cover
Contact Name
Rifaid
Contact Email
info@idpublishing.org
Phone
+6282145468299
Journal Mail Official
rapik@idpublishing.org
Editorial Address
Gg. Broto Manunggal V, Brajan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik)
ISSN : -     EISSN : 28080092     DOI : https://doi.org/10.47134/rapik
Core Subject : Social,
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) is officially registered in the Centre for Data and Scientific Documentation (PDDI), Indonesia Institute of Science with ISSN Number 2808-0092 (online). This Journal is published biannually (July and December) by Indonesian Journal Publisher. RAPIK Journal is a scientific journal, double-blind peer-reviewed, and open-access journal. RAPIK : Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer is an academic journal organized and operated by an Indonesian Journal Publisher which aims at publishing conceptual thought or ideas and research findings that have been achieved in the field of original research.
Articles 24 Documents
Re-modeling Sistem Pelayanan Publik Sebagai Bentuk Tanggap Kebijakan Dalam Mendukung Tatanan Normal Baru (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram) Dhea Candra Dewi; Vidya Yanti Utami; Siti Yulianah M. Yusuf
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 1 (2021): Juli
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1372.749 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i1.1

Abstract

Memberikan pelayanan kepada publik merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat. Begitu juga dengan pelayanan kepada publik di bidang Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Indonesia. Namun sejak adanya Pandemi Covid-19, pelayanan Adminduk mengalami beberapa perubahan pola dalam proses pelayanannya. Sehubungan dengan itu, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Surat No. 443.1/2978/Dukcapil pada 16 Maret 2020, perihal Pelayanan Adminduk dan Pencegahan Virus Corona (Covid-19) kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Realitanya proses pelayanan kepada publik ditengah pandemi tidaklah menjadi hal yang mudah. Adanya pembatasan interaksi langsung antar individu menjadi adaptasi utama yang harus dilakukan agar pelayanan tetap berjalan dengan baik. Penelitian ini mengkaji re-modeling pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan Dinas Dukcapil Kota Mataram. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Analisis penelitian bersifat terbuka dengan mengkaji hasil observasi pengumpulan data dan wawancara yang diakhiri dengan pendeskripsian pemahaman dan penyajian temuan umum secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa re-modeling yang dilakukan berupa perubahan beberapa aspek dalam pelayanan, yaitu (1) Pemanfaatan aplikasi WhatsApp yang digunakan sebagai media pelayanan online, (2) Program “Berkah Batin” sebagai bentuk inovasi pelayanan yang terintegrasi. Kedua re-modeling atau inovasi pelayanan yang dilakukan merupakan cara adaptasi Dinas Dukcapil agar tetap efektif memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
Peranan Perempuan Dalam Lembaga Legislatif Di DPRD Kabupaten Musi Rawas Tepno Suhartoyo; Eva Kurnia Farhan; Usman Mustofa
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 1 (2021): Juli
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.651 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui dari Peranan Perempuan Dalam Lembaga Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Musi Rawas yang dilihat dari aspek Fungsi Anggaranl, Fungsi Pengawasan. Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana Peranan Perempuan Dalam Lembaga Legislatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Sumber data melalui data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pereanan perempuan dalam lembaga legislatif di DPRD Kabupaten Musi Rawas sudah terlaksanakan terlihat dari aspek- aspek berikut ini: 1). Perencanaan APBD dilakukan melalui tahapan proses perencanaan APBD untuk pengambilan suatu putusan bersama dalam penyusuanan anggaran melalui usulan-usulan yang di sampaikan melalui musrenbang kecamatan, reses DPR. serta program OPD yang di gabungkan menjadi program PPAS. 2)Penetapan APBD sudah di laksanakan melalui ketentuan perundang-undangan dan.3). Pelaksanaan pengawasan dan Kebijakan pemerintah daerah dan program daerah melalui Bapempeda.
Efektifitas E-Warong sebagai Sarana Pengintegrasian Tujuan Program Keluarga Harapan pada Kelompok Target KUBE Berkah Harapan di Kota Pekanbaru Rendi Afringgo; Nurmasari Nurmasari; Evi Zubaidah
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 1 (2021): Juli
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.542 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas E-Warong KUBE PKH Berkah Harapan di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi ketua, sekretaris, dan bendahara E-Warong KUBE PKH Berkah Harapan. Sedangkan responden penelitian dibagi atas dua kelompok, yaitu masyarakat atau keluarga penerima manfaat program dan anggota pelaksana program. Jumlah responden dari anggota pelaksana program adalah 7 orang dan dari masyarakat adalah 82 orang. Data penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu berupa hasil wawancara dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Efektivitas E-Warong KUBE PKH Berkah Harapan di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru adalah cukup baik. Ini terlihat dari aspek ketepatan waktu, tercapainya tujuan program dan perubahan nyata yang dirasakan masyarakat miskin dari program adalah masih cukup baik.
Implementasi Kebijakan Penanggulangan Pasung Di Sumbawa: Sistem Organisasi, Sumberdaya dan Permasalahan Hisbullah Hisbullah; Sri Nurhidayati
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 1 (2021): Juli
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.106 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i1.6

