cover
Contact Name
idham khaliq
Contact Email
idhamkhaliq.id@gmail.com
Phone
+628117423418
Journal Mail Official
idham@man.feb.uncen.ac.id
Editorial Address
Gedung D FEB Kampus Waena Perumnas III Jayapura - Papua » Tel / fax : +6281289133955
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dan Bisnis
ISSN : 26150425     EISSN : 26227142     DOI : 10.55264
The journal includes various fields of pharmaceuticals sciences such as: Strategic Management Corporate Financial Management Regional Financial Management Human Resource Management Marketing Management Administrative Management Banking Risk Management and Insurance Management information System Entrepreneurship Business Ethics Management Accounting Cooperation management.
Articles 72 Documents
PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM INDIVIDUAL PADA PERUSAHAAN – PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015 Muslikha Novitasari; Anita Erari
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.124 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menguji pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Indeks Harga Saham Individual (IHSI) pada perusahaan-perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode dalam penelitian ini selama 3 tahun, yaitu mulai dari tahun 2013-2015. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan diperoleh 13 perusahaan yang memenuhi kriteria pengambilan sampel dari populasi sebanyak 43 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data menggunakan metode analisis nilai tambah ekonomis dan nilai tambah pasar. Dimana hasil tersebut dihitung kembali menggunkan SPSS 16 dengan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastitas, dan uji autokorelasi). Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji T, uji F dan uji determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial Economic Value Added berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Harga Saham Individual dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,456 pada nilai signifikansi 0,003 sehingga hipotesis diterima. Market Value Added berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Harga Saham Individual dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,503 pada nilai signifikansi sebesar 0,008 sehingga hipotesis diterima. Hasil uji simultan menggunakan uji F memiliki nilai sebesar 0,390 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006. Nilai koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,613. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel-variabel dependen adalah sebesar 61,3%, sedangkan sisanya sebesar 38,7% dijelaskan oleh variabel independen lain di luar penelitian ini.
Analisis Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK) Terhadap Kinerja Kampung (Studi Pada Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua) Daniel Dawan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.843 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v2i2.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Memahami peran masing-masing komponen kampung dalam pelaksanaan Rencana Strategi Pembangunan Kampung (Respek) di Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. 2). Memahami hakekat dari masing-masing komponen kampung terhadap implementasi program Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), di Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. 3). Untuk mengetahui apakah Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), memberikan perubahan melalui kinerja kampung.Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian pada Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Hasil penelitian menunjukan bahwa Analisis Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), telah memberikan dampak nyata terhadap pembangunan kampung, khususnya Kampung Asey Kecil, baik dari segi sarana prasarana (pendidikan,pelayanan kesehatan), infrastruktur (pembuatan bak air bersih, listrik, jalan, MK serta peningkatan makanan dan gizi. Keberhasilan RESPEK tidak terlepas dari strategi pembangunan yang diterapkan diantaranya adalah Pendekatan Budaya Lokal, Pendekatan Strategi Partnership serta Pendekatan Partisipatory dengan adanya pendekatan tersebut mampu menjawab persoalan pembangunan kampung, dan telah memberikan dampak nyata terhadap pembangunan kampung. Komponen kampung sangat berperan serta dalam program pembangunan kampung, yang dicanangkan Pemerintah Daerah Provinsi Papua sesuai dengan Undang-undang Otonomi Daerah Nomor 22 Tahun 1999 serta Undang-undang Otonomi Khusus Nomor 21 Tahun 2001 bagi Provinsi Papua yang memberikan kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota dan Kabuapten serta masyarakat dapat mengatur dan mengurus dirinya sendiri.
Potret Objek Wisata Wilayah Pembangunan II Kabupaten Jayapura Vince Tebay
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.785 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v3i2.57

Abstract

Sektor pariwisata sebagai kegiatan perekonomian telah menjadi andalan potensial dan prioritas pengembangan bagi sejumlah negara, terlebih bagi negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki potensi wilayah yang luas dengan daya tarik wisata yang cukup besar, banyaknya keindahan alam, aneka warisan sejarah budaya, dan kehidupan masyarakat (etnik). Kekayaan sumber daya alam dan kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Jayapura cukup beragam dan tersebar hampir di setiap wilayah pembangunannya, baik berupa potensi alamnya, kearifan kekayaan kebudayaan lokalnya, hingga kekayaan sejarahnya. Di Wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Jayapura terdapat deretan pantai-pantai yang indah (pantai Tablanusu, Amai, Dormena, Harlend dan lain-lain), di wilayah selatannya terdapat Danau Sentani. Segala potensi ini memiliki nilai tersendiri bagi sektor pariwisata dan sangat perlu untuk di kembangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yakni sebagai berikut: 1. Pengamatan dan survei lapangan; 2. Wawancara mendalam; 3 Dokumentasi. Jenis data yang dibutuhkan yakni data primer dan sekunder. Hasil analisis menunjukkan: 1. Kondisi eksisting obyek dan destinasi wisata di bagian Wilayah Pembangunan II. Hasil analisis menunjukkan bahwa hampir seluruh destinasi wisata unggulan tersebut belum mencapai nilai standar kelayakan minimal (SKM) menjadi daerah tujuan wisata; 2 Analisis daya dukung potensi wisata Kabupaten Jayapura menunjukkan nilai yang berbeda-beda, antara jenis wisata air dengan wisata sejarah dan wisata budaya. Nilai tersebut menjadi dasar bagi pengelola wisata, untuk dapat membatasi jumlah pengunjung yang mampu ditampung tempat wisata tersebut. nilai tersebut adalah sebagai cerminan dari pengelolaan wisata berkelanjutan yang berbasis terhadap kelestarian ekosistem dan lingkungan.
Studi Lapangan pada Koperasi Kartika Dharmagati Angkatan Darat Kota Jayapura Daniel Dawan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.969 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v2i1.17

