cover
Contact Name
Wike Adhi Anggono
Contact Email
wike73@gmail.com
Phone
+6282329620776
Journal Mail Official
jmmt_pstm@yudharta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Mesin, Universitas Yudharta, Jl. Yudharta 07 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Journal mechanical and manufacture technology (JMMT)
ISSN : -     EISSN : 27214664     DOI : https://doi.org/10.35891/jmmt
Journal mechanical and manufacture technology adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi Teknik Mesin Universitas Yudharta. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu Bulan Maret dan September. Scope bidang jurnal ini meliputi : Mekanika dan rekayasa teknologi Fokus dan ruang lingkup - Konversi Energi - Proses Produksi - Teknologi Rekayasa - Mekanika Teknik - Perancangan Mesin
Articles 40 Documents
UJI KARAKTERISTIK LAJU PEMBAKARAN DAN ANGKA OKTAN BAHAN BAKAR POLYPROPYLENE CAIR HASIL PEMURNIAN PROSES DISTILASI ABSORSI DENGAN VARIASI CAMPURAN OKTAN BOOSTER Aditya Wahyu Pratama; Sakroni Rizky

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.925 KB)

Abstract

Sampah plastik merupakan salah satu bahan yang tidak mudah terurai. Dan tidak berdampak buruk bagi manusia, serta mempunyai nilai guna yang tinggi untuk dijadikan sebagai alternatif bahan bakar minyak. Salah satunya mengkonversi sampah plastik menjadi minyak. Hal ini bisa dilakukan karena pada dasarnya plastik berasal dari minyak bumi, sehingga tinggal dikembalikan ke bentuk semula. Selain itu plastik juga mempunyai nilai kalor cukup tinggi, setara dengan bahan bakar fosil seperti bensin dan solar. Pemurnian yang di hasilkan dari Polypropylene dapat digunakan sebagai bahan bakar. Pada mulannya untuk mendapatkan hasil bahan bakar plastik terlebih harus dilakukan pengujian dengan menggunakan metode distilasi yang kemudian dari hasil tersebut akan dilakukan pengujian kembali dalam beberapa sampel sebagai perbandingan. Bahan bakar jenis (PP) Polypropylene yang di distilasi di Lab. Mesin otomotif politeknik negeri jember pada suhu 800C dan suhu 1000C dan 1200C. Pada BBPP suhu 80oC dalam jangka waktu 30 menit dalam hal ini heater sebagai pemanas air pada kondensor yang menyelimuti pipa aliran bahan bakar. Suhu 1000C dalam jangka waktu 45 menit, jangka ini relatif lebih lama karena semakin tinggi suhu yang dihasilkan jangka waktu yang dibutuhkan juga akan bertambah. Suhu 1200C dalam jangka waktu 60 menit. Pengujian bahan bakar ini untuk menganalisis terhadap Angka Oktan dan Laju Pembakaran. Hasil Pengujian dilakukan di Universitas Brawijaya Malang dan Institute Teknologi Surabaya. Pada penelitian pemurnian bahan bakar polypropylene cair hasil distilasi ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengujian Laju pempakaran yang paling rendah yang merupakan pembakaran paling cepat adalah BB Pertalite 60% + BBPP 40% nilai kalor 7183,78 kalori per gram dengan laju pembakaran 4:56 detik dan BBPP hasil pemurnian 100°C Volume 90%+10% oktan booster nilai kalor10877,80 kalori per gram dengan laju pembakaran 04:56 detik.
PENGARUH PENGELASAN SHIELDED METAL ARC WELDING (SMAW) PADA MILD STEEL S45C DI DAERAH HAZ DENGAN PENGUJIAN METALOGRAFI Wisma Soedarmadji

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.43 KB)