Abstract

Fenomena pasung terhadap penderita gangguan kesehatan jiwa yang terjadi di berbagai daerah juga terjadi di kabupaten Sumbawa. Kebijakan pemerintah daerah melalui Peraturan Bupati No. 16 Tahun 2014 tentang pelaksanaan penanggulangan pasung bagi penderita gangguan kesehatan jiwa diharapkan mampu memberi solusi bagi keluarga penderita gangguan kejiwaan khususnya dalam proses pemberian pengobatan atau perawatan, pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan pentingnya pemberdayaan dimasyarakat sehingga dapat menerima penderita gangguan jiwa pasca pemasungan. Melalui kebijakan tersebut pemerintah daerah mendeklarasikan bebas pasung sejak dicanangkan Sumbawa sebagai kabupaten bebas pasung. Namun dalam pelaksanaan kebijakan tersebut hingga saat ini belum berjalan maksimal. Berbagai bukti ditemukan di lapangan seperti masih adanya temuan kasus pasung, masalah kurangnya koordinasi lintas sektor, proses pelayanan kesehatan dan perawatan dan rujukan penderita gangguan jiwa yang masih terbatas dan lain sebagainya,menjadi temuan penelitian.
Review Buku: Co-Production and Co-Creation Engaging Citizens in Public Services (Taco Brandsen, Trui Steen and Bram Verschuere, eds): Taco Brandsen, Trui Steen and Bram Verschuere, eds. Co-Production and Co-Creation Engaging Citizens in Public Services. New York: Routledge, 2018. xvi+323pp. (Open Access EBook, tersedia pada www.taylorfrancis.com) Evi Sukmayeti
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 1 (2021): Juli
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.273 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i1.7

Abstract

Melibatkan publik dalam pelayanan yang diinginkan oleh mereka menjadi topik penting dalam diskusi-diskusi isu publik. Upaya untuk mengakses kapasitas publik melalui partisipasi dipandang sebagai solusi atas menurunnya legitimasi dan keterbatasan sumberdaya dalam melayani mereka. Berbagai solusi konseptual dan praktik terbaik telah dirumuskan dan ditawarkan oleh berbagai disiplin ilmu. Perkembangan keilmuan dan praktik di negara-negara modern saling menjadi masukan dengan perkembangan yang terjadi di negara-negara berkembang. Konsep co-production dan co-creation yang lahir sebagai gagasan Elinor Ostrom pada tahun 1970an, harus menghadapi realita bahwa gagasan itu belum dapat diterima waktu itu dikarenakan sejumlah tantangan. Melibatkan warga individu lebih luas dan dalam untuk menyediakan layanan publik membutuhkan upaya (waktu dan biaya) yang besar. Taco Brandsen, Trui Steen dan Bram Verschuere tampaknya ingin menghidupkan kembali kedua konsep tersebut. Dengan dilatarbelakangi kesadaran akan tersedianya dukungan sistem sosial bagi tumbuh suburnya kedua konsep ini di hampir semua negara terutama perkembangan teknologi dan perubahan budaya saat ini, ketiga editor mengumpulkan sejumlah gagasan yang tertuang dalam sebuah buku yang sangat komprehensif.
Analisis Kinerja Pelayanan Publik di Masa Pandemi (Studi Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Kabupaten Karawang) Dhona Fitriliawati Supriyanto; Sana Prabowo; Agus Setio Widodo; Dwian Hartomi Akta Padma Eldo
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 1 (2021): Juli
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (930.171 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i1.8

Abstract

Kinerja pelayanan publik di tengah pandemi selalu menajdi perhatian bersama karena hal tersebut dapat menjadi tolak ukur kesiapan Pemerintah Daerah dalam menjalankan kewajibannya di tengah masa pandemi. Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana kinerja Disdukcapil Kabupaten Karawang dalam melakukan pelayanan E-KTP di tengah kondisi pandemi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan wawancara terhadap stakeholder sebagai sumber utama. Selain itu sumber data sekunder yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner secara online kepada masyarakat yang sedang atau sudah pernah melakukan perekaman E-KTP di masa pandemi. Data tersebut untuk selanjutnya dianalisis sesuai indikator yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Karawang sudah cukup baik dengan kesiapan pegawai yang ada dalam menghadapi perubahan kondisi pandemi. Namun masyarakat masih belum cukup puas perihal sarana dan prasana yang ada, terutama terhadap website yang digunakan dalam alur proses perekaman E-KTP yang baru dan masih belum membuat masyarakat puas karen masih dianggap berbelit-belit.
Implementasi Keamanan Jaringan dengan Packet Filtering Berbasis Mikrotik Untuk Internet Positif Di SMKN 1 Praya Sumardi Jayanto; Ahmad Tantoni; Hasyim Asyari
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.833 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i2.10

