cover
Contact Name
Pizian
Contact Email
jurnaltadbir21@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltadbir21@gmail.com
Editorial Address
https://journal.staidk.ac.id/index.php/attadbir/about/editorialTeam
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
At Tadbir: Journal of Islamic Education Management which is open-access for anyone who will contribute as a writer or reader. Our journal is focused on research results and critical analysis reviews of various reference books. This journal is published twice a year, namely January-February and July-August. The scope of our journal is the result of research in the field of Islamic Education Management with all its variants.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, 2021" : 5 Documents clear
DAMPAK PEMANASAN GLOBAL DAN UPAYA PENGEN-DALIANNYA MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENDIDIKAN ISLAM Leu, Baktiar
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.207

Abstract

Pemanasan global adalah kenaikan suhu bumi atau meningkatnya temperature suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Penyebabnya adalah efek rumah kaca yang lebih dari kondisi normal di atmosfer bumi. Dampak dari pemanasan global adalah perubahan iklim, seperti naiknya permukaan laut, yang berakibat pada tenggelamnya pulau-pulau kecil. Naiknya suhu laut juga mengakibatkan hasil perikanan akan menurun. Naiknya suhu udara akan meningkatkan berkembangnya penyakit. Peningkatan curah hujan akan meningkatkan banjir dan longsor, juga perubahan musim tanam dan peningkatan penguapan serta peningkatan intensitas badai tropis akan menyebabkan rawan transportasi. Sebagai upaya mengendalikan, mengurangi dan mengantisipasinya adalah dengan melestarikan lingkungan hidup yang dapat dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan lembaga pendidikan atau sekolah melalui pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan Islam. Pemerintah khusunya kementerian lingkungan hidup telah berinovasi melalui program adiwiyata yang dilakukan disekolah-sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan. Sedangkan pendidikan Islam dapat dilakukan melalui kegiatan ko-kurikuler, intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler. Semuanya bertujuan untuk menanamkan dan menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter siswa. Karakter siswa adalah karakter dalam melestarikan lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Peduli lingkungan tersebut dapat dilakukan dengan cara reduce, reuse dan recycle. Seluruh aktifitas dan proses pembelajaran pendidikan Islam harus terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup sebagaimana diajarkan oleh nabi Muhammad saw dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Dalam hadits tersebut nabi Muhammad saw “melarang menebang pohon yang memberikan manfaat kepada makhluk disekitarnya”.
PERAN ORANG TUA SEBAGAI HOMESCHOOLER DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Sunarya, Nita
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.227

Abstract

Orang Tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak-anak menerima pendidikan dari sejak mereka lahir hingga dewasa. Oleh karena itu bentuk pertama dari terdapat dalam keluarga. Orang tua memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak-anaknya. Semenjak diterapkannya kebijakan belajar dari rumah di masa pandemi covid-19, orang tua memiliki tanggung jawab serta kontrol penuh terhadap proses pembelajaran anak-anak mereka saat belajar di rumah. Oleh karena itu, orang tua dituntut sebagai homeschooler dalam rangka untuk memaksimalkan proses pembelajaran anak dirumah dengan menjadikan rumah sebagai ruang belajar yang nyaman dan kondusif.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 4 KERUMUT Mashun, Mashun; Saupiah, Saupiah
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 serta faktor penghambat kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 Di SDN 4 Kereumut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SDN 4 Kerumut, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2019. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ada dua hal sesuai rumusan masalah penelitian yang bisa disimpulkan 1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN 4 Kerumut yaitu kepala sekolah sebagai pendidik dimana kepala sekolah memberikan pelatihan berupa workshop, untuk guru agar lebih memahami lebih luas tentang kurikulum 2013. Selanjutnya kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer yaitu kepala sekolah memberikan bimbingan tekhnis bagi guru kelas, serta kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor yaitu mengadakan kerja kelompok guru sekkolah dan kerja kelompok guru, 2) penghambat kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu fasilitas terbatas dan kurang menguasai materi.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs. N KEDIRI LOMBOK BARAT Fawaz, Fawaz; Azrai, Azrai
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.229

Abstract

Implemetasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak dalam membina akhlak siswa dan mengetahui proses pelaksanaan pembinaan akhlak serta mengetahui kendala dan solusi dalam pembinaan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs.N) Kediri Lombok Barat. Proses pembelajaran akidah akhlak di MTs.N Kediri menggunakan pendekatan saintifik dengan metode bervariasi dan mengunakan penilain autentik. Bentuk pembinaan akhlak dilakukan dengan pembinaan di dalam kelas dan di luar kelas. Dalam pelaksanaan terdapat kendala yang dihadapi guru seperti kondisi personal siswa dan terbatasnya waktu dalam membina siswa. Adapun upaya yang dilakukan adalah melakukan kerjasama pihak sekolah dengan wali murid dalam pembinaan akhlak. Kurikulum, bukan kata yang asing dalam dunia pendidikan. Pendidikan tidak lepas dari istilah ini, karena Kurikulum adalah salah satu komponen dari pendidikan. Dengan adanya Kurikulum pendidikan akan berjalan secara terstruktur dan sistematis demi tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan Kurikulum menjadi sangat penting.
OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG AKTIFITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 AIKMEL Yahya, Fizian; Handayani, Handayani
AT-TADBIR Vol 1 No 2 (2021): At-Tadbir, 2021
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v1i2.230

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dari pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang aktifitas belajar siswa yang ada di SMA NEGERI 1 AIKMEL. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research) dengan kepala sekolah dan wakil sarana dan prasarana SMA NEGERI 1 AIKMEL sebagai informan dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dimana peneliti terjun langsung ke lapangan guna mempelajari, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada. Analisis penelitian kualitatif ini dilakukan bersama dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang ada di SMA NEGERI 1 AIKMEL sudah dilaksanakan dengan sangat baik, karena dilakukan sudan sangat teratur sesuai dengan fungsi manajmen yang meliputi: perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5