Abstract

Hasil pengelasan dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan kualitas dari pengelasan buruk salah satunya sambungan yang kurang menyatu sehingga dapat mengakibatkan sambungan lepas atau keretakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengelasan di daerah Heat Affected Zone (HAZ) pada baja karbon rendah S45C. Heat Affected Zone (HAZ) adalah logam yang bersentuhan dengan logam lain pada proses pengelasan, dimana pada proses pengelasan akan terjadi siklus termal dan pendinginan cepat pada sambungan las sehingga akan mempengaruhi struktur mikro dan HAZ, di mana logam akan mengalami transformasi fasa selama proses pendinginan. Hasil penelitian diketahui bahwa pengelasan dengan kuat arus 110 Ampere pertumbuhan butir yang terjadi pada spesimen dimana ukuran butir yang terjadi membesar dari ukuran butir logam induk dengan daerah Heat Affected Zone (HAZ) sebesar 3mm, butir yang dihasilkan dari logam las memiliki ukuran relatif kecil, pengelasan dengan kuat arus 120 Ampere pertumbuhan butir yang terjadi pada spesimen dimana ukuran butir yang terjadi hampir sama dari ukuran butir logam induk dengan daerah Heat Affected Zone (HAZ) sebesar 2,6 mm, sedangkan butir yang dihasilkan dari logam las memiliki ukuran relatif kecil dan hasil pengelasan dengan kuat arus 130 Ampere pertumbuhan butir yang terjadi pada spesimen dimana ukuran butir yang terjadi hampir sama dari ukuran butir logam induk dengan daerah Heat Affected Zone (HAZ) sebesar 4 mm.
ANALISA PENGARUH VARIASI DISPLACEMENT SHOCK ABSORBER KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP RESPON GETARAN F Rahmadianto; A.P Gerald

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.876 KB)

Abstract

Shock absorber adalah satu bagian dari sistem suspensi yang bekerja untuk meredam getaran dari gaya oksilasi pegas yang berlebihan akibat kondisi jalan yang tidak rata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon getaran shock absorber dengan cara memvariasikan displacement pada shock absorber dengan displacement 0,04 m, displacement 0,06 m dan displacement 0,08 m serta menggunakan beban 12,5 kg, 18,75 kg dan 25 kg yang kemudian diolah datanya menggunakan analisa 1 arah statistik. Pengujian dilakukan pada Laboratorium Vibrasi ITN Malang dengan menggunakan alat uji shock absorber dan shock absorber jenis GL 100 tipe pegas standar dengan diameter kawat 3,8 mm, diameter gulungan 3,7 mm, 66 gulungan dan oli SAE 10. Hasil perhitungan dan analisis didapatkan kekakuan pegas sebesar 3062,5 N/m ,konstanta redaman tertinggi pada displacement 0.08 m dengan beban 25 kg sebesar 376,92 Ns/m dan konstanta redaman terendah pada displacement 0,04 m dengan beban 12,5 kg sebesar 291,76. Hal ini dapat disimpulkan bahwa besarnya displacement mempengaruhi nilai redaman dan respon getaran shock absorber.
UJI MATERIAL ALUMINIUM PADUAN DENGAN METODE KEKERASAN ROCKWELL Hasan Bashori

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.284 KB)

Abstract

Nilai kekerasan tidak tergantung pada material yang diuji, namun juga dipengaruhi oleh metode pengujiannya. Aluminium paduan merupakan material berbasis aluminium yang ditambah dengan elemen paduan. Tujuan dari penambahan elemen paduan salah satunya untuk meningkatkan sifat mekanis aluminium. Aluminium tidak berkarat seperti besi karena adanya lapisan pelindung dipermukaannya. Dalam penelitian ini dilakukan uji kekerasan rockwell pada material Aluminium paduan yang bertujuan untuk menentukan kekerasan suatu material dalam bentuk daya tahan material terhadap indentor berupa bola baja ataupun kerucut intan yang ditekankan pada permukaan material uji tersebut. Hasil penelitian bahwa data 1 harga kekerasan rata-rata sebesar 81,6 dengan kedalaman penetrasi rata-rata 0,36 mm, untuk data 2 harga kekerasan rata-rata sebesar 81,3 dengan kedalaman penetrasi rata-rata 0,37 mm, dan untuk data 3 harga kekerasan rata-rata sebesar 83,3 dengan kedalaman penetrasi rata-rata 0,33 mm.
ANALISA CAMPURAN BAHAN BAKAR BIOETANOL DARI NIRA TEBU DENGAN BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP NILAI KALOR dan UNJUK KERJA MESIN 4 LANGKAH Aditya Wahyu Pratama; Ivan Trisna