Abstract

SMKN 1 Praya is one of the schools in NTB with national standards. This school has a very broad environment. In addition, this school also has a fairly good internet network. This can be seen by the breadth of the internet network that almost covers the entire school environment. At SMKN 1 Praya the main problem is the use of internet network data by students to be used to play games and social media during study hours so we need a system that is capable of being a protection so that users cannot use the internet to play games and social media during study hours. . Based on this, the study aims to examine the implementation of network security with mikrotic-based packet filtering at SMKN 1 Praya. In general, this study shows the success of blocking several online game applications such as mobile legend, free fire, TOT and social media such as facebook.
Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung pada Mahakam Lampion Garden Kota Samarinda Nur Erika Novira Indah; Finna Fourqoniah; M. Fikry Aransyah
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.397 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i2.11

Abstract

This researcher aims to determine whether promotions on social media and electronic word of mouth have a significant effect on the decision to visit the Mahakam Lampion Garden in Samarinda city. The independent variable used in this study is the promotion of social media (X1) and electronic word of mouth (X2), and the dependent variable in this study is the visit decision (Y). This research is a descriptive study with a quantitative approach. The sampling technique used was purposive sampling using the slovin formula and obtained 100 respondents using multiple linear regression analysis techniques. Promotion variabel in social media and visiting electronic word of mouth have a positive and significant effect on decisions.
Determinasi Efisiensi Pajak dengan Dewan Komisaris sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018 Habibie Habibie; Darmansyah Darmansyah; M. Ardiansyah Syam
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.823 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite audit, hutang, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap efisiensi pajak dengan dewan komisaris sebagai moderasi. Objek pada penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam sektor konstruksi bangunan yang terdaftar pada bursa efek Indonesia selama tahun 2014-2018, dengan jumlah 9 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan tehnik analisis deskriptif dan analisis statistik, dengan menggunakan program WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit, hutang dan profitabilitas berpengaruh terhadap efisiensi pajak, sedangkan ukuran perusahaan tidak. Dewan komisaris ditemukan sebagai quasi moderator untuk pengaruh hutang terhadap efisiensi pajak. Dewan komisaris ditemukan sebagai variabel homologiser moderator untuk pengaruh ukuran perusahaan terhadap efisiensi pajak, dan sebagai predictor moderator untuk pengaruh profitabilitas terhadap efisiensi pajak. Disarankan untuk penelitian selanjutnya meningkatkan jumlah sampel penelitian, rentan waktu penelitian, dan indikator masing-masing variabel.
Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat Di Desa Karya Tunas Jaya Kabupaten Indragiri Hilir Fenina Eliza; Nurmasari Nurmasari; Zulkifli Zulkifli
Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.008 KB) | DOI: 10.47134/rapik.v1i2.13

Abstract

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang disingkat BSPS adalah bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum. Di Desa Karya Tunas Jaya kecamatan tempuling Kabupaten indragiri hilir telah menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya berlaku sejak tahun 2018. Pada Tahun 2018 berjumlah 50 unit yang di salurkan. Bantuan BSPS yaitu dalam bentuk uang. Dari hasil pengamatan awal peneliti mengamati adanya fenomena-fenomena dalam pelaksanaan program pemerintah ini yaitu, adanya keterlambatan pelaksanaan pembangunan karena kurangnya pengawasan dari Dinas yang terkait, Di lain pihak kendala di lapangan seperti kurangnya Swadaya dari penerima bantuan, suplay bahan dari toko penyalur bahan tidak sesuai dengan kesepakatan dengan penerima bantuan, kurangnya kerja sama antar anggota dan kelompok, Kemudian didapati di lapangan ada beberapa masyarakat yang ternyata masih mampu namun menerima program BSPS. penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program BSPS di Desa Karya Tunas Jaya telah berjalan dengan cukup baik, dilihat dari indikator keberhasilan pelaksanaan program yaitu Input, proses, Output, Outcome. Adapun faktor penghambat yang muncul cenderung pada permasalahan teknis seperti keterlambatan datangnya bahan bangunan, tukang yang terbatas, dan bahan bangunan yang tidak sesuai dengan permintaan.

Page 1 of 3 | Total Record : 24