cover
Contact Name
Pizian
Contact Email
jurnaltadbir21@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltadbir21@gmail.com
Editorial Address
https://journal.staidk.ac.id/index.php/attadbir/about/editorialTeam
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
At Tadbir: Journal of Islamic Education Management which is open-access for anyone who will contribute as a writer or reader. Our journal is focused on research results and critical analysis reviews of various reference books. This journal is published twice a year, namely January-February and July-August. The scope of our journal is the result of research in the field of Islamic Education Management with all its variants.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): At Tadbir, 2022" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKWN) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI SMK NW TEMBENG PUTIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Mashun, Mashun; Wahyuni, Sri
AT-TADBIR Vol 2 No 1 (2022): At Tadbir, 2022
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v2i01.298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada guru dan siswa SMK NW Tembeng Putik jurusan Teknik komputer dan jaringan (TKJ)  yang berjumlah 12 orang siswa, tepatnya mata pelajaran yang digunakan adalah pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PKWn). Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan Prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. hal ini dapat dilihat melalui indikator sebagai berikut: kemampuan dalam mengemukakan gagasan berpikir saat kegiatan belajar mengajar ada 4 siswa setelah tindakan menjadi 8 siswa. keaktifan bertanya kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar ada 3 siswa setelah tindakan menjadi 9 siswa. kemampuan berdiskusi dengan kelompok belajar ada 5 siswa setelah tindakan menjadi 11 siswa. siswa yang memiliki nilai memenuhi KKM (≥75) ada 5 siswa setelah tindakan menjadi 10 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (Pkwn) siswa kelas XI SMK NW Tembeng Putik.
KOMUNIKASI KEPEMIMPIN DALAM MENCARI RESOLUSI KONFLIK ANTAR GURU DI MTSN 3 LOMBOK TIMUR Hidayah, Zohratul
AT-TADBIR Vol 2 No 1 (2022): At Tadbir, 2022
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v2i01.300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi kepemimpinan yang di lakukan kepala sekolah dalam mencari resolusi konflik antar guru di MTSN 3 Lombok Timur. MTsN 3 LOTIM, adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang MTs di BERIRI JARAK, Kec.Wanasaba, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dalam menjalankan kegiatannya, MTsN 3 Lotim di bawah naungan kementerian agama. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi di dapatkan dari guru. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan di analisisi dengan pendekatan kualitatif, yang di sesuaikan dengan kodisi dan situasi di lapanagan. Hasil penelitian adalalah sebagai berikut : 1.  Pola komunikasi kepemimpinan dalam mencari resolusi konflik antar guru di MTsN 3 LOTIM, yaitu : Berdasarkan hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi bahwa komunikasi kepemimpinan dalam mencari resolusi konflik antar guru di MTsN 3 LOTIM memakai tiga pola (bentuk) komunikasi  yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi organisasi. Dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan bahwa sikap kepala sekolah MTsN 3 LOTIM dalam mengatasi konflik yaitu bersikap netral dan objetif, tidak membeda-bedakan antar guru, memberikan kesempatan kepada semua guru untuk menyampaikan pendapat dan selalu memotivasi guru dan memberi penghargaan bagi guru yang berprestasi. 2. Hambatan komunikasi kepemimpinan dalam mencari resolusi konflik antar guru di MTsN 3 LOTIM, Yaitu : Dari wawancara tersebut kendala yang di hadapi kepala sekolah dalam menyelesaikan konflik yaitu adanya perbedaan pendapat/pandangan, namun hal tersebut di anggap biasa saja/ hal yang wajar oleh kepla sekolah sehingga tidak terlalu di beratkan. 3. Solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam komunikasi kepemimpinan dalam mencari resolusi konflik antar guru di MTsN 3 LOTIM, yaitu: Jadi setiap permasalahan yang ada kepala sekolah selalu melaukan diskusi dan musayawarah sehingga permasalaha yang terjadi langsung di tangani tanapa harus di tunda-tunda menunggu waktu yang tepat.
MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 AIKMEL KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB Niayah, Niayah; Shanti Ariani, Sri
AT-TADBIR Vol 2 No 1 (2022): At Tadbir, 2022
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v2i01.302