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.517 KB)

Abstract

Kebutuhan bahan bakar minyak di Indonesia dari setiap tahun telah meningkat. Peningkatan kebutuhan bahan bakar minyak tidak diimbangi dengan peningkatan produksi bahan bakar minyak, sehingga permintaan bahan bakar lebih besar dari ketersediaan bahan bakar. Sejak tahun 2000. Penurunan jumlah cadangan minyak bumi disertai dengan pengurangan produksi telah mencapai 10% per tahun.). Sebagai akibatnya, sangat penting untuk mencari sumber minyak lainnya. Salah satu alternatifnya adalah penggunaan energi terbarukan dan dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan bahan bakar minyak atau gas alam (bahan bakar fosil). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan bahan bakar campuran etanol nira tebu dan premium diketahui nilai kalor rata-rata dari masing-masing variasi yaitu Premium sebesar 6202,495 cal/gram, BP+25% sebesar 4777,129 cal/gram, Bp+50% sebesar 3907,829 cal/gram, BP+75% sebesar 3586,777 cal/gram. Sedangkan untuk torsi yang didapat secara berurutan pada masing-masing variasi adalah 5.20 N.m pada 7000 rpm, 4.37 N.m pada 7000 rpm, 5.27 N.m pada 7000 rpm, dan 4.23 pada rpm 8000 dan nilai daya maksimal secara berurutan adalah 4.43 Hp pada rpm 8000, 4.61 Hp pada rpm 8000, 4.93 Hp pada rpm 8000, dan 4.97 Hp pada rpm 9000.
PENGARUH LETAK TITIK INJEKSI (GATES POSITION) TERHADAP WAKTU PENGISIAN (FILLING TIME) PADA CETAKAN INJEKSI DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI F Rahmadianto; A P Gerald

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.13 KB)

Abstract

Penggunaan plastik yang semakin meningkat dikalangan masyarakat, menuntut suatu usaha untuk mengurangi waktu produksi. Salah satu caranya dengan memanfaatkan program simulasi sebelum dilakukan suatu proses pencetakan plastik. Pada penelitian ini digunakan model staker dengan jenis bahan polyprophylene untuk mengetahui pengaruh letak titik injeksi (gates position) terhadap waktu pengisian (filling time ). Desain produk mengunakan program autocad karena mampu mendesain produk seperti benda sesungguhnya dengan program simulasi menggunakan moldflow plastik insigh. Produk yang akan disimulasikan memiliki spesifikasi bentuk produk yang komplex dan tidak simetris untuk mendapatkan waktu pengisian yang tepat di variasikan 6 titik injeksi, dengan temperatur mold 50°C dan temperatur melting 220°C dengan tekanan injeksi 180Mpa. jarak titik injeksi (1 = 0,2mm, sumbu XY), (2 =12mm, sumbu X), (3 =15mm, sumbu X), (4 =20mm, sumbu X), (5 =30mm, sumbu X) (6 = 35mm, sumbu Y) semua variasi jarak diukur dari titik pusat. Waktu yang didapat dari simulasi (1,454, 1,434, 1,446, 1,449, 1,450, dan 2,240 dengan satuan detik). Dari hasil analisa didapatkan waktu optimal pada titik injeksi 2, jarak 12mm dari titik pusat waktu pengisian 1,434detik. Dapat disimpulkan semakin dekat flow path maka waktu pengisian yang di butuhkan juga akan semakin cepat.
PENGARUH CAIRAN PENDINGIN PADA CAMPURAN AIR KAPUR DENGAN MINYAK JELANTAH TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA ST 42 DI PROSES END MILLING Dedy Sulaiman; Mochamad Mas'ud

