cover
Contact Name
Herdian Bhakti
Contact Email
nfo@idpublishing.org
Phone
+62813133 32424
Journal Mail Official
jacis@idpublishing.org
Editorial Address
Gg. Broto Manunggal V, Brajan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal Automation Computer Information System (JACIS)
ISSN : -     EISSN : 27978443     DOI : https://doi.org/10.47134/jacis
JACIS: Journal Automation Computer Information System is officially registered in the Centre for Data and Scientific Documentation (PDDI), Indonesia Institute of Science with ISSN Number 2797-8443 (online). JACIS: Journal Automation Computer Information System is published twice, in May and November. JACIS accept and publish the result of research in the field of Computer Science and Informatics. JACIS has a focus and scope : 1. computer science: Artificial Intelligence, Machine Learning, Data Mining, Expert System, Decision Support System 2. Informatics: Web Programming, Mobile Computing, Computer Networks, information system, Database Systems, Security Systems. JACIS: Journal Automation Computer Information System is Open - Access Journal indexed by Google Scholar. Every article submitted to the JACIS: Journal Automation Computer Information System will be reviewed within 8-10 weeks and published when the similarity/plagiarism index is under 25% checked by Ithenticate/Turnitin. To submit article to JACIS: Journal Automation Computer Information System, please kindly follow our guidelines: Author Guidelines
Articles 30 Documents
Sistem Informasi Data Stok Pallet Pada CV. Selang Surya Kencana Muhibun Muhibun; Andri Firmansyah; Muhammad Fatchan; Irfan Afrianto
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 1 (2021): Mei
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i1.1

Abstract

CV. Selang Surya Kencana adalah sebuah industri kecil dan menengah yang memproduksi beragam jenis kemasan kayu (Pallet kayu) sekitar JABODETABEK. Saat ini belum ada sistem informasi berbasis aplikasi yang dapat melakukan transaksi untuk mengetahui data keluar masuk produk jadi kemasan kayu (Pallet) karena informasi hanya di input menggunakan MS. Excel. Selain itu sering terjadi stok yang tidak sinkron dengan data aktual. Penyajian laporan order Pallet dan stok juga masih disajikan dengan waktu relatif lama, dan data customer order tidak dapat di mapping dengan baik. Hal tersebut menyebabkan tidak terintegrasinya pengolahan data, mulai dari data berapa jumlah produksi Pallet dalam periode tertentu sampai kepada berapa jumlah Pallet diorder sehingga data stok dapat disajikan dengan akurat. Selain itu pencarian data yang dibutuhkan memerlukan waktu yang lama, dan lambatnya proses pengolahan data membuat informasi yang dihasilkan kurang akurat dan aktual. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah proses transaksi pemesanan dan input hasil produksi. Dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu dalam proses monitoring stok Pallet sehingga stok dapat terjaga. Sistem ini juga membantu megintegrasikan data mulai dari hasil produksi, pemesanan hingga ke persediaan stok Pallet secara otomatis. Selain itu pencarian data dan pengolahan data juga bisa di record dengan baik, sehingga output laporan dapat disajikan dengan cepat dan efisien
Implementasi Algoritma Fuzzy Tsukamoto Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Nurul Aziz Tri Wahyuni; Abd. Charis Fauzan; Harliana Harliana
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.11

