cover
Contact Name
Elga Yanuardianto
Contact Email
jurnalfajarpai22@gmail.com
Phone
+6287839366678
Journal Mail Official
jurnalfajarpai22@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kyai Mojo No.101 P.O. Kotak 170 Jember 68133 Telp./Fax (0331) 488675
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28092864     EISSN : 28084527     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember merupakan wadah publikasi yang berupa hasil penelitian dan kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, dan Mahasiswa yang membahas tentang permasalahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pemikiran Tokoh Pendidikan Agama Islam. Artikel yang diterbitkan dalam FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam ruang lingkup kajiannya sebagai berikut: 1. Pembelajaran Pendidikan Islam; 2. Kurikulum Pendidikan Islam; 3. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam; 4. Perkembangan-Perkembangan Anak; 5. Tekhnologi dan Media Pembelajaran; 6. Konsep Ide, Teori dan Praktik Pendidikan Islam; 7. Kajian Pendidikan dalam Prespektif Islam; 8. Penelitian Pendidikan Agama Islam; 9. Kompetensi dan Profesionalisme Guru; 10. Kajian Kritis terhadap Problem dan alternative Pendidikan Agama Islam; 11. Kajian Analisis Pemikiran Tokoh Pendidikan Agam Islam; 12. Pendidikan Karakter; 13. Manajemen Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari)" : 6 Documents clear
Strategi Pendidikan Karakter Aswaja dalam Upaya Membentuk Soft Skill BASIR, M. Abd. Basir
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.002 KB)

Abstract

Pendidikan karakter saat ini, merupakan jawaban atas persoalan memprihatinkan keberadaan di masyarakat semakin krisis. Oleh karena itu, pendidikan karakter dinilai sebagai solusi terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa, melalui pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan, khususnya yang yang terkait dengan pengembangan soft skill peserta didik sebagai generasi penerus. Pemikiran ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi pendidikan karakter terhadap soft skill. Dari hasil menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter pembinaan dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter, dan upaya pelaksanaan pendidikan karakter bagi pembinaan soft skill peserta didik bisa dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Aswaja/Nadhlatul Ulama nilai pendidikan pada semua aspek.
Korelasi Kajian Kitab Kuning dengan Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di SMP Unggulan Al- Hikmah Kesilir Wuluhan Jember Achmad Faisol; Hadziq Annuha
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.447 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang mengacu pada teori perkembangan kognitif para siswa. Penulis memfokuskan kelas VIII SMP Unggulan Al-Hikmah pada penelitian ini. Pembelajaran kitab kuning dan mata pelajaran al-Qur’an Hadits merupakan bidang yang sama-sama berkonteks dengan abjad arab. Dengan hal itu siswa menjadi terbiasa dengan literatur arab, yang mana hal tersebut akan memudahkannya dalam memahami dan menguasai pelajaran yang berliteratur bahasa arab. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, interview/ wawancara, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Apakah ada korelasi antara kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran al-Qur,an Hadits siswa SMP Unggulan Al-Hikmah Kesilir Wuluhan Jember?. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan program SPSS 26. Dengan nilai 0.006 yang menunjukkan adanya korelasi. Derajat hubungan yang diperoleh bernilai 0.484 yang dapat ditafsirkan dalam kategori sedang. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar pelajaran al-Qur,an Hadits dalam kategori sedang. Dan hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima, dan hipotesis nihil/ nol (Ho) ditolak. Kata Kunci: Kitab Kuning, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits
Strategi Mind Mapping Kitab Fiqih Fathul Qorib Pada Bab Thaharah Kelas VI di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Amien Ambulu Jember Jasuli; Aflach Wildani; Moch. Chotib
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.151 KB)

