cover
Contact Name
Nuansa Bayu Segara
Contact Email
nuansasegara@unesa.ac.id
Phone
+6285624008584
Journal Mail Official
sosearch@unesa.ac.id
Editorial Address
Kampus UNESA Ketintang, Surabaya Gedung I1 Pendidikan IPS
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
SOSEARCH : Social Science Educational Research
ISSN : 00000000     EISSN : 27742776     DOI : -
Core Subject : Social,
SOSEARCH : Social Science Educational Research merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan IPS FISH Unesa, Surabaya yang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Guru IPS (FKG-IPS) Nasional dengan ISSN 2774-2776 (Media Online). Adapun fokus dan ruang lingkup jurnal ini meliputi: Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran IPS, Penelitian Tindakan Kelas, Riset Penilaian dan Evaluasi dalam Pendidikan IPS, Pendidikan Nilai dan Karakter dalam IPS, Pembelajaran Mitigasi dan Lingkungan Hidup dalam IPS. Hasil penelitian Ilmu-ilmu Sosial yang berkontribusi terhadap Pendidikan IPS: Seluruh hasil riset ilmu-ilmu sosial yang memiliki keterkaitan dengan konten pada Pendidikan IPS, dan diharuskan terdapat penjelasan di dalam naskah, apa manfaat temuan penelitian tersebut bagi pendidikan IPS.
Articles 32 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Armawati Hidayati
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1118.978 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPIT Insan Permata Bojonegoro Kelas VII yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar materi mitigasi bencana. hal ini dapat dilihat melalui indikator sebagai berikut: 1) keaktifan siswa ditinjau secara individu terjadi peningkatan dari 63,75% (siklus 1) menjadi 86,46 % (siklus 2); 2) keaktifan siswa ditinjau secara kelompok terjadi peningkatan dari 62,22% (siklus 1) menjadi 85,14 % (siklus 2). Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran PBL dan TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa baik secara individu maupun kelompok pada materi mitigasi bencana.
Penerapan Strategi Experiential Learning Berbasis Model Rotasi Sukma Pradana Prasetya
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1120.133 KB)

Abstract

Strategi experiential learning berbasis model rotasi menawarkan berbagai variasi pembelajaran yang menjadikan suatu proses dimana pengetahuan dikreasikan melalui transformasi pengalaman. Strategi ini diterapkan pada kegiatan whorkshop Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Surabaya tahun 2017/2018 pada materi media pembelajaran geografi. Strategi yang diterapkan meliputi empat tahap, yaitu: 1) Concrete Experience melalui simulasi online, 2) Reflective Observation melalui diskusi kelompok kecil, 3) Abstract Conceptualization melalui membagi materi, 4) Active Experimentation melalui praktek kerja. Hasil penerapan strategi experiential learning berbasis model rotasi mengarahkan peserta workshop dari pemahaman konsep yang abstrak menuju pengalaman langsung yang konkrit, sehingga pada akhirnya dari pengalaman itu dapat mengambangkan media pembelajaran geografi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.
Penerapan Model Mind Maping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ana Hidayati
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1253.133 KB)

Abstract

Hasil belajar mempunyai hubungan langsung dengan kegiatan pembelajar-an dalam kelas. Hasil belajar sering kali dikaitkan dengan ketepatan pemilihan dan penerapan model pembelajaran. Data hasil observasi awal menunjukkan; nilai rata-rata ranah kognitif siswa dibawah. Sementara kegiatan afektif siswa juga tergolong dalam kategori sikap kurang bahkan sangat kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diterapkan pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa untuk lebih tertarik kepada materi sekaligus meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Alternatif pembelajaran tersebut adalah penerapan pembelajaran model Mind Mapping yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Bojonegoro. Dengan subjek siswa kelas VII A yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan sub pokok bahasan yang berbeda. Teknik pengumpulan data hasil belajar ranah Kognitif dengan menggunakan tes pada akhir setiap siklus, sedangkan hasil belajar ranah afektif siswa menggunakan lembar angket. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata dan persentase yang kemudian diartikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Model pembelajaran Mind Mapping dapat digunakan untuk mengatasi masalah hasil belajar juga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Disketer Klab: Sarana Guru untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Menerapkan Pembelajaran Saintifik Ahmad Taufik
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1058.849 KB)