Abstract

Setiap institusi dituntut menciptakan kinerja karyawan yang tinggi untuk pengembangan kualitas sebuah institusi, termasuk kualitas kinerja pegawai. Peran penting kinerja pegawai dalam aktivitas perguruan tinggi sangat berpengaruh untuk menjaga kualitas kinerja. Maka dari itu, diperlukan evaluasi kinerja melalui proses penilaian kinerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penilaian kinerja pegawai Universitas Nahdlatul Ulama Blitar melalui sistem komputerisasi evaluasi kinerja pegawai. Data yang digunakan berupa data absensi pegawai berisi data absensi jam kerja dan data kehadiran sebagai dataset yang bersumber dari data Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Penelitian akan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto yang dikembangkan dalam sebuah sistem keputusan. Sistem yang dibangun berbasis desktop menggunakan Netbean 8.0.2 dan JDK 1.8.0. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Fuzzy Tsukamoto menggunakan input variabel kehadiran dengan nilai keangggotaan kurang baik, cukup baik dan baik dan kedisiplinan dengan nilai keanggotaan kurang disiplin, cukup disiplin dan disiplin dengan output hasil kinerja kurang baik, cukup baik dan kinerja baik sebagai evaluasi kinerja pegawai Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Hasil penelitian ini berupa data hasil penilaian kinerja berupa excel yang dapat diunduh melalui sistem yang telah dikembangkan.
Rancang Bangun Aplikasi Formulasi Pakan Ternak Berbasis WEB Menggunakan Framework CodeIgniter 3 Ahmad Gufron; Fatra Nonggala Putra; Nining Haryuni
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi penghitung formula pakan ternak berbasis web. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap penelitian yaitu tahap pertama adalah pembuatan alat dan tahap kedua dilakukan dengan metode survey pada 20 calon pengguna aplikasi melalui pengisian quisioner menggunakan google form guna mengetahui tingkat penerimaan calon pengguna terhadap aplikasi. Penelitian tahap pertama didapatkan aplikasi untuk menghitung formula pakan ternak dan diberi nama “Aplikasi Ngitung Pakan” prinsip kerja dari aplikasi ini adalah memanfaatkan website dalam menghitung pakan dengan framework cogneiter 3. Berdasarkan survey yang telah dilakukan pada aplikasi penghitungan formula pakan ternak ini dapat diterima dengan baik oleh calon pengguna dengan beberapa alasan diantaranya aplikasi ini bermanfaat bagi para peternak, mudah digunakan (proses registrasi, login, penggunaan dan pembacaan hasil perhitungan) dan tampilan menarik. Hasil survey juga menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan calon pengguna aplikasi untuk terus berlanggan menggunakan aplikasi ini tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi penghitungan formula pakan ternak dapat dibuat melalui media web dengan memanfaatkan coigneiter 3. Tingkat penerimaan calon pengguna terhadap aplikasi penghitungan formula pakan ternak ini adalah sebesar 39,69% responden menerima dengan sangat baik, 50,63% menerima dengan baik, 9,06% responden menerima dengan kurang baik dan 0,63% responden menerima dengan tidak baik.
Implementasi Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) untuk Prediksi Keberlangsungan Studi Mahasiswa Bharin Rizqi Waridhon; Abd. Charis Fauzan
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.13

Abstract

Kelulusan mahasiswa merupakan masalah yang menjadi pusat perhatian yang datang di berbagai Universitas di Indonesia. berdasar pada peraturan yang disampaikan dalam buku II standard dan prosedur tentang akreditasi institusi perguruan tinggi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) pada tahun 2011 menyatakan bahwa salah satu aspek penilaian akreditasi adalah mahasiswa dan lulusan. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah sistem program untuk membantu memberikan tindakan preventif khususnya oleh dosen wali dan Kepala program studi UNU Blitar sehingga permalasahan kelulusan mahasiswa mampu ditanggulangi dan diminimalisir jumlah mahasiswa yang bermasalah. Dari data yang peneliti dapat dari Pusat IT UNU Blitar sebanyak 234 Mahasiswa yang tidak melakukan KRS sejak semester 4 dan 167 Mahasiswa FIE yang tidak melakukan KRS mulai sejak semester 6. Penelitian ini menggunakan Algoritma Iterative Dichotomizer 3 yang mana merupakan algoritma pembelajaran dengan membangun pohon keputusan. Penelitian ini menghasilkan hasil evaluasi menggunakan Confusion Matriks dengan nilai akurasi sebesar 79,22 %, nilai presisi sebesar 70,83 %, nilai sensitifitas sebesar 94,44 %, dan nilai spesifisitas sebesar 65,85 %.
Implementasi Load Balancing dengan Metode NTH Menggunakan Mikrotik di SMKN 2 Kuripan Sofiansyah Fadli; Ahmad Tantoni; Arifin Hargianto
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.16