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1671.975 KB)

Abstract

Pada proses produksi manufaktur khususnya logam hasil produksi memerlukan peningkatan kualitas produk. Mesin frais merupakan salah satu proses pemesinan yang menggunakan alat mata potong jamak yang berputar dengan cairan pendingin yang berfungsi untuk memperpanjang umur pahat dan meningkatkan kualitas permukaan hasil produk. Di UMKM logam kabupaten pasuruan proses pemesinan menggunakan cairan pendingin campuran air kapur dengan minyak jelantah yang merupakan pendingin alteranatif maka perlu dilakukan penelitian. Pada proses (end milling) variabel kecepatan putaran spindel (955 rpm, 995 rpm dan 1035 rpm ) dengan kedalaman pemakanan (0,1 mm; 0,3 mm; dan 0,5 mm) menggunakan cairan pendingin campuran air kapur dengan minyak jelantah yaitu 1 : 4. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekasaran permukaan baja st 42 menggunakan pendingin campuran air kapur dengan minyak jelantah dibanding cairan pendingin dromus. Dari hasil penelitian menunjukkan pengaruh kekasaran permukaan baja st 42 pada variabel terbaik kecepatan putaran spindel 1035 rpm, kedalaman pemakanan 0,1 mm menggunakan cairan pendingin campuran air kapur dengan minyak jelantah terdapat nilai kekasaran permukaan 0,02 . Sedangkan dengan kecepatan putaran spindel dan kedalaman pemakanan yang sama menggunakan cairan pendingin dromus terdapat nilai kekasaran permukaan 0,01 , sedangkan paling kasar pada kecepatan putaran spindel 955 rpm dengan kedalaman pemakanan 0,5 mm menggunakan cairan pendingin campuran air kapur dengan minyak goreng hasil kekasaran permukaan 3,31 .
ANALISA UJI TEKAN, KERAPATAN DENSITAS DAN MIKROSTRUKTUR TERHADAP KOMPOSIT BAHAN BAKU TEAKWOOD SERBUK GERGAJI KAYU Nurkholis Islamuddin; Wisma Soedarmadji

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.987 KB)

Abstract

There are two problems in this research, the quantity of density and microstruckture of the composite raw material of teakwood from sawdust. So this research is for knowing the quantity of density and microstruckture of the composite raw material of teakwood from sawdust. This research is using quantitative method. The result of this research is quantity of density of the composite raw material of teakwood from sawdust is 5 grams of the teakwood sawdust has more density than another dust. For the microstruckture test said that the value of G, the sawdust mean every 5 grams is 60 mm, so more sawdust weight the density more high. The researcher suggest that next research should add another composition so that it can create more high structure and analize the structure Microskopic for knowing the content of the structure more intensive.
PERANCANGAN ALAT HIDROLIS YANG ERGONOMIS GUNA MENINGKATKAN PERFORMANCE KERJA SERVICE SEPEDA MOTOR Misbach Munir; Abdul Wahid

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.633 KB)