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan kerangka ilmiah pembelajaran yang diterapkan pada Kurikulum 2013. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Berdasarkan hasil studi awal, ditemukan ketidaksesuaian antara langkah-langkah pembelajaran yang disusun dalam RPP dengan action guru di kelas. RPP berbasis saintifik, tapi dalam pelaksanaannya gaya mengajar guru masih menggunakan model konvensional, ceramah berbasis LKS. Belum optimalnya kemampuan guru mengajar dengan pendekatan saintifik disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: 1) pemahaman guru tentang konsep pendekatan saintifik masih “kurang”; 2) kemauan guru dalam menerapkan pembelajaran saintifik masih “kurang”; 3) kemampuan guru dalam mengimplimentasikan langkah 5M masih “kurang”; dan 4) kemampuan guru mengangkat materi kontekstual dalam pembelajaran saintifik masih pada tingkatan “cukup”. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis sebagai pengawas pembina perlu memberikan bantuan professional kepada guru berupa pembinaan, bimbingan, pendampingan, dan supervisi. Bantuan professional yang dilakukan pengawas berkaitan dengan permasalahan diatas adalah pembinaan sekaligus pendampingan guru melalui metode Disketer klab pada 2 sekolah diwilayah binaan di Bareng dan Wonosalam Jombang, khususnya SMPN 2 Bareng. Pembinaan professional pengawas guna meningkatkan kemampuan guru menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melalui penerapan metode disketer klab sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan, dari rata-rata cukup di sesi pertama, meningkat menjadi “baik” di sesi kedua yaitu mencapai angka 92% , atau katagori ‘sangat baik’.
Tingkat Kemacetan dan Realita Transportasi di Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Sumbersari, Jember Muhammad Asyroful Mujib; Ahmad Farhan Alfani; Fahrudi Akhwan Ikhsan
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1106.071 KB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang cepat akan menuntut kebutuhan transportasi seperti jumlah kendaraan dan kondisi jalan yang memadai. Kondisi jalan yang tidak sesuai dengan jumlah kendaraan yang semakin meningkat akan menyebabkan permasalahan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab masalah transportasi di jalan Letjen Suprapto, Kabupaten Jember dalam rangka mendukung mobilitas sekuler para pekerja dari wilayah selatan Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dengan pengamatan dan perhitungan jumlah kendaraan yang menuju kota pada pagi, siang, dan sore hari saat hari kerja, yaitu pada pukul 06:30-07:30 pagi, 13:00-14:00 siang, dan 16:30-17:30 sore selama 1 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kendaraan yang masuk ke kota Jember lebih banyak saat pagi hari dibandingkan waktu lainnya. Jenis kendaraan yang paling banyak melintas di Jalan Letjen Suprapto adalah Sepeda motor dengan persentase 90% dari semua jenis kendaraan, dan dalam waktu satu jam rata-rata terdapat 4205 sepeda motor yang berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Pada siang hari jumlah kendaraan kembali stabil dan tidak berpotensi macet. Selanjutnya pada sore hari jumlah kendaraan meningkat kembali dikarenakan mobilitas para pekerja yang kembali ke desa mereka pada sore hari. Tiga pilar aksi penting yang perlu segera diwujudkan untuk mengatasi kemacetan dan permasalahan tranportasi adalah pengembangan fasilitas transportasi umum yang memadai, peningkatan rasio jalan, dan membatasi jumlah kendaraan pribadi pengguna.
Situs Bersejarah di Kota Pusara Para Raja Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan IPS Melalui Sudut Pandang Struktural Fungsional Fariza Wahyu Utami; Muhammad Kanugroho Novianto; Prihatini Alfath
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (999.577 KB)

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan pengetahuan yang multidisiplin ilmu dimana dalam satu objek pembahasan akan dapat dilihat dari banyak sudut pandang ilmu sosial. Pengamatan dalam kegiatan penelitian difungsikan sebagai salah satu cara untuk membawa keadaan yang nyata kepada peserta didik. Secara tidak langsung sebagai contoh nyata dari ilmu sosial yang sedang dipelajari, menerapkan essensialisme yang “berkata akan mengalahkan sentuhan secara langsung”. Tempat pengamatan ini meliputi Candi Penataran, Kebun Kopi Karanganyar atau De Karanganjar Koffieplantage dan Pusara Bung Karno. Merujuk pada masyarakat yang secara fungsionalisme struktural dipengaruhi oleh proses kehidupan pada zaman terdahulu yang masih dipegang erat. Sudut pandang fungsi masyarakat dalam pengamatan membantu untuk mengingat juga ikut serta kembali pada masa itu, pengamatan ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran nilai-nilai dan norma yang ada. Wawancara dilakukan dengan cara tatap muka, observasi secara langsung dengan menyentuh dan diabadikan dalam bentuk foto yang menghasilkan data kualitatif. Data hasil pengamatan di olah dengan menggunakan konsep ilmu sosial sehingga menjadi tema dari pembelajaran IPS yang terintegrasi.
Pelatihan Online Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis “Best Practice of Learning” Selama Pandemi Covid 19 Bagi Guru IPS Warsono Warsono; Sukma Perdana Prasetya; Nuansa Bayu Segara; Wisnu Wisnu; Muhammad Jacky; Kusnul Khotimah
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1309.311 KB)