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan koneksi internet yang tinggi terlebih pada saat pandemi Covid19 untuk kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring) di SMKN 2 Kuripan menggunakan ISP (Internet Service Provider) Telkom paket Indihome dengan mengatur setiap unit kerja memiliki satu modem. Hal ini diharapkan untuk menghindari jika salah satu mengalami gangguan koneksi karena berbagai kendala, maka tidak akan mempengaruhi unit kerja yang lain sekaligus ada backup koneksi jaringan yang masih bisa digunakan untuk melanjutkan kegiatan di sekolah. Kendala pada modem yaitu mengalami overload penggunakan dikarenakan pemanfaatan yang padat, sedangkan ada juga modem lain kurang dimanfaatkan. Alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan mikrotik untuk membuat load balancing pada kedua modem. Metodologi pengembangangan sistem dalam penelitian ini mengimplementasikan metode NDLC (network development life cycle), diawali dengan peneliti melaksanakan analisis terhadap jaringan internet yang telah di SMKN 2 Kuripan. Implementasi Load balancing untuk mengatasi overload dengan metode Nth dipilih karena memenuhi syarat dapat memperlancar koneksi dan membagi beban secara merata pada kedua jalur modem tersebut. Hasil pengujian kualitas koneksi menggunakan speedtest didapatkan nilai rerata download Modem-1 sebesar 48,47 Mbps, rerata download Modem-2 sebesar 19,86 Mbps dan rerata Router Nth sebesar 49,38 Mbps. Dari hasil pengujian didapatkan hasil perbaikan kualiatas bandwidth setelah dilaksanakan implementasi. Pada pengujian Quality Of Servise (QoS) sebelum dan setelah implemetasi load balancing Nth dengan mikrotik didapatkan nilai indeks parameter QoS Modem-1, Modem-2 dan Router Nth dengan hasil yang sama nilainya yaitu sebesar 3,75 dengan kategori “Memuaskan”.
Diagnosa Penyakit Kulit Menggunakan Bayesian Network Hartatik Hartatik; Shintya Wulan Safitri
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.19

Abstract

Kulit merupakan organ terluar yang menjadi pelindung pertama bagi tubuh manusia. Selain itu kulit juga salah satu penunjang hidup manusia yaitu sebagai indra peraba dan penampilan dalam kehidupan sehari-hari. Penyakit kulit banyak dijumpai di Indonesia, hal ini disebabkan karena Indonesia beriklim tropis. Iklim tersebut mempermudah perkembangan bakteri, parasit maupun jamur. Penanganan yang lambat dan kurang tepat dapat membahayakan kondisi seseorang. Namun jika penanganan awal dilakukan dengan benar, maka besar kemungkinan penyakit tersebut bisa ditangani agar tidak lebih parah atau bahkan menular ke orang lain. Berlandaskan masalah tersebut, penulis membuat sebuah sistem diagnosis penyakit kulit yang mampu melakukan diagnosis berdasarkan pada gejala yang dialami. Sistem diagnosis bertindak layaknya seorang pakar atau dokter, dimana pada sistem ini terdapat gejala-gejala yang didapat dari hasil wawancara. Data-data gejala kemudian diolah dengan metode Bayesian network untuk menghitung probabilitas penyakit kulit. Langkah-langkah dalam penerapan Bayesian network dimulai dari penentuan parameter, membuat Conditional Probability Table (CPT), menentukan Joint Probability Distribution (JPD), menghitung posterior probability, dan terakhir melakukan inferensi probabilistik. Berdasarkan probabilitas penyakit kulit ini, dihasilkan diagnosa sementara mengenai kemungkinan penyakit kulit yang diderita serta pencegahan dan penanganan pertama yang harus dilakukan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat membantu masyarakat mengenali penyakit kulit yang diderita lebih cepat dan melakukan penangan yang tepat
Prototype Alat Penyiraman Air dan Nutrisi Otomatis Pada Proses Pembenihan Buah Naga Dengan Modul Nodemcu Rizky Arbilah; Kusnadi Kusnadi; Wanda Ilham
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 1 (2021): Mei
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i1.2

Abstract

Budidaya buah naga pada saat ini sedang berada pada masa popularitas yang dahsyat karena banyaknya manfaat dari buah itu sendiri. Berbicara tentang budidaya maka tidak akan terlepas dengan adanya proses pembenihan dimana bibit tanaman tidak langsung ditanam pada lahan perkebunan melainkan dipisahkan pada tempat terpisah. Penyiraman secara manual dapat mengganggu keefesienan waktu, tenaga dan sumber daya manusia yang menimbulkan potensi permasalahan. Dari permasalah tersebut memunculkan gagasan untuk membuat sistem penyiraman otomatis dan sistem kendali untuk membantu proses pembenihan buah naga. Perakitan alat ini memanfaatan sensor kelembaban sebagai pengukur kelembaban tanaman dan real time clock (RTC) sebagai pengatur waktu penyiraman yang akan dikontrol oleh modul nodemcu sebagai microcontroller. Dengan ditunjang oleh sistem kendali melalui aplikasi telegram yang terhubung dengan microcontroller sehingga kita bisa mengendalikan alat tersebut dari jarak jauh dan meringankan pekerjaan proses pembenihan buah naga. Hasil pengujian dari perakitan alat ini ialah sebuah otomatisasi pada alat penyiraman air berdasarkan kelembaban tanah dan nutrisi berdasarkan waktu yang telah ditentukan dengan sistem kendali sebagai alat penunjang untuk mengendalikan alat dari jarak jauh.
Pembuatan Games Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Makanannya Berbasis Augmented Reality Binti Aulatul Mufida; Fatra Nonggala Putra; Rizqi Darma Rusdiyan Yusron
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.20

