cover
Contact Name
Ahmad Rustam
Contact Email
ahmad.rustam1988@gmail.com
Phone
+6285399507330
Journal Mail Official
ajp.almufi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tgk. Di Kuala No. 06 Mns Matang Pasi, Kec. Peudada, Kab. Bireuen, Aceh,
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Almufi Jurnal Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27765148     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Almufi jurnal Pendidikan didirikan sejak tahun 2021, jurnal ini di singkat dengan AJP. Almufi jurnal Pendidikan (AJP) menerima artikel berupa hasil penelitian pada bidang pendidikan secara umum. terkhusus pada perkembangan siswa, belajar dan pembelajaran, serta masalah lain yang berkaitan dengan dunia pendidikan. AJP terbit 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu April, Agustus, dan Desember. Nama terbitan berkala : Almufi Jurnal Pendidikan Judul terbitan sebelumnya : - Bulan dan tahun pertama kali terbit : April 2021 Edisi berlaku ISSN yang di ajukan : Volume 1 Nomor 1 (2021) Frekuensi terbitan : 3 Kali dalam Setahun Bahasa untuk artikel yang diterbitkan : Indonesia dan Inggris Media terbitan (cetak/elektronik) : Elektronik Alamat url terbitan : http://almufi.com/index.php/AJP
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 57 Documents
Analisis Kesalahan Penulisan Bahasa Inggris EFL Andrian Andrian
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Vol. 1, No. 1 April (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.935 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori kesalahan yang biasanya dilakukan siswa EFL dalam tulisan mereka di Bimbel Fast Learning Center, Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah dua kelas Siswa Intermediate yang memiliki total 25 siswa. Data dikumpulkan melalui metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Temuan penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan tertinggi berasal dari kategori tenses, termasuk perjanjian kata kerja subjek. Persentase kesalahan terendah berasal dari kategori klausa dan frasa (kondisional, keinginan, ucapan yang dilaporkan / dikutip). Disarankan bahwa guru dapat melakukan brainstorming dengan siswa terlebih dahulu sebelum tugas menulis diberikan sehingga mereka dapat dibantu dalam pilihan kosa kata untuk digunakan dalam tulisan mereka. Para siswa juga harus dilatih dengan lebih banyak aturan tata bahasa yang dibutuhkan oleh pemula seperti bentuk kata sederhana, determinan, penggunaan idiom dan sejenisnya.
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Madat Kabupaten Aceh Timur Dalam Pembelajaran Tentang Pelaku Ekonomi Melalui Penerapan Pembelajaran Teknik Group Investigation (GI) Kamaruddin Kamaruddin
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Vol. 1, No. 1 April (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.674 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Madat dalam pembelajaran tentang pelaku ekonomi melalui penerapan pembelajaran teknik group investigation (GI) tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan, siswa sebagai subyek penelitian, dan guru ekonomi sebagai pengamat selama proses pembelajaran berlangsung. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X-D SMA Negeri 1 Madat tahun pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tentang pelaku ekonomi di kelas X MIA Semester 1 di SMA Negeri 1 Madat tahun pelajaran 2020/2021. 2) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIA Semester 1 di SMA Negeri 1 Madat tahun pelajaran 2020/2021.