Abstract

Pendidikan sangatlah penting dalam peningkatan mutu, sehingga diperlukanlah peningkatan pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan proses belajar-mengajar. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan belajar-mengajar dapat tercapai. Dalam manajemen kelas, guru harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas, dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar-mengajar yang efektif di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas dalam meningkatkan proses belajar-mengajar pendidikan agama Islam dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan proses belajar-mengajar  pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan teknik dokumen. Analisis data menggunakan analisis data secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas dalam meningkatkan proses belajar-mengajar  pendidikan agama Islam sudah berjalan dengan baik tetapi belum maksimal. Faktor pendukung manajemen kelas berasal dari guru, fasilitas dan peserta didik, faktor penghambatnya adalah adanya kegiatan sekolah yang mengorbankan jam pelajaran, kelas yang mendapat jam terakhir, peserta didik kurang aktif dan kurang disiplin dalam mengerjakan tugas dan peserta didik yang sering keluar masuk kelas dengan alasan ke kamar kecil.
Implementasi Metode Pembelajaran Timeline untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NW Suralaga Harmonika, Sri; Sadaruddin, Muhamad; Supiarmo, M Gunawan
AT-TADBIR Vol 2 No 1 (2022): At Tadbir, 2022
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v2i01.304

Abstract

Sejarah kebudayaan Islam atau SKI termasuk pelajaran yang sulit dipahami siswa dibandingkan dengan mata pelajaran lain, karena SKI mempelajari sesuatu yang sudah terjadi, dan tidak dialami langsung oleh siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode pembelajaran timeline. Pendekatan timeline adalah metode garis waktu yang dibuat secara runtun dan sistematis. Pendekatan Garis waktu lebih menarik disajikan secara bergambar atau simbol-simbol, sehingga pembahasan mengenai peristiwa SKI dapat dipahami dengan jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI melalui penerapan pembelajaran timeline. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri atas 18 siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum memberikan pembelajaran timeline yaitu 62,50. Adapun setelah menerapkan metode timeline, nilai rata-rata siswa sebesar 79,17. Kemudian melalui hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000, artinya nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran timeline dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam.
PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII MTS MANBAUL BAYAN SAKRA Yahya, Fizian; Yayuk, Yayuk
AT-TADBIR Vol 2 No 1 (2022): At Tadbir, 2022
Publisher : STAI Darul Kamar NW Kembang Kerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51700/attadbir.v2i01.305

Abstract

Latar belakang masalah berorientasi pada penggunaan media pembelajaran yang menggunakan media berbasis komputer. Padahal tidak semua daerah di Indonesia sudah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran berbasis media komputer sehingga pembelajaran terbatasi oleh adanya sarana dan prasarana tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan Mind Mapping sebagai media dapat meningkatkan kemampuan belajar IPS pada siswa kelas VII Manbaul Bayan Sakra. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan media, 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, 3) untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus, dimana masing-masing siklus melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Manbaul Bayan Sakra yang berjumlah 15 siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes penilaian posttest, dengan lembar observasi aktivitas siswa sebagai pendukung. Analisis data hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I dapat diketahui bahwa nilai rata-rata 53,57 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 25%. Setelah tindakan siklus II nilai rata-rata 72,31 dengan ketuntasan belajar klasikal 76,92%, Hasil analisis aktivitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh hasil 60% dengan kriteria cukup. Aktivitas siswa pada siklus II mencapai 73,33% dengan kriteria baik. Dari analisis data penelitian dengan judul Penerapan Mind Mapping sebagai Media dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPS pada Siswa Kelas VII Mts Manbaul Bayan Sakra dapat meningkatkan kemampuan belajar serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru memanfaatkan media Mind Mapping dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman siswa serta meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5