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan saat ini, penggunaan game dapat juga digunakan sebagai media pembelajaran melalui smartphone dengan sistem operasi android. Game juga dirasa sebagai salah satu media yang banyak digemari mulai dari kalangan anak-anak hingga usia dewasa. Penelitian ini akan menggunakan metode GDLC karena dirasa sangat cocok dalam pembuatan game edukasi pengenalan hewan berdasarkan jenis makanannya berbasis Augmented Reality. Pemahaman tentang pengenalan hewan bisa lebih mudah dipahami dan dimengerti dangan menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Hasil rata-rata aspek Learnability merupakan aspek yang berhubungan dengan kemudahan pengguna untuk menyelesaikan permasalahan dasar yang dihadapi serta mudah dimengerti. Berdasarkan hasil penelitian maka secara keseluruhan pemahaman dari responden terhadap penggunaan game edukasi ini sangat baik. Aspek Flexibility berhubungan dengan ketersediaan fitur yang ada pada sistem bagi pengguna. Secara keseluruhan pemahaman dari responden terhadap multimedia ini baik. Aspek Effectiveness berkaitan dengan keberhasilan untuk mencapai tujuan dalam penggunaan game edukasi ini, secara keseluruhan pemahaman responden terhadap aspek ini sangat baik dan aspek Attitude berhubungan dengan tingkat kepuasan pengguna. Game edukasi ini menarik minat pengguna karena bisa berjalan pada perangkat mobile dan secara keseluruhan aspek attitude dalam multimedia interaktif ini sangat baik
Prediksi Keberlangsungan Studi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sosial Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Menggunakan Algoritma C4.5 Hinayu Diniatul Fahma; Abd Charis Fauzan
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.21

Abstract

Mahasiswa merupakan bagian penting dari civitas akademik perguruan tinggi sebagai calon pemimpin bangsa. Oleh karena itu lulusan mahasiswa diharapkan memiliki paradigm dan kepribadian dengan kualitas baik. Namun, tidak sedikit mahasiswa putus studi di tengah berlangsungnya masa pendidikan dengan berbagai alasan. Untuk menunjang permasalah tersebut, maka penulis melakukan penelitian berupa program aplikasi prediksi keberlangsungan studi mahasiswa dengan bahan data Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sosial UNU Blitar dari Pusat IT UNU Blitar berupa data sekunder yang sudah dipilah atribut-atribut yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan Metode Decission Tree dan Algoritma C4.5 sebagai perhitungannya. Evaluasi hasil penelitian ini menggunakan perhitungan Confussion Matrix dengan nilai Akurasi 43,3%, Presisi 2,2%, Sensitifitas 100%, Spesifitas 42,6 %.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya Kharisma Sabbihatul Mustaghfaroh; Fatra Nonggala Putra; Ratika Sekar Ajeng Ananingtyas
Journal Automation Computer Information System (JACIS) Vol. 1 No. 2 (2021): November
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/jacis.v1i2.22

Abstract

Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, menuntut tenaga pendidik untuk dapat lebih menyajikan media yang beragam, salah satunya media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan metode MDLC pada materi Benda dan Perubahan Sifat Benda untuk peserta didik tingkat dasar. Penelitian dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang diberikan kepada 20-25 peserta didik tingkat sekolah dasar untuk mengetahui respon user terhadap media pembelajaran interaktif ini. Hasilnya, aspek-aspek yang dinilai memperoleh kriteria rata-rata sangat baik dengan presentase sebesar 92,80%. Aspek yang mendapatkan presentase rata-rata terbesar ada pada aspek pembelajaran sebesar 93,18%. Kemudian pada aspek kualitas media mendapatkan presentase rata-rata sebesar 92,91%, sedangkan pada aspek minat mendapatkan presentase rata-rata sebesar 92,55%. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini mendapat respon positif dari user.

Page 1 of 3 | Total Record : 30