cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Curvanomic
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan" : 12 Documents clear
EVALUASI DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBANGUNAN DI DESA KALIMAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA B1011141028, Hasanah
Jurnal Pembangunan dan Pemerataan Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnin Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

EVALUASI DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBANGUNAN DI DESA KALIMAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYAHasanahEkonomi PembangunanABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kebijakan dana desa dan dampaknya terhadap pembangunan Desa Kalimas tahun 2015-2016.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan evaluatif dengan analisis persentase dan disajikan dengan tabel. Analisis persentase dengan menggunakan tabel mengevaluasi tentang Distribusi dan Penggunaan dana desa berdasarkan tahun dan sektor yaitu; Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat; Tata Kelola dana desa yang mana didalamnya termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dana desa; dan Dampak dana desa terhadap Pembangunan Desa. Hasil analisis menunjukkan bahwa distribusi dan penggunaan dana desa di Desa Kalimas diprioritaskan untuk pelaksanaan pembangunan.Pengetahuan dan partisipasi masyarakat mengenai dana desa sudah cukup baik karena sebagian besar masyarakat mengetahui dari media televisi dan sosial. Hasil dari dana desa di bidang Pertanian sudah terlaksana hanya saja masih terdapat permasalahan kinerja pemerintah Desa Kalimas yaitu penggunaan dana yang cukup besar untuk pelatihan pencegahan dan kebakaran hutan sementara yang mengikuti pelatihan tersebut hanya beberapa orang saja, kurangnya penilaian pemerintah dalam menyeleksi mana yang lebih layak mendapatkan bantuan atau tidak seperti pada pembagian bantuan budidaya ikan nila. Tata kelola dana desa di Desa Kalimas baik itu di tingkat pemerintah desa hingga masyarakat cukup baik dari sisi perencanaan, hanya saja dalam sikap pelaksanaan dan pegawasannya masih memiliki kekurangan yaitu ketahanan jalan dan kwalitas jalan yang buruk sehingga dalam kurun waktu beberapa bulan jalan yang dibangun akan cepat rusak.Tingkat efisiensi pengelolaan dana desa masih kurang efisien, hal ini menunjukkan bahwa pemerintah desa masih boros dalam penggunaan dana desa.Sementara tingkat efektivitas pengelolaandana desa adalah stabil dan sudah efektif karena hasil perhitungan menunjukkan angka lebih dari 90%.Kata kunci: Evaluasi, Dana Desa, Efektivitas, Efisiensi.
PENGARUH SUKU BUNGA KREDIT KONSUMSI, INFLASI, NPL, DAN LDR TERHADAP PENYALURAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA TAHUN 2011-2015 B01112089, Piani Said
Jurnal Curvanomic Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Jurnal Curvanomic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh suku bunga kredit konsumsi, inflasi, non performing loan (NPL), dan loan to deposit ratio (LDR) terhadap penyaluran kredit pemilikan rumah pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia tahun 2011-2015secara parsial dan simultan. Data penelitian ini merupakan data runtut waktu yang bersumber dari situs halaman resmi Bank Indonesia dan OJK, yaitu lima tahun dimulai dari periode tahun 2011 sampai 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dianalisis menggunakan model regresi linear berganda dengan menggunakan program olah data Eviws 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suku bunga kredit konsumsi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyaluran kredit pemilikan rumah pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia dengan nilai probabilitas 0,0149<0,05, inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyaluran kredit pemilikan rumah pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia dengan nilai probalitas 0,5057>0,05, NPL berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyaluran kredit pemilikan rumah pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia dengan nilai probabilitas 0,0018<0,05 dan LDR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyaluran kredit pemilikan rumah pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia dengan nilai probabilitas 0,4218>0,05.Hasil penelitian menunjukkan variabel suku bunga kredit konsumsi, inflasi, NPL dan LDR secara simultan brepengaruh terhadap penyaluran kredit pemilikan rumah dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 41,58%.   Kata Kunci: Suku Bunga Kredit Konsumsi, Inflasi, NPL, LDR, Penyaluran Kredit Pemilikan Rumah.
PENGARUH INFLASI, SUKU BUNGA, NILAI TUKAR (KURS) TERHADAP INVESTASI DALAM NEGERI DI INDONESIA B01112126, GARI ASTI MUSTIKA GARI
Jurnal Pembangunan dan Pemerataan Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnin Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menguji seberapa kemampuan inflasi, suku bunga, dan nilai tukar (kurs) dalam menjelaskan variasi investasi dalam negeri di Indonesia. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari inflasi (X1), suku bunga (X2), dan nilai tukar (X3). Sedangkan variabel terikat adalah investasi dalam negeri (Y). Sumber data penelitian ini didapat dari situs resmi Bank Indonesia, BPS, dan situs resmi BKPM, yaitu 23 tahun dimulai dari tahun periode 1994 sampai 2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda. Apabila dilihat dari seberapa besar  kemampuan inflasi, suku bunga, dan nilai tukar terhadap investasi dalam negeri di Indonesia menunjukan variasi variabel investasi dalam negeri mampu dijelaskan oleh variabel inflasi, suku bunga, dan nilai tukar sebesar 62,50 persen dan sisanya 37,50 persen yang dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.Kata Kunci : Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar, Investasi Dalam Negeri
PENGARUH PROFITABILITAS DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH BANK UMUM SYARIAH INDONESIA Muis, Abdul B01111054
Jurnal Curvanomic Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Jurnal Curvanomic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari profitabilitas dan tingkat bagi hasil terhadap deposito mudharabah Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data panel yang terdiri dari data runtut waktu (time series) dan data silang (cross section).  Data time series sebanyak 6 (enam tahun) yang diwakili data tahunan selama periode 2011-2016 dan data cross section sebanyak 6 data yang mewakili 6 bank umum syariah di Indonesia. Kombinasi menggunakan pooling data menghasilkan 36 observasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan regresi data panel.Untuk dapat melihat regresi data panel ada beberapa uji yang perlu dilakukan dalam memilih model yang tepat diantara 3 model yang ada yaitu model common efect, fixed effect, dan random effect. Untuk memilih model mana yang tepat perlu dilakukan uji Chow-test, dan uji Hausman. Pada uji Chow-test didapakan nilai probabilitas adalah 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, maka model fixed effect lebih tepat digunakan dari pada model common effect. Sedangkan pada ui hausman didapakan nilai probabilitas adalah 0.0264 lebih kecil dari α = 0.05, maka yang lebih tepat digunakan adalah fixed effect dari pada random effect. Dari hasil kedua uji tersebut dapat disimpulkan bahwa model yang paling tepat digunakan pada penelitian ini adalah model fixed effect.Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap deposio mudharabah, hal ini buktikan dengan pengujian t-statistik dimana didapatkan nilai koefisien regresi sebesar -0.966634 dan nilai probabilitas sebesar 0.0224 lebih kecil atau kurang dari 0,05%. Sedangkan varia tingkat bagi hasil (ekuivalen rate) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap deposio mudharabah, hal ini buktikan dengan pengujian t-statistik dimana didapatkan nilai koefisien regresi sebesar -1.089402 nilai probabilitas sebesar 0.0161 lebih kecil atau kurang dari 0,05%. Kata Kunci: Profitabilitas, Tingkat bagi hasil dan Deposito mudharabah.  DAFTAR PUSTAKA Abusharbeh, M.T. (2016). Analysis the Effect of Islamic Banks Performance on Depositor’s Fund: Evidence From Indonesia. International Journal of Economics and Finance. Vol.8 No.10.Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Prakterk. Jakarta: Gema Insani.Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.Ascarya, (2008). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.Bank Syariah Mandiri.  Laporan Keuangan. (www.syariahmandiri.co.id diakses Agustus 2018)Bank Muamalat indonesia. Laporan Keuangan. (www.bankmuamalat.co.id diakses Agustus 2018)BRI Syariah. Laporan Keuangan. (www.brisyariah.co.id diakses Agustus 2018)BNI Syariahs. . Laporan Keuangan. (www.bnisyariah.co.id diakses Agustus 2018)Bank Mega Syariah. Laporan Keuangan. (www.megasyariah.co.id diakses Agustus 2018)Bank Syariah Bukopin. Laporan Keuangan. (www.syariahbukopin.co.id diakses Agustus 2018)Chapra, U. dan Tariqullah, K. (2008). Regulasi dan Pengawasan Bank Syariah. Jakarta: PT Bumi Aksara.Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 09/DSN-MUI/IV/2000Ghafur, M. (2003). Pengaruh tingkat bagi hasil, suku bunga dan pendapatan terhadap simpanan mudharabah: studi kasus BMI. Skripsi. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan           Penerbit Universitas Diponegoro.Hayati, M, (2016). Investasi Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.1 No.1.Kasmir. (2006). Dasar – Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Cetakan ke-6. Jakarta: Rajawali Pers.Karim, A. dan Afif, A. Z. (2005). Islamic Banking in Indonesia: a Qualitative Approach. 6th Conference On Islamic Economics and Finance. Jakarta, Indonesia, p.52.Karim, A. (2014). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.Kuncoro. (2002). Manajemen Perbankan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok         Gramedia.Natalia, E., Dzulkirom, M., & Rahayu, S. M. (2014). Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Deposito Bank              Syariah Dan Suku Bunga Deposito Bank Umum Terhadap Jumlah Simpanan Deposito            Mudhamarabah. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 9 No.1.Nofianti, N., Badina, T., Erlangga, A. (2015). Analisis Pengaruh ROA, BOPO, Suku Bunga, FDR dan NPF Terhadap Tingkat Bagi Hasil Deposito Mudharabah (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2011-2013. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol.5 No.1.Machmud, A. dan Rukmana, H. (2010). Bank Syariah: Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.Muhammad. (2005). Manajemen Bank Syariah Edisi Revisi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan          Percetakan AMPYKPN.Otoritas Jasa Keuangan. Statistik Perbankan Syariah 2016. (www.ojk.go.id diakses Agustus 2018)Rosdiana, R. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan (Size) Dan Equivalent Rate Terhadap Dana Pihak Ketiga Pada Bank Syariah Di Indonesia Periode 2012-2016. Skripsi. IAIN, SurakartaSugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta.Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV.Alfabeta.Susanti, Vera. (2015). Pengaruh Equivalent Rate, Tingkat Keuntungan Terhadap Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2009-2013. I‐Finance. Vol.1. No.1.Syamsudin, L. (2000). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.Widarjono, A. (2007). Ekonometrika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia FE UII.
PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA SUNGAI DERAS KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA B1011141005, JUMAIDAH AFRIANTI
Jurnal Curvanomic Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Jurnal Curvanomic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Desa Sungai Deras kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis kontribusi pendapatan tenaga kerja perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, menganalisis besarnya pengeluaran keluarga tenaga kerja perempuan mengenai pangan dan non pangan dan menganalisis motivasi yang mendorong tenaga kerja perempuan untuk bekerja. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari lapangan serta data sekunder sebagai data pendukung yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan data mengenai kependudukan yang diperoleh dari kantor Desa Sungai Deras, maupun publikasi lainnya yang terkait. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian terhadap kontribusi perempuan yang bekerja, pengeluaran pangan dan non pangan keluarga, serta motivasi yang mendorong tenaga kerja perempuan untuk bekerja menggunakan analisis deskriptif berupa bentuk tabel dan persentase.Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi perempuan yang bekerja sangat dominan pengaruhnya terhadap pendapatan keluarga. Sebagian besar 53% responden berkontribusi terhadap pendapatan keluarga adalah kategori sedang (>25%-<50%) yang didominasi oleh jenis pekerjaan buruh tani. Hasil analisis pengeluaran yang paling dominan adalah pengeluaran pangan dibandingkan dengan pengeluaran non pangan, dimana pengeluaran pangan yang paling besar adalah terdiri dari jenis pekerjaan petani dan bidan swasta/ dukun kampung terlatih. Sedangkan untuk pengeluaran non pangan yang lebih besar dari pengeluaran pangan adalah jenis pekerjaan buruh tani, PNS/ POLRI, dan karyawan perusahaan swasta. Hasil analisis mengenai motivasi yang mendorong perempuan untuk bekerja alasan yang pertama adalah karena ingin membantu suami, kedua demi menyekolahkan anak-anaknya, ketiga untuk memenuhi kebutuhan keluarga, keempat banyaknya tanggungan keluarga, kelima upah yang diterima lumayan tinggi, dan yang terakhir jarak lokasi rumah dan tempat kerja dekat.  Kata Kunci: Kontribusi, pengeluaran pangan dan non pangan, motivasi kerja
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG MAKANAN DAN MINUMAN DI PASAR TERATAI KECAMATAN BENGKAYANG B1011141018, Maya Sari
Jurnal Pembangunan dan Pemerataan Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnin Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG MAKANAN DAN MINUMAN DI PASAR TERATAI KECAMATAN BENGKAYANGMaya SariPenelitian ini dilakukan di Pasar Teratai Kecamatan Bengkayang ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana faktor modal usaha, jam kerja, dan variasi menu terhadap pendapatan pedagang makanan dan minuman di Pasar Teratai Kecamatan Bengkayang. Sumberdata dalam penelitian ini ada 2(dua) macam yaitu data primer dan data sekunder, dan beberapa hasil penelitian literature lainnya. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 43 pedagang makanan dan minuman. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1). Variabel modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang makanan dan minuman yang ditunjukan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,699 dimana nilai signifikannya sebesar 0,000 dimana nilai signifikan ini lebih rendah dari 0,05. (2). Jam kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan pedagang makanan dan minuman yang ditunjukan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,063 dimana nilai signifikannya sebesar 0,609 dimana nilai signifikan ini lebih tinggi dari 0,05. (3). Variasi menu berpengaruh positif namun tidak signifikan terhapat pendapatan pedagang makanan dan minuman yang ditunjukan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,171 dimana nilai signifikannya sebesar 0,137, dimana nilai signifikan ini lebih tinggi dari 0,05.Kata kunci: Pendapatan, modal usaha, jam kerja, variasi menu.
PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA SUMGAI DERAS KECAMATAM TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA B1011141005, JUMAIDAH AFRIANTI
Jurnal Pembangunan dan Pemerataan Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnin Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Desa Sungai Deras kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis kontribusi pendapatan tenaga kerja perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, menganalisis besarnya pengeluaran keluarga tenaga kerja perempuan mengenai pangan dan non pangan dan menganalisis motivasi yang mendorong tenaga kerja perempuan untuk bekerja. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari lapangan serta data sekunder sebagai data pendukung yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan data mengenai kependudukan yang diperoleh dari kantor Desa Sungai Deras, maupun publikasi lainnya yang terkait. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian terhadap kontribusi perempuan yang bekerja, pengeluaran pangan dan non pangan keluarga, serta motivasi yang mendorong tenaga kerja perempuan untuk bekerja menggunakan analisis deskriptif berupa bentuk tabel dan persentase.Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi perempuan yang bekerja sangat dominan pengaruhnya terhadap pendapatan keluarga. Sebagian besar 53% responden berkontribusi terhadap pendapatan keluarga adalah kategori sedang (>25%-<50%) yang didominasi oleh jenis pekerjaan buruh tani. Hasil analisis pengeluaran yang paling dominan adalah pengeluaran pangan dibandingkan dengan pengeluaran non pangan, dimana pengeluaran pangan yang paling besar adalah terdiri dari jenis pekerjaan petani dan bidan swasta/ dukun kampung terlatih. Sedangkan untuk pengeluaran non pangan yang lebih besar dari pengeluaran pangan adalah jenis pekerjaan buruh tani, PNS/ POLRI, dan karyawan perusahaan swasta. Hasil analisis mengenai motivasi yang mendorong perempuan untuk bekerja alasan yang pertama adalah karena ingin membantu suami, kedua demi menyekolahkan anak-anaknya, ketiga untuk memenuhi kebutuhan keluarga, keempat banyaknya tanggungan keluarga, kelima upah yang diterima lumayan tinggi, dan yang terakhir jarak lokasi rumah dan tempat kerja dekat.  Kata Kunci: Kontribusi, pengeluaran pangan dan non pangan, motivasi kerja
PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA SUMGAI DERAS KECAMATAM TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA JUMAIDAH, Jumaidah Afrianti B1011141005
Jurnal Pembangunan dan Pemerataan Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnin Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Desa Sungai Deras kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis kontribusi pendapatan tenaga kerja perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, menganalisis besarnya pengeluaran keluarga tenaga kerja perempuan mengenai pangan dan non pangan dan menganalisis motivasi yang mendorong tenaga kerja perempuan untuk bekerja. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari lapangan serta data sekunder sebagai data pendukung yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan data mengenai kependudukan yang diperoleh dari kantor Desa Sungai Deras, maupun publikasi lainnya yang terkait. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian terhadap kontribusi perempuan yang bekerja, pengeluaran pangan dan non pangan keluarga, serta motivasi yang mendorong tenaga kerja perempuan untuk bekerja menggunakan analisis deskriptif berupa bentuk tabel dan persentase.Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi perempuan yang bekerja sangat dominan pengaruhnya terhadap pendapatan keluarga. Sebagian besar 53% responden berkontribusi terhadap pendapatan keluarga adalah kategori sedang (>25%-<50%) yang didominasi oleh jenis pekerjaan buruh tani. Hasil analisis pengeluaran yang paling dominan adalah pengeluaran pangan dibandingkan dengan pengeluaran non pangan, dimana pengeluaran pangan yang paling besar adalah terdiri dari jenis pekerjaan petani dan bidan swasta/ dukun kampung terlatih. Sedangkan untuk pengeluaran non pangan yang lebih besar dari pengeluaran pangan adalah jenis pekerjaan buruh tani, PNS/ POLRI, dan karyawan perusahaan swasta. Hasil analisis mengenai motivasi yang mendorong perempuan untuk bekerja alasan yang pertama adalah karena ingin membantu suami, kedua demi menyekolahkan anak-anaknya, ketiga untuk memenuhi kebutuhan keluarga, keempat banyaknya tanggungan keluarga, kelima upah yang diterima lumayan tinggi, dan yang terakhir jarak lokasi rumah dan tempat kerja dekat.  Kata Kunci: Kontribusi, pengeluaran pangan dan non pangan, motivasi kerjaDAFTAR PUSTAKAAngraeni, Q. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tenaga Kerja      Wanita Pada Sektor Perdagangan di Kota Parepare. Hasanuddin University. Diakses dari http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/1856 .Badan Pusat Statistik. (2016). Kubu Raya Dalam angka Kabupaten Kubu Raya: BPS.Bahrun., syaparuddin., Hardiani (2014). Analisis Pendapatan dan Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kabupaten Sorolangun. (Vol. 2. No 1). Bertham, Y. H., Ganefianti, D. W., Andani, A (2011). Peran Perempuan Dalam Perekonomian Keluarga Dengan Memanfaatkan Sumberdaya Pertanian. (Vol. 10. No. 1).Dessyanthy, R. (2012). Studi Kelangsungan Hidup Migran Wanita (Kasus Buruh Bangunan Wanita Di Kota Makassar. (Skripsi yang dipublikasikan) Universitas Hasanuddin Makasar, Indonesia.Dewi. D. A. L. (2015). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Perekonomian KeluargaStudi Kasus di Desa Gunem Kabupaten Rembang. (Volume 01, no. 01).Feriyanto, N. (2014). Ekonomi sumber daya manusia dalam perspektif Indonesia. UPPSTIM YKPN Yogyakarta.Hutabarat, T. H. (2006). Realitas Upah Buruh Industri. Medan: Kelompok Pelita Sejahtera.Hutajulu, J.S. (2002). Penelitian Tentang Motivasi Kerja Dan Kondisi Sosial Ekonomi Tenaga Kerja Wanita. Jakarta: Badan Litbang Departemen Dalam Negeri.Indonesia, Presiden Republik. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.Jaidi. N (2017). Analisis Pendapatan Petani Karet Di Kecamatan Sajad Kabupaten Sambas. (Skripsi yang dipublikasikan), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia.Klevmarken,    N. A. (2004). Estimates of a Labour Supply Function Using Alternative Measures of Hours of Work. Discussion Paper No. 1035. Uppsala University and IZA Bonn, Germany. Kusuma, A. (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga Di Kecamatan Pontianak Utara Kota Pontianak. (Skripsi dipublikasikan), Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia.Melati, R.D., Zaika, Y., & Budio, S.P. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pekerja Wanita pada Proyek Konstruksi di Kota Denpasar. Rekayasa Sipil, (vol. 5. No 2).Mutawakkil, M. H. (2014). Keadilan Islam Dalam Persoalan Gender.  (V0l. 12, No. 1)Nugroho, V. A. (2007). Hubungan Antara Status Gizi Dengan Produktivitas Tenaga Kerja Wanita Di PT. Java Tobacco Gembongan Kartasura (Skripsi yang dipublikasikan), Universitas Negri Semarang, Indonesia.Priminingtyas. D. N. (2007). Analisis Social Ekonomi Peranan Perempuan Pedesaan Di Dalam Keluarga Dan Masyarakat. (Vol. 7 No. 2).Puspitasari, M., puspitawati, H., Herawati, T., (2013) peran gender, kontribusi ekonomi perempuan, dan kesejahteraan keluarga petani hortikultura. (Vol. 6. No. 1).Handayani, M. T., Artini, P. W. N. (2009). Konstribusi pendapatan rumah ibu rumah tangga pembuat olahan makanan terhadap pendapatn keluarga. (Vol. 5. No. 1).Rosenbaum, E., Greta.  G. (1995). Mother’s Labor Force Participation in New York City: A Reappraisal of the Influence of Household Extension. Journal of Marriage and Family, (Vol. 57, No. 1).Rosita, S. (2008). Pengaruh Konflik Peran Ganda dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Dosen Wanita Di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. (Vol. 2 No. 02).Ryanne, J. D. (2015). Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Memalui Home Industry Batik Di Dusun Karangkulon Desa Wukirsari Daerah Istimewa Yogyakarta (Skripsi yang dipublikasikan) Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia.Sabri, M. (2008). Ekonomi sumber Daya manusia dalam perspektif pembangunan. PT Raja Grafindo Persada Jakarta.Sabri, Mulyadi. (2014). Ekonomi sumber Daya manusia dalam perspektif pembangunan edisi revisi. PT Raja Grafindo Persada Jakarta.Siagian, P. (2002). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Jakarta: Rineka Cipta.Simamora, D. R. (2014) yang berjudul Analisis Motivasi Kerja Buruh Bangunan Perempuan Di Kabupaten Kubu Raya (Skripsi dipublikasikan) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia.Sugiyono (2014). Metode penelitian bisnis. Alfabeta Bandung.Sumarsih, N. (2010). Strategi Survive Buruh Bangunan Studi Kasus Buruh Bangunan Di Masyarakat Pegunungan Prambanan Dusun Mlakan Desa Sambirejo Kec. Prambanan Kab. Sleman Yogyakarta (Skripsi yang dipublikasikan) Doctoral Dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia.Teguh, M. (2005). Metodologi penelitian ekonomi teori dan aplikasi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.Wihartati, A (2016). Kontribusi Pendapatan Pekerja Wanita Pedagang Sayur Terhadap Pendapatan Keluarga Di Kota Pontianak (Skripsi yang dipublikasikan) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia.Winardi. (2002). Motivasi Dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.Zalmi. (2015). Analisis Pendapatan dan Pola Pengeluaran Rumah Tangga Nelayan Di Wilayah Sasak Ranah Pasisia Kabupaten Pasaman Barat. (vol. 3. No. 2).  
ANALISIS PENGARUH INFLASI, PDRB, DAN NPL TERHADAP PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA BANK UMUM DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT PERIODE 2005-2015 B01112096, WENI
Jurnal Curvanomic Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Jurnal Curvanomic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh variabel Inflasi, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap penyaluran kredit modal kerja Bank Umum di Provinsi Kalimantan Barat selama peridoe 2005-2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program olah data Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen Inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja dengan tingkat signifikansi 0.0000 < 0.05, PDRB berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja dengan tingkat signifikansi 0.3435> 0.05, dan NPL berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja dengan tingkat signifikansi 0.0006 < 0.05. secara serempak ke tiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja dengan tingkat signifikansi 0.000001 < 0.05.   Kata Kunci : Kredit Modal Kerja, Inflasi, PDRB, NPL
PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MEMBELI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA) B01112128, Fathur Rahimin
Jurnal Pembangunan dan Pemerataan Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnin Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MEMBELI PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA)  Fathur RahiminB01112128Program Studi Ekonomi PembangunanFakultas Ekonomi Dan BisnisUniversitas Tanjungpura Pontianak ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan dan pengaruh labelisasi halal dan kesadaran halal terhadap perilaku konsumen membeli produk makanan halal.Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 67 responden. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang ditebarkan langsung menemui respondennya dan kuesioner online. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi rank Spearman, sedangkan untuk uji signifikansi menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara labelisasi halal dengan perilaku konsumen membeli produk makanan halal dengan nilai rho koefisien spearman’s sebesar 0,544 menunjukkan hubungan positif dan hubungan antar variabel dalam kategori sedang dan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesadaran halal dengan perilaku konsumen membeli produk makanan halal dengan nilai rho koefisien spearman’s sebesar 0,490 menunjukkan hubungan positif dan hubungan antar variabel dalam kategori sedang dan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05.Kata Kunci : Makanan Halal, Perilaku Konsumen, Labelisasi Halal, Kesadaran Halal  DAFTAR PUSTAKA  Agustian, E & Sujana. (2013). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(2),169-178.Al-Quran dan terjemahan. Al-Imam Abul Fida Isma’il Ibnu Katsir ad-Dimasyqi. (2002). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir Juz 2. Bandung: Sinar Baru al-Gensindo.Adisasmito, W. (2008). Analisis Kebijakan Nasional MUI dan BPOM dalam Labeling Obat dan Makanan. Jakarta: Fakultas Kesehatan, Universitas Indonesia.Anggraeni, M. (2016). Pengaruh Persepsi Label Halal, Citra Merek (Brand Image), dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Produk (Studi Kasus Pada Restoran Solaria Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.An-Nawawi, I. (2004). Terjemahan Hadist Arbain An-Nawawiyah. Jakarta: Sholahuddin Press.Ardyanti, N., Nashril, & Helmi, M. (2013). A Study on Halal Awareness Among muslim Customers in Klang Valley. 4th International Conference on Business Economic Research (4th icber 2013) Proceeding (pp. 1073-1087). Bandung, Indonesia: Goden Flower Hotel.Azmi, M. S. (2016). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand terhadap Keputusan Pembelian Lampu Led Philips (Studi Kasus pada Konsumen Lampu LED Philips di Kecamatan Minggir,  Kabupaten Sleman). Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Manajemen-Jurusan Manajemen  Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Badan Pusat Statistik. (2010). Sensus Penduduk 2010. Diakses dari https://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=321.Bagian Proyek Pembinaan Pangan Halal Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Dan Penyelenggaraan Haji. (2003). Pedoman Labelisasi Halal. Jakarta: Departemen Agama.Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert (the measurement scale and the number of responses in likert scale). Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan,  2 (2), 127-133.D'Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., and Peretiatkos, R. (2006). "Green Products and Corporate Strategy: An Empirical Investigation". Society and Business Review, 1(2), 144 – 157.Fatkhurohmah. (2015). Pengaruh Pemahaman Label Halal dan Faktor Sosial terhadap Niat Membeli Produk Makanan Kemasan Berlabel Halal (Studi Pada Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Al Barokah). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Gilarso, T. (2003). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta : Kanisius.Handayani. N. T. (2012). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection. Management Analysis Journal, 1(2), 1-6.Hasan, K. N. S. (2014). Kepastian Hukum dan  Labelisasi Halal Produk Pangan. Jurnal Dinamika Hukum, 14(2), 227-238.Hasan, H. (2016) A Study on Awareness and Perception Towards Halal Foods among Muslim Students in Kota Kinabalu, Sabah. Proceedings of the Australia-Middle East Conference on Business and Social Sciences 2016, Dubai (in partnership with The Journal of Developing Areas, Tennessee State University, USA) (pp. 803-811). Dubai.https://kbbi.web.idIrawan, A. (2011). Hatta: Kesadaran Masyarakat Konsumsi Produk Halal Meningkat. Diakses dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/1667687/hatta-kesadaran-masyarakat-konsumsi-produk-halal-meningkatKarim, M. A. (2013). Perilaku Komunitas Muslim Perkotaan Dalam Mengonsumsi Produk Halal. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.Kusnandar, Suroso, I., & Prasudjo, A. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Label Halal Produk Kosmetik La Tulipe terhadap Minat Konsumen untuk Membeli Ulang di Kota Banyuwangi. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Jember: Universitas Jember.LPPOM-MUI. (2016). Sertifikasi Halal Barang Gunaan sebagai Amanat Undang-Undang. Jurnal Halal, 119, 52-53.LPPOM-MUI. Sertifikat Halal MUI. Diakses dari http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/55/1360/page/1.Muslimah, S. (2012). Label Halal Pada Produk Pangan Kemasan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen Muslim. Yustisia, 1(2), 87-97.Muntasyir. (2017). Gerakan Masyarakat Sadar Halal Disosialisasikan di Banda Aceh. Diakses dari http://lintasgayo.co/2017/03/05/gerakan-masyarakat-sadar-halal-disosialisasikan-di-banda-aceh.Niswah, Farokhah. (2015). Halal dan Thayyib: Bagaimana Menarik Konsumen Non-Muslim. Diakses dari: http://www.academia.edu/23964941/ HALAL_DAN_THAYYIB_BAGAIMANA_MENARIK_KONSUMEN_NON-MUSLIM.Pujianto, A.W. (2017). Ketua MUI: Sertifikasi Halal telah Menjadi Tren Global. Diakses dari https://www.islampos.com/ketua-mui-sertifikasi-halal-telah-menjadi-tren-global-53628/.Pujianto. (2017). BPJPH Diresmikan, Menag: Peran MUI Tetap Penting. Diakses dari https://kemenag.go.id/berita/read/505865/bpjph-diresmikan--menag--peran-mui-tetap-penting .Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan.Pindyck, R. S., & Rubinfeld, D. L. (2012). Mikroekonomi Edisi Kedelapan. Jakarta: ERLANGGA.Riska, R. (2016). Persepsi Konsumen tentang Wisata Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Berkunjung. Skripsi. Bandar Lampung: Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung.Rofiqoh, Z. (2012). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Mie Instant Indofood (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Muamalah dan Ahwal Al-Syakhsiyyah Semester Viii Iain Walisongo Semarang). Skripsi. Semarang: Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.Setiadi, N.J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA._______. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABHETA._______. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: ALFABHETA.Sumar’in. (2013). Ekonomi Islam: Sebuah  Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitian untuk Ekonomi. Jakarta: CAPSTalib, Z., Zailani, S., & Zainuddin, Y. (2010). Conceptualization on the Dimensions for Halal Orientation for Food Manufacturers: A Study in the Context of Malaysia. Pakistan Journal of Social Scienses, 7(2), 56-61.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk HalalUtami, W. B. (2013). Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Membeli (Survei pada Pembeli Produk  Kosmetik Wardah di Outlet Wardah Griya Muslim An-Nisa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Progran Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Zahroni, A. N. (2012). Landasan Filosofis Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam dan Konvensional. Diakses dari : http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/mazahib/article/view/110.  

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Mahasiswa Ilmu Ekonomi More Issue