Abstract

Pandemi Covid 19 berdampak pada kewajiban bagi masyarakat untuk melaksanakan physical distancing. Dampaknya terhadap dunia pendidikan adalah guru IPS SMP di Surabaya harus melaksanakan pembelajaran secara online. Berbagai pengalaman guru IPS Surabaya selama mengajar dengan media online tentunya dapat dijadikan “pengalaman praktis” untuk dituangkan dalam bentuk tulisan yang bermuara pada penyusunan artikel ilmiah. Kendala yang dihadapi guru IPS dalam penulisan artikel ilmiah yakni kurangnya pemahaman mengenai seluk-beluk artikel ilmiah serta kurangnya pengalaman dalam menulis artikel ilmiah, sehingga guru sangat membutuhkan pelatihan penulisan artikel ilmiah. Pelatihan penulisan artikel ilmiah dilaksanakan oleh Tim PKM Pascasarjana S2 Pendididikan IPS Universitas Negeri Surabaya yang diikuti oleh 25 guru IPS di Surabaya dan ditambah 55 dari guru IPS Jawa Timur yang berminat dalam pelatihan tersebut. Kegiatan dilaknskan menggunakan platform zoom. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh guru adalah dengan model in service learning 1 (pemberian pelatihan penulisan artikel ilmiah secara online), on the job learning (kegiatan penulisan dan pendampingan/work from home), dan in service learning 2 (guru mempresentasikan hasil penulisan artikel ilmiah secara online). Pemberlakuan pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis best praktis mendapat respon positif oleh guru karena dapat meningkatkan kemampuan pada taraf sedang dalam menulis artikel ilmiah.
Kajian Nilai Pada Mitos dan Tradisi di Kawasan Candi Jolotundo Alif Putra Lestari
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1219.101 KB)

Abstract

Bangsa Indonesia yang jaya pada masa kerajaan telah memberikan banyak peninggalan berharga berupa tulisan, bangunan, benda-benda dan karya seni yang perlu untuk dijaga keberadaannya. Salah satu peninggalan yang dianggap suci hingga saat ini oleh masyarakat di Kabupaten Mojokerto yaitu Candi Jolotundo. Banyak nilai-nilai kearifan yang muncul terkait keberadaan Candi Jolotundo itu sendiri yang penting untuk digali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan analisis teks. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Oktober 2019 di Desa Seloliman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mitos, budaya, dan nilai yang berkembang di kawasan Jolotundo. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan banyak mitos dan budaya yang lahir seiring keberadaan Jolotundo di Desa Seloliman. Mitos-mitos dan budaya pada akhirnya melahirkan nilai arif yang digunakan sebagai pedoman hidup masyarakat. Nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat memberikan dampak baik terhadap kelestraian lingkungan hidup. Demikian akhirnya hidup mereka menjadi lebih baik dengan nilai-nilai yang mereka pegang dan perlu untuk dipahami oleh masyarakat luas.
Pengembangan Traveller Game Learning Berbantuan Media Jelajah Nusantara Pada Mata Pelajaran IPS Eko Prasetyo Utomo
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1366.094 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine 1) the development process of Traveler Game Learning assisted by J Exploration of the Archipelago media; 2) its implementation in the social studies subject; 3) increasing students' historical thinking skills; and 4) improving students' social skills. This research and development process refers to the Dick, Carey and Carey development procedures. The trial of the product developed was carried out at SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro with the sample of field trials in class VIII students totaling 30 children. The trial design used a pre-experimental design with one group pretest-posttest. The results of the validation show that the percentage of value from the learning model experts is obtained 98%, the learning tools in the form of lesson plans are 92.20%, the material is obtained 93.60%, the media is obtained 95.60%. The quality of the implementation of social studies learning, the first meeting got a percentage of 85.71%, the second meeting was 88.57%, and the third meeting was 97.14%. Overall meeting in very good category. The results of the t test on students' historical abilities showed that the t value was greater than the t table (t count = 14.89> t table value = 1.699). These results indicate that there has been an increase in students' historical thinking skills in the social studies subject after the use of the Traveler Game Learning development product assisted by the Jampang Nusantara media. Students' social skills in social studies learning have increased, namely meeting I 79.17% in good category, meeting II 83.35% in very good category, and meeting II 90.83% in very good category.
Implementasi Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kehadiran dan Hasil Belajar IPS Anisa Octorina
SOSEARCH : Social Science Educational Research Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS Unesa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1290.524 KB)

Abstract

The Covid 19 Pandemic period provides a challenge for teachers to be creative in choosing the right learning media so that students are not bored in participating in Teaching and Learning Activities (KBM). The purpose of this study was to describe the implementation of the Quizizz application to increase attendance and analyze social studies learning outcomes. The research method used is evaluation research. This research comes from Best Practices experience when using the Quizizz application while teaching social studies. The Quizizz application has interesting features such as playing games so that students are motivated to learn. The results showed that students who wanted to fill in attendance before the Quiziz were 50%. After using Quizizz increased by 84%. Besides, the IPS scores of students who meet the KKM increased by 22%. This shows that implementing Quizizz can improve social studies attendance and learning outcomes.

Page 1 of 4 | Total Record : 32