Abstract

Pada dasarnya faktor yang paling penting dalam meningkatkan hasil serta produktifitas tenaga kerja adalah kelancaran dalam proses produksi yang didukung oleh mesin-mesin dan peralatan kerja yang seimbang serta adanya sarana dan fasilitas yang mendukung proses produksi tersebut. Sehingga aktifitas proses produksi mulai dari input sampai output dapat berjalan secara optimal dengan harapan sistem tersebut dapat menghasilkan tingkat efisiensi, efektifitas dan produktifitas serta tercapai tujuan yang diinginkan. Kerja yang kurang optimal menyebabkan rendahnya produktifitas yang dicapai. Oleh karena itu untuk meningkatkan produktifitas yang optimal harus di imbangi dengan alat atau sarana yang mendukung dalam pekerjaan tersebut, Sehingga dapat meminimalkan waktu kerja dan kondisi fisik karyawan supaya tidak terlalu lelah serta menghindari adanya kecelakaan kerja. Dalam setiap menyervis sepeda motor per unit saja membutuhkan waktu lebih dari 60 menit. Sedangkan untuk pekerjaannya sendiri dilakukan dengan jongkok yang menyebabkan para pekerjanya bisa cepat lelah.Maka dari data tersebut, kami dapatkan jalan keluar yang baik yaitu dengan cara mendesain suatu alat baru sehingga dapat menunjang pekerjaan para pegawai sebuah bengkel sepeda motor yang sesuai dengan produk yang diinginkan sehingga hasilnya juga bisa optimal dan ergonomis.Maka permasalahan penelitian ini sehubungan dengan 1) Bagaimana merancang alat Hidrolis pada Bengkel Sepeda Motor yang ergonomis dan 2) Berapa perbandingan output standar operator sebelum dan sesudah perancangan alat Hidrolis. Dari rumusan permasalahan maka didapatkan tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui hasil rancangan alat Hidolis untuk menaiikan dan menurunkan sepeda motor yang ergonomis. 2) Mengetahui output standar operator sebelum dan sesudah perancangan alat Hidrolis Alat Hidrolis hasil perancangan menggunakan sumber tanaga dari generator dengan kapasitas 2 pk, dapat dioperasikan oleh pekerja yang tinggi maupun rendah.Menurut kaidah Ergonomidengan adanya alat Hidrolis jadi lebih nyaman daripada posisi kerja tanpa menggunakan alat penunjang seperti hidrolis , hasil Menurut pengolahan data sesuai dengan kaidah Antropometri : a) menentukan ukuran tinggi siku yang digunakan untuk menentukan tinggi kerangka alat hidrolis dengan persentil 5 % dan menghasilkan tinggi alat kerja sesuai dengan perhitungan yaitu 100 cm. b) menentukan ukuran jangkuan tangan kesamping yang digunakan untuk menentukan panjang kerangka alat pembuat kotak kardus dengan persentil 5 % dan menghasilkan panjang alat kerja sesuai dengan perhitungan yaitu 200 cm. c) Waktu Baku cara kerja lama = 94.53 menit / Unit sedangkan Waktu Baku cara kerja baru = 39.81 menit / Unit. d) Output standart cara kerja lama = 6 Unit / Orang selama 1 hari Output standart alat kerja baru = 12 Unit / Orang selama 1 hari.
PENGARUH KOMPOSIT SERAT IJUK PADA PLAT GALVANIS TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN MIKROSTUKTUR M. Miftakhul Ulum Rizal; M. Effendi

Publisher : Prodi Teknik Mesin Universitas Yudharta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.894 KB) | DOI: 10.35891/jmmt.v1i2.2319

Abstract

The use of natural fibers, such as fibers, can be used as an innovative material. The fibers are elastic, hard, water resistant, and difficult to digest by destructive organisms. Natural fibers are very environmentally friendly because they can be degraded naturally and the price of natural fibers is cheaper than synthetic fibers. This study aims to determine the effect of composite fibers and galvanies steel (zinc) on tensile strength and to determine the effect of composite fibers and galvanies steel (zinc) on the microstructure. The results of this study the tensile strength made from galvanies (Zn) has a high tensile strength value of 122.6 Kg/mm2 with a low stress value of 8.3%, so that the galvanies plate has ductile properties, the material of Galvanies (Zn) and fibers with fibers. A thickness of 2 mm after the tensile test has a tensile stress of 21.4 Kg/mm2 and a strain of 11.8%, the size of the pieces of the fibers can affect the tensile strength, and the material of Galvanies (Zn) and fibers with a thickness of 3 mm after performed a tensile test having a tensile strength of 20.4 Kg/mm2 and a strain of 16.2%.

Page 1 of 4 | Total Record : 40


Filter by Year

2020 2023


Filter By Issues
All Issue