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru  untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Maka salah satu usaha seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga hasil belajar juga akan meningkat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, salah satunya adalah dengan cara menerapkan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan rangkaian dari sebuah proses pembelajaran dan merupakan salah satu suksesnya sebuah pembelajaran juga ditentukan tepatnya penggunaan pemilihan strategi. Oleh karena itu, strategi mind mapping sangat tepat dilaksanakan padapembelajaran kitab fiqih bab thoharah karena pada materi ini banyak sekali pembagian-pembagian sub babnya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive (bertujuan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pernyataan Miles dan Huberman dengan langkah langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan trianggulasi sumber dan teknik.   Kata Kunci: Mind Maping, Kitab Fathul Qorib, Thaharah
Pengaruh Penggunaan Flash Card Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Plus Sunan Drajat Ajung Siti Maulida, Saman Hudi,
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.076 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan peserta didik masih kesulitan dalam menghafal kosa kata bahasa Arab. Peserta didik ramai sendiri, konsentrasi belajar kurang serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi kosa kata bahasa Arab, yang mengakibatkan kemampuan menghafal kosa kata peserta didik rendah. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk menggunankan media flash card. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media flash card mampu meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Plus Sunan Drajat Ajung?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk "Mengetahui penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VII SMP Plus Sunan Drajat Ajung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa: Pada hasil pre-test menunjukkan ada 68,9% subjek (20 siswa) tidak berhasil mencapai KKM. Dan pada Siklus I peneliti menggunakan Metode PTK dengan media Flash Card menunjukkan sebanyak 68,9% (20 siswa) sudah berhasil mencapai KKM. Pada siklus II meningkat menjadi 82,7% (24 siswa) yang sudah berhasil mencapai KKM. Hasil ini memang tidak terlalu signifikan tapi sudah cukup membuktikan hipotesis awal peneliti bahwa Media Flash Card dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa SMP Plus Sunan Drajat Ajung. Kata Kunci: Median Flash Card, Kosa Kata, Bahasa Arab
Adaptasi Pembelajaran Fiqih di Masa Pandemi Covid 19 Kelas VII A di MTs Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember Anis Rofi Hidayah; Maria Ulfa
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.881 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan kondisi yang berbeda, dimana proses pembelajaran berlangsung di tengah Pandemi Covid 19 yang melanda Negara Indonesia yang membuat proses pembelajaran berlangsung dengan waktu pelaksanaanya berbeda tidak seperti biasanya yang mengharuskan adanya penyesuain dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Untuk menemukan penjelasan terkait adaptasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember, 2. Untuk menemukan penjelasan terkait adaptasi evaluasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian guru mata pelajaran fiqih, informan kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data : teknik triangulasi. Teknik analisis data : data reduction (pemilihan data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Adaptasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang meliputi : a. kebijakan sekolah, b. perencanaan pembelajaran, c. penyesuaian jadwal pelajaran, d. penyesuaian metode dan media pembelajaran, e. pelaksanaan pembelajaran sesuai protokol kesehatan. 2. Adaptasi evaluasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang: a. pembelajaran daring : evaluasi dilakukan dengan tes tulis, dan merangkum hasil diskusi, b. pembelajaran semi daring : evaluasi dilakukan dengan tes tulis, tes lisan, dan non tes observasi di kelas. Kata Kunci: Adaptasi Pembelajaran Fiqih, Masa Pandemi Covid 19.
Strategi Pemodelan Kognitif Sosial Guru PAI dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Elga Yanuardianto; Abu Yasid; Mahbubi
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.905 KB)

Abstract

Penanaman Kepribadian dimulai dari lingkungan keluarga, kerabat, sekolah dan lingkungan masyarakat. Lingkungan rumah dan keluarga sebagai lingkungan pembentukan dan pendidikan Kepribadian yang pertama dan utama harus lebih diberdayakan dan haal tersebut merupakan tugas orang tua sebagai penanam pertama Kepribadian anaknya. Keluarga adalah sekolah untuk kasih sayang, tempat belajar yang penuh dengan cinta, janganlah orang tua menanamkan keluarga sebagai tempat untuk bertengkar dengan pasangannya karena dengan hal itu sangatlah berakibat buruk pada perkembangan Kepribadian anak yang akan menganggap berkeluarga adalah hal yang sangat menyengsarakan kelak jika anak tersebut sudah dewasa. Pembentukan Kepribadian melalui sekolah juga harus diperhatikan di sekolah pendidikan tidak semata-mata tentang mata pelajaran yang hanya meningkatkan kemampuan IQ saja tetapi juga harus diperhatikan bagaimana penanaman moral, nilai-nilai estetika, budi pekerti yang luhur dan lain sebagainya. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki dari profesi seorang guru, karena dalam Istilah Jawa bahwa seorang guru adalah seseorang yang harus digugu (dipercaya) dan ditiru ( dicontoh), dari sini kita memahami bahwa guru merupakan profesi yang patut untuk dihargai dan dijunjung tinggi, dan dari Implementasi tersebut maka sepatutnya seorang guru harus menjadi model atau Uswatun Hasanah yang mampu melahirkan siswa dengan kepribadian yang baik sehingga mampu menjadikan dunia pendidikan yang berbasis karakter, bermoral tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal. Fenomena yang terjadi di SMPI Yanabi’ul Ulum Plalangan kecamatan Kalisat Jember, bagaimana strategi guru disekolah tersebut dalam membentuk kepribadian siswa melalui pemodelan kognitif social patut untuk di telaah karena ini akan menjadi salah satu cara dalam menjadikan siswa berkepribadian yang baik disekolah maupun diluar sekolah. Keywords: Pemodelan Kognitif Sosial, Kepribadian Siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6