Abstract

Adapun tujuan studi lapangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana koperasi Kartika Dharmagati menjalankan kegiatan operasionalnya terutama yang terkait dengan upaya penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi guna peningkatan kesejahteraan anggota. Metode penelitian yang digunakan metode Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil studi lapangan menunjukan bahwa Koperasi Kartika Dharmigati Angkatan Darat dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dengan mengadakan koordinasi dengan juru bayar setiap bulannya dengan melakukan jumlah gaji diterima anggota yang bersangkutan ataupun dilakukan pemotongan pada remonerasi, dari dalam pengurus melakukan penghentian pelayanan Mini Mart sampai hutang yang bersangkutan lunas selama pengnentian anggota yang menunggak sama sekali tidak di layani, dan mengajukan saran dan masukan kepada Pembina satuan agar diketahui oleh seluruh anggota Primkop Kartika Dharmagati untuk dibahas dalam Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku Tahun 2015 tentang kebutuhan pengurus yang berada di Koperasi, serta mengusulkan kepada Puskop dan Dinas Koperasi untuk menunjuk Asuransi yang bisa menjamin pinjaman anggota apabila yang bersangkutan Disersi atau meninggal dunia seperti yang ada di Bank milik pemerintah maupun milik swasta.
Pengaruh Kualitas Layanan Toilet Saga Mall Abepura Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Alfrida V. P. Yamanop; Anjar Nasta Muchlasin
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.249 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v3i2.34

Abstract

Penelitian bertujuan menguji pengaruh Kualitas Layanan (Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik) Toilet Saga Mall Abepura Terhadap Kepuasan Pengunjung. Lokasi penelitian dilakukan di Saga Mall Abepura Kota Jayapura. Jenis penelitian survei ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pengunjung Saga Mall Abepura dan pernah menggunakan fasilitas toilet umum yang dmiliki oleh Saga Mall Abepura. Teknik pengambilan teknik penyampelan Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Ukuran sampel sebesar 110 responden. Instrumen Pengambilan data menggunakan kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan program amos versi 22. Hasil estimasi SEM menunjukkan bahwa dari lima hipotesis yang ada terdapat tiga hipotesis yang diterima dan dua hipotesis tidak diterima. Variabel reliabilitas, jaminan dan bukti fisik Pada Toilet Saga Mall Abepura berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung sedangkan variabel daya tanggap dan empati pada Toilet Saga Mall Abepura tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung.
The Power of Spirituality: Menyanding Nilai-Nilai Ketuhanan dalam Penerapan Etika Bisnis (Pendekatan Perspektif Kristen tentang Aspek Kepemimpinan, Sumber Daya Karyawan, Kompetitor dan Keseimbangan Alam) Aprianto La'lang Kuddy
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.998 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v1i2.10

Abstract

Paper ini dilatarbelakangi oleh fenomena merebaknya kasus-kasus pelanggaran etika oleh beberapa perusahaan dalam menjalankan bisnisnya karena terlalu berfokus pada upaya mengeruk laba sebesar-besarnya, sehingga melanggar fitrahnya selaku manusia dengan mengabaikan kontrak perjanjian pada “Sang Pencipta” (Tuhan) untuk menjaga keserarasan hidup yang seimbang di bumi. Kasus illegal logging, illegal fishing, eksploitasi besar-besaran terhadap sember daya alam dilakukan secara masif dan brutal tanpa memikirkan dampaknya bagi kehidupan di masa yang akan datang. Bahkan kasus seperti ketidakadilan perusahaan terhadap pemanfaatan sumber daya karyawan, termasuk penggunaan bahan beracun terhadap produk makanan pun dihalalkan demi prinsip “asal untung besar”. Paper ini bertujuan untuk mengangkat konsep nilai spiritual yang dipandang sebagai suatu kekuatan baru yang kemudian diyakini akan mensinergikan antara etika dan laba dalam perspektif Kristen. Metode yang digunakan penulis dalam paper ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan sumber pustaka yaitu menggunakan Alkitab sebagai salah satu tolak ukur utama cara pandang Kristen. Paper ini merefleksikan sudut pandang Kristen bahwa Tuhan tidak menghendaki bisnis yang gagal dan keberadaan Tuhan dalam dunia bisnis adalah mutlak, karena bisnis yang spiritual tahu bagaimana menciptakan kepemimpinan sebagaimana mestinya, memperlakukan alam secara bijak, memperlakukan para karyawan sebagai sesama manusia, serta memperlakukan para pesaing yang bukan sebagai musuh, karena bisnis yang spiritual penuh dengan “kasih”. Dengan berpegang pada landasan ini maka setiap entitas yang berbisnis atau beraktifitas apapun akan merasa ada kehadiran “pihak ketiga” (Tuhan) di setiap aspek hidupnya. Hal ini karena Bisnis secara spiritual tidak semata-mata orientasi dunia tetapi memiliki visi akhirat yang jelas.
Budidaya Ternak Babi sebagai Pendorong Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Intan Jaya Marsi Adi Purwadi; Mesak Ick
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.53 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v3i1.29