Penerapan Model Pembelajaran Make A Macth untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Materi Upaya Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia dan Peristiwa Seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 Siswa Kelas Xii Sman 1 Madat Nurazizah Nurazizah
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Vol. 1, No. 1 April (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.792 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah materi Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 melalui model pembelajaran make a match siswa kelas XII SMAN 1 Madat semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research-CAR). Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 Madat. yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik member chek dan triangulasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar dari 17 siswa atau 53,13%, naik menjadi 22 siswa atau 68,75% pada siklus pertama, dan 93,75% atau 30 siswa pada siklus kedua. Peningkatan hasil belajar ditandai nilai rata-rata terus mengalami peningkatan dari 67,50 naik menjadi 75,94 pada siklus pertama, dan 87,19 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa 28,13% pada kondisi awal, 59,38% atau 19 siswa pada siklus pertama, 29 siswa atau 90,63% pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah materi upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 siswa kelas XII SMAN 1 Madat semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Madat Kabupaten Aceh Timur Nurlelawati Nurlelawati
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Vol. 1, No. 1 April (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.473 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Madat Kabupaten Aceh Timur melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD), dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penilaian hasil observasi aktivitas belajar yang juga meningkat di mana pada kondisi awal 8 siswa atau 27,6% meningkat menjadi 19 siswa atau 65,5% dan 96,6% pada siklus kedua, sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata kondisi awal sebesar 59,7, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 68,6 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 79,3 dengan ketuntasan belajar dari 6 siswa atau 20,7% meningkat menjadi 18 siswa atau 62 % dan 93,1% atau 27 siswa pada siklus terakhir. Kesimpulannya adalah penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Madat Kabupaten Aceh Timur Semester 1.
Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Bahasa Inggris pada Materi Text Organization di Kelas X-2 SMA Negeri 1 Madat Kabupaten Aceh Timur Nurlisah Nurlisah
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Vol. 1, No. 1 April (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.258 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bahasa Inggris pada materi text organization di kelas X-2 SMA Negeri 1 Madat Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di X-2 SMA Negeri 1 Madat Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode problem solving terbukti dalam meningkatkan proses pembelajaran bahasa Inggris materi text organization, 2) Penggunaan metode problem solving pembelajaran bahasa Inggris materi text organization dapat meningkatkan motivasi siswa. Peningkatan motivasi belajar dari 32,14% atau 9 siswa pada studi awal menjadi, 71,43% atau 20 siswa, meningkat menjadi 96,43% atau 27 siswa pada siklus terakhir, dan 3) Penggunaan metode problem solving pembelajaran bahasa Inggris materi text organization dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kenaikan hasil belajar terus mengalami peningkatan dari 57,86 meningkat menjadi 68,21 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 77,86 pada akhir siklus kedua serta didukung dengan peningkatan pada keadaan awal sebanyak 7 siswa (25,00%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penggunaan metode problem solving pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa atau 57,14% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 26 siswa atau 92,86%.
Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Square) Pada Siswa Kelas XII-IPS SMA Negeri 1 Madat Kabupaten Aceh Timur Suryani Suryani
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): Vol. 1, No. 1 April (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.801 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Madat Kabupaten Aceh Timur melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Square). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, pedoman observasi, pedoman wawancara, tes formatif, dan LKS serta data hasil dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Madat. Jumlah siswa kelas XII IPS-1 adalah 33 siswa. Alat pengumpulan data terdiri dari lembar observasi dan lembar penilaian proses hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian kreativitas siswa menggunakan lima indikator kreativitas, dimana hasil pada kondisi awal hanya 6 siswa atau 18,18%, meningkat menjadi 19 siswa atau 57,58% dan 93,94 atau 31 siswa pada siklus kedua, dan penilaian hasil dan ketuntasan belajar siswa kondisi awal hanya 6 siswa atau 18,18%, meningkat menjadi 18 siswa atau 54,55% dan 93,94 atau 31 siswa pada siklus kedua, dengan perolehan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 58,18 pada kondisi awal, 64,85 pada siklus pertama dan 71,21 pada siklus kedua. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Square) terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Subject-Verb Agreement in EFL Students’ Perception Rosdiana
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Vol. 1, No. 2 Agustus (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.507 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis mahasiswa dalam menggunakan subject-verb agreement di STKIP Bina Bangsa Getsempena. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa semester II STKIP Bina Bangsa Getsempena yang berjumlah 19 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (tes) dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan subject-verb agreement oleh mahasiswa dan persepsi dosen terhadap kemampuan mahasiswa dalam menggunakan subject-verb agreement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa masih rendah dalam menggunakan subject-verb agreement, dimana mahasiswa sulit membedakan subject/verb tunggal dan jamak. Data analisis menunjukkan lebih dari 50% mahasiswa tidak mampu menggunakan kata kerja sesuai dengan subjek yang tersedia untuk kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, lebih dari 40% mahasiswa mampu memilih kata kerja yang tepat untuk kalimat yang disediakan dalam soal tes. Hal ini dapat disimpulkan bahwa setengah dari sampel tidak mampu menyelesaikan tes dengan kualifikasi yang cukup untuk penggunaan aturan subject-verb agreement.
Pengaruh Pembelajaran Daring via Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Al-Falah Babelan Noer Azizah; Ayu Nurul Amalia
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Vol. 1, No. 2 Agustus (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.379 KB)

Abstract

Hasil belajar adalah tujuan dalam sebuah proses pembelajaran yang sangat menentukan perkembangan seorang siswa dan menjadi tolak ukur seorang guru untuk mengetahui keberhasilan siswanya dalam memberikan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik pembelajaran daring via zoom selama proses pembelajaran daring dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini termasuk dalam pengertian kuantitatif. Peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap variabel yang ditentukan. Sumber penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Al-Falah yang berjumlah 35 siswa. Dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring via zoom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan sig = 0,041< 0,05 dan F-hitung = 3,758.
Pengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa dimasa Pandemi Covid19 Sri Wulan Sari; Supriyadi
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Vol. 1, No. 2 Agustus (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.268 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Pada dasarnya kedisiplinan siswa sangat berperan dalam proses pembelajaran sebagai tolak ukur perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peran pengawasan orang tua selama periode pandemi Covid-19 mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian kuantitatif komparatif, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap variabel yang ditentukan. Sumber penelitian adalah siswa kelas VII SMP Al-Falah Babelan yang berjumlah 35 siswa. Dengan hasil penelitian pengaruh pengawasan orang tua terhadap disiplin belajar siswa signifikan antara variabel X (Pengawasan Orang Tua ) Terhadap Variabel Y (Disiplin Belajar Siswa). Dibuktikan dengan nilai sig = 0,043 < 0,05 dan F-hitung =4,449.
Analisis Draf Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035 Dan Perannya Terhadap Pendidikan Islam Ainun Amaliya Paramita; Safira Rona Mahmudah; Adinda Icha Rohmadani; Aulia Yuliani; Farid Setiawan
Almufi Jurnal Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Vol. 1, No. 2 Agustus (2021)
Publisher : Yayasan Almubarak Fil Ilmi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.045 KB)

Abstract

Draf kebijakan peta jalan pendidikan Nasional 2020-2035 pada masa pandemi Covid-19 menjadi perbincangan yang sangat hangat hingga saat ini, terlebih dalam draf kebijakan tersebut banyak menuai pro dan kontra. Seperti pembuatan naskah draf kebijakan tersebut yang tidak terbuka, hilangnya frasa agama, dan kurangnya dalam peranan dorongan untuk pendidikan Islam. Penulisan paper ini bertujuan untuk menganalisis draf kebijakan peta jalan pendidikan nasional di Indonesia 2020-2035 secara keseluruhan mulai dari rumusan-rumusannya, tren dan tantangan pendidikan untuk masa depan, keefektifan, kelebihan, kekurangan dalam draf peta kebijakan tersebut, dan perannya dalam pendidikan Islam. Penulisan paper ini, penulis menggunakan pengumpulan data-data dengan pengumpulan data-data dari kepustakaan, membaca, mencatat, dan mengolah bahan yang terkumpul terkait lingkup kebijakan peta jalan pendidikan nasional di Indonesia terkini. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa draf peta kebijakan peta jalan pendidikan nasional di Indonesia 2020-2035 masih butuh perbaikan kembali dalam beberapa frasanya dan dikaji ulang dengan menilik situasi kondisi secara keseluruhan yang bisa menjadi dorongan dalam lancarnya pembelajaran di masa pandemic Covid-19.