaran online untuk menentukan strategi pemasaran usaha Online Shop Olala.closets melalui analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan objek penelitian ini adalah Online Shop @olala.closets. Subjek penelitian ini adalah Owner perusahaan, Admin, dan konsumen. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis lingkungan internal yaitu memiliki kekuatan antara lain model baju tidak ketinggalan jaman, dalam satu tahun mempunyai store, harga produk yang terjangkau, strategi pemasaran melalui media sosial, promosi yang dilakukan dengan baik, mengutamakan kualitas produk. Sedangkan kelemahannya produk tidak sepenuhnya di produksi sendiri, banyak pesaing dengan penjualan yang sama, mahal-nya biaya pengiriman, kualitas pelayanan di instagram belum optimal, kemudian pada kondisi eksternal, peluang yang dimiliki yaitu meningkatnya pengguna instagram, gaya hidup masyarakat yang konsumtif, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, mengikuti event, sedangkan ancaman yang dihadapi yaitu, mudahnya berbisnis online, kualitas dan pelayan pesaing lebih baik, promosi penjualan pesaing lebih baik. Strategi yang dapat diterapkan yaitu dengan meningkatkan strategi pemasaran dengan menggunakan jasa selebgram ibu kota, mempertahankan kerjasama dengan berbagai pihak, meningkatkan promosi diskon, menjaga kualitas produk, selalu mengikuti bazar, meningkatkan kualitas pelayanan, menerapkan harga yang kompetitif.Kata kunci : Promosi, Fitur Instagram, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Page 1 of 1 | Total Record : 6