Abstract

Tujuan utama yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah analisis mengenai kelayakan bisnis komoditi ternak babi dalam upaya pengembangan potensi ekonomi di Kabupaten Intan Jaya. Dengan pendekatan kriteria investasi yang digunakan meliputi: Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), Gross Benefit Cost Ratio (Gross B/C), Internal Rate of Return (IRR),Profitability Ratio (PR), Payback Period (PP). Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Potensi ternak babi Kabupaten Intan Jaya bukan merupakan suatu kondisi dimana masyarakat berupaya untuk membudidayakan tenak babi, melainkan karena budaya masyarakat di Kabupaten Intan Jaya yang telah menerima kegiatan beternak babi secara turun temurun. Ternak babi bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua merupakan ternak yang memiliki ikatan dalam budaya dan adat istiadat, sehingga ternak babi menjadi bagian penting dalam budaya masyarakat wilayah pegunungan Papua. Hanya saja, pengelolaan ternak babi di Kabupaten Intan Jaya masih dilakukan secara tradisional, meski telah diberikan pendampingan oleh pemerintah daerah. 2) Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa produk/komoditi ternak babi adalah komoditi yang layak diinvestasikan, baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah. Secara garis besarnya terdapat 8 aspek pembangunan yang menjadi arah pengembangan produk/komoditi ternak babi yang layak investasi di Kabupaten Intan Jaya menurut skala prioritas pada masing-masing kabupaten yakni: (1) Sosial Budaya, (2) produk lokal, (3) penerapan teknologi tepat guna. (4) pasar, (5) tata niaga, (6) nilai tambah, (7) kemitraan, (8) dukungan pemerintah daerah.
Momentum Saat Pandemi Covid-19 Hesti Murwaniputri
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (780.56 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v4i2.65

Abstract

Pandemi Covid 19 menyebabkan perekonomian dunia mengalami resesi tidak terkecuali Indonesia. Kinerja ekonomi yang melemah berdampak pada situasi pasar modal Indonesia yang ditunjukkan dengan penurunan IHSG diikuti dengan penurunan harga saham perusahaan, sehingga tidak sedikit investor menarik dana mereka untuk dialokasikan pada aset yang lebih aman. Ketika terjadi panic sell di pasar modal, oleh sebagian investor melihat bahwa pandemi merupakan sebuah momentum untuk mendapatkan saham-saham perusahaan yang memiliki fundamental baik, bervaluasi rendah dan memiliki prospek menjanjikan dimasa depan. Metodologi penelitian adalah studi literatur.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura) Jack Henry Syauta
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.965 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan daerah air minum jayapura, pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada perusahaan daerah air minum jayapura, dan pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression), dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara partial variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan kerja karyawan. Dengan demikian semakin tinggi kepuasan kerja maka dapat meningkatkan kinerja karyawan pada PDAM Jayapura, secara partial komitmen organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi komitmen organisasional dapat menigkatkan kinerja karyawan PDAM Jayapura. dan secara simultan kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh signifkan dan positif terhadap kinerja. Hal ini bahwa semakin tinggi kepuasan kerja dan komitmen organisasional dapat meningkatkan kinerja karyawan PDAM Jayapura.Â
Menilai Tingkat Kesehatan Bank Papua Menggunakan Metode Altman Z-Score dan CAMEL Dina Ludia Marwa; Aprianto L. Kuddy
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.332 KB) | DOI: 10.55264/jumabis.v2i2.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan bank menggunakan metode Altman Z-Score dan CAMEL pada PT. Bank Papua tahun 2013-2017. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang terdapat dalam laporan keuangan dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan dan dokumentasi. Metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio model Altman Z-Score four Variabel dan CAEL. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat dilihat kesehatan keuangan PT. Bank Papua menggunakan Atlam Z-Score menunjukan posisi yang sehat pada tahun 2013, namun pada tahun 2014-2017 posisi kesehatan Bank Papua berada pada posisi rawan mengalami kebangkrutan. Begitu juga dengan Metode CAEL pada tahun 2013-2017 menunjukan posisi yang sehat dilihat dari CAR, ROA, BOPO, LDR walaupun pada tahun tertentu menunjukan posisi yang kurang sehat tetapi secara keseluruhan dapat dikatakan sehat. Namun angka kredit bermasalah dari tahun 2013-2017 meningkat sangat besar sehinggal NPL menunjukan ketidak sehatannya